Apa Itu Affiliate Marketing? Kenali Cara Kerja dan Jenisnya

Program affiliate menjadi pilihan berbagai bisnis untuk memperluas jangkauannya. Begitu juga masyarakat yang berminat menjadi affiliator

Apa Itu Affiliate

Anda pasti sudah cukup familiar dengan istilah affiliate marketing. Apalagi jika Anda sudah sering berkecimpung di dunia digital. Affiliate atau affiliate marketing saat ini menjadi pilihan menggiurkan untuk mendapat penghasilan dari internet. Penghasilan tersebut dapat dicapai melalui konten web, media sosial, atau integrasi produk.

Program affiliate menjadi pilihan berbagai bisnis untuk memperluas jangkauannya. Begitu juga masyarakat yang berminat menjadi affiliator pun berpeluang untuk mendapatkan keuntungan dengan berbagai skema.

Ada banyak sekali jenis program affiliate dan tidak mudah untuk memilih yang terbaik dan sesuai untuk Anda. Setiap program affiliate menawarkan cara yang berbeda untuk memberikan komisi.

Berikut ini adalah penjelasan affiliate marketing, cara kerja, dan jenis-jenisnya. Anda juga dapat memahami apa saja keuntungannya.

Apa Itu Affiliate Marketing dan Bagaimana Konsepnya?

Pada dasarnya, program affiliate marketing adalah perjanjian di mana bisnis membayar bisnis lain atau influencer untuk mendatangkan traffic dan/atau penjualan dengan cara mereka.

Konsep dari affiliate marketing di internet disusun, dipraktikkan, dan dipatenkan oleh William J. Tobin, pendiri PC Flowers & Gifts. Diluncurkan pada tahun 1989 di Prodigy Network, PC Flowers & Gifts tetap memberi layanan sampai tahun 1996.

Program affiliate bekerja berdasarkan komisi, baik melalui prospek, klik, atau penjualan. Di dalamnya ada beberapa pihak yang terlibat, khususnya empat pihak berikut ini;

  • perusahaan pemilik brand yang menawarkan produk atau jasa
  • perusahaan network
  • pihak ketiga (affiliate)
  • para pembeli.
Affiliate Marketing

Untuk masing-masing pihak memiliki peran seperti berikut.

Perusahaan Pemilik Brand

Perusahaan pemilik brand adalah pihak yang ingin meningkatkan penjualan dengan cara bekerjasama dengan pihak affiliate dan perusahaan network. Pemilik brand akan membayarkan komisi setiap terjadi closing penjualan.

Perusahaan Network

Perusahaan network adalah pihak yang menyediakan platform online digital. Mereka menghubungkan pihak perusahaan yang menawarkan produk atau jasa dengan para affiliate marketer yang mencari produk dan/atau jasa untuk dijual online.

Pihak Ketiga (Affiliate)

Pihak ketiga (affiliate) atau affiliator juga disebut publisher atau online salesman yang menawarkan dan menjual produk atau jasa perusahaan secara online. Caranya bisa lewat media sosial, blog, atau situs web mereka. Setiap penawaran yang berhasil menjual, maka mereka akan mendapat komisi.

Pembeli

Pembeli adalah audiens yang tertarik dengan penawaran yang diberikan oleh para affiliate. Mereka mengklik link yang dibagikan melalui media sosial, blog, atau situs web.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Affiliate?

Tentang cara kerja affiliate marketing, intinya tugas afiliator atau pihak ketiga yaitu melakukan promosi dengan membagi link referral, membuat review produk atau layanan, dan juga membuat konten yang relevan.

Ketika ada yang klik link atau memasukkan kode referral, maka affiliator akan mendapat komisi. Sistem kerja affiliate marketing menguntungkan perusahaan dan juga afiliator sendiri.

Apa Saja Jenis-Jenis Affiliate Marketing?

Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC) adalah jenis affiliate marketing yang cukup mudah dan populer. Dengan skema ini, vendor membayar afiliator untuk setiap klik yang diperoleh dari website atau blog yang memasang iklan. Audiens tidak harus membeli terlebih dahulu agar afiliator mendapat komisi.

Pay Per Perfomance (PPP)

Untuk jenis Pay Per Perfomance (PPP) ini, afiliator mendapat komisi dari pembelian produk atau layanan melalui link yang dibagikan. Sistem ini lebih menguntungkan bagi pihak perusahaan yang punya brand untuk ditawarkan.

Contohnya yang paling umum adalah program affiliate dari e-commerce, di mana komisi diberikan setiap berhasil terjadi transaksi melalui link referral yang dibagikan.

Pay Per Sales (PPS)

Sistem Pay Per Sales (PPS) adalah bagian dari Pay per Perfomance. Pada program ini, afiliator mendapat komisi pembayaran setiap berhasil melakukan penjualan.

Pay per Lead (PPL)

Pay per Lead (PPL) juga termasuk dari jenis Pay per Perfomance. Pada program ini, afiliator mendapat pembayaran untuk setiap afiliasi yang sukses mengarahkan audiens untuk mendaftar ke sebuah situs web.

Single tier Affiliate Marketing

Berdasarkan jenis-jenis di atas, Pay Per Click, Pay Per Sale, Pay Per Lead termasuk Single tier Affiliate Marketing. Single tier Affiliate Marketing adalah pembayaran yang diberikan sesuai jumlah penjualan langsung.

Two tier Affiliate Marketing

Apa bedanya Two tier Affiliate Marketing dengan Single tier Affiliate Marketing? Dalam sistem ini, afiliator dibayar ketika ada penjualan dan ketika bisa mengajak orang lain bergabung ke bisnis afiliasi atau mengajak orang menjadi affilate marketing juga untuk produk atau layanan tersebut.

Residual income Affiliate Marketing

Dalam sistem Residual income Affiliate Marketing, afiliator bukan hanya dibayar ketika berhasil terjadi penjualan yang pertama. Tapi juga akan tetap mendapat komisi pembayaran setiap terjadi transaksi dari link yang dibagikan.

Keuntungan atau Kelebihan Affiliate Marketing

Apa saja keuntungan affiliate marketing? Khususnya bagi afiliator, inilah keuntungannya;

  • Prosesnya mudah, karena hanya perlu fokus dengan strategi pemasaran, tanpa harus terlibat secara langsung untuk menjuaL atau mengirim produk
  • Dapat dikerjakan sendiri, bahkan ¬†tanpa modal, dan bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja
  • Bisa memberikan penghasilan tambahan dari setiap komisi yang dibayarkan
  • Tidak wajib memiliki skill penjualan langsung, karena yang terpenting mengikuti syarat dan ketentuan pemilik brand yang membuat program affiliate marketing.
  • Dapat mempromosikan berbagai macam produk atau layanan sekaligus.

Tentunya affiliate marketing juga memberi keuntungan bagi pemilik brand, perusahaan network, dan juga audiens yang akan menjadi pembeli.

Bagi perusahaan, program afilliate dapat menghemat biaya marketing. Apalagi untuk usaha kecil yang cenderung memiliki sumber daya terbatas atau belum ada tim marketing khusus yang promosi.

Bagi audiens yang akan membeli, adanya link dari affiliate marketing akan mengarahkan mereka untuk mendapatkan produk atau layanan yang dibutuhkan.

Cara Memperoleh Keuntungan Affiliate Marketing

Ketika sudah menemukan program affiliate yang cocok untuk ditekuni, maka keuntungan affiliate marketing lebih mudah didapatkan. Berikut kami rangkum cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapat untung dari affiliate marketing.

Menentukan Target Audiens yang Tepat

Pastinya jika Anda ingin mencoba program affiliate, pilih yang sesuai dengan minat Anda. Untuk mempromosikan produk atau layanan, Anda dapat menggunakan link referral yang bisa dibagikan ke siapapun. Agar lebih berpotensi untuk menghasilkan penjualan, Anda dapat menentukan audiens seperti apa yang ingin Anda targetkan.

Pilih Platform yang Sesuai

Begitu Anda sudah menentukan target audiens atau ceruk pasar yang ingin Anda bidik, lalu pilih platform yang sesuai. Misalnya jika Anda affiliate untuk produk elektronik dan membutuhkan edukasi untuk audiens. Anda dapat memanfaatkan platform video seperti YouTube dan TikTok untuk menjangkau lebih banyak pemirsa.

Memperluas Koneksi atau Jaringan

Selain target pasar dan platform yang tepat, koneksi atau jaringan juga harus diperluas. Bahkan, Anda dapat memaksimalkan adanya komunitas sesama affiliate yang dapat menjadi wadah tukar pikiran. Melalui jaringan yang dibangun tersebut, Anda juga mendapatkan banyak insight tentang skill yang harus di-upgrade.

Memang bidang affiliate marketing cukup dinamis dan banyak perubahan dari waktu ke waktu. Bahkan ketika ada berbagai hal seperti tren baru yang membutuhkan respon cepat, Anda tidak ketinggalan momen.

Kesimpulan

Affiliate marketing adalah salah satu strategi marketing yang dapat dioptimalkan oleh perusahaan yang memiliki brand berupa produk atau jasa. Agar hasilnya sesuai harapan, Anda bisa memilih produk ataupun jasa, dan Anda dapat memaksimalkan promosi melalui website dan/atau media sosial.

Sekian penjelasan dari kami seputar affiliate marketing. Nantikan update terbaru dari Kerjoo berupa program baru atau fitur baru yang bermanfaat bagi Anda. Tapi, jika Anda ingin mengetahui layanan Kerjoo lebih lanjut, silakan jadwalkan meeting dengan customer service kami.