Tips untuk Berhasil Dalam Melakukan Wawancara Kerja

Tips untuk Berhasil Dalam Melakukan Wawancara Kerja

Tips apa yang pernah Anda terapkan untuk berhasil wawancara Kerja? Mempersiapkan wawancara memang membutuhkan lebih dari sekadar mencari daftar pertanyaan wawancara umum di internet. Anda harus membuat kesan pertama yang baik dari segi penampilan, pengetahuan yang baik tentang perusahaan. Tentu saja juga tahu persis bagaimana meyakinkkan bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan.

Jangan berasumsi bahwa wawancara kerja hanyalah formalitas sebelum Anda menerima tawaran pekerjaan. Sebaliknya, pikirkan wawancara kerja sebagai ‘audisi’. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan etos kerja dan keterampilan Anda. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan tersebut dengan mempersiapkan wawancara dengan baik.

Hal tersebut seringkali dipandang oleh pemberi kerja sebagai contoh kualitas pekerjaan Anda. Artikel ini akan memberikan tips praktis tentang bagaimana mempersiapkan wawancara kerja. Ingat, Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama, jadi sebaiknya lakukan yang terbaik dalam mempersiapkan wawancara Anda sebelumnya.

Pilih Pakaian Anda

Apa yang Anda kenakan dalam wawancara Anda adalah bagian yang sangat penting dari bagaimana mempersiapkan wawancara kerja. Setelah Anda memilih pakaian Anda, pastikan pakaian tersebut dibersihkan dan disetrika serta Anda memiliki aksesori dan sepatu yang sesuai untuk digunakan.

Tidak ada salahnya untuk mencoba pakaian tersebut sebelumnya, hanya untuk memastikan semuanya pas dan Anda tampak hebat. Kemudian sisihkan pakaian Anda untuk hari wawancara dan siapkan. Sekarang setelah Anda menyelesaikan langkah penting ini, Anda dapat berkonsentrasi pada sisanya.

Wawancara kerja

Berlatih Menyapa Pewawancara Anda

Anda harus selalu menyambut wawancara Anda dengan senyum ramah dan jabat tangan yang tegas. Jika Anda melakukan ini dengan benar, Anda akan mengeluarkan energi yang tepat dan peluang wawancara berjalan dengan baik akan meningkat. Ini adalah langkah kecil dan sederhana yang harus selalu Anda lakukan untuk mempersiapkan wawancara Anda.

Pelajari Resume Anda dan Ketahui Segalanya Tentang Itu

Setiap pengalaman kerja atau keterampilan yang Anda cantumkan di resume Anda adalah hal yang wajar untuk dibicarakan selama wawancara. Resume Anda adalah satu-satunya yang harus dilewati pewawancara untuk mengenal Anda. Mereka mungkin mengambil sesuatu darinya dan meminta Anda untuk menjelaskannya.

Meskipun Anda mungkin memiliki pekerjaan sebelumnya yang terdaftar bertahun-tahun yang lalu, pewawancara mungkin meminta Anda untuk menjelaskan apa yang Anda lakukan pada pekerjaan itu dan Anda bertanggung jawab untuk memberikan jawaban. Ini adalah salah satu langkah yang benar-benar tidak ingin Anda lewatkan tentang cara mempersiapkan wawancara kerja.

Latih Jawaban Anda untuk Pertanyaan Wawancara Paling Umum

Latih jawaban untuk sebelum diwawancara. Anda harus selalu bisa menjawab “Ceritakan tentang diri Anda” dan “Menurut Anda, mengapa Anda cocok untuk pekerjaan ini?”. Jangan benar-benar menghafal jawaban Anda sehingga sudah dilatih sebelumnya, tetapi miliki gagasan yang jelas tentang apa yang akan Anda katakan. Saat ditanya, Anda ingin jawaban Anda keluar secara cerdas dan alami. Bersikaplah terbuka untuk pertanyaan lain juga dan benar-benar tahu apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan.

Pelajari Profil Perusahaan

Luangkan beberapa jam untuk mempelajari semua yang Anda bisa tentang perusahaan, dari sebanyak mungkin sumber. Bicaralah dengan teman, baca berita terkini, dan, carilah di internet.

Seringkali, kandidat hanya melihat informasi yang diberikan perusahaan melalui situs web dan media sosial, tetapi tidak mencoba untuk melihat lebih dalam pada apa yang dikatakan orang lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang perusahaan (bersama dengan pemberitaan positif maupun negatif).

Tuliskan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki sehingga Anda dapat bertanya selama wawancara. Jika ada persyaratan pekerjaan yang Anda tidak yakin, Anda harus bertanya selama wawancara. Itu selalu terlihat bagus ketika Anda pergi ke wawancara dengan pertanyaan cerdas. Ini menunjukkan Anda berusaha keras untuk mempersiapkan wawancara.

Cari Tahu Jenis Wawancara

Ada beberapa jenis wawancara yang umum seperti wawancara satu lawan satu, kelompok, dan perilaku. Jangan takut untuk bertanya kepada perekrut Anda wawancara seperti apa. Jika memang Anda tidak tahu, sehingga wawancara akan lebih bermanfaat bagi kedua belah pihak jika Anda siap.

Pastikan Tepat Waktu

Tepat waktu menjadi salah satu kunci untuk wawancara kerja yang sukses. Berikan waktu yang cukup untuk sampai ke sana dan mengantisipasi kemacetan. Tidak apa-apa untuk sampai 10 menit lebih awal, tapi tidak lebih dari itu. Jika tidak, pewawancara mungkin tidak siap untuk Anda.

Bawalah nomor telepon pewawancara Anda untuk berjaga-jaga jika Anda tersesat atau akan terlambat. Jika Anda akan terlambat, telepon untuk memberi tahu pewawancara. Jika wawancara dilakukan melalui telepon atau video, uji coba teknologi Anda, pastikan komputer Anda berfungsi dan koneksi internet Anda kuat.

Pilih tempat yang sepi untuk wawancara, dan singkirkan gangguan apa pun (matikan komputer Anda, singkirkan benda acak di meja Anda, dll.). Juga pastikan Anda tahu konferensi video Anda berfungsi dengan baik. Gangguan teknis bisa membuat stres, dan Anda ingin tetap setenang mungkin sebelum wawancara.

Wawancara kerja

Jagalah sikap selama interview

Buatlah kesan pertama yang luar biasa. Jangan lupakan hal-hal kecil, seperti semir sepatu Anda, pastikan kuku Anda bersih dan rapi, dan periksa pakaian Anda apakah ada lubang, noda, bulu hewan peliharaan, dan benang lepas.

Tunjukkan bahasa tubuh yang percaya diri dan senyuman. Perlakukan setiap orang yang Anda temui dengan hormat. Ini termasuk orang-orang di jalan dan di tempat parkir, petugas keamanan dan staf meja depan. Perlakukan semua orang yang tidak Anda kenal seolah-olah mereka adalah manajer perekrutan. Berlatih sopan santun dan bahasa tubuh.

Latih bahasa tubuh yang percaya diri dan mudah dipahami sejak Anda memasuki gedung. Duduk atau berdiri tegak dengan bahu ke belakang. Sebelum wawancara, tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan untuk mengelola perasaan cemas dan mendorong kepercayaan diri. Pewawancara harus mengulurkan tangan mereka terlebih dahulu untuk memulai jabat tangan. Berdiri, tatap matanya dan tersenyumlah. Jabat tangan yang baik harus kuat tetapi tidak menghancurkan jari orang lain.

Tanyakan tentang Langkah Selanjutnya

Setelah wawancara Anda selesai, sebaiknya tanyakan baik pewawancara, manajer perekrutan atau perekrut Anda tentang apa yang harus Anda harapkan selanjutnya. Mereka kemungkinan akan mengirim email tindak lanjut dengan hasil dari wawancara Anda, persyaratan tambahan seperti tugas atau daftar referensi atau wawancara lain.

Kirimkan surat terima kasih yang dipersonalisasi setelah wawancara.  Jika Anda wawancara di pagi hari, kirimkan email terima kasih Anda pada hari yang sama. Jika Anda wawancara di sore hari, keesokan paginya tidak apa-apa. Pastikan setiap email berbeda dari yang lain, menggunakan catatan yang Anda buat selama percakapan.

Kesimpulan

Ikuti tips di atas dan Anda akan berhasil mengetahui bagaimana mempersiapkan wawancara kerja. Pewawancara dapat mengetahui apakah seorang kandidat telah mempersiapkannya atau tidak dan mereka akan menghargai jika Anda melakukannya. Jika memungkinkan untuk wawancara secara online, maka Anda bisa terapkan itu setiap membutuhkan tim baru. Begitu juga pada saat tim Anda sudah terbentuk dan mulai menjalankan operasional bisnis yang efisien. Aplikasi absensi online Kerjoo bisa membantu Anda mengelola tim dengan biaya jauh lebih hemat. Cari tahu selengkapnya di sini.

 

wawancara kerja