Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Daftar Isi

Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah – Banyak orang yang berpikir bahwa bekerja dari rumah bisa sangat nyaman. Tidak ada perjalanan yang memakan waktu untuk pekerja jarak jauh.

Tapi, bekerja dari jarak jauh juga bisa jadi lebih sulit untuk fokus dan tidak terkena distraksi. Entah itu pekerjaan rumah yang tiba-tiba terlihat lebih mendesak, atau salah satu acara yang sangat ingin Anda tonton.

Nah, untuk tetap fokus bekerja di rumah dapat membutuhkan sedikit usaha ekstra. Maka itu, beberapa orang, tentu saja, lebih suka bekerja on site atau dari kantor.

Bekerja dari rumah adalah penyesuaian besar bagi banyak orang. Terkadang rasanya kita tidak menyelesaikan apa pun sepanjang hari, atau mungkin sepanjang minggu.

Merasa tidak produktif dapat menjadi ketegangan emosional yang nyata, belum lagi hal itu dapat membuat Anda merasa perlu bekerja lebih lama untuk mengganti 'waktu yang hilang'. Pada situasi ini, batas antara pekerjaan dan kehidupan menjadi kabur.

Tips Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Jadi, coba lihat saran di bawah ini untuk melihat bagaimana Anda dapat mengoptimalkan jam kerja Anda dalam menghadapi gangguan, kesepian, dan hal lain yang dapat terjadi saat bekerja dari rumah.

Tentukan Ruang Kerja

Studi menunjukkan bahwa memiliki ruang kerja sendiri penting untuk membantu Anda fokus. Memiliki tempat khusus di rumah Anda untuk 'pergi bekerja' dapat mengurangi gangguan dan fokus yang lebih dalam.

Idealnya, bagus jika memiliki ruang kantor sendiri di dalam rumah, tetapi karena setiap rumah berbeda, Anda harus memanfaatkan ruang yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

Tempat-tempat yang dapat bekerja dengan baik adalah meja dapur (duduk di tempat yang sama setiap saat), meja ruang makan atau meja lorong. Jika bisa, hindari bekerja di kamar tidur Anda.

Karena tubuh dan pikiran Anda mengasosiasikan ruangan itu dengan tidur. Singkatnya, jangan mencoba untuk tidur dan bekerja di ruang yang sama apabila ingin tetap produktif meskipun bekerja dari rumah.

Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Istirahatlah dan Pergi Keluar

Matahari dan udara segar tidak hanya bagus untuk tanaman, mereka juga baik untuk Anda. Dengan berolahraga secara teratur, bahkan jika itu sesuatu yang sederhana seperti berjalan, Anda menambahkan elemen penting untuk kesehatan Anda.

Jika Anda memiliki anjing, buatlah alasan untuk pergi keluar sepanjang hari. Istirahat singkat setiap beberapa jam dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan produktivitas secara keseluruhan.

Jika pergi ke luar bukanlah pilihan yang mudah, bahkan sekadar makan siang di depan jendela dapat memiliki manfaat yang sama.

Sesuaikan Lingkungan Anda

Meskipun kita tidak selalu dapat mengontrol tempat kerja, tetapi kita dapat mengontrol lingkungan kerja.

Mempersonalisasi ruang kerja Anda dengan cara yang mungkin tidak dapat Anda lakukan di kantor perusahaan dapat menyenangkan dan latihan mental yang baik untuk membantu Anda rileks.

Baik itu aromaterapi, tanaman, atau foto tertentu, sesuaikan lingkungan kerja Anda dengan apa yang akan membantu Anda merasa nyaman, fokus, dan termotivasi sepanjang hari.

Hal-hal seperti ini, terutama wewangian dan tumbuhan, dapat memiliki efek yang sangat positif pada kesejahteraan emosional Anda.

Mendengarkan Musik

Karena banyak lingkungan kantor yang tidak mengizinkan musik di ruang kerja Anda (di luar penggunaan headphone), ini adalah kesempatan lain untuk menciptakan lingkungan kerja terbaik Anda.

Misalnya, menggabungkan musik klasik dan instrumental, karena penelitian menunjukkan bahwa jenis musik ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan menjaga pikiran tetap tajam.

Banyak jenis musik dapat membantu membuat bekerja dari rumah selama masa karantina lebih menyenangkan dan produktif, tetapi hindari musik yang akan mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan. Gunakan musik untuk keuntungan Anda dan kesenangan saat bekerja dari jarak jauh.

Pertahankan Jam Kerja Reguler

Yang ini bisa menjadi tantangan bagi banyak orang, tetapi menjaga jadwal rapat dan panggilan rutin dengan tim Anda dapat membantu Anda mempertahankan jadwal kerja yang teratur.

Jangan biarkan transisi dari kantor ke rumah menghalangi Anda untuk menjaga jadwal yang ketat agar tetap produktif. Apakah Anda biasanya bangun dan berolahraga sebelum bekerja?

Apakah Anda punya waktu makan siang yang sudah ditentukan? Usahakan untuk mempertahankan aktivitas tersebut di rumah, karena semakin akrab dan konsisten jadwal kerja Anda, semakin baik.

Kebalikannya juga benar. Kebiasaan seperti tidur atau bermain video game di tengah hari dapat menjadi bola salju dan benar-benar mengikis produktivitas.

Pertahankan kebiasaan baik, dan jangan biarkan kebiasaan buruk dimulai. Tidak ada yang mengatakan Anda tidak bisa fleksibel dengan jadwal Anda; kuncinya adalah menemukan rutinitas yang cocok untuk Anda dan membuat Anda tetap fokus.

Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Ciptakan dan Pertahankan Rutinitas Pagi

Mirip dengan menjaga jam bekerja, mengembangkan rutinitas pagi dapat membantu Anda memiliki hari kerja yang lebih produktif.

Membuat rencana untuk pagi Anda yang Anda ulangi setiap hari dapat memiliki efek positif pada kehidupan kerja dan pola pikir Anda. Apapun sistem yang Anda miliki, cobalah untuk tetap menggunakannya.

Banyak orang sukses menghubungkan kesuksesan pribadi dan keuangan mereka dengan kebiasaan ketat di pagi hari. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai, jika Anda belum melakukannya.

Ini juga berlaku untuk cara Anda berpakaian atau berdandan. Banyak orang yang menggunakan waktu ini untuk menumbuhkan janggut atau mencoba gaya rambut baru (beberapa bukan karena pilihan), tetapi tidak sarankan untuk tidak menggunakan piyama untuk bekerja.

Tentu, hari-hari santai memang menyenangkan, tetapi agar tetap terjaga semangat Anda, tidak ada salahnya untuk tetap mempertahankan berpakaian rapi saat kerja di rumah.

Jangan Berhenti Bersosialisasi

Bersosialisasi sama pentingnya ketika bekerja dari jarak jauh. Isolasi, putus hubungan, dan kesepian bisa menjadi resep buruk bagi kesehatan mental Anda.

Bekerja dari rumah tidak berarti Anda tidak dapat tetap terhubung dengan rekan kerja, keluarga, dan teman. Gunakan Zoom, Skype atau program apa pun yang Anda sukai untuk berkomunikasi tatap muka.

Istirahat

Beri diri Anda istirahat. Jangan selalu terkunci di dalam ruangan. Untuk setiap jam Anda bekerja, berikan waktu istirahat selama 15-30 menit. Berikan waktu kepada pikiran Anda untuk mencerna apa yang baru saja dilakukan, lalu kembali lagi. Anda akan meningkatkan kualitas apa yang Anda hasilkan seratus kali lipat.

Buat Daftar yang Harus Dilakukan Setiap Hari

Pertahankan tanggung jawab Anda dengan daftar tugas harian. Di akhir setiap hari kerja, tulis daftar tugas untuk hari berikutnya, dengan merinci apa yang perlu Anda selesaikan dan jam berapa.

Anda juga harus menyertakan rapat atau panggilan telepon yang Anda ikuti. Tujuannya adalah untuk menarik daftar itu segera setelah Anda masuk keesokan harinya untuk membantu Anda memulai dengan baik.

Kesimpulan

Bekerja dari rumah tidak perlu menghalangi perkembangan profesional Anda untuk tetap produktif. Dengan mengadopsi dan menerapkan mindset berkembang, Anda akan dapat menemukan peluang yang sebelumnya tidak pernah Anda duga.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari