10 Pekerjaan Online Menguntungkan, Bisa Dijalankan di Rumah

Kali ini akan kami bagikan beberapa rekomendasi pekerjaan online yang sudah terbukti

10 Pekerjaan Online Menguntungkan, Bisa Dijalankan di Rumah

Daftar Isi

Pekerjaan online dari rumah saat ini bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat yang terbiasa menggunakan internet. Apalagi sejak pandemi, perusahaan juga sudah banyak yang beradaptasi. Banyak pekerjaan dari perusahaan yang bisa berlangsung tanpa ke kantor.

Pandangan masyarakat terkait sistem bekerja online jarak jauh memang belum sepenuhnya familiar. Hal tersebut bisa Anda lihat contohnya dari berita yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Berita tersebut adalah tentang Nurrohman, pria asal Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerja sebagai operational development engineer di perusahaan Singapura.

Bukan hanya menguntungkan bagi pekerja, tapi juga pihak yang memberi pekerjaan karena bisa menghemat budget kantor. Lalu, apa saja contoh pekerjaan online yang menguntungkan untuk dijalankan dari rumah? Pada artikel kali ini akan kami bagikan beberapa rekomendasi yang sudah terbukti.

Apa Saja Pekerjaan Online yang Menguntungkan?

Ada banyak sekali pekerjaan online menguntungkan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Beberapa di antaranya bisa dimulai tanpa modal. Anda juga bisa menjalankan dengan sistem paruh waktu (part time) atau full time. Langsung saja simak beberapa contoh berikut ini!

Data Entry

Pekerjaan data entry juga bisa menjanjikan jika dilakukan dengan ketekunian. Umumnya skill untuk data entry tidak begitu berat. Dengan bekal laptop, smartphone, dan koneksi internet, banyak orang yang bisa menjalankan dari rumah. Sekarang sudah banyak informasi seputar lowongan job data entry online dari berbagai perusahaan.

Apalagi dengan kemampuan bahasa Inggris, Anda bisa mencoba lowongan data entry dari perusahaan luar negeri juga. Jika Anda pernah mencarinya, kesempatan ini bisa ditemukan di website job portal maupun platform freelance.

Macam-macam pekerjaan online data entry juga beragam, misalnya pengetikan dokumen, input data Excel, merekam suara, penulisan transkrip, atau data yang lain sesuai klien.

Mengisi Survey Online

Pekerjaan mengisi online juga berkaitan dengan input data dan bisa dilakukan siapa saja. Seringkali survey online menawarkan reward berupa poin yang jika sudah terkumpul nantinya bisa ditukar menjadi uang tunai, saldo e-wallet, atau voucher pulsa.

Beberapa rekomendasi survey online berbayar misalnya; Milieu, Surveyon, PanelPlace, Rakuten, Jakpat, Nusaresearch, dan masih banyak lagi. Survey dilakukan dengan bentuk pilihan ganda atau mengisi angket. Jika dibanding pekerjaan online lainnya, mengisi survey online belum bisa diandalkan. Tapi, ini cukup bagus untuk mengisi waktu luang di sela-sela pekerjaan utama daripada hanya menganggur.

Pekerjaan online

Menjadi Penulis Freelance

Saat ini kebutuhan bisnis di berbagai industri membutuhkan digital marketing. Salah satu konten marketing yang bisa mendukung promosi suatu bisnis adalah artikel di website. Dengan kaidah SEO yang dioptimasi, artikel di website sangat dibutuhkan untuk performa bisnis. Penulisan artikel website bisa dilakukan secara freelance maupun full time dengan kontrak kerja yang disepakati dalam jangka waktu tertentu.

Desainer Grafis

Pekerjaan online menguntungkan selanjutnya yaitu jasa desain grafis yang tidak terlepas dari kebutuhan dalam digital marketing. Entah itu menjadi pekerjaan sampingan atau full time, desain grafis cukup menjanjikan. Apalagi jika didukung dengan networking yang bagus, pekerjaan desain grafis bisa memberi impact yang lebih besar.

Apa yang dibutuhkan untuk berkarir di bidang desain grafis? Ada beberapa hal penting yaitu prinsip desain, tipografi, cara mengkomunikasikan ide, user experience, kreativitas, dan problem solving. Jika Anda punya minat dan kemampuan desain grafis, Anda bisa memilih platform freelancer maupun bekerja dengan perusahaan.

Mengikuti Program Afiliasi

Apa itu program afiliasi? Program afiliasi pada dasarnya merupakan program yang memberikan komisi ketika bisa menjual produk atau layanan. Dalam program afiliasi, perusahaan berbagi pendapatan (revenue sharing) dengan masyarakat yang menjadi peserta. Beberapa perusahaan marketplace juga membuka program afiliasi dengan cara kerja yang mudah, yaitu membagikan link produk di media sosial.

Tutor Kelas Online

Kegiatan belajar online kini menjadi sesuatu yang umum. Bukan hanya kewajiban untuk anak sekolah atau mahasiswa, tapi banyak yang sudah bekerja pun membutuhkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan skill yang berguna di dunia kerja. Itulah mengapa pekerjaan sebagai tutor online sangat dibutuhkan, tergantung kemampuan masing-masing.

Menjadi Penerjemah

Kebutuhan menjadi penerjemah bahasa asing memang selalu dibutuhkan. Apalagi jika Anda sudah memiliki sertifikasi kemampuan bahasa asing. Di berbagai platform freelance juga banyak informasi penjadi penerjemah berbagai bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Sebaiknya Anda memiliki gambaran target klien terlebih dahulu. Apakah menjadi penerjemah di perusahaan, di bidang pariwisata, pendidikan, ataupun untuk industri hiburan.

Pekerjaan online

Web Designer dan Web Developer

Desainer web banyak diminati selama beberapa tahun ke belakang, dan prospek pekerjaan ini diperkirakan akan tetap meningkat ke depannya. Dari namanya, terlihat jelas bahwa web designer bekerja untuk mendesain tampilan sebuah website agar lebih nyaman dilihat pengunjung web.

Peran web designer tidak terlepas dari web developer. Pada umumnya, tugas seorang web developer yaitu membangun situs web dengan satu atau lebih bahasa pemrograman. Mereka bisa bekerja di perusahaan pengembang perangkat lunak, perusahaan teknologi informasi, atau konsultan IT.

Antara web designer dan web developer, keduanya bisa dibuat analogi dengan bangunan. Seorang web developer bekerja untuk memastikan pondasi bangunan kuat, struktur bangunan rapi, aman, dan berfungsi maksimal. Sementara itu, web designer bekerja menjadikan tampil banguan lebi menarik.

Admin Media Sosial

Pekerjaan online menguntungkan yang pertama adalah menjadi admin media sosial. Memang media sosial bukan lagi terbatas untuk hiburan atau berkomunikasi, tapi juga menjadi kebutuhan untuk setiap bisnis pada era digital. Pemilik usaha bisa mempromosikan produk dan jasa secara kreatif melalui media sosial. Cara menjadi admin media sosial tidak begitu sulit, asalkan selalu up to date dengan tren terbaru dan mengerti kebutuhan audiens.

Menjadi Content Creator

Bukan hanya admin media sosial yang eksis di era digital, content creator pun demikian. Dengan kreativitas dan kemampuan bercerita yang menarik, maka seseorang akan mudah berkembang menjadi content creator. Konten yang dibuat bisa berasal dari hobi ataupun menyesuaikan dengan kebutuhan klien atau perusahaan yang bekerjasama.

ada awalnya pekerjaan online sebagai content creator bisa bermodal kreativitas saja. Seiring waktu, content creator juga perlu memiliki peralatan yang mendukung untuk pembuatan konten berkualitas.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang pekerjaan online menguntungkan yang bisa dikerjakan dari rumah. Selain yang sudah tersebut pada daftar tersebut, sebenarnya masih banyak lagi bidang yang berkembang.

Apapun pekerjaan itu, masing-masing memiliki alur kerja spesifik. Bukan hanya untuk mencari pekerja kontrak, paruh waktu atau freelance, tapi perusahaan pun bisa memberi pekerjaan online full time kepada karyawan.

Pastinya sistem seperti ini akan memberi keuntungan semua pihak. HR perusahaan juga beradaptasi sedemikian rupa dalam memperlakukan karyawannya yang bekerja online. Yang terpenting tujuan bisnis tetap tercapai dengan maksimal.

Kerjoo sebagai perusahaan teknologi penyedia aplikasi absensi online juga berkomitmen untuk terus menyediakan layanan terbaik. Setiap fitur akan terus diperbarui dengan inovasi yang sesuai kebutuhan user.

coba kerjoo gratis
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari