Strategi Untuk Menjaga Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Sosial

Strategi Untuk Menjaga Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Sosial

Daftar Isi

Bagaimana cara menjaga keseimbangan kerja dan kehidupan sosial? Apakah sebagian besar hari Anda dimulai seperti ini: bangun, bergegas ke kantor, lalu pulang dengan lelah dan segera tidur? Lalu Anda sering bertanya, di mana waktu untuk keluarga, untuk diri sendiri, dan untuk melakukan hobi atau bersosialisasi?

Kita semua bisa berada di posisi yang sama, yaitu terjebak dalam kesibukan dan mengejar apa yang kita anggap sebagai kebahagiaan. Mari kita hadapi itu, bahwa hidup kita berada di lingkaran pekerjaan dan kita takut untuk memutus lingkaran itu.

Saat Anda berusaha berhasil secara profesional, apakah perlu mengorbankan kehidupan pribadi Anda. Jangan biarkan pekerjaan Anda mengambil alih semuanya. Berusahalah untuk menetapkan batasan kehidupan kerja yang jelas dan mulai menjalani kehidupan yang lebih tenang. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur waktu Anda dan dalam mencapai menjaga keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan personal.

Rencanakan Hari Anda

“Bagaimana cara membagi waktu dengan baik?” Wajar jika pertanyaan seperti ini membuat Anda berpikir dan mencoba lebih produktif setiap hari. Mempelajari cara mengatur waktu adalah salah satu keterampilan penting untuk sukses. Alih-alih merencanakan hari Anda dengan cara dan waktu yang berantakan dan merasa seperti Anda hampir tidak berhasil menyelesaikan apa pun pada akhirnya, perencanaan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Jadi, sebelum tidur, luangkan waktu 5-10 menit untuk merencanakan hari berikutnya dan catat di jurnal atau telepon Anda. Anda akan kagum melihat bagaimana latihan ini memungkinkan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan menjauhkan stres.

Menjaga Keseimbangan

Belajar Mengatakan ‘Tidak’

Berapa kali Anda mengatakan ‘ya’ dan menyesalinya? Baik itu memilih komitmen kerja secara tidak sengaja daripada acara tahunan anak Anda atau merasa bersalah karena meninggalkan tempat kerja tepat waktu untuk menghadiri acara sosial – penting untuk membela hal-hal yang penting tanpa merasa bersalah.

Belajar untuk mengatakan ‘tidak’ berasal dari memiliki prioritas yang jelas dan berpegang teguh pada prioritas tersebut. Pahami bahwa Anda tidak bisa berada di mana-mana dan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat, akan ada peluang yang perlu Anda tolak.

Idealnya adalah jujur pada diri sendiri dan tidak berlebihan hanya karena Anda takut akan konsekuensinya. Lain kali Anda tergoda untuk menolak sesuatu atau seseorang, jujur saja, hal terburuk apa yang bisa terjadi? Awalnya, ini akan menakutkan, tetapi nanti, Anda akan senang karena memiliki keberanian untuk mengatakan tidak.

Bangun Pagi

Bangun lebih awal itu sulit, terutama saat Anda tidur dengan kelelahan. Namun, menjadi orang yang bangun pagi berdampak positif pada kesehatan dan produktivitas kita yang membuatnya sangat berharga.

Ketika Anda bangun pagi, Anda mendapatkan waktu ekstra di hari itu untuk diri Anda sendiri ketika Anda dapat menikmati ketenangan sebelum kesibukan melanda. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk melanjutkan membaca, makan sarapan yang lezat, melakukan yoga atau olahraga.

Gunakan dua jam alarm atau jauhkan alarm dari tempat tidur sehingga Anda harus bangun untuk mematikannya – trik ini akan membantu Anda bangun lebih awal dari waktu biasanya dan sebelum Anda menyadarinya, tubuh Anda akan terbiasa dengan rutinitas ini.

Delegasikan Secara Efektif

Jika Anda selalu berpacu dengan waktu dan bertanya-tanya kemana perginya hari Anda, kemungkinan Anda tidak cukup mendelegasikan. Baik itu di rumah atau di tempat kerja, Anda suka terlibat dalam setiap detail kecil, itulah sebabnya Anda tidak dapat mengelola waktu dengan baik.

Satu-satunya cara untuk fokus pada hal-hal yang lebih besar dan lebih penting adalah dengan mendelegasikan sebanyak mungkin. Coba gunakan teknologi untuk menetapkan tugas dan mendorong kerja kolaboratif. Anda perlu mulai mempercayai keluarga dan kolega Anda, mengidentifikasi kekuatan dan berbagi beban kerja.

Jadi, mulailah melibatkan anak-anak Anda dalam tugas-tugas rumah tangga dan lebih sering mendelegasikan kepada rekan kerja Anda, ini tidak hanya baik untuk kesehatan mental Anda tetapi juga membantu memberdayakan orang-orang di sekitar untuk membuat keputusan. Delegasi yang dilakukan dengan benar adalah situasi win-win.

Menjaga Keseimbangan

Matikan Mode Kerja

Apakah Anda akan terus-menerus memeriksa email pekerjaan di meja makan atau memikirkan presentasi pekerjaan yang akan datang ketika Anda harus tidur? Pekerjaan jelas telah menyerang hidup Anda dan Anda perlu belajar bagaimana mematikannya.

Setelah hari yang panjang di tempat kerja, Anda harus menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau menikmati waktu sendiri. Itu tidak berarti hadir secara fisik tetapi tidak ada secara mental. Itu berarti benar-benar berinvestasi dalam kehidupan keluarga Anda dan melakukan aktivitas yang berarti bersama.

Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan meninggalkan pekerjaan di tempat kerja. Jangan bawa laptop kerja Anda ke rumah, matikan notifikasi saat Anda meninggalkan kantor dan gunakan setelah jam kerja untuk fokus pada kehidupan pribadi Anda.

Manjakan Diri dengan Hobi

Melakukan hobi membuat pikiran kita rileks dan membantu menghilangkan stres. Dalam kekacauan hidup, penting untuk terhubung kembali dengan aktivitas dan gairah yang memberi kita kegembiraan. Baik itu memasak, berenang, bermain piano, atau menari – cari tahu apa yang Anda sukai dan blokir waktu untuk itu. Tidak akan pernah ada akhir dari pekerjaan tetapi untuk menjaga kewarasan, Anda perlu keluar dari rutinitas dan fokus pada pertumbuhan pribadi Anda. Ini juga cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan baru dan bertemu orang-orang yang berpikiran sama – yang semuanya berkontribusi pada kehidupan yang memperkaya.

Berlibur

Terkadang satu-satunya hal yang kita butuhkan adalah berlibur, mengubah lingkungan dan melihat tempat baru. Liburan adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang Anda cintai dan mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan. Ini adalah waktu di mana Anda dapat bersantai, bersantai dan meremajakan. Setelah bekerja begitu keras, yang paling bisa Anda lakukan adalah mengistirahatkan otak Anda. Jadi, berikan waktu dalam setahun untuk dapat pergi berlibur, siapa yang tau, setelah berlibur malah akan menambah motivasi Anda untuk menjadi karyawan berprestasi.

Perhatikan Tubuh Anda

Kesehatan adalah kekayaan, walaupun kedengarannya klise, tidak ada kebenaran yang lebih besar dari itu. Tidak mungkin Anda bisa unggul di tempat kerja atau di rumah jika Anda tidak fit secara fisik dan mental. Terlepas dari seberapa sibuk atau terlalu banyak pekerjaan Anda, Anda perlu menjaga diri dengan minum 2-3 liter air, tidur setidaknya 7-8 jam, olahraga teratur, dan diet seimbang.

Jika ada sesuatu yang mengganggu atau membuat Anda cemas, hubungi orang yang Anda cintai atau cari bantuan profesional. Jadi, perhatikan tubuh Anda dan dapatkan bantuan yang diperlukan jika diperlukan. Menjaga keseimbangan kehidupan kerja bermuara pada meluruskan prioritas Anda dan berfokus pada menjalani kehidupan holistik daripada membiarkan pekerjaan menghabiskan hidup Anda.

Kesimpulan

Jalani hidup Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat membuat kenangan berharga dan menikmatinya karena pada akhirnya, itulah yang terpenting. Masalah keseimbangan dalam bekerja dan kehidupan pribadi memang penting diperhatikan. Kerjoo.com pun memahami betapa pentingnya kesehatan dalam bekerja, dalam hal ini adalah fasilitas aplikasi absensi yang higienis karena tidak perlu memakainya bergantian dengan orang banyak. Prosesnya juga mudah karena aplikasinya tersedia di smartphone sendiri dan mudah dilakukan dari manapun dan kapanpun.

menjaga keseimbangan

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari