Apa itu Tanda Tangan Digital? Simak Manfaat dan Cara Kerjanya

Tanda tangan digital adalah jenis tanda tangan elektronik dengan algoritma matematika yang dipakai untuk memvalidasi keaslian dan integritas suatu pesan.

Apa itu Tanda Tangan Digital? Simak Manfaat dan Cara Kerjanya

Tanda tangan digital yaitu sebuah tanda tangan yang memiliki kegunaan hampir sama dengan sidik jari digital. Tanda tangan digital dapat secara aman menghubungkan penandatangan dengan dokumen tertentu dalam transaksi yang direkam. Tanda tangan digital ini mengandalkan format yang diterima secara universal berupa Public Key Infrastructure untuk memastikan keamanan yang ditingkatkan. Hal itu merupakan bagian dari teknologi tanda tangan elektronik (eSignature).

Tanda tangan digital menjadi cara untuk menunjukkan keaslian pesan atau dokumen digital Tanda tangan digital bisa digunakan seseorang untuk mengidentifikasi penandatangan dan mengamankan data dalam dokumen digital. Tanda tangan digital dapat memastikan kepatuhan terhadap peraturan hukum dengan memberikan validitas dan keaslian dokumen digital dan identitas penandatangan. Tanda tangan digital memberikan bukti asal, waktu, identitas, dan status dari suatu dokumen digital. Tanda tangan digital menegaskan bahwa data itu berasal dari penandatangan dan tidak dirusak selama transit.

Tanda tangan digital adalah jenis tanda tangan elektronik dengan algoritma matematika yang dipakai untuk memvalidasi keaslian dan integritas suatu pesan. Contoh penggunaan tanda tangan digital yaitu pada email, transaksi kartu kredit, atau dokumen digital. Tanda tangan digital digunakan untuk mengidentifikasi pengguna serta melindungi informasi dalam pesan atau dokumen digital. Tanda tangan digital memastikan tidak ada distorsi yang terjadi saat transit antara orang yang menandatangi dan penerima. Tanda tangan digital secara signifikan lebih praktis dan aman jika dibandingkan bentuk tanda tangan elektronik lain.

Manfaat Tanda Tangan Digital

tanda tangan digital

Tanda tangan digital telah banyak dipakai berbagai perusahaan dan eksekutif. Secara sederhana, tanda tangan digital adalah sidik jari elektronik seseorang. Tanda tangan digital memungkinkan Anda dalam menandatangani dokumen secara elektronik dan memvalidasi penandatangan. Tanda tangan digital memakai kode matematika yang mengotentikasi dokumen dari pengirim dan memastikan dokumen itu tetap sama atau tidak berubah saat mencapai penerima.

Manfaat E-Absensi Web Mobile Untuk di Perkantoran
Teknologi yang semakin canggih menjadikan segala hal lebih praktis dari sebelum-sebelumnya. Apalagi untuk kantor yang menggunakan e-absensi.

Berbicara mengenai keamanan tanda tangan digital, ini menggunakan format yang diterima yang disebut Public Key Infrastructure, yang menyediakan tingkat keamanan sangat tinggi sehingga sulit baginya untuk diduplikasi. Tanda tangan digital akan membuat dokumen perusahaan maupun pribadi jauh lebih efisien. Manfaat tanda tangan digital membuat lebih banyak pribadi dan perusahaan mendukung tanda tangan elektronik, hal ini membuat tempat kerja yang jauh lebih efisien dan aman, secara digital. Jadi manfaat dari tanda tangan digital meliputi:

1. Memiliki keabsahan hukum

Tanda tangan digital dapat memberikan keaslian dan memastikan bahwa tanda tangan tersebut telah diverifikasi. Tanda tangan digital dapat berlaku di mata hukum mana pun seperti dokumen kertas bertanda tangan lainnya. Adanya stempel waktu dan kemampuan untuk melacak dan mengarsipkan dokumen dengan mudah meningkatkan sekaligus menyederhanakan audit dan kepatuhan terhadap hukum.

Surat Keterangan Kerja: Pengertian, Fungsi, dan Struktur
Surat keterangan kerja adalah sebuah surat pada isinya terdapat bukti berupa informasi atau keterangan mengenai seseorang atau pihak yang bersangkutan pernah bekerja pada suatu perusahaan.

2. Dapat menghemat waktu

Berkat adanya tanda tangan digital, seorang karyawan tidak lagi harus menunggu atasan atau manajer kembali dari liburan atau cuti untuk mendapatkan tanda tangan tersebut. Tanda tangan digital dapat memastikan bahwa perusahaan menghemat biaya dan waktu dengan dokumen dan kontrak yang ditandatangani dengan cara digital yaitu mengklik tombol. Diketahui adanya penghematan besar dalam biaya serta waktu terutama ketika orang yang diminta untuk menandatangani berada pada wilayah secara geografis jauh dan butuh waktu lama untuk ditempuh. Dokumen dapat ditandatangani secara cepat, dari mana saja. Tanda tangan digital itu dapat dilakukan melalui tablet, ponsel, atau komputer, tanda tangan digital dapat dengan efektif memastikan pekerjaan seputar tanda tangan dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

Pengertian Tanda Tangan Digital dan Cara Membuatnya di Android
Tanda tangan digital bisa dibuat pakai aplikasi.

3. Adanya penghematan biaya

Berbagai perusahaan mengakui adanya penghematan biaya secara signifikan, dengan sedikit atau tanpa biaya untuk peralatan seperti tinta, kertas, pencetakan, pemindaian, pengiriman/pengiriman, serta biaya perjalanan yang membutuhkan dana tidak sedikit. Ada juga penghematan biaya tidak langsung lainnya seperti pengarsipan, pengecekan data, dan pelacakan.

4. Menambah efisiensi alur kerja

tanda tangan digital

Tanda tangan digital memastikan bertambahnya efisiensi alur kerja yang lebih baik. Mengelola dan melacak dokumen dirasa menjadi lebih mudah, dengan upaya dan waktu yang lebih sedikit. Banyak fitur tanda tangan digital membantu mempercepat proses kerja. Contoh penerapannya yaitu pemberitahuan email membantu mengingatkan orang tersebut untuk menandatangani, sementara pelacakan status, membantu mengetahui pada tahap mana dokumen tersebut berada.

5. Pengalaman pelanggan yang lebih baik

Tanda tangan digital dapat memberikan kemudahan dalam hal menandatangani dokumen penting di mana pun serta kapan pun pelanggan atau orang yang akan ditandatangani berada. Seorang penjual tidak perlu menunggu pelanggan datang ke bank atau kantor. Dokumen dapat ditandatangani di mana saja. Hal tersebut tentu akan sangat membantu, terutama di daerah terpencil dan kota-kota kecil yang mungkin belum menyediakan layanan yang lengkap atau di tempat yang memiliki SDM dalam jumlah terbatas. Pelanggan memiliki kebebasan untuk berada di mana saja, ketika terlibat dengan perusahaan. Hal ini menjadikan layanan dan bisnis jauh lebih mudah, cepat, dan ramah bagi pelanggan.

6. Meningkatnya keamanan dokumen

Tanda tangan mementingkan keaslian, dan keamanan menjadi suatu prioritas. Tanda tangan digital berfungsi mengurangi risiko duplikasi atau perubahan dokumen itu sendiri. Tanda tangan digital dapat memastikan bahwa tanda tangan itu diverifikasi, autentik, dan sah. Penanda tangan akan diberikan PIN, kata sandi, dan kode yang bisa dipakai untuk mengotentikasi dan memverifikasi identitas mereka, kemudian menyetujui tanda tangan mereka. Stempel waktu pada tanda tangan digital juga memberikan tanggal dan waktu tanda tangan dan dengan demikian memberikan jejak dokumen, meminimalkan risiko gangguan atau penipuan. Fitur keamanan yang disematkan pada tanda tangan digital berguna dalam memastikan bahwa dokumen tidak diubah tanpa izin pemiliknya.

5 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Mudah - Lifestyle Katadata.co.id
Berikut lima cara membuat tanda tangan digital yang bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat gawai dan komputer.

Cara Kerja Tanda Tangan Digital

tanda tangan digital

Algoritma matematika yang ada dalam tanda tangan digital akan menghasilkan kunci publik dan kunci pribadi yang berhubungan satu sama lain. Ketika penanda tangan menandatangani dokumen tertentu secara elektronik, algoritma matematika akan menghasilkan data yang berkaitan dengan dokumen yang ditandatangani oleh penandatangan, lalu data tersebut kemudian dienkripsi.

Data yang telah dienkripsi disebut dengan cryptographic hash. Fungsi cryptographic hash yaitu string angka dan huruf dengan panjang tetap yang dihasilkan dari algoritma matematika. String yang dihasilkan memiliki keunikan untuk file yang di-hash dan merupakan fungsi satu arah, hash yang dihitung tidak dapat dibalik untuk menemukan file lain yang dapat menghasilkan nilai hash yang sama.

Surat Keterangan Penghasilan: Arti, Fungsi, Komponen
Surat keterangan penghasilan atau biasa disingkat SKP merupakan salah satu jenis dokumen resmi. Surat keterangan penghasilan adalah surat resmi yang menerangkan mengenai jumlah penghasilan yang diterima oleh seseorang.

Penanda tangan memiliki akses secara tunggal ke kunci pribadi dan kunci pribadi ini digunakan untuk mengenkripsi data dokumen. Informasi yang sudah dienkripsi kemudian ditransmisikan dan hanya dapat didekripsi oleh kunci publik penandatangan. Penerima yang menerima dokumen juga menerima salinan kunci publik penandatangan yang digunakan untuk mendekripsi tanda tangan. Cryptographic hash diperiksa untuk memvalidasi keasliannya. Dokumen dianggap asli apabila cocok.

Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Digital
Jenis Tanda Tangan Foto : id.esdifferent.com Pada zaman ini, banyak orang berkata bahwa sekarang adalah era digital. Semua hal dijadikan digital. Dulu bapak ibu kita berbelanja berbagai kebutuhan pokok di pasar atau di toko – toko. Namun di zaman digital ini, muncul pasar/toko digital namanya e-comm…

Cara kerja tanda tangan digital yang dikirim:

  • Di platform atau aplikasi pengolah dokumen, pengirim memilih file yang akan ditandatangani secara digital.
  • Komputer pengirim berfungsi menghitung nilai hash unik konten file.
  • Tanda tangan digital dibuat dengan mengenkripsi nilai hash tersebut dengan kunci pribadi pengirim.
  • Penerima akan menerima file asli dan juga tanda tangan digitalnya.
  • Penerima membuka aplikasi dokumen yang bersangkutan, yang mengenali file yang ditandatangani secara digital.
  • Tanda tangan digital lalu akan didekripsi oleh komputer penerima menggunakan kunci publik pengirim.
  • Komputer penerima menghitung hash file asli lalu membandingkannya dengan hash file pengirim yang sekarang telah didekripsi.
  • Dokumen dianggap asli apabila cocok.
tanda tangan digital