Aplikasi Absensi Online, Pentingkah Untuk Perusahaan?

Aplikasi Absensi Online, Pentingkah Untuk Perusahaan?

Daftar Isi

Mengapa perusahaan perlu menggunakan aplikasi absensi online? Jika sebuah perusahaan memiliki jumlah pekerja atau karyawan yang banyak, tentu lebih banyak lagi upaya untuk mengelola seluruh karyawannya.

Hal ini bisa dimulai dari cek data kehadiran karyawan sampai kecenderungan karyawan  tersebut ketika akan melakukan pengambilan cuti. Tentunya setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda-beda ketika sedang mengawasi karyawan mereka.

Banyak perusahaan yang masih menggunakan mesin fingerprint, namun ada juga yang telah menggunakan sistem berbasis absensi online.

Tapi sampai saat ini tidak jarang yang masih menggunakan absensi konvensional atau manual. Sebagian besar adalah perusahaan yang memiliki jumlah karyawan tergolong masih sedikit.

Pastinya ada kekurangan yang dirasakan ketika menggunakan mesin fingerprint dan kemudian mempergunakan aplikasi absensi online.

Aplikasi absensi online adalah teknologi aplikasi berbasis internet yang memungkinkan pengguna untuk melakukan resensi atau absensi secara online dengan melalui smartphone mereka masing-masing.  

Sebenarnya apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi absensi online seperti Kerjoo ini?

aplikasi absensi online

Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Online

- Aplikasi Absensi Online Dapat Mengurangi Potensi Kecurangan

Perlu Anda ketahui jika perusahaan telah menggunakan aplikasi absensi online ini maka perusahaan tersebut telah mempunyai tingkat keakuratan data pada saat karyawan tersebut absensi.

Adanya keakuratan tersebut tentunya akan mempermudah bagi seorang atasan untuk dapat memonitor kinerja karyawan.

Sehingga nantinya akan mempermudah lagi bagi Anda pada saat ingin melakukan proses evaluasi kerja karyawan. Perekaman data absensi tersebut terhitung berdasarkan kehadiran, yang mana sudah dilakukan rekapitulasi secara langsung tanpa menunggu lagi.

Penentuan dari informasi kinerja seorang karyawan nantinya akan dapat dilakukan melalui analisis-analisis dari kehadiran karyawan yang berkaitan dengan kondisi yang sedang terjadi pada saat itu.

Misalnya ketika sedang terjadi krisis politik, bencana banjir, dan lain sebagainya yang bisa mempengaruhi.

- Hanya Butuh Modal Koneksi Internet dan Smartphone

aplikasi absensi online

Bisa dibilang memang salah satu metode yang populer dipergunakan saat ini adalah absensi karyawan dengan menggunakan sistem fingerprint.

Pada umumnya memang sistem yang semacam ini sudah dipergunakan sebagai pengganti presensi manual di perkantoran, kampus, sekolah, rumah sakit.

Tentunya para pegawai atau mahasiswa wajib menyediakan waktu khusus untuk melakukan absensi sidik jari supaya identitas mereka bisa dirangkum dan dikenali melalui sistem yang ada.

Tapi perlu Anda ketahui jikalau kelemahan dari sistem  finger print ini, dimana perusahaan wajib menyediakan  anggaran  mereka untuk pengadaan perangkatnya.

Selain itu juga perangkat dari sistem absensi tersebut harus disediakan sebaiknya lebih dari satu. Apalagi jika perusahaan tersebut mempunyai karyawan yang cukup banyak, di samping jumlah tentunya perangkat fingerprint  ini begitu membutuhkan teknisi jika terjadi kerusakan.  

Selain perbaikan beban yang akan diterima perusahaan dari pengadaan perangkat finger print yaitu membutuhkan teknisi khusus untuk dapat melakukan pemeliharaan sistemnya.

Jika perusahaan telah menerapkan aplikasi absensi online maka setiap karyawannya harus mempunyai aplikasi tersebut di setiap perangkat smartphonenya masing-masing.

Selain itu juga diperlukan adanya jaringan internet di dalam kantor sehingga akan mempermudah bagi para karyawan melakukan absensi online.

Di manapun mereka berada, selama masih ada koneksi internet, di kantor atau di manapun, mereka dapat menggunakan aplikasi absensi  online tersebut.

Selain itu juga ada menemukan keluarga lihat pimpinan Anda membutuhkan yang kelak dan fasilitas wi-fi sebenarnya telah ada pada kata-kata tertentu yang lagi perusahaan yang memiliki tingkat operasional yang bergantung pada koneksi internet.

aplikasi absensi online

Keputusan yang dilakukan oleh perusahaan jika telah menerapkan aplikasi absensi online tentunya bisa meminimalisasi biaya pengadaan serta pemeliharaan perangkat mereka.

Sebagian besar bermodalkan saja laptop atau komputer  serta koneksi internet dan Anda bisa dengan begitu mudahnya menjalankan fungsi objektif karyawan perusahaan tersebut.  

Hal tersebut karena seperti yang telah disebutkan di atas karyawan hanya memerlukan perangkat smartphone mereka sediakan untuk melakukan absensi.

- Dapat MelakukanPemantauan secara Real Time

Adapun keunggulan dari pada aplikasi absensi online karyawan ini adalah melakukan pemantauan data secara real-time atau seketika.  

Adanya keunggulan semacam ini tentunya akan mempermudah kinerja  bagian personalia karena kehadirannya serta keterlambatan bisa dipotong setiap hari tanpa kemudian harus memindahkan data perangkat atau komputer lain.

Hal tersebut dikarenakan proses sinkronisasi data yang ada akan lebih mudah karena nantinya memformat disk tersimpan di sistem cloud.

- Data Rekapitalusi Akan Lbih Mudah

Pada umumnya memang mereka akan secara berkala melihat data kehadiran serta keterlambatan dari karyawan di sebuah perusahaan, hal itu selalu dilakukan.  

Jika perusahaan yang Anda tempati tersebut masih menggunakan pencatatan data absensi secara manual, hasil rekapitulasi tersebut akan memakan banyak waktu.  Belum lagi jika karyawan  yang melakukan tindak kecurangan,  sehingga dibatasi absensi tersebut tidak lagi menjadi valid.

Hadirnya sistem ini tentunya bisa dipergunakan oleh perusahaan modern saat uni. Sehingga tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan pemindahan data dari lembaran kertas ke komputer.  

Hal tersebut dikarenakan memang aplikasi semacam ini sudah terintegrasi sepenuhnya dengan data-data lainnya yang ada di perusahaan.  Data-data tersebut seperti data kehadiran ataupun keterlambatan yang mana nantinya akan dapat disandingkan dengan data-data lain.

Seperti halnya identitas serta jabatan karyawan.  Sehingga dengan demikian bagian personalia tidak lagi perlu repot-repot membuang waktu mereka untuk sekedar melakukan rekapitulasi data.

Aplikasi Absensi Online Memiliki Kecepatan dan Data Akurat

Adapun memang data kehadiran seperti halnya absensi pada tanggal dan hari tertentu bisa diakses. Caranya adalah dengan menghitung banyaknya data yang ada.

Perlu Anda ketahui jika setiap hari sistem tersebut akan dikunci. Apabila pimpinan di perusahaan Anda tersebut ingin melihat jumlah kehadiran dari karyawan pada hari ini saja, maka dapat mengakses pada saat itu juga.

Tanpa kemudian harus menunggu sampai jam kantor selesai.  Hal ini juga termasuk kedalam data siapa-siapa saja yang sakit izin dan cuti.  

Hal ini dikarenakan karena setiap karyawan dapat mengajukan izin yang bersifat mendadak misalnya saja ketika mereka mengalami kecelakaan atau sakit. Sehingga nantinya pada hari itu juga informasi izin sakit dapat diketahui dengan  cepat dan tepat.

Kesimpulan

Aplikasi absensi online ini juga dapat menghindari berbagai macam kesalahan-kesalahan. Terutama terhadap penghitungan kehadiran karyawan. Hal tersebut dikarenakan tim berwenang (dalam hal ini HR) yang berwenang yang mengurusi begitu banyaknya karyawan.

Mereka akan menyusun laporan-laporan seperti halnya laporan gaji,  laporan sakit atau izin dan lain sebagainya.  Tentunya hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang diinginkan oleh HR.

Selain itu juga pastinya karyawan juga akan merasa dirugikan apabila terjadi kesalahan dalam urusan gaji tersebut.  Maka dari itu begitu pentingnya aplikasi absensi online ini bagi tim HR.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari