Apa Itu Talent Pool dan Keuntungannya untuk Perusahaan Anda?

Adanya talent pool membantu perusahaan membuat proses rekrutmen lebih cepat, lebih efisien, dan hemat biaya

Talent pool

Daftar Isi

Setiap kegiatan rekrutmen tentunya mencari kandidat yang kompetensinya sesuai kebutuhan, berpengalaman, dan punya keahlian yang spesifik. Untuk mewujudkannya, ada salah satu cara efektif yaitu melalui talent pool atau kumpulan bakat.

Memahami kualifikasi calon karyawan atau melacak keterampilan kandidat tentu berguna saat mempelajari di mana harus mendelegasikan tugas tertentu.

Departemen HR umumnya membangun talent pool untuk mengelola informasi ini saat merekrut karyawan dan memenuhi tugas perusahaan.

Mempelajari prosesnya secara detail dapat membantu Anda memahami manfaat dan strategi talent pooling yang tepat. Pada artikel ini, akan kami jelaskan definisi talent pool, manfaat utamanya, cara mengembangkan talent pool, dan kiat untuk mengelolanya.

Apa Definisi Talent Pool?

Yang dimaksud talent pool adalah database kandidat pekerjaan potensial yang memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang organisasi atau perusahaan.

Untuk membangun kumpulan bakat, maka manajer HR harus memahami tujuan perusahaan karena hal ini akan terkait dengan perekrutan yang diharapkan selama beberapa tahun ke depan.

Mereka harus tahu apakah upaya pelatihan dan pendampingan cukup kuat untuk mengisi posisi terbuka secara internal dan mampu mengidentifikasi kesenjangan keterampilan saat ini.

Basis data talent pool berisi informasi tentang setiap prospek, termasuk keterampilan individu, peran yang dapat mereka isi, dan apakah mereka sesuai dengan budaya perusahaan.

Dalam proses talent pooling berarti HR sudah mengetahui bahwa individu tersebut memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tertentu. Departemen HR mungkin memiliki kumpulan bakat sendiri atau bekerjasama dengan agen perekrutan.

Pada umumnya ada dua jenis talent pool;

Internal pool

Kumpulan bakat internal atau kelompok individu yang menunjukkan kemampuan untuk mengambil tanggung jawab tambahan dan sudah ahli di dalam peran mereka.

Mereka adalah kelompok karyawan yang dilatih dan dikembangkan untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar dalam organisasi. Seringkali, mereka diidentifikasi sebagai individu yang berkinerja maksimal dan berpotensi tinggi.

External pools

Kelompok kandidat yang memenuhi syarat di luar organisasi/perusahaan. External pools ini seringkali merupakan kandidat dalam database yang telah membuktikan kualifikasi mereka atau lulus penyaringan awal.

talent pool

Apa Saja Manfaat Mengembangkan Talent Pool?

Talent pool membantu perusahaan membuat proses rekrutmen lebih cepat, lebih efisien, dan hemat biaya.

Alih-alih memulai proses rekrutmen dari awal, HR profesional dapat menjangkau sekelompok kandidat potensial yang teridentifikasi memiliki minat dan bakat yang relevan.

Jika kumpulan bakat dikelola dengan baik, akan ada seleksi kandidat potensial yang baik yang dapat dirujuk untuk peran penting di masa mendatang. Ada beberapa manfaatnya;

1. Waktu Rekrutmen Lebih Efisien

Seleksi tim baru dengan banyak proses seleksi dapat memakan waktu untuk sebuah organisasi, jadi menyiapkan kandidat pilihan dapat membantu Anda meningkatkan standar waktu ini.

Di dalam talent pool juga mungkin menyertakan karyawan sebelumnya, pekerja lepas (freelance), atau pelamar sebelumnya yang memenuhi syarat. Jadi, mereka mungkin sudah memiliki pengetahuan tentang perusahaan Anda.

Seiring dengan waktu perekrutan yang lebih rendah, ini dapat mengurangi waktu orientasi.

2. Menghemat Biaya

Selain waktu, potensi pemborosan karena rekrutmen juga terjadi dalam hal biaya. Untuk perusahaan tanpa talent pool, ada kalanya proses perekrutan kurang efektif karena akan membutuhkan lebih banyak sumber daya.

Sebaliknya, dengan membangun kumpulan bakat, Anda menghindari sebagian upaya yang terkait dengan perekrutan.

Iklan mahal bisa diminimalisir, aplikasi yang memakan waktu untuk ditinjau, ataupun berkonsultasi dengan konsultan HR.

Khususnya dalam bisnis yang lebih besar, menggunakan kumpulan bakat sering kali dapat berarti bahwa ada banyak kandidat berkualitas tinggi yang dapat segera dipilih pada waktu tertentu.

3. Memotivasi Karyawan

Motivasi karyawan ini melibatkan pihak internal, yaitu kesempatan pelatihan untuk karyawan berkinerja tinggi. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tampil lebih baik sehingga mereka dapat merasa percaya diri dalam peningkatan karir.

Mereka juga dapat melihat bahwa perusahaan berinvestasi dalam mengembangkan keterampilan, mempelajari tanggung jawab baru, dan meningkatkan kesuksesan mereka.

Bagaimana Mengembangkan Talent Pool?

Membangun talent pool bukan sesuatu yang singkat. Tapi, jika dilakukan dengan efektif, ini bisa mempercepat keberhasilan talent acquisition dan meningkatkan kualitas kandidat yang dipertimbangkan pada peran-peran baru.

1. Selaraskan dengan Tujuan Organisasi

Menyelaraskan talent pool dengan tujuan organisasi secara keseluruhan sangat penting untuk memastikan Anda menyertakan kandidat yang tepat.

Dengan demikian, tujuannya lebih konkret, seperti meningkatkan penjualan di mana Anda mungkin perlu mempekerjakan lebih banyak profesional penjualan.

Anda juga dapat mengevaluasi keahlian tertentu yang ingin ditingkatkan oleh organisasi. Anda mungkin mengidentifikasi soft skill, seperti keterampilan organisasi atau pemecahan masalah atau lebih banyak keterampilan teknis, seperti keahlian dengan software tertentu.

2. Identifikasi Terhadap SDM yang Ada Saat Ini

Tim HR perlu melakukan audit terhadap karyawan saat ini di seluruh perusahaan, yang akan menyoroti jika ada celah atau kekurangan pada kompetensi tertentu. Proses ini akan mengidentifikasi apakah kandidat yang memenuhi syarat perlu diperoleh secara eksternal.

Dengan mengidentifikasi keterampilan masing-masing karyawan dan departemen, Anda dapat mengidentifikasi bagian yang mungkin perlu diisi. Pertimbangkan untuk melacak ini dalam database tempat Anda dapat memastikan distribusi bakat yang tepat di seluruh departemen atau tim.

3. Bekerjasama dengan Organisasi Lain

Sumber dari talent pool bisa luas dan beragam. Contohnya, mereka yang memiliki daftar 25-30 perguruan tinggi yang terkait dengan almamater kandidat yang pernah melamar.

Talent pool bisa menjadi strategi yang tepat untuk rekrutmen karyawan di masa mendatang. HR bisa menyimpan daftar profil kandidat potensial untuk lowongan kerja yang akan dibuka. Bahkan Anda juga dapat bekerjasama dengan komunitas atau organisasi lain untuk kebutuhan rekrutmen.

Talent Pool

4. Menerapkan Prosedur Pelatihan

Pelatihan dan coaching sangat penting untuk talent pool internal, karena ini membantu karyawan mengembangkan keterampilan mereka sambil mengelola tanggung jawab harian.

Ini dapat berupa program bimbingan atau pelatihan manajemen yang dapat mempersiapkan karyawan untuk lebih banyak tanggung jawab.

Untuk external pool, ini mungkin berarti memastikan kandidat memenuhi kebutuhan khusus perusahaan.

5. Memantau Kemajuan Rutin

Seperti halnya talent mapping dan strategi HR, maka talent pool perlu dipantau. Selain melakukan penilaian secara teratur, sebaiknya amati juga tentang kondisi pasar. Baik faktor internal maupun eksternal dapat mendukung perubahan dalam strategi pengembangan bakat.

Ada kemungkinan bahwa perusahaan tidak dapat menemukan semua kompetensi yang dibutuhkan melalui perekrutan eksternal.

Karena itu, perusahaan mungkin mengembangkan bakat masa depan dari dalam sekaligus memberi fleksibilitas pada bisnis untuk memenuhi kebutuhan operasional yang lebih lancar.

Kesimpulan

Talent pool adalah kumpulan karyawan yang memiliki potensi untuk meningkatkan karier mereka dalam perusahaan.

Manfaat dari talent pool adalah perusahaan dapat dengan mudah menemukan kandidat yang sesuai untuk posisi yang tersedia tanpa harus melakukan proses rekrutmen yang panjang dan biaya tinggi.

Cara membangun talent pool di perusahaan adalah secara bertahap, mulai dari identifikasi kebutuhan perusahaan sampai dengan memantau kemajuan secara rutin.

Efektif dan efisien dalam rekrutmen hanyalah salah satu aspek penting dalam mengelola karyawan dalam perusahaan. Dalam mengelola data karyawan, pengelolaan yang baik juga sama pentingnya.

Dengan menggunakan aplikasi HR, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah. Anda dapat memanfaatkan setiap fitur aplikasi Kerjoo untuk meningkatkan produktivitas tim Anda.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari