7 Penyebab Turnover Karyawan dalam Perusahaan dan Solusinya

Turnover karyawan secara sukarela yang tinggi biasanya adalah salah satu gejala dari masalah pada organisasi yang perlu ditangani. Jadi, apa penyebab turnover karyawan dan bagaimana solusinya? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Penyebab Turnover Karyawan
Penyebab Turnover Karyawan

Daftar Isi

Turnover karyawan dalam perusahaan adalah gambaran jumlah atau persentase karyawan yang meninggalkan organisasi dan perlu digantikan oleh orang lain. Ada karyawan yang keluar karena alasan sendiri atau secara sukarela dan ada pula yang diberhentikan.

Tingkat pergantian sukarela yang terus-menerus meningkat dapat menyebabkan banyak tekanan bahkan pada organisasi kuat sekalipun. Hal ini membutuhkan biaya mahal, memakan waktu, dan dapat berdampak buruk pada kondisi perusahaan.

Lebih jauh lagi, pergantian sukarela yang tinggi biasanya adalah salah satu gejala dari masalah pada organisasi yang perlu ditangani. Jadi, mengapa karyawan memilih untuk meninggalkan perusahaan atau organisasi?

Apa Itu Turnover Karyawan?

Penyebab Turnover Karyawan
Penyebab Turnover Karyawan

Melacak tingkat pergantian karyawan perusahaan merupakan langkah berbasis data untuk mengukur berapa banyak orang yang meninggalkan perusahaan dan dalam keadaan apa. Perputaran mengacu pada pemisahan total dari perusahaan dan mencakup pergantian sukarela dan tidak sukarela.

Turnover karyawan sukarela adalah perputaran untuk mewakili orang-orang yang meninggalkan perusahaan atas kemauan mereka sendiri misalnya untuk mendapat pekerjaan baru, untuk alasan pribadi, untuk mengejar peluang pendidikan atau untuk pensiun.

Turnover karyawan yang tidak disengaja adalah perputaran untuk mencakup orang-orang yang diberhentikan karena masalah kinerja atau perilaku serta mereka yang merupakan bagian dari PHK musiman atau pengurangan keseluruhan kekuatan.

Turnover sukarela yang tinggi umumnya dianggap sebagai sesuatu yang tidak menguntungkan. Itu berarti Anda kehilangan karyawan yang berkualitas, terkadang karena perusahaan pesaing.

Penyebabnya termasuk masalah dengan budaya perusahaan, manfaat dan struktur kompensasinya, jalur karier dan pelatihannya, manajer, dan banyak lagi.

Turnover sukarela yang tinggi berdampak pada profitabilitas dan, seringkali, kepuasan pelanggan. Di sisi lain, dibutuhkan biaya banyak untuk merekrut orang baru.

Informasi seputar cara menerapkan KPI (Key Performance Indicator) untuk perusahaan dapat dilihat melalui artikel ini Langkah Tepat Menyusun KPI Karyawan, Apa Saja?

Penyebab Turnover Karyawan dan Solusinya

Berikut penjelasan tentang sebab-sebab turnover dan juga solusi yang dapat dilakukan.

1. Kompensasi yang Buruk

Ketika orang meninggalkan perusahaan, kompensasi dan tunjangan adalah alasan utama, terutama bagi seorang pekerja yang lebih muda. Survei dari platform LinkedIn menemukan bahwa kompensasi dan tunjangan sebagai alasan No. 1 mereka berganti pekerjaan.

Gaji pokok yang lebih tinggi memiliki dampak yang kuat pada retensi karena beberapa alasan. Alasan pertama, membayar orang dengan baik adalah cara nyata untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai kontribusi mereka.

Selain itu, kecil kemungkinannya bahwa pesaing yang ingin memburu dapat memikat mereka dengan insentif yang biasa saja. Glassdoor memperoleh data bahwa pekerja memperoleh rata-rata 5,2% lebih banyak saat mereka berganti pekerjaan.

Solusinya yaitu bagaimana perusahaan bisa memastikan kompensasi sesuai, atau di atas, untuk pasar dan peran?

Pertama, terus memberikan kenaikan gaji pokok tahunan. Pantau apa yang dibayar perusahaan lain setiap tahun, lebih sering untuk pekerjaan yang sulit diisi.

Banyak organisasi mengikat pembayaran bonus dengan penyelesaian proyek—dan membayar lebih banyak untuk keterampilan panas adalah tren yang terus meningkat.

Terakhir, terapkan proses manajemen talenta yang mengidentifikasi pemain terbaik, dan perbaiki ketidakseimbangan gaji dengan melakukan analisis kesetaraan gaji ras dan gender.

Anda juga dapat mempelajari informasi lebih lanjut seputar turnover karyawan dari berbagai sudut pandang.

2. Strategi Perekrutan yang Buruk

Mempekerjakan talenta berkualitas membutuhkan strategi dan waktu perekrutan yang panjang, dan itu sangat berharga. Perekrutan yang salah membuat perusahaan harus menanggung biaya lebih banyak.

Itu menjadi sangat mahal. Selain meningkatkan tingkat pergantian karyawan, perusahaan mungkin harus mengeluarkan biaya lebih banyak bagi setiap karyawan. Kesalahan perekrutan dapat menyebabkan pencemaran di tempat kerja dan bahkan merusak reputasi perusahaan.

Di balik keputusan perekrutan yang buruk, biasanya ada perekrutan impulsif, mengabaikan bendera merah, dan keinginan untuk menutup pembukaan secepatnya.

Bersamaan dengan itu, manajer perekrutan dan perekrut mungkin tidak memiliki informasi yang cukup tentang persyaratan penting dan seluruh visi orang yang akan mengisi posisi tersebut.

Solusi: Optimalkan strategi perekrutan perusahaan.

Untuk mencegah keputusan perekrutan yang buruk dan pergantian staf yang tinggi karena alasan ini:

  • Ambil langkah mundur dan periksa persona kandidat Anda.
  • Pastikan itu selaras dengan kebutuhan bisnis dan budaya perusahaan.
  • Pastikan proses perekrutan yang ada mudah.
  • Pastikan im perekrutan Anda memiliki alat dan visi yang sama tentang cara mencari dan mengevaluasi kandidat.

3. Kurangnya Pengembangan Profesional

Ini adalah salah satu penyebab tingkat turnoveryang tinggi. Karyawan secara alami mencari pertumbuhan karir. Aspirasi ini tidak hanya berarti pertumbuhan finansial tetapi sebagian besar pengembangan profesional.

Oleh karena itu, jika Anda tidak menawarkan vektor pengembangan karir karyawan Anda, kemungkinan besar, Anda akan melihat mereka pergi sebentar lagi.

Solusi: Buat program pengembangan profesional

Untuk mengatasi masalah ini:

  • Pikirkan untuk mengembangkan jalur karir yang jelas, memulai program pelatihan dan bimbingan, dan mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam konferensi terkait.
  • Dukung tujuan profesional karyawan Anda dan dorong pertumbuhan karyawan Anda menggunakan inovasi teknologi seperti solusi HR Forecast Employee Development.

Informasi mengenai coaching karyawan dapat dilihat melalui artikel ini Apa Itu Coaching? Pahami Metode dan Tujuannya untuk Karyawan.

4. Keterikatan yang Lemah dengan Visi dan Tujuan Perusahaan

Seiring dengan pertumbuhan karir, orang ingin pekerjaan mereka memiliki tujuan, dan idealnya, untuk melihat bagaimana masukan khusus mereka membawa perubahan menjadi lebih baik bagi seluruh organisasi.

Seringkali, karena kurangnya pemahaman tentang peran keterikatan dan komunikasi yang buruk di dalam perusahaan, orang-orang akan mulai merasa pekerjaan mereka tidak ada artinya dan dengan demikian mencari peluang kerja lain di tempat lain, berkontribusi pada pergantian karyawan secara sukarela.

Solusi: Buat lebih banyak transparansi kepada karyawan.

Untuk mengatasi masalah ini:

  • Mulai berbagi tujuan perusahaan gambaran besar dan hasil sementara yang valid secara teratur.
  • Pikirkan kembali pendekatan penetapan tujuan untuk membantu karyawan mendapatkan visi bersama.
  • Perhatikan baik-baik pengakuan publik atas keberhasilan individu dan tim.
  • Bantu orang-orang di perusahaan Anda mendapatkan tujuan yang otentik dan itu akan mendorong mereka untuk tetap termotivasi dan produktif.

5. Budaya di Tempat Kerja yang Toxic

Penyebab Turnover Karyawan
Penyebab Turnover Karyawan 

Budaya kerja yang toxic adalah salah satu alasan yang benar-benar membuat meroketnya pergantian karyawan.

Ketika orang merasa terus-menerus stres, diabaikan, takut membuat kesalahan kecil, atau mengalami intimidasi di tempat kerja, kemungkinan besar, mereka akan kehilangan motivasi dan tidak akan melihat diri mereka bertahan dengan majikan mereka saat ini.

Solusi: Buatlah rencana untuk membuat budaya perusahaan menjadi lebih sehat

Untuk mencegah peningkatan pergantian karyawan karena masalah budaya tempat kerja:

  • Lakukan survei untuk memahami betapa bahagia atau termotivasinya perasaan karyawan Anda, kumpulkan umpan balik dari mereka.
  • Jika budaya tempat kerja di organisasi Anda perlu menjadi lebih sehat, buatlah rencana dan tindakan untuk melakukan perbaikan.

6. Kelelahan Karyawan

Penyebab Turnover Karyawan
Penyebab Turnover Karyawan 

Berikutnya yang menjadi penyebab turnover karyawan adalah faktor kelelahan. Banyak karyawan yang merasa kewalahan dengan pekerjaan, mulai merasa stres dan kelelahan, dan itu mungkin mendorong mereka untuk berhenti dan mencari tempat kerja yang menawarkan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Solusi: Pikirkan kembali distribusi ruang lingkup pekerjaan.

Untuk membantu karyawan mengatasi stres dan mengurangi pergantian karyawan:

  • Pastikan tidak ada kekusutan dalam distribusi pekerjaan di seluruh perusahaan.
  • Lakukan survei untuk memahami apakah karyawan berada di ambang kelelahan.
  • Jika tampaknya sebagian besar karyawan kelebihan beban pekerjaan, pikirkan untuk mempekerjakan lebih banyak staf.

7. Tidak Ada Kesempatan untuk Tumbuh atau Berkembang

Faktor lain yang kuat sebagai alasan orang meninggalkan pekerjaan adalah mereka tidak melihat masa depan untuk diri mereka sendiri di perusahaan. Budaya pengembangan karyawan adalah bagian penting dari manajemen bakat.

Hal-hal seperti pelatihan berbasis keterampilan untuk menawarkan pendidikan berkelanjutan dan penggantian biaya kuliah, layanan pengembangan karir dan pelatihan, pendampingan dan program pengembangan kepemimpinan sangat dibutuhkan untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas.

Untuk mengevaluasi program perusahaan, maka perusahaan harus mengevaluasi dengan memberi kepastian mengenai :

  • Apakah ada jalur yang jelas untuk pertumbuhan dan kemajuan karir karyawan? Apakah kepemimpinan senior sepenuhnya setuju dengan strategi pengembangan karyawan kita?
  • Apakah kita memiliki program pembelajaran dan pengembangan formal? Jika tidak secara internal, apakah kami dapat memberikan akses ke peluang pihak ketiga yang akan membantu karyawan memperoleh keterampilan baru?
  • Apakah kami telah menetapkan program untuk membimbing karyawan, dan apakah ada fleksibilitas bagi karyawan untuk menjelajahi departemen dan fungsi yang berbeda?
  • Apakah kita menyelaraskan tujuan bisnis kita dengan tujuan karir karyawan?

Setelah mengetahui pengertian turnover karyawan dalam perusahaan, penyebab tingginya turnover karyawan dan solusinya, kini Anda dapat membuat perusahaan Anda lebih kondusif tanpa kehilangan karyawan yang berkualitas dengan menerapkan solusi yang telah diberikan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari