Penjelasan tentang Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Perubahan Fitur Kunjungan Klien memungkinkan pengaturan jadwal kunjungan klien lebih terorganisir beserta informasi detailnya.

Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Daftar Isi

Perubahan Fitur Kunjungan Klien memungkinkan pengaturan jadwal kunjungan klien lebih terorganisir beserta informasi detailnya. Sebelumnya, pengguna Kerjoo juga sudah bisa memanfaatkan Fitur Kunjungan Klien agar pekerjaan tim sales jauh lebih efisien.

Dengan adanya perubahan atau update kali ini, berbagai keperluan dengan klien bisa lebih terkelola dengan baik. Perubahan Fitur Kunjungan Klien mencakup tiga sub menu baru, Kunjungan, Klien, dan Jadwal Kunjungan. Selengkapnya, simak penjelasan berikut!

Poin-poin Penting tentang Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Kali ini kita akan menjelaskan tentang Perubahan Fitur Kunjungan Klien. Dengan perubahan yang ada, maka Anda bisa mengatur jadwal kunjungan dan tujuan kunjungan ke klien mana saja.

Apa yang berbeda setelah adanya perubahan ini? Pada sub menu Klien di sini akan otomatis terisi nanti berdasarkan aktivitas kunjungan klien yang dilakukan.

  • Setelah login ke akun perusahaan, silakan klik menu Kunjungan Klien.
Perubahan Fitur Kunjungan Klien
  • Perusahaan Anda bisa menambahkan secara manual di sini dengan mengisi kolom Tambah Klien.
  • Lalu, untuk masing-masing daftar klien, akan ada field tambahan yang bisa diisi oleh karyawan yang melakukan kunjungan.
Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Ada 4 tipe field yang dapat dipilih yaitu;

  • Text
  • Textarea
  • Checkbox
  • Combobox

Setiap field dapat diatur pada saat datang saja, pulang saja, atau datang dan pulang. Field yang bertanda bintang wajib diisi, sedangkan yang lainnya opsional.

Untuk jadwal kunjungan juga bisa diatur masing-masing per hari untuk setiap karyawan yang melakukan kunjungan. Daftar kunjungan berisi tentang daftar klien yang telah dikunjungi.

  • Lihat riwayat perubahan pada kolom Aksi.
  • Anda juga dapat melihat riwayat kunjungan berdasarkan range waktu dan juga informasi berapa kali kunjungan yang dilakukan.
Perubahan Fitur Kunjungan Klien
  • Kemudian, untuk informasi jadwal kunjungan bisa dilakukan import Excel juga. Jika dalam satu hari ada lebih dari satu klien yang dikunjungi, maka bisa dipisahkan dengan koma.
Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Untuk tampilan di aplikasi mobile adalah seperti berikut ini.

Perubahan Fitur Kunjungan Klien
  • Di sini ada dua tab yaitu Daftar Kunjungan dan Jadwal Kunjungan. Daftar Kunjungan adalah kunjungan klien yang sudah dilakukan. Sedangkan Jadwal Kunjungan adalah yang belum dilakukan.
  • Jika terlihat ada icon kalender, berarti itu adalah jadwal kunjungan yang belum dilakukan.
Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Jika kunjungan sudah selesai, Anda juga tinggal melakukan konfirmasi melalui aplikasi mobile dan akan muncul keterangan bahwa kunjungan klien berakhir.

Saatnya Atur Kunjungan Klien yang Lebih Efisien!

Proses kegiatan kunjungan klien yang efektif dan efisien dapat melewati beberapa prosedur. Ada langkah penting yang memastikan bahwa kunjungan yang dilakukan memang saling memberi keuntungan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang berlaku pada proses kunjungan klien yang efektif dan efisien.

1. Perencanaan

Tahap pertama dimulai dari perencanaan kegiatan yang meliputi;

  • Identifikasi tujuan kunjungan yang jelas, contohnya adalah dengan mengumpulkan informasi terkait bisnis klien, memberi dukungan, evaluasi kemajuan klien, atau tujuan spesifik lainnya.
  • Langkah selanjutnya adalah jadwal kunjungan. Koordinasikan jadwal yang tepat untuk bertemu dengan klien. Pastikan waktu dan tempat kunjungan juga sudah disepakati bersama.
  • Pastikan Anda sudah mengumpulkan informasi yang relevan tentang klien sebelum kunjungan, seperti riwayat masalah, pencapaian sebelumnya, atau rencana tindakan sebelumnya.

2. Pengumpulan Data

Langkah selanjutnya, saatnya melakukan pengumpulan data atau informasi detail.

  • Tunjukkan fokus perhatian ke klien selama waktu kunjungan. Berikan kesempatan untuk menyampaikan sesuatu tanpa interupsi. Agar lebih detail, perhatikan bahasa tubuh dan emosi yang mereka tunjukkan
  • Untuk mendapat informasi lebih lanjut dan membantu klien menggali perasaan dan pikiran mereka, ajukan pertanyaan terbuka

3. Analisis

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam analisis;

  • Mengevaluasi kemajuan atau perkembangan klien sejak kunjungan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa melihat apa saja perubahan signifikan yang terjadi.
  • Periksa kembali apakah diperlukan penyesuaian pada rencana tindakan.
  • Identifikasi kebutuhan, termasuk masalah dan tantangan yang dihadapi oleh klien, begitu juga tentang terobosan yang dapat diimplementasikan.

4. Pembahasan dan Pemberian Dukungan

  • Pada tahap ini, untuk memberi dukungan, sampaikan umpan balik yang dan evaluasi mendukung perkembangan klien ke arah yang lebih baik.
  • Jika ada masalah, tetap sampaikan dengan bijak dan beri kesempatan untuk diskusi.
  • Diskusikan tindakan lanjutan yang akan diambil oleh masing-masing pihak untuk mencapai tujuan.

5. Dokumentasi

Langkah yang tidak boleh terlupakan adalah dokumentasi yang mudah diakses untuk berbagai kebutuhan bisnis.

  • Buat catatan terperinci tentang kunjungan, termasuk tujuan, ringkasan percakapan, rencana tindakan, dan target pencapaian berikutnya.
  • Pastikan informasi atau data terbaru dicatat dan bisa menjadi panduan untuk kunjungan berikutnya.

6. Evaluasi

Lakukan evaluasi dan peninjauan hasil kunjungan, khususnya yang sudah dilakukan beberapa kali.

  • Ukur keberhasilan kunjungan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan di awal.
  • Evaluasi proses kunjungan klien sudah efektif atau belum. Tinjau proses kunjungan untuk identifikasi potensi perbaikan yang dapat dilakukan.

7. Tindak Lanjut

Aktivitas tindak lanjut (follow up) dapat Anda terapkan seperti berikut;

  • Tentukan seperti apa tindakan lanjutan yang diperlukan. Meskipun hal ini bersifat opsional, tentukan tindakan lanjutan yang harus diambil oleh klien dan perusahaan yang bekerjasama.
  • Selanjutnya, rencanakan kunjungan selanjutnya demi memastikan kelanjutan perencanaan tindakan terkait kerjasama.
Perubahan Fitur Kunjungan Klien

Perubahan Fitur Kunjungan Klien di aplikasi Kerjoo memang dibuat untuk lebih memahami kebutuhan klien dan partner yang bekerjasama.

Terlepas dari kondisi di lapangan dan kebutuhan klien, Anda dapat melakukan evaluasi secara berkala tentang keberhasilan kerjasama dengan klien Anda.

Yang terpenting, setiap klien Anda memiliki keunikan, sehingga pendekatan atau prosedur kunjungan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Bahkan, fleksibilitas, empati, dan komunikasi yang efektif akan membantu memastikan keberhasilan proses kunjungan klien.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, perubahan fitur kunjungan klien dapat mengatur lebih detail terkait aktivitas kunjungan.

Mulai dari jadwal kunjungan sampai dengan informasi penting dari setiap kunjungan sudah tersedia. Dengan demikian, tujuan kunjungan bisa tercapai dengan hasil yang optimal.

Fitur Kunjungan Klien dirancang secara khusus untuk membantu perusahaan memonitor dan mengelola kunjungan klien secara efektif. Jadi, kegiatan sales lapangan dan canvasing menjadi lebih jelas dan terukur.

Selain kunjungan klien, semua fitur aplikasi absensi yang dibutuhkan HR ada dalam satu aplikasi absensi online Kerjoo!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari