Persiapan untuk Menghadapi Wawancara Online dari Rumah

Persiapan untuk Menghadapi Wawancara Online dari Rumah

Daftar Isi

Dengan tren global yang semakin mobile, wawancara online menjadi hal biasa. Kandidat tidak perlu bepergian atau mengambil cuti, dan platform teknologi seperti Microsoft Teams, Skype, dan Zoom berarti Anda tidak perlu melewatkan aspek wawancara kerja tatap muka. Dengan langkah-langkah jarak sosial saat ini dan larangan bepergian di seluruh dunia, wawancara video menjadi semakin penting bagi pemberi kerja dan pencari kerja.

Jika Anda belum pernah diminta untuk berpartisipasi dalam wawancara video selama berburu pekerjaan, Anda mungkin akan segera mengikutinya. Cara kita bekerja, dan cara kita bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, berubah secara radikal. Begitu juga dengan proses perekrutan untuk jumlah karyawan yang terus bertambah.

Baik sudah berpengalaman atau baru pertama kali bekerja, wawancara video tidak harus menjadi pemicu stres. Ya, ada nuansa berbeda untuk dipahami. Tetapi dengan beberapa latihan dan pola pikir yang benar, Anda dapat menempatkan diri Anda pada posisi yang tepat.

Tips sebelum Wawancara Online

Berikut adalah delapan tips wawancara video yang akan membantu Anda maju ke babak berikutnya.

Cek Peralatan Anda

Beberapa hari sebelum wawancara online, lakukan uji coba teknis untuk memastikan peralatan Anda bekerja dengan benar. Unduh aplikasi atau plugin apa pun yang Anda perlukan. Baik Anda menggunakan Skype for Business atau platform video lainnya, pastikan Anda memiliki nama pengguna yang profesional, sama seperti yang Anda lakukan dengan alamat email atau alamat media sosial Anda. Periksa apakah kamera, mikrofon, dan koneksi internet komputer Anda berfungsi. Lakukan uji coba dengan teman atau anggota keluarga, jika memungkinkan, sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan jika ada peralatan atau perangkat lunak Anda yang tidak berfungsi.

Bagaimana Pakaian saat Wawancara Online?

Untuk wawancara video, Anda harus berpakaian secara profesional, sama seperti saat Anda melakukan wawancara langsung. Teliti budaya perusahaan sebelum wawancara sehingga Anda memiliki ide bagus tentang apa pakaian yang sesuai. Untuk tampil terbaik di depan kamera, hindari warna dan pola cerah dan pilih warna yang lebih lembut. Jika Anda mengenakan dasi, kenakan warna solid daripada yang berpola. Jika Anda memakai kacamata, sesuaikan pencahayaan di dalam ruangan untuk mengurangi silau dari lensa. Posisikan kamera sehingga Anda sedikit melihat ke atas dan di tengah layar. Meskipun pewawancara kemungkinan hanya akan melihat bagian atas Anda, sebaiknya tetap mengenakan celana atau rok profesional jika Anda perlu berdiri karena alasan apa pun.

Interview Video Call

Perhatikan Bahasa Tubuh

Kontak mata sangat penting selama wawancara langsung, dan Anda ingin menyampaikan tingkat koneksi yang sama selama wawancara video. Hindari naluri untuk melihat langsung pewawancara Anda di layar saat Anda menjawab pertanyaan. Sebaliknya, saat Anda berbicara, Anda ingin mengarahkan pandangan Anda ke webcam. Saat Anda melakukan ini, mata Anda lebih cenderung sejajar dengan mata pewawancara di ujung lain. Saat Anda mendengarkan, Anda dapat melihat kembali layar.

Sepanjang wawancara online, jaga suasana hati Anda tetap baik dan tunjukkan optimisme dengan bahasa tubuh Anda. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memiliki postur tubuh yang baik. Duduklah di kursi Anda dengan punggung tegak dan bahu terbuka. Kaki bisa ditanam di lantai dan lengan bisa diletakkan di pangkuan Anda atau di atas meja.

Saat Anda mendengarkan, angguk dan tersenyumlah pada saat yang tepat untuk mengomunikasikan bahwa Anda memberi mereka perhatian penuh. Gunakan gerakan tangan jika dirasa sesuai dan pertahankan gerakan Anda tetap dekat dengan tubuh Anda. Hindari gelisah atau biarkan pandangan Anda menjauh dari perangkat.

Suara ketika Wawancara Online

Proyeksikan suara Anda. Periksa kontrol volume Anda dan bicaralah dengan jelas sehingga mikrofon menangkap suara Anda dan pewawancara tidak perlu bersusah payah untuk mendengar Anda. Dan ingatlah bahwa koneksi digital terkadang bisa tertunda. Untuk menghindari membicarakan pewawancara atau memotong beberapa kata pertama Anda, biarkan pewawancara menyelesaikan pertanyaan dan kemudian berhenti selama beberapa detik sebelum memberikan jawaban Anda.

Lebih awal

Masuk lima atau 10 menit lebih awal agar Anda bisa tenang dan fokus saat wawancara online dimulai. Cetak resume Anda dan simpan di dekat Anda, bersama dengan deskripsi pekerjaan dan poin pembicaraan apa pun yang ingin Anda capai atau catatan yang Anda buat tentang perusahaan atau posisi tersebut. Anda tidak akan ingin membaca dari halaman-halamannya, tetapi menyimpannya dengan praktis dapat menghilangkan stres.

Melatih Diri

Untuk membiasakan diri dengan teknologi dan bahasa tubuh dalam wawancara online, ada gunanya melakukan beberapa latihan video call dengan teman atau anggota keluarga. Minta mereka untuk memberikan umpan balik yang jujur tentang penampilan dan kontak mata Anda. Jalankan melalui beberapa kali sampai segalanya mulai terasa alami.

Praktik ini dapat membuat perbedaan besar dalam wawancara Anda. Luangkan waktu dalam jadwal Anda pada minggu-minggu dan hari-hari menjelang wawancara. Anda akan menemukan kepercayaan diri Anda tumbuh saat Anda merasa lebih nyaman di depan kamera.

Bagaimana Jika Wawancara Online Bermasalah?

Dengan teknologi, selalu ada kemungkinan terjadi kesalahan. Berikut adalah beberapa rencana cadangan yang harus disiapkan untuk berjaga-jaga.

Jika video atau audio Anda berhenti bekerja

Sebelum wawancara, tanyakan nomor telepon pewawancara di mana Anda dapat menghubungi mereka jika Anda mengalami kesulitan teknis. Jika video terputus, hubungi mereka di nomor itu. Tanyakan apakah Anda dapat melanjutkan wawancara melalui telepon atau apakah Anda dapat menjadwalkan ulang.

Jika kebisingan mengganggu percakapan

Jika suara bising (sirene, konstruksi, dll.) mengganggu wawancara online Anda, mohon maaf atas gangguan tersebut dan tanyakan beberapa saat hingga kebisingan mereda. Anda mungkin bisa mematikan mikrofon jika kebisingannya parah.

Jika seseorang memasuki ruangan secara tidak terduga

Jika anggota keluarga, teman serumah, atau hewan peliharaan memasuki ruangan saat Anda sedang wawancara online, minta maaf kepada pewawancara. Tanyakan beberapa saat, matikan mikrofon Anda dan matikan kamera Anda, dan kemudian menjauhlah untuk menangani gangguan tersebut. Pastikan ruangan aman sebelum memulai wawancara lagi.

Kesimpulan

Tutup wawancara online dengan membagikan apresiasi Anda. Seperti yang Anda lakukan dengan wawancara apa pun, ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas kesempatannya. Dan tindak lanjuti dengan catatan terima kasih pasca-wawancara dalam waktu 24 jam. Dalam catatan Anda, jelaskan secara singkat mengapa Anda tertarik pada pekerjaan itu dan mengapa Anda akan sangat cocok untuk peran dan perusahaan tersebut. Pikirkan tentang menambahkan sesuatu yang Anda dan atasan diskusikan sambil mengenal satu sama lain yang akan membuat pesan terima kasih menjadi lebih pribadi. Kirimkan email terima kasih tindak lanjut pada hari itu juga (atau keesokan harinya jika wawancara Anda dilakukan pada malam hari). Pesan ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan calon atasan Anda dan membantu Anda maju ke langkah berikutnya.

Jika memungkinkan untuk wawancara secara online, maka Anda bisa terapkan itu setiap membutuhkan tim baru. Begitu juga pada saat tim Anda sudah terbentuk dan mulai menjalankan operasional bisnis yang efisien. Aplikasi absensi online Kerjoo bisa membantu Anda mengelola tim dengan biaya jauh lebih hemat. Cari tahu selengkapnya di sini.

wawancara online
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari