Tips Work From Home Untuk Ibu Bekerja Agar Tetap Fokus

Tips Work From Home Untuk Ibu Bekerja Agar Tetap Fokus

Daftar Isi

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang semua menyesuaikan diri dengan kondisi baru dan asing. Terutama para orang tua pekerja yang kini harus mengubah rutinitas dan alur kerja mereka yang biasa.

Mayoritas dari mereka sekarang bekerja dari rumah yang mendapat keuntungan dan tantangan sendiri. Anda menghemat perjalanan sehari-hari, mendapatkan lebih banyak fleksibilitas, mengelola anak-anak dengan pekerjaan bersama dengan berbagai pekerjaan rumah.

Namun, beberapa anak bisa sangat menuntut. Hal ini memberikan tekanan ekstra pada para orang tua, terutama para ibu untuk mengasuh anak selama WFH. Meskipun kenyataan baru ini sangat membebani, terutama bagi ibu yang bekerja, tetapi ada hal yang bisa membuat Anda tetap fokus. Ada begitu banyak ibu yang mencoba menyeimbangkan pekerjaan dengan pengasuhan anak. Jadi, kami telah mengumpulkan tips untuk ibu bekerja agar tetap fokus!

Komunikasikan dengan Atasan dan Rekan

Komunikasikan secara proaktif dengan atasan atau atasan Anda bahwa Anda memiliki anak di rumah dan bahwa Anda tidak dapat menjamin panggilan kerja akan bebas gangguan. Bicaralah dengan anak-anak Anda juga.

Beri tahu mereka bahwa meskipun ini tampak seperti akhir pekan atau liburan karena semua orang ada di rumah, ini adalah keadaan yang sangat tidak biasa yang menuntut Anda untuk bekerja dari rumah.

Atur Kegiatan dengan Anak

Bergantung pada jadwal kerja Anda dan usia anak, atur berbagai aktivitas seperti permainan, teka-teki, kotak aktivitas, dll. Yang tidak terlalu memerlukan pengawasan orang dewasa. Anda bahkan dapat mengizinkan mereka menggunakan beberapa aplikasi tepercaya dan menonton acara favorit mereka agar mereka tetap sibuk. Buatlah kegiatan cadangan yang direncanakan ketika kegiatan ini gagal untuk membuatnya tetap terlibat. Untuk anak-anak yang lebih besar, bantu mereka mengejar ketinggalan kelas dan membuat mereka sibuk dengan kuis online dan kelas online.

Buat Jadwal yang Jelas

Penting untuk mengatur hari Anda dengan hati-hati, dengan jam ‘kantor’ yang sudah ditentukan. Berapa jam Anda berharap untuk bekerja hari itu atau apan Anda akan membalas telepon? Apa yang dapat Anda capai saat putra atau putri Anda mewarnai di kamar sebelah? Anda akan menyelesaikan lebih banyak jika Anda bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Meskipun demikian, salah satu manfaat terbaik bekerja di rumah adalah fleksibilitas, terutama jika Anda adalah atasan Anda sendiri. Jika putra atau putri Anda rewel selama jam kantor Anda dan ini hari yang indah, tidak apa-apa untuk mengesampingkan tugas dan bermain di luar. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan nanti saat kekasih Anda sudah tenang. Jika Anda memiliki atasan, pastikan untuk memiliki kesepakatan tentang berapa jam per hari Anda harus masuk saat melakukan telecommuting.

Manfaatkan Waktu Tidur Siang

Manfaatkan waktu tidur siang agar tetap produktif saat bekerja dari rumah. Baik anak Anda tidur selama satu atau tiga jam, gunakan waktu ini untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi penuh. Jika karena alasan tertentu dia tidak lelah, mereka memiliki waktu tenang sebagai gantinya.

ibu bekerja

Pisahkan Peran Ibu dan Bisnis

Jika Anda tidak belajar untuk memisahkan peran Anda sebagai ibu dan pengusaha, memberikan konsentrasi penuh pada masing-masing waktu tertentu, Anda tidak akan pernah merasa bahwa Anda melakukannya dengan baik. Untuk memisahkan mental dari bagian lain rumah, aturlah area menjadi kantor. Buatlah zona bebas anak yang membantunya melepaskan diri dari sisa rumahnya. Plus, ini membantu Anda melepaskan diri dari pekerjaan Anda jika Anda memiliki pintu untuk ditutup. Jika Anda tidak memiliki kantor, cobalah membuat daftar segala hal yang akan Anda lakukan keesokan harinya.

Rencanakan Asupan Makanan

Saat di rumah, Anda memiliki seluruh keluarga di rumah dan tergoda untuk menyiapkan makanan yang enak untuk semua orang. Jangan gunakan waktu berharga Anda untuk membuat makanan dari awal. Rencanakan makanan Anda dan lakukan pekerjaan persiapan seperti memotong dan memotong malam sebelumnya. Ini membantu memastikan Anda tidak menggunakan waktu produktif harian Anda dalam melakukan tugas non-kerja yang membutuhkan banyak energi, yang dapat digunakan dengan lebih baik di meja Anda.

Jaga Anak-Anak Tetap Terhibur

Renee Belbeck, seorang ibu bekerja di rumah di Columbus, Ohio, adalah CEO dan pendiri National Association of W.O.M.E.N. (Women, Owners, Moms, Entrepreneurs, and Networkers). Ia menemukan aturan sederhana ketika anak-anaknya masih balita: “Jika saya memberi mereka sedikit waktu berkualitas, saya akan mendapat dua jam untuk bekerja.” Ia mengatakan aturan itu masih berlaku, meskipun anak-anaknya sekarang berusia 10 dan 6 tahun.

Kiatnya yang berpusat pada anak-anak: Sisihkan beberapa mainan keren yang bisa dimainkan anak Anda, atau atur tanggal bermain atau tontonan film khusus hanya selama ibu bekerja. Jika anak-anak Anda memiliki sesuatu untuk dinantikan, mereka cenderung tidak akan mengganggu Anda. Anda juga dapat mencoba mendirikan pusat aktivitas di kantor rumah Anda sehingga anak-anak merasa seolah-olah mereka memiliki tempat khusus untuk mengerjakan proyek sementara Anda menerima email.

Ciptakan Tempat Kerja

Cobalah mencari ruang di rumah Anda yang memiliki pintu yang bisa ditutup. Menciptakan batasan fisik penting saat bekerja di rumah untuk membantu memperkuat pesan bahwa Anda perlu bekerja dan tidak ingin diganggu. Jika Anda seorang ibu yang bekerja, biasanya bekerja dari mana?

Sempatkan Istirahat

Ingat, rentang perhatian anak-anak pendek. Jadi, Anda perlu membagi pekerjaan sehari-hari Anda menjadi tugas-tugas yang lebih kecil untuk memastikan Anda memberikan perhatian yang mereka butuhkan kepada anak-anak Anda. Ini mungkin juga berarti bahwa Anda mungkin harus terus bekerja setelah mereka tidur atau bangun pagi-pagi untuk jam kerja tanpa gangguan.

Hargai Perilaku Anak

Bekerja dari rumah dengan anak-anak di bawah kaki, dalam situasi darurat seperti ini, mengharuskan Anda untuk menjaga keharmonisan, sebisa mungkin. Ini mungkin termasuk menyiapkan sistem penghargaan untuk anak-anak Anda ketika mereka mendengarkan, menunjukkan perilaku yang baik, dan mengikuti instruksi.

Batasi Waktu Main Gadget

Membatasi waktu layar biasanya merupakan kebutuhan dalam kondisi normal. Namun dalam situasi seperti masa pandemi, akan seperti apa? Ketika anak-anak ada di rumah tanpa tahu harus ke mana, ada baiknya mempertimbangkan menambah waktu layar harian mereka untuk membeli lebih banyak waktu kerja untuk Anda. Tetapi beri tahu mereka bahwa ini adalah penyesuaian sementara.

Kesimpulan

Tidak ada tips manajemen waktu yang cocok untuk semua orang karena kita semua memiliki gaya dan kelemahan yang berbeda dalam mengatur waktu. Beberapa dari kita mungkin harus belajar berhenti menunda-nunda sementara yang lain perlu membuat ruang kerja yang bebas gangguan untuk menyelesaikan sesuatu.

Jadi menilai apakah Anda memiliki kepribadian yang baik untuk bekerja di rumah adalah langkah pertama dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan Anda. Kembangkan seperangkat aturan dasar bekerja di rumah yang memperhitungkan kepribadian dan usia anak-anak Anda.

Jadi, apabila perusahaan Anda memiliki karyawan yang Work From Home (WFH) tidak perlu cemas dalam mengelola karena aplikasi absensi Kerjoo selain bisa mengidentifikasi wajah dan lokasi kerja karyawan. Selain itu aplikasi Kerjoo kini juga dilengkapi fitur baru, yaitu Laporan Pekerjaan yang memungkinkan Anda bisa mengecek langsung karyawan dari mulai presensi, lokasi kerja, hingga memantau laporan pekerjaan harian mereka. Yuk, daftar Kerjoo sekarang aja!

ibu bekerja

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari