Worksheet: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, dan Jenisnya

Worksheet yang digunakan dalam dokumen Excel adalah kumpulan sel yang diatur dalam banyak baris dan kolom. Fungsi worksheet yaitu sebagai tempat kerja untuk memasukkan data.

Apa Itu Worksheet

Worksheet adalah beberapa lembar kolom berisi tentang informasi yang diperlukan yang digunakan untuk penyusunan laporan keuangan dan dicatat menggunakan proses yang sistematis disebut lembar kerja.

Worksheet merupakan perangkat yang digunakan untuk memudahkan persiapan jurnal penyesuaian dan laporan keuangan. Worksheet adalah lembar multi-kolom atau spreadsheet komputer di mana akuntan memasukan data secara singkat sebagai informasi yang diperlukan untuk jurnal kesesuaian dan laporan keuangan.

Istilah worksheet yang digunakan dalam dokumen Excel adalah kumpulan sel yang diatur dalam banyak baris dan kolom. Fungsi worksheet yaitu sebagai tempat kerja untuk seseorang memasukkan data. Setiap worksheet berisi 1048576 baris dan 16384 kolom yang berfungsi sebagai tabel untuk mengatur data sebagai informasi. Pada umumnya, worksheet terdiri dari beberapa lembar kerja dengan konten terkait dan hanya satu lembar kerja yang aktif dalam satu waktu.

Karakteristik Pada Worksheet

Apa Itu Worksheet

Karakteristik atau bagian-bagian dari worksheet terdiri dari :

  • Cells (Sel)
    Pada setiap worksheet memiliki beberapa sel yang dapat diberi nilai dan berbagai opsi pemformatan. Properti Sel memungkinkan Anda untuk menyisipkan, memanipulasi, dan menghapus sel lembar kerja.
  • Rows and Columns (Baris dan Kolom)
    Sel dalam lembar kerja diatur dalam baris dan kolom. API lembar kerja memungkinkan Anda menyisipkan, memanipulasi, dan menghapus baris dan kolom. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan tinggi baris tertentu dan lebar kolom.
  • Names (Named Ranges)
    Kelas pada worksheetmengekspos properti Names dari tipe NameCollection yang memungkinkan Anda membuat, memperbarui, dan mengelola names.
  • UsedCellRange dan GetUsedCellRange()
    Setiap lembar kerja terdiri lebih dari satu juta baris dan lebih dari enam belas ribu kolom, maka tidak mungkin menggunakan kapasitas penuh lembar kerja. Biasanya, lembar kerja hanya menggunakan sebagian sel yang tersedia. Karena itu, dalam sejumlah skenario Anda mungkin ingin mengetahui bagian mana dari lembar kerja yang berisi data Anda dan mengabaikan sel lainnya.
    Properti UsedCellRange dari kelas Worksheet mengembalikan rentang sel yang dimulai dari sel A1 dan menampung semua sel yang berisi data atau pemformatan. Menggunakan metode GetUsedCellRange() Anda dapat meneruskan dan objek IEnumerableuntuk mendapatkan rentang sel yang digunakan, hanya menyimpan sel dengan definisi properti tertentu. Contoh 1 menunjukkan cara mendapatkan rentang sel yang digunakan dengan nilai.
  • Kumpulan Hyperlink
    Setiap lembar kerja dapat berisi banyak hyperlink ke halaman web, sel tertentu dalam buku kerja atau alamat email.
  • Find and Replace (Temukan dan Ganti)
    Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengganti teks dan angka dalam konten lembar kerja.
  • Protection (Perlindungan)
    Anda dapat membatasi pengguna untuk mengubah konten dan struktur lembar kerja. Saat lembar kerja diproteksi, pengguna hanya dapat mengedit konten sel yang secara eksplisit ditandai sebagai tidak terkunci. Selain itu, Anda dapat memilih opsi apa yang akan tersedia bagi pengguna saat perlindungan diaktifkan.

Rumus excel secara lengkap dapat dilihat melalui :

Catat dan Praktikkan: Rumus Excel Lengkap dan Contohnya
Microsoft Excel dapat membantu dan meringankan pekerjaan penggunanya dalam hal olah data. Ketahui dan pelajari rumus lengkapnya di sini.
Apa Itu Worksheet

Informasi mengenai cara menghitung upah lembur dapat dilihat melalui :

Cara Menghitung Biaya Lembur Karyawan, Ini Aturannya!
Hati-hati terkena pidana kurungan 12 bulan jika tidak membayar upah lembur! Simak dan pelajari cara menghitung biaya lembur karyawan berikut ini.
Apa Itu Worksheet

Jenis-Jenis Worksheet

Apa Itu Worksheet

1. Worksheet Umum

Worksheet umum biasanya terdiri dari empat hingga enam pasang kolom. Umumnya, lima pasangan kolom atau sepuluh kolom lembar kerja dapat melayani tujuan bisnis umum. Data yang harus dicantumkan yaitu :

  • Neraca saldo
  • Pengaturan
  • Neraca saldo disesuaikan
  • Laporan laba rugi
  • Neraca keuangan

2. Worksheet Rinci

Worksheet rinci dibuat untuk memuat informasi yang lebih rinci daripada lembar kerja umum. Terkadang diperlukan lembar tambahan yang berisi kolom tertutup untuk menjelaskan item tertentu. Hal-hal harus disiapkan yaitu :

  • Piutang dan daftar hutang dagang
  • Daftar pengeluaran produksi
  • Daftar premi asuransi
  • dll

3. Worksheet Audit

Worksheet audit digunakan untuk menyiapkan laporan keuangan dan daftar untuk berbagai keperluan bisnis. Lembar kerja audit disiapkan dengan mempertimbangkan audit berbagai item yang termasuk dalam lembar kerja.

Worksheet audit adalah bantuan untuk mengaudit pekerjaan urusan bisnis. Lembar kerja adalah teknik akuntansi di mana informasi akuntansi terintegrasi untuk penyesuaian dan klasifikasi. Tujuan utama dari lembar kerja adalah untuk memverifikasi keakuratan informasi akuntansi sebelum penyusunan laporan keuangan.

Untuk menyiapkan worksheet audit (akuntansi) seseorang harus mengikuti beberapa langkah untuk memverifikasi keakuratan informasi akuntansi sebelum penyusunan laporan keuangan. Kolom lembar kerja digambar terutama sesuai kebutuhan. Jumlah kolom lembar kerja tergantung pada permintaan organisasi tertentu.

Apa Itu Worksheet

Terdapat 8 langkah untuk penyusunan worksheet audit dan dijelaskan di bawah ini;

1. Nama organisasi bisnis dan tanggal persiapan

Di awal lembar kerja, nama organisasi untuk mana lembar kerja itu dibuat harus ditulis dengan huruf tebal dan juga disebutkan tanggal pembuatannya.

2. Membuat kolom dan menyebutkan kepala kolom

Judul kolom gambar harus disebutkan di sini. Misalnya nomor urut di kolom pertama, judul rekening di kolom kedua dan selanjutnya kolom pasangan.

3. Neraca saldo yang tidak disesuaikan

Setelah kolom nomor seri dan judul akun, pada neraca saldo yang belum disesuaikan, saldo akun buku besar kolom pasangan diposting langsung untuk memeriksa kesesuaian neraca saldo. Neraca percobaan ini disebut neraca percobaan pra-penutupan karena disusun dengan saldo buku besar sebelum menyimpan akun item penyesuaian. Saldo debit dan kredit dari akun buku besar masing-masing ditulis dalam kolom debit dan kredit dari neraca saldo.

4. Kolom penyesuaian

Pada akhir periode akuntansi, pos-pos atau transaksi-transaksi yang belum diperhitungkan dicatat pada kolom debet dan kredit pada kolom penyesuaian. Pada saat melakukan penyesuaian, jika tidak terdapat pos dalam neraca percobaan untuk pendebetan dan pengkreditan, pos-pos penyesuaian ini harus ditulis di bawah neraca percobaan di bawah judul yang sesuai pada kolom debet dan kredit penyesuaian.

Untuk mengidentifikasi item penyesuaian nomor kode terpisah untuk setiap item diberikan dalam kolom debit dan kredit. Setelah itu kolom debet dan kredit penyesuaian dijumlahkan untuk memastikan kesepakatan mereka.

Informasi lain seputar worksheet dapat dilihat pada :

Pengertian + Perbedaan Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel
Pengertian serta perbedaan workbook dan worksheet (buku kerja dan lembar kerja) pada microsoft excel serta operasi standar pada worksheet/sheet excel.
Apa Itu Worksheet

5. Kolom neraca saldo yang disesuaikan

Menulis penyesuaian yang diperlukan dalam kolom penyesuaian, saldo setiap akun yang berkaitan dengan penyesuaian dipastikan dan setelah itu semua saldo akun buku besar termasuk saldo buku besar yang disesuaikan dicatat dalam kolom debit dan kredit dari neraca saldo yang disesuaikan. Jumlah saldo yang tertera pada neraca saldo yang belum disesuaikan harus disesuaikan sesuai aturan dan ini ditulis dalam kolom neraca saldo yang disesuaikan. Total debit dan kredit dipastikan untuk membuktikan keakuratan aritmatika akun buku besar.

6. Kolom laporan laba rugi

Semua pengeluaran serta pemasukan berkala neraca saldo yang telah disesuaikan masing-masing dicatat pada kolom debit dan kredit pada laporan laba rugi. Selisih antara total pendapatan dan total biaya dalam laporan laba rugi disebut laba rugi. Laporan laba rugi dipindahkan ke neraca jika laporan laba ditahan tidak disiapkan.

7. Laporan laba ditahan

Pada perusahaan dengan saham gabungan, kolom laba ditahan disimpan di lembar kerja sebelum kolom neraca. Berikut laba rugi tahun sebelumnya, rugi jika ada dan penghasilan, rugi laba rugi lembar kerja ditulis di kolom kredit uang dan pembagian item mengenai pembagian laba seperti, dividen yang dibayarkan, dividen yang diusulkan, pajak penghasilan yang dibayarkan, penciptaan dana adalah ditunjukkan pada kolom uang debet laporan laba ditahan. Selisih antara jumlah kolom debet dan kolom kredit dipindahkan ke kolom neraca pada lembar kerja.

8. Neraca

Segala aset dan kewajiban neraca saldo yang disesuaikan termasuk saldo laporan laba rugi, laporan laba ditahan ditulis dalam kolom debet dan kredit dari neraca worksheet yaitu aset ditulis dalam kolom uang debet dan kewajiban. Kemudian, ekuitas pemilik ditulis dalam kolom kolom kredit uang. Jumlah kolom debit dan kredit neraca harus sama. Jumlah kolom lembar kerja dan judul kolom tergantung pada sifat dan permintaan bisnis.

Informasi lain seputar PPh 21 dapat dilihat melalui :

Apa itu PPh 21 dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
PPh 21 adalah Pajak Penghasilan Pasal 21 atau pajak potongan yang dikenakan pada penghasilan seorang Wajib Pajak Orang Pribadi dalam negeri.
Apa Itu Worksheet

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, karakteristik atau bagian, dan jenis-jenis worksheet, Anda dapat menggunakan worksheet sesuai dengan kebutuhan Anda maupun perusahaan Anda.

coba kerjoo sekarang