60 Contoh Jawaban Kelebihan & Kekurangan Diri yang Pasti Lolos!

Mana jawaban yang cocok dengan diri Anda?

Ilustrasi Wawancara Kerja/Kerjoo.com
Ilustrasi Wawancara Kerja/Kerjoo.com

Daftar Isi

Jawaban kelebihan dan kekurangan diri sendiri perlu dipelajari apabila Anda berencana melakukan wawancara kerja dan pengembangan diri.

Dengan mengetahui jawaban kelebihan diri, Anda menggunakannya untuk memaksimalkan potensi diri. Sedangkan dengan mengetahui jawaban kekurangan diri, Anda dapat menyusun strategi untuk menjadikannya sebagai satu kelebihan.

Jawaban yang tepat tidak hanya membantu Anda lolos wawancara kerja, tetapi juga menjadi langkah awal pengembangan diri.

Berikut adalah 60 jawaban kelebihan dan kekurangan diri sendiri dari Kerjoo yang dapat Anda sesuaikan.

Jawaban Kelebihan Diri Sendiri

Ada 30 jawaban kelebihan diri sendiri yang terdiri dari hard skill, soft skill, dan sifat diri positif yang mungkin sesuai dengan diri Anda.

Kelebihan Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan yang dapat diukur, dipelajari, dan diperoleh melalui pendidikan formal atau pun pelatihan. Berikut adalah jawaban kelebihan diri sendiri yang berkaitan dengan hard skill.

1.Menguasai Bahasa Asing

Mengutip Indeed, menguasai bahasa asing adalah kelebihan hardskill yang mungkin Anda kuasai.

Dengan mengusai bahasa asing, Anda dapat membuka kesempatan dan peluang karir yang lebih luas. Misalnya di perusahaan multinasional berskala global.

2. Mengusai Teknologi Informasi

Kemampuan mengoperasikan komputer dan berbagai aplikasi peragkat lunak lainnya juga dapat menjadi salah satu jawaban kelebihan diri sendiri.

Selain dibutuhkan perusahaan, kemampuan ini dapat Anda perdalam untuk kebutuhan pengembangan diri.

3. Kemampuan Desain Grafis

Apabila Anda adalah pribadi yang suka dengan gambar visual, kemampuan desain grafis dapat menjadi jawaban kelebihan diri Anda.

Kelebihan hardskill yang satu ini sangat dibutuhkan perusahaan yang berfokus pada pengembangan merek dan kampanye digital.

4. Kemampuan Penulisan

Suka menulis? Anda mungkin saja memiliki kelebihan hardskill ini. Ini karena kemampuan menulis seseorang berbeda dan dapat diukur dari jam terbang serta banyaknya tulisan yang dihasilkan.

Kemampuan menulis yang baik memungkinkan Anda menyusun laporan, proposal, atau konten marketing yang efektif.

5. Pengelolaan Proyek

Kemampuan merencanakan, mengatur, dan menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu dan anggaran juga merupakan kelebihan hardskill lho.

Kelebihan diri sendiri ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk mencapai keberhasilan proyek berskala kecil, besar, hingga global.

6. Kemampuan Programming

Kemampuan pemrograman adalah komponen inti dari banyak posisi pengembangan seperti database management, web development, system analysis, dan full stack development.

Kelebihan diri sendiri ini banyak dibutuhkan perusahaan berbasis digital seperti pengembang aplikasi absensi online, job portal, dan software lainya.

7. Kemampuan Analisis Data

Kemampuan analisis data mulai dari mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis dengan SPSS maupun Ms. Office adalah kelebihan hardskill yang dibutuhkan perusahaan untuk merancang strategi ke depan.

8. Kemampuan Video Editing

Kemampuan mengedit konten video seperti scripting, sound effects, 2D, dan 3D animation saat ini sangat diperlukan untuk keperluan pemasaran maupun web perusahaan.

9. Kemampuan SEO

Kemampuan SEO adalah hard skill penting apabila Anda mencari peluang di bidang pemasaran atau bidang terkait lainnya, seperti pembuatan konten atau pengembangan web.

10. Kemampuan Human Resource

Setiap perusahaan tentunya memerlukan seorang karyawan yang memiliki keterampilan di bidang pengelolaan sumber daya manusia (SDM).

Kelebihan diri sendiri ini dapat Anda sertakan dengan mencari tahu tools penunjang kinerja HRD seperti aplikasi absensi online, atau pun HRIS lainnya.

Kelebihan Soft Skill

Kebalikan dari hard skill, kelebihan soft skill adalah kemampuan yang berhubungan dengan sikap sosial dan seringkali tidak dapat diukur dengan software tertentu.

  1. Kemampuan komunikasi

Tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Anda dapat menggunakannya sebagai jawaban kelebihan diri.

Terutama kita merasa dapat menyampaikan pesan dengan jelas baik secara lisan dan tulisan, ini bisa menjadi pertanda Anda memiliki kapasitas yang baik dalam berkomunikasi.

2. Kerjasama Tim

Apabila Anda memiliki kemampuan dapat bekerjasama dengan orang lain, maka Anda mungkin cukup unggul dalam kerjasama tim.

3. Kemampuan Beradaptasi

beradaptasi mungkin dapat menjadi salah satu kelebihan Anda. Terutama jika Anda adalah pribadi yang mudah menghadapi perubahan dan belajar hal baru.

4. Kemampuan Problem Solving

Jika Anda merasa selalu menemukan cara untuk menyelesaikan masalah, mengurangi kesalahan, dan membuat keputusan yang tepat, maka Anda mungkin memiliki kelebihan problem solving.

5. Kecerdasan Emosional

Tidak semua orang memiliki kecerdasan emosional. Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi jawaban kelebihan diri sendiri yang mungkin Anda miliki.

Dengan kecerdasan emosional, Anda dapat membangun hubungan harmonis dan mengurangi konflik.

6. Kemampuan Berpikir Kreatif

Kemampuan berpikir out-of-the-box dapat meningkatkan daya saing Anda dan berkontribusi optimal.

7. Percaya Diri

Percaya diri untuk mencapai tujuan dapat meningkatkan motivasi, pengambilan keputusan, dan meningkatkan kemampuan bernegosiasi.

8. Etika Kerja yang Kuat

Membangun reputasi yang baik akan menumbuhkan kepercayaan dari rekan kerja dan atasan.

9. Fleksibilitas

Kemampuan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan tuntutan pekerjaan adalah salah satu jawaban kelebihan diri sendiri yang mungkin Anda miliki.

10. Manajemen Waktu

Kemampuan mengatur waktu dan prioritas dengan efektif dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan mencapai target yang ditetapkan.

Sifat Positif Dalam Bekerja

Sifat-sifat Pribadi Positif yang disukai dalam dunia kerja.

  1. Jujur

Kejujuran merupakan fondasi untuk menciptakan kolaborasi yang sehat dengan rekan kerja, klien, dan atasan.

2. Disiplin

Disiplin sering disukai karena dapat membantu peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja.

3. Tanggung Jawab

Individu yang bertanggung jawab biasanya memiliki komitmen tinggi terhadap pekerjaan.

4. Kreatif

Sifat ini sering dicari karena dapat meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi dinamika lingkungan kerja.

5. Adaptif

Sikap adaptif sering membantu dalam menghadapi tantangan yang tidak terduga dan mempermudah kolaborasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

6. Komunikatif

Komunikatif berarti mampu menyampaikan ide dan pikiran dengan jelas dan efektif, serta mendengarkan pendapat orang lain. Sifat ini disukai karena memudahkan koordinasi dan kerja sama tim, serta membangun hubungan interpersonal yang baik.

7. Optimis

Sikap optimis adalah kemampuan melihat sisi positif dari setiap situasi. Dengan bersikap optimis, Anda dapat meningkatkan motivasi diri dan orang lain, serta membantu mengatasi kesulitan dengan lebih baik.

8. Rendah Hati:

Selain memudahkan untuk bekerjasama dengan orang lain, sikap rendah hati dapat mendorong terciptanya lingkungan kerja yang harmonis.

9. Cepat Belajar

Artinya dapat menyerap informasi baru dengan cepat dan menerapkannya dalam pekerjaan.

10. Berorientasi pada Tujuan:

Fokus pada pencapaian hasil yang diinginkan sehingga dapat mendorong pencapaian target perusahaan.

Jawaban Kekurangan Diri

  1. Perfeksionis

Sikap ini dapat menjadi tantangan dalam menyelesaikan tugas karena terus mencari perbaikan. Anda perlu menetapkan standar yang realistis, belajar menerima ketidaksempurnaan, dan fokus pada kemajuan.

2. Terlalu fokus pada detail

Terlalu memperhatikan hal-hal kecil sehingga terlambat melihat gambaran besar. Ini dapat menjadi tantangan karena dapat menghambat proses mengambil keputusan cepat dan bisa terjebak dalam detail yang tidak penting.

3. Sulit berkata "tidak"

Terlalu ingin menyenangkan orang lain sehingga kesulitan menolak permintaan. Hal ini dapat membuat Anda memiliki beban kerja berlebihan dan kurang memperhatikan kebutuhan diri sendiri.

4. Sering Tergesa-gesa

Meskipun terlihat seperti kekurangan, namun sifat sering tergesa-gesa menandakan Anda adalah pribadi yang tidak suka menunda-nunda.

5. Belum Memiliki Cukup Pengalaman

Belum memiliki cukup pengalaman dapat menjadi kekurangan, namun Anda harus menunjukkan bahwa Anda memiliki skill atau kemampuan yang cukup.

6. Kompetitif

Jawaban ini menandakan bahwa Anda memiliki sikap yang berorientasi pada tantangan. Jelaskan bahwa meski kompetitif, Anda tetap memiliki prinsip suportif.

7. Terlalu Kritis Dengan Diri Sendiri

Sifat ini dapat menjadi tantangan karena terlalu menuntut banyak dari diri sendiri. Akibatnya, Anda cenderung dapat mudah stress dan kurang menikmati pekerjaan.

8. Kurang Percaya Diri

Apabila Anda adalah pribadi yang tertutup, kurang percaya diri merupakan jawaban yang tepat. Namun sampaikan juga bahwa Anda telah berusaha melatih kemampuan baru dan berjejaring.

9. Kurang Motivasi

Meski dapat menjadi satu kekurangan, kurang motivasi menunjukkan bahwa Anda perlu memiliki tujuan realistis dalam pekerjaan.

10. Kritis

Bersikap kritis memang dapat menjadi satu kelebihan, namun sikap terlalu kritis dapat menjadi tantangan bagi dunia kerja.

11. Suka Menunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan sampai menit terakhir dapat Anda sampaikan sebagai kekurangan.

Namun hal ini dapat menjadi kekuatan apabila Anda menyampaikan diri Anda berorientasi pada tenggat dan berusaha memperbaikinya menggunakan teknik Pomodoro.

12. Terlalu keras pada diri sendiri

Sikap ini dapat Anda sampaikan sebagai kekurangan apabila Anda adalah seorang pribadi yang kompetitif.

Meskipun demikian, sampaikan bahwa Anda adalah pribadi yang tidak segan untuk meminta bantuan apabila diperlukan.

13. Takut mengambil resiko

Selalu memilih jalan yang aman menjadikan Anda pribadi yang sulit mengembangkan diri, kurang inovatif, dan kehilangan peluang.

Sampaikan bahwa Anda telah membangun rasa percaya diri.

14. Emosional

Dalam dunia professional, emosi dapat menjadi tantangan berupa sulit mengambil keputusan yang rasional.

Untuk itu, sampaikan bagaimana cara Anda mengendalikan emosi seperti melatih kesadaran diri dengan relaksasi maupun dukungan orang terdekat.

15. Keras kepala

Menjadi keras kepala tentu dapat merugikan tim karena dapat menimbulkan konflik.


Apabila memilih jawaban ini sebagai kekurangan Anda, sampaikan bahwa Anda juga merupakan pendengar yang baik dan dapat mempertimbangkan sudut pandang orang lain.

16. Pesimis

Sifat pesimis dapat Anda sampaikan sebagai kekurangan diri, namun hal ini dapat menjadi kekuatan.

Sikap pesimis dapat menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi yang memikirkan risiko di masa yang akan datang.

17. Suka Menyendiri (Introvert)

Sifat lebih suka menyendiri dapat menjadi tantangan berupa sulit membangun hubungan kerja, kurang mendapat dukungan sosial, dan sulit dalam kerja sama tim.

Tunjukkan kepada recruiter bahwa Anda telah berusaha untuk menjadi lebih terbuka saat interview.

18. Kurang Menguasai Skill/ Bidang Pekerjaan Yang Dipilih

Misalnya Anda melamar di posisi HRD, Anda dapat menyampaikan bahwa kemampuan Anda masih terbatas.

Namun, jangan lupa jelaskan bahwa Anda telah memiliki pengalaman organisasi, studi, maupun sertifikasi yang membuat Anda yakin layak mengisi posisi tersebut.

19. Kurang inisiatif

Apabila Anda adalah pribadi yang perlu diberi ‘tugas’, maka kurang inisiatif adalah salah satu kekurangan Anda.

Sebagai gantinya, jelaskan bahwa Anda memiliki minat tinggi pada pekerjaan dan dapat menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan.

20. Kurang Suka Bertanya

Meskipun terlihat sebagai kekurangan, jelaskan bahwa Anda adalah pribadi yang mudah mengerti sehingga pada beberapa situasi Anda menjadi pribadi yang tidak terbiasa untuk bertanya.

21. Tidak Suka Konflik

Jawaban tidak suka konflik juga merupakan jawaban yang baik untuk pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri.

Jawaban ini menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi yang hati-hati dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja.

22. Tidak rapi

Tidak rapi juga dapat menjadi jawaban yang baik ketika ditanya kekurangan diri sendiri. Pada saat wawancara kerja, Anda dapat menyampaikan bahwa terkadang kurang cermat mengelola dokumen/pekerjaan.

Sampaikan juga solusi untuk mengatasi kekurangan ini.

23. Terlalu kompetitif

Terlalu kompetitif juga dapat menjadi kekurangan Anda lho. Sikap selalu ingin menjadi terbaik ini dapat merusak hubungan dengan rekan kerja.

Namun sikap ini dapat dilihat HRD sebagai kemauan Anda untuk terus maju dalam bekerja.

24. Takut gagal

Apabila Anda memiliki sikap takut gagal, hal ini dapat menjadi jawaban baik ketika wawancara. Hal ini menunjukkan bahwa Anda dapat menjadi pribadi yang sebisa mungkin menghindari kegagalan.

25. Mudah Kecewa

Terlalu peka terhadap situasi dan orang lain dapat membuat Anda menjadi lebih mudah kecewa. Sebagai gantinya, tunjukkan bahwa Anda dapat mengubahnya menjadi empati dan kepedulian.

26. Mudah Terdistraksi (Multitasking)

Mudah terdistraksi dapat menjadi jawaban kekurangan diri saat wawancara kerja. Dengan melatih fokus dan disiplin diri, kita bisa memanfaatkan kemampuan multitasking untuk menyelesaikan banyak tugas secara efisien.

24. Malu Berpendapat

Malu berpendapat dapat menjadi jawaban ketika ditanya perihal kekurangan diri saat wawancara kerja. Sifat ini menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi yang menimbang segala aspek sebelum berbicara..

25. Tidak Suka Berdebat

Tidak suka berdebat dapat menjadi kekurangan diri, namun jelaskan kepada HRD bahwa Anda memiliki kemampuan negosiasi dan kompromi yang tinggi.

26. Terlalu Banyak Bicara

Apabila hal ini disampaikan sebagai kekurangan diri Anda, maka HRD dapat menilai bahwa Anda merupakan pribadi yang memiliki antusiasme yang tinggi. Orang yang banyak bicara biasanya pandai menyampaikan ide dan pendapat.

27. Sulit Mengelola Waktu

Sulit mengelola waktu dengan efektif dapat menjadi jawaban kekurangan diri sendiri bagi beberapa orang. Akibatnya, pekerjaan menumpuk, deadline sering terlewat dan berisiko meningkatkan stres.

28. Terlalu Malu untuk Meminta Bantuan

Banyak orang berpikir bahwa meminta bantuan adalah tanda kelemahan. Padahal, meminta bantuan justru menunjukkan bahwa Anda sadar akan keterbatasan diri dan ingin terus berkembang.

29. Butuh Validasi

Selalu ingin disukai oleh semua orang bisa menjadi salah satu jawaban kekurangan diri sendiri.

Seseorang yang terlalu haus validasi orang lain mungkin sulit untuk mengatakan tidak atau mengambil keputusan yang tepat.

30. Terlalu Emosional

Terlalu emosional dapat membuat Anda mengambil keputusan berdasarkan emosi semata dan tidak rasional. Emosi tidak hanya berdasarkan amarah, emosi seperti mudah berempati juga dapat menjadi salah satu kekurangan diri Anda.

Untuk itu, emosional dapat menjadi jawaban kekurangan diri sendiri karena dapat mempengaruhi Anda untuk berpikir jernih dalam situasi yang sulit.

Tips dan Strategi Menjawab Pertanyaan tentang Kelebihan dan Kekurangan

  1. Melakukan introspeksi diri untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang sebenarnya.
  2. Melatih cara menyampaikan jawaban dengan jelas dan percaya diri.
  3. Menghubungkan kelebihan dan kekurangan dengan posisi yang dilamar.
  4. Bersikap jujur dan apa adanya.
  5. Memberikan contoh konkret untuk mendukung setiap jawaban.
  6. Menunjukkan sikap positif dan kemauan untuk belajar.
  7. Menghindari jawaban klise atau terlalu umum.

Jawaban kelebihan dan kekurangan diri sendiri di atas hanyalah contoh yang mungkin dapat memberi Anda gambaran untuk pengembangan diri atau pun wawancara kerja.

Dengan mengetahui jawaban kelebihan dan kekurangan diri sendiri, Anda dapat mengubahnya menjadi peluang untuk pengembangan diri dengan menentukan tujuan karir yang realistis sesuai kemampuan Anda, bahkan membuat rencana pengembangan diri.

Tidak hanya itu, penting untuk mengubah perspektif kita tentang kekurangan diri agar dapat mengubah hidup menjadi lebih terukur.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki potensi diri untuk berkembang dan mencapai kesuksesan.

Ingin Mendapatkan Informasi Seputar HR dan Karyawan?

Dapatkan beragam informasi seputar HR dan karyawan melalui situs Kerjoo.com! Temukan berbagai tips dan trik dalam mengelola absensi karyawan dengan mudah melalui unduhan aplikasi Kerjoo.









bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari