19 Rumus Microsoft Excel yang Sering Dipakai di Dunia Kerja

19 Rumus Microsoft Excel yang Sering Dipakai di Dunia Kerja

Microsoft Excel termasuk aplikasi yang digunakan banyak orang saat bekerja. Fungsinya memang banyak, misalnya untuk membuat grafik, mengolah data, menghitung, dan lain-lain. Sejak masih duduk di bangku sekolah, Microsoft Excel sudah dipelajari. Tapi, untuk di dunia kerja tentu lebih banyak dan lebih aplikatif karena langsung berurusan dengan masalah nyata. Rumus Microsoft Excel juga ada banyak yang bisa digunakan agar pekerjaan lebih efisien. Orang yang bekerja di bagian administrasi sangat membutuhkan skill menggunakan Excel ini. Beberapa rumus berikut mungkin saja sudah pernah Anda pakai.

Contoh Rumus Microsoft Excel yang Berguna untuk Pekerjaan

Di bawah ini adalah penjelasan tentang Rumus Excel beserta contoh penggunaannya.

1. SUM dan SUMIF

Rumus Microsoft Excel SUM dipakai untuk menjumlah data-data di dalam cell. Sementara itu, SumIF berguna untuk menjumlah data dengan rentang tertentu dan mengacu kondisi tertentu pula.

Contoh cara penulisannya;

=SUM(B2:B10)

Rumus ini untuk menghitung jumlah data antara cell B2 sampai B10.

=SUMIF(E2:E10;”Lolos”;F2:F10).

Ini digunakan untuk mengetahui kondisi produk atau hasil uji yang “Lolos” pada range E2 sampai E10. Untuk range F2 sampai F10 ada harga barangnya.

2. Rumus Microsoft Excel AVERAGE

Average adalah fitur untuk membantu menemukan nilai rata-rata pada suatu variabel. Contohnya adalah ketika Anda punya tabel penghasilan karyawan perusahaan. Anda perlu mencari informasi penghasilan rata-rata karyawan, maka yang perlu dilakukan adalah mengetik seperti ini.

Contoh;

=AVERAGE(D1:D10), atau =AVERAGE(D2:H9), dan seterusnya tergantung posisi cell-nya.

3. AND

Fungsi rumus AND adalah menghasilkan TRUE, jika seluruh argumen yang telah teruji sebelumnya adalah BENAR atau juga bisa menghasilkan FALSE, jika seluruh argumen/jawaban yang diberikan ternyata SALAH.

Teknik ini bisa dilakukan ketika sedang mengisi kuesioner dan kolom jawab soal, agar memudahkan proses memberi nilai. Rumus yang digunakan yaitu =AND(E2>G2).

4. NOT

Rumus Microsoft Excel Not kebalikan dari AND, yang akan menghasilkan TRUE, bila kondisinya salah, atau FALSE bila kolom yang diujikan BENAR. Untuk bisa memakai rumus ini, caranya, bisa dibuat tabel dulu atau carilah tabel yang akan digunakan.

5. OR

Rumus Microsoft Excel selanjutnya yang umum dipakai adalah OR. Rumus ini menampilkan Informasi TRUE, jika beberapa argumen memang BENAR dan FALSE jika argumen yang diberikan SALAH. Contoh penggunaan OR pada excel yaitu penentuan hasil nilai ujian siswa. Jika nilai di bawah 75, maka dinyatakan remidi. Tapi jika nilainya mendapat lebih dari 75, dinyatakan lulus atau tuntas.

6. Rumus Microsoft Excel CHOOSE

Choose merupakan fitur yang membantu untuk menampilkan suatu hasil pilihan sesuai dengan pilihan no indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE). Penggunaannya terkait dengan data numerik, teks, dan juga nama range.

7. IF

Rumus IF memungkinkan untuk membuat suatu perbandingan di antara nilai suatu data dan yang diharapkan dengan menguji kondisinya True / False. Pernyataan IF bisa memiliki dua hasil, benar atau salah.

Contohnya apabila siswa yang mendapat nilai ujian kurang dari 75, maka tidak lulus, begitu juga sebaliknya.

Contoh penulisannya di excel;

=IF(H2<75;”TIDAK LULUS”;”LULUS”)

8. INDEX dan IFERROR

Rumus Index pada Excel berfungsi untuk menemukan suatu data pada range, tabel dan cell tertentu. Sementara itu, IFERROR berfungsi untuk menemukan nilai bila rumus Microsift excel yang digunakan menghasilkan ERROR.

9. HLOOKUP

Fungsi rumus HLOOKUP memperlihatkan data dari tabel yang sudah disusun sebelumnya dengan format mendatar ataupun horizontal. Untuk syarat penyusunan tabel yaitu data pada baris pertama harus sudah dibuat urut dari kecil ke besar.

rumus microsoft excel

10. Rumus Microsoft Excel VLOOKUP

Seperti apa rumus Microsoft Excel VLOOKUP? Ini adalah data yang didapat dari tabel yang sebelumnya telah disusun berbentuk tegak atau vertikal. Syarat untuk menyusunnya, pada tabel yang ada, untuk baris pertama harus urut dari nilai terkecil ke yang terbesar.

Contoh penulisan;

= VLOOKUP(C2,C12:$F$17,2,0)

Sejumlah perusahaan memakai VLOOKUP untuk membuat slip gaji karyawan.

11. MATCH

MATCH berfungsi menampilkan posisi pada suatu alamat cell yang sudah ditetapkan dalam suatu kelompok data. Untuk rumus yang satu ini berfungsu untuk mencari posisi sebuah nilai dalam rentang/range yang ada di kolom ataupun baris, namun bukan keduanya.

Contoh penulisan rumus MATCH;

=MATCH(24,A1:A4,0)

Misalnya range A1:A4 berisi nilai 4, 24, dan 39, rumus MATCH mengembalikan angka 4, karena 24 merupakan item kedua pada range tersebut.

12. COUNTA dan COUNTBLANK

Fungsi COUNTA dipakai untuk menghitung berapa jumlah cell yang berisi teks. Lalu misalnya kita ingin menghitung berapa jumlah cell kosong, gunakan fungsi COUNTBLANK.

13. CEILING

Rumus CEILING berfungsi untuk melakukan pembulatan bilangan ke atas pada kelipatan nilai/angka tertentu.

Contoh penulisan rumusnya;

=CEILING(B6;10).

Dalam hal ini, angka Cells B6 dibulatkan ke atas kelipatan 10.

14. FLOOR

Pada rumus sebelumnya, yaitu CEILING, adalah pembulatan ke atas, FLOOR adalah pembulatan ke bawah dengan kelipatan tertentu. Penulisan rumusnya hampir mirip seperti CEILING, tapi diawali dengan FLOOR.

Contoh penulisan rumusnya;

=FLOOR(3,8,2)

Membulatkan 3,8 ke bawah kelipatan 2 yang terdekat.

15. DAY, MONTH, dan YEAR

Ada satu rumus Microsoft Excel yang fungsinya adalah untuk mencari hari, yaitu dalam rentang angka 1-31. Data yang berasal dari rumus DATE diekstraksi kemudian menghasilkan 1-31 menyesuaikan jumlah hari per bulan.

MONTH adalah rumus yang hampir sama dengan DAY, yakni untuk mencari bulan dengan angka 1 sampai 12.

Rumus YEAR berfungsi untuk mencari angka tahun yang dinyatakan dengan angka 1900-9999. Hasilnya pun serupa seperti MONTH atau DAY yang berupa angka.

rumus microsoft excel

 

16. TODAY

Untuk menuliskan tanggal hari ini pada tabel Excel, tinggal ketik saja TODAY() lalu enter. Sistem pun langsung menuliskan hari, bulan, dan juga tahun menyesuaikan waktu setempat.

17. TEXT

Apabila Anda akan menampilkan angka tanggal jadi kalimat, gunakan rumus TEXT. Contoh penulisannya ketik =TEXT(A2,hari/bulan/tahun), dan tanggal akan berubah jadi kalimat.

18. Rumus Microsoft Excel LOWER dan UPPER

Apabila Anda akan mengubah seluruh teks jadi huruf kecil, gunakanlah LOWER. Sementara itu, untuk mengubahnya jadi huruf kapital gunakan UPPER.

19. PROPER

Kadang kita bisa lupa menulis kalimat jadi huruf kecil atau tanpa huruf kapital. PROPER memiliki fungsi untuk mengubah karakter pertama pada setiap kata jadi huruf kapital, sedangkan sisanya huruf kecil. Rumusnya yaitu PROPER (text).

Kesimpulan

Sejauh ini kita bisa melihat bahwa ternyata banyak sekali rumus Microsoft Excel yang penting di dunia kerja. Meskipun terkesan rumit dan asing di awal, tapi tidak demikian ketika sudah mempraktikkan langsung. Setiap pengguna nantinya hapal sendiri jika sudah terbiasa menggunakan rumus-rumus dalam Excel di atas.

Mudah-mudahan informasi ini memberi manfaat bagi Anda yang akan mempelajari Excel lebih jauh. Karena memang tantangan dalam dunia kerja profesional memang banyak. Kita sudah seharusnya mengimbangi dengan kemauan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan keadaan. Demikian juga hadirnya aplikasi Kerjoo untuk memudahkan pekerjaan HRD perusahaan. Coba cari tahu apa saja fitur dan manfaatnya di sini.

Rumus Microsoft Excel