15+ Aplikasi Absensi Online Gratis Android & Web Online

Aplikasi absensi online di smartphone Android dan web online memberi kemudahan di perusahaan

Aplikasi Absensi Online Gratis Android & Web Online

Daftar Isi

Aplikasi absensi online di smartphone Android dan web online adalah solusi yang memberi kemudahan di perusahaan. Bergerak di bidang apapun dan berapapun jumlah karyawan, perusahaan bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi ini.

Teknologi aplikasi absensi online memberikan manfaat bagi business owner. Apalagi dengan pilihan untuk akses gratis atau free trial di awal sebelum memutuskan berlangganan.

Sebelum terlalu jauh mengenali fitur dan layanan yang diberikan, ada baiknya Anda kenali dulu berbagai rekomendasi pilihan aplikasi absensi online gratis di Android dan web online.

Pengertian Absensi Karyawan

Pada intinya, absensi karyawan adalah sistem pencatatan kehadiran karyawan di tempat kerja. Pencatatan kehadiran dapat dilakukan dengan beberapa cara, tapi ada dua metode yang umum yaitu manual dan digital.

Saat ini, berbagai perusahaan atau perkantoran banyak menggunakan absensi digital atau absensi online. Adanya data absensi karyawan yang akurat akan meningkatkan kedisiplinan karyawan dan membantu berbagai urusan administrasi karyawan.

Pencatatan absensi juga penting untuk memastikan perusahaan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan jam kerja, upah minimum, dan ketentuan ketenagakerjaan.

Fungsi Pencatatan Absen Karyawan

Berikut ini adalah fungsi pencatatan absen karyawan;

1. Mengelola Data Kehadiran Karyawan

Fungsi utama data kehadiran untuk mengetahui nama karyawan yang hadir dan tidak hadir pada hari tersebut. Data kehadiran penting untuk berbagai keperluan, misalnya; evaluasi kinerja, membuat laporan kehadiran karyawan rutin, dan hitung gaji karyawan.

2. Perencanaan Tenaga Kerja

Data absensi dapat memberikan informasi dan pertimbangan kepada manajemen perusahaan tentang kebutuhan tenaga kerja di waktu tertentu. Informasi ini membantu perencanaan jadwal kerja dan pembagian kerja secara efisien.

3. Menilai Produktivitas Karyawan

Absensi dapat digunakan untuk mengawasi dan menilai produktivitas karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat pola kehadiran karyawan, seperti:

  • Keterlambatan
  • Frekuensi izin atau cuti
  • Jam masuk dan pulang
  • Jam kerja terpenuhi atau tidak

4. Melacak Aktivitas Karyawan

Hampir mirip seperti poin sebelumnya, data absen karyawan juga dapat berguna untuk melacak aktivitas karyawan. Misalnya aktivitas karyawan yang kerja di lapangan, melakukan absen kunjungan klien, dan karyawan yang izin di tengah jam kerja.

Hal ini dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi absensi online di smartphone Android dan web online.

Aplikasi Absensi Online Gratis Android & Web Online

Aplikasi Absensi Online Gratis Android dan Web

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi absensi online gratis dan layanan unggulan yang diberikan untuk pengguna.

1. Kerjoo

Kerjoo menjadi aplikasi absensi online gratis yang bisa dipakai di berbagai kantor. Bukan hanya perusahaan, tapi juga UMKM, sekolah, rumah sakit, dan berbagai lembaga yang butuh mengelola SDM.

Aplikasi Kerjoo bisa berfungsi tanpa terikat lokasi, sehingga cocok untuk tim Anda yang bekerja jarak jauh. Dengan fitur deteksi wajah (face recognition), karyawan dapat melakukan presensi masuk dan keluar yang aman dari potensi kecurangan.

Beberapa fitur Kerjoo antara lain;

  • Presensi masuk dan keluar menggunakan foto selfie
  • Rencana kerja dan laporan kerja harian
  • Pengajuan izin dan cuti melalui satu aplikasi
  • Pengaturan jam kerja harian dan shift
  • Solusi kunjungan klien
  • Proses hitung gaji dan bayar gaji
  • Penyimpanan dokumen karyawan dengan fitur reminder expired kontrak
  • Pembatasan waktu presensi dan pembatasan jam istirahat.

Dari waktu ke waktu, Kerjoo meningkatkan layanan agar bisa sesuai dengan kebutuhan pengguna. Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dengan harga lebih hemat. Bahkan Anda bisa menikmati layanan aplikasi absensi online gratis selama 14 hari setelah mendaftar.

2. Replicon

Replicon adalah aplikasi presensi online berbasis cloud dan pelacakan waktu karyawan secara otomatis. Begitu juga untuk pelacakan proyek, penjadwalan karyawan, dan pelacakan pengeluaran.

Replicon cukup lengkap untuk memantau kinerja manajemen. Apalagi dengan dukungan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang canggih.

Beberapa fitur dari Replicon antara lain;

  • Pelacakan waktu proyek yang lengkap
  • Manajemen kehadiran dengan satu platform
  • Memantau proyek, portofolio, sumber daya, dan keuangan
  • Rekap data waktu dan pekerjaan karyawan secara otomatis dari berbagai aplikasi pekerjaan dan alat kolaborasi.

3. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase juga termasuk aplikasi aplikasi absensi online gratis di Android dan web online. Setelah install dan mendaftar, presensi online ini bisa melacak jam kerja dan pembayaran gaji, dan manajemen karyawan dalam beberapa klik saja.

Beberapa fitur terbaik yang ditawarkan antara lain;

  • Fitur untuk melacak jam kerja
  • HR & compliance untuk kepatuhan hukum
  • Pemantauan lokasi dan waktu kerja
  • Pemantauan biaya tenaga kerja
  • Tracking produktivitas
  • Solusi payroll yang lebih simple

4. When I Work

When I Work adalah aplikasi absensi dan penjadwalan kerja yang bisa menghemat waktu. Manajemen perusahaan jadi lebih mudah dalam meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar staf.

Aplikasi When I Work dipercaya oleh pengguna karena memudahkan koordinasi kerja shift dan staf yang memiliki jadwal kerja bervariasi.

Beberapa fitur unggulan When I Work yaitu presensi online, pengajuan izin dan cuti, penjadwalan shift, hitung dan bayar gaji.

5. Clockify

Selanjutnya, rekomendasi aplikasi presensi online terbaik adalah Clockify yang merupakan software pelacak waktu kehadiran terbaik untuk bisnis dengan tim yang bekerja on-site dan remote working.

Dasbor berbasis cloud dapat diakses dari komputer atau perangkat seluler mana pun, dan memiliki beberapa fitur pelacakan proyek dan tugas.

Supervisor bisa mengelola pekerja jarak jauh, memantau produktivitas, mengaktifkan pelacakan GPS, dan menyetujui permintaan cuti dengan mudah.

Clockify juga merupakan aplikasi pelacakan aktivitas yang membantu individu agar dapat memantau sendiri kinerjanya. Clockify juga memiliki pesan dalam aplikasi untuk menghubungkan tim hybrid dan meningkatkan budaya perusahaan dengan menjaga pekerja jarak jauh agar tetap terhubung.

6. ClockShark

ClockShark adalah aplikasi berbasis cloud untuk pencatatan waktu dan penjadwalan. Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan konstruksi dan layanan lapangan, penjadwalan shift kerja, mengecek nama karyawan yang bekerja, dan membantu mengelola pekerjaan dari awal sampai selesai.

Perusahaan dengan tim yang bekerja fleksibel dapat mengatur waktu, tim, dan pekerjaan mereka dari mana saja dengan perangkat apa saja.

7. Quickbooks

Quickbooks sebagai aplikasi absensi dapat mempermudah pengaturan tim, project, dan sistem payroll, khususnya dokumen atau file yang berisi data jam masuk dan jam keluar karyawan.

Beberapa solusi dari Quickbooks antara lain;

  • Supervisor bisa melacak, mengirimkan, dan menyetujui presensi dari mana saja.
  • Laporan yang dapat disesuaikan
  • Mendapatkan wawasan bisnis yang berharga
  • Merencanakan penggajian dan meningkatkan profitabilitas.
  • Sinkronisasi data pelacakan waktu ke sistem keuangan untuk penggajian dan pembuatan faktur yang lebih efisien.

8. Connecteam

Aplikasi absensi online Connecteam dibuat untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang lebih fleksibel. Perusahaan pun dapat memfasilitasi karyawan yang belum ada  akses harian ke komputer.

Connecteam fokus pada operasional, komunikasi internal, HR dan skill karyawan. Berbagai solusi dari connecteam bermanfaat untuk perusahaan besar maupun usaha kecil.

Beberapa fitur utama dari dari Connecteam antara lain; presensi online, perizinan dan cuti, pengaturan jadwal shift, hitung gaji dan dan bayar gaji.

9. Wi-Fi Attendance

Aplikasi absensi Wi-Fi Attendance memudahkan urusan administrasi kehadiran, pekerjaan harian, permohonan cuti, dan informasi hari libur.

Bedanya dengan sistem biometrik, penggunaan Wi-Fi Attendance hanya dapat digunakan di dalam lokasi yang ada koneksi wifi kantor. Wi-Fi Attendance mencegah segala bentuk kecurangan absensi di kantor.

10. Open Time Clocks

Open Time Clocks adalah aplikasi pelacak kehadiran dan pencatatan jam kerja karyawan. Aplikasi ini mencakup versi smartphone, web browser, dan desktop.

Ada banyak pilihan fitur bagi karyawan untuk masuk, seperti; nama pengguna, kata sandi, pengenalan wajah, PIN, Kode QR, dan RFID (Radio Frequency Identification).

Beberapa solusi yang ada di Open Time Clocks antara lain;

  • Absensi dengan pengenalan wajah
  • Pelacakan jam kerja
  • Sistem penggajian
  • Penagihan ke klien

Dengan sistem berbasis cloud dan web, Open Time Clocks dapat membantu berbagai industri. Kamera web dan pengenalan wajah didukung untuk menghindari kecurangan.

11. MyAttendanceTracker

MyAttendanceTracker atau MyAT adalah aplikasi absensi online gratis yang awalnya dirancang untuk siswa dan guru di sekolah, tapi sekarang juga bisa digunakan oleh karyawan.

Dengan MyAT, guru dapat melaporkan nilai secara online, melacak kemajuan siswa, mengirim pesan kepada orang tua, mengelola kelas, dan banyak lagi. Semuanya bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Beberapa solusi unggulan dari MyAttendanceTracker adalah;

  • Menyederhanakan pengambilan keputusan tentang kehadiran
  • Membuka jalur komunikasi antara pendidik dan orang tua
  • Meningkatkan tingkat kesuksesan pembelajaran
  • Proses penilaian siswa lebih sederhana dan terpadu

12. Jibble

Jibble adalah yang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas tim setiap hari. Perusahaan bisa melacak kehadiran karyawan di perangkat apa pun dan di mana pun.

Data kehadiran kemudian secara otomatis disinkronkan ke cloud sehingga kinerja tim lebih terpantau secara fleksibel. Jibble adalah absensi berbasis RFID dan NFC yang mendukung kecepatan proses administrasi digital.

13. OfficeTimer

OfficeTimer adalah perangkat lunak manajemen kantor berbasis web untuk melacak produktivitas karyawan dan profitabilitas proyek. Ini adalah sistem manajemen kehadiran online gratis dengan aplikasi pelacakan lokasi.

Beberapa solusi dari OfficeTimer antara lain;

  • Pengaturan pengingat presensi dan pemberitahuan/notifikasi
  • Amankan lokasi kehadiran dengan kunci alamat IP dan geo fencing
  • Integrasikan timesheet dengan software penggajian, kehadiran, dan ERP pihak ketiga.

14. Zoho Creator

Zoho Creator adalah satu aplikasi untuk memenuhi semua kebutuhan manajemen kehadiran. Khususnya untuk pengguna di sekolah, guru bisa memperbarui kehadiran siswa dengan mudah.

Aplikasi pengatur kehadiran ini juga secara otomatis mengirimkan notifikasi kepada orang tua siswa yang sedang tidak masuk. Dengan kalender digital dan daftar nama, kesalahan manual sudah tidak ada lagi.

15. Everhour

Everhour adalah pelacak waktu karyawan yang membantu individu dan bisnis memanfaatkan lebih banyak waktu mereka. Dengan Everhour, perusahaan dapat memanfaatkan sejumlah fitur terkait pelacakan waktu, termasuk:

  • Integrasi dengan software product manager
  • Memantau pekerjaan karyawan per proyek
  • Mencatat rasio waktu kerja dan melakukan pelacakan waktu
  • Laporan waktu dan visualisasi

Keunggulan Absensi Online Android Mobile App

Sebelumnya sudah kita lihat contoh aplikasi absensi online gratis android dan web online. Anda mungkin sudah punya pilihan aplikasi absensi online yang paling sesuai.

Pastikan aplikasi absensi online Android mobile app memiliki keunggulan yang meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Akses Mudah

Karyawan dapat absensi dari mana saja menggunakan perangkat Android dengan mudah dan fleksibel dan aman. Aplikasi absensi online berguna untuk karyawan yang bekerja di kantor, WFH, atau kerja di lapangan.

Hemat Waktu

Dibanding metode absensi tradisional, aplikasi mobile jelas lebih cepat dan efisien. Cara ini dapat menghemat waktu dan mengurangi kerumitan administratif.

Pemantauan Real-time

Aplikasi absensi online memungkinkan pengawasan real-time terhadap absensi karyawan. HR dapat melihat data absensi secara langsung dan mengambil tindakan jika diperlukan.

Analisis dan Pelaporan Lebih Baik

Dengan data absensi yang tercatat secara digital, analisis dan pelaporan terkait dengan kehadiran karyawan jauh lebih baik. Manajemen dapat mengidentifikasi pola absensi, review kehadiran, atau masalah lain yang memerlukan perhatian lebih lanjut.

Yang pasti, aplikasi absensi online dapat diintegrasikan dengan fitur lain dan menjamin keamana data. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, perusahaan bisa mendapatkan solusi yang efektif dalam mengelola kehadiran karyawan secara lebih efisien.

Kesimpulan

Masing-masing aplikasi absensi online gratis di Android dan web online dirancang dengan keunggulan fitur tersendiri. Anda dapat menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan Anda.

Daftar Kerjoo sekarang gratis 14 hari. Untuk perusahaan dengan jumlah maksimal 2 karyawan dapat berlangganan secara gratis.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari