Mengenal Kerjoo, Aplikasi Absensi Android Terbaik!

Aplikasi Absensi Android - Teknologi telah hadir bersama dengan berkembangnya zaman untuk membantu segala aktivitas manusia

Aplikasi Absensi Android Terbaik

Daftar Isi

Aplikasi Absensi Android - Teknologi telah hadir bersama dengan berkembangnya zaman untuk membantu segala aktivitas manusia menjadi semakin efektif.

Salah satunya dapat dirasakan untuk bidang ketenagakerjaan di mana teknologi digunakan sebagai suatu sistem atau metode untuk mempermudah dalam pekerjaan dan kinerja menjadi semakin baik dan efisien.

Contohnya adalah penggunaan aplikasi absensi berbasis Android seperti Kerjoo.com.

Aplikasi absensi android sekarang menjadi salah satu perangkat untuk melakukan bisnis khususnya untuk pekerjaan yang dilakukan secara jarak jauh. Adanya aplikasi absen tersebut akan mempermudah pekerja maupun HRD.

Pekerja dapat melakukan presensi di mana pun dengan mudah karena berbasis aplikasi smartphone yang hampir dimiliki oleh semua orang dan juga mempermudah tim HR dalam melihat kehadiran pekerja pada suatu perusahaan atau instansi.

Artikel ini akan membahas terkait aplikasi absensi android, fitur, manfaat serta penggunaannya untuk bisnis. Simak ya!

Pengertian Aplikasi Absensi Android

Aplikasi absensi Android merupakan salah satu jenis pengembangan software yang dapat digunakan untuk memantau sistem absensi secara elektronik melalui Smartphone.

Selama terhubung dengan internet, karyawan yang menggunakannya dapat dikelola secara menyeluruh dan dapat dilacak lokasinya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan absensi dengan mudah, cepat dan dapat dilakukan dimanapun, tanpa harus menggunakan metode manual seperti tanda tangan atau menggunakan stempel.

Untuk menggunakan aplikasi absensi, karyawan harus terlebih dahulu menginstalnya pada gawai. Kemudian, karyawan hanya perlu mencatat kehadiran mereka melalui aplikasi tersebut.

Perangkat lunak untuk absensi dapat memiliki fitur yang sangat beragam tergantung kebutuhannya. Developer akan selalu memperbaharui fitur dan kinerja aplikasi tersebut apabila diperlukan.

Dengan fitur yang ada karyawan dapat melakukan absensi dengan lebih mudah dan aktivitas tersebut akan dicatat secara real-time dan dikirimkan ke tim HRD.

Aplikasi Absensi Android Terbaik

Beberapa Fitur yang Terdapat pada Aplikasi Absensi Berbasis Android

Secara garis besar, software Android yang dibuat untuk absensi menyediakan beberapa fitur utama. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Clock In & Clock Out

Fitur ini digunakan untuk mencatat waktu masuk dan keluar dari pekerjaan. Ini membantu untuk memantau apakah karyawan tepat waktu atau terlambat.

2. Leave Management

Selain merekam absensi karyawan, aplikasi ini juga dapat merekam ketidakhadiran seperti sakit atau izin. Terkadang, aplikasi juga menyediakan fitur untuk membuat permohonan cuti yang mudah.

3. Time Tracker

Fitur untuk mencatat dan menghitung jumlah jam kerja karyawan. Sistem akan mulai menghitung saat karyawan masuk dan berhenti saat keluar, dan juga dapat mengakumulasikan jumlah jam kerja harian, mingguan, dan bulanan.

4. GPS Tracker

Fitur ini membantu mengetahui lokasi karyawan yang bekerja secara android. Sistem ini biasanya menggunakan Global Navigation Satellite System untuk memberikan informasi lokasi dan pergerakan.

5. Laporan

Sistem absensi ini akan menyediakan laporan yang mempermudah tugas tim HRD. Secara garis besar, laporan ini berisi informasi seperti waktu kehadiran karyawan, jumlah jam kerja, pola shift, dan lainnya.

Aplikasi Absensi Android Terbaik

Berbagai Fitur pada Aplikasi Kerjoo

Sebelumnya telah dijelaskan berbagai fitur yang umumnya terdapat pada aplikasi absensi. Namun, aplikasi Kerjoo menawarkan beberapa pengembangan fitur untuk ditawarkan kepada penggunanya seperti :

1. Presensi Online

Dengan fitur presensi online karyawan melakukan presensi secara foto selfie dengan smartphone Android. Foto dan lokasi kehadiran karyawan dapat teridentifikasi secara akurat, real time, dengan dilengkapi anti fake GPS.

2. Pengajuan Cuti dan Izin

Sistem pengajuan cuti dan izin dilakukan secara digital dengan aplikasi yang memungkinkan karyawan mengajukan permohonan secara elektronik.

Permohonan dapat dilakukan dengan melampirkan dokumen pendukung seperti foto atau dokumen softcopy untuk mendapatkan persetujuan dari HRD sehingga menjadi lebih mudah dan efisien.

3. Perhitungan dan Pembayaran Gaji

Proses penghitungan dan pembayaran gaji dapat dilakukan secara lebih praktis dengan menggunakan fitur hitung gaji harian atau bulanan yang memberikan rincian gaji yang jelas. Fitur bayar gaji juga dapat digunakan untuk memastikan transparansi dalam proses penggajian.

4. Fitur Penjadwalan Shift

Fitur ini dapat memudahkan HRD mengatur dan mengelola jadwal kerja karyawan baik harian maupun shift melalui fitur import excel. Selain itu, karyawan juga dapat melakukan pertukaran shift secara mandiri melalui aplikasi absensi.

5. Validasi Device Presensi

Dengan adanya fitur ini dapat mencegah kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Hanya perangkat yang terdaftar saja yang dapat digunakan untuk presensi, sehingga review kedisiplinan tim lebih objektif.

6. Performa Kehadiran

Mengoptimalkan kinerja karyawan dengan melakukan review kehadiran secara lebih akurat. HRD dapat memantau data kehadiran secara otomatis dengan waktu yang lebih singkat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan.

6 Fitur diatas merupakan beberapa yang ditawarkan aplikasi Kerjoo dan masih banyak fitur lainnya yang tidak kalah menarik. Ingin mengetahui lebih lanjut? Kunjungi website Kerjoo.com

Aplikasi Absensi Android Terbaik

Kelebihan Penggunaan Aplikasi Absensi Android

Penggunaan aplikasi absensi android yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi tentunya memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa contoh manfaat dari menggunakan aplikasi absensi Android:

1. Efisiensi Waktu dan Kemudahan Akses

Aplikasi absensi Android mempermudah dan mempercepat proses absensi, sehingga memastikan bahwa data absensi yang diperoleh valid. Aplikasi absensi Android dapat diakses di manapun dan kapanpun asalkan perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Karyawan bisa melakukan absensi dari mana saja, bahkan saat berada di lokasi klien. Hal ini sangat menguntungkan bagi karyawan karena mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk perjalanan ke kantor dan bisa langsung melaksanakan tugas di lapangan.

2. Pelacakan

Fitur berupa GPS tracker yang terdapat pada aplikasi dapat menunjukkan tanggal dan waktu yang diterima oleh karyawan di lokasi tertentu. Dengan begitu, karyawan bisa fokus pada pekerjaannya dan sistem akan membantu melaporkan lokasi mereka ke tim HRD.

Aplikasi ini juga dapat membantu perusahaan memantau keterlambatan karyawan dan membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Hal tersebut juga dapat mempermudah tim HRD untuk memantau lokasi karyawan khususnya yang menerapkan pekerjaan dengan metode jarak jauh (remote).

3. Integrasi dengan Sistem Pengolahan Gaji

Aplikasi absensi Android biasanya terintegrasi dengan sistem pengolahan gaji, sehingga mempermudah proses pengolahan data absensi dan memastikan bahwa gaji karyawan dibayar tepat waktu.

Aplikasi absensi android tidak hanya berguna untuk melakukan absensi bagi karyawan, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang mempermudah tim HRD dalam mengelola karyawan yang bekerja secara jarak jauh atau di luar kantor.

4. Keamanan Data dan Meningkatkan Kinerja

Aplikasi absensi Android biasanya menggunakan enkripsi dan teknologi keamanan lain untuk memastikan bahwa data absensi aman dan terlindungi.

Karenanya maka mereka dapat fokus pada tugas utama mereka, yaitu memenuhi target kerja. Dengan demikian, produktivitas mereka akan meningkat dan perusahaan akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Penghematan Biaya dan Mengurangi Kesalahan Absensi

Dengan menggunakan aplikasi absensi Android, perusahaan dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membeli peralatan absensi konvensional, seperti mesin absensi, kertas, stemple, dan alat tulis untuk absensi.

Kesalahan dalam pencatatan absensi dapat dikurangi secara signifikan. Aplikasi memungkinkan karyawan untuk memasukkan jam masuk dan jam pulang secara presisi.

Kemudian, tim HRD dapat memverifikasi informasi tersebut dengan cepat dan mudah. Hal ini memastikan bahwa karyawan menerima gaji dan pengakuan atas pekerjaan mereka secara tepat waktu dan sesuai.

6. Kemudahan Pengolahan Data

Aplikasi ini mempermudah pengolahan data absensi dan memastikan bahwa data yang diperoleh lebih akurat.

Aplikasi absensi Android biasanya menyediakan database yang terintegrasi, sehingga aplikasi bisa berfungsi sebagai satu tempat yang berguna untuk menyimpan informasi tentang karyawan, termasuk juga jam absensi karyawan.

Oleh karena itu, tim HRD masih dapat memantau disiplin karyawan dan melihat apakah karyawan mulai bekerja tepat waktu atau terlambat.

7. Mempermudah Laporan dan Analisis

Aplikasi absensi android umumnya memiliki fitur laporan dan analisis yang mempermudah tim HRD dalam melihat dan menganalisis data absensi karyawan.

Hal tersebut memungkinkan tim HRD untuk membuat keputusan yang informatif dan data-driven, sehingga perusahaan dapat terus berkembang dan memenuhi target.

Kerjoo merupakan salah satu aplikasi absensi android dengan berbagai fitur yang sangat berguna untuk menunjang bisnis kalian!

Pengembangan juga terus dilakukan pada aplikasi ini untuk mempermudah pengguna mengatasi masalah terkait. Kalian bisa melakukan demo yang tentu secara free nih! Langsung kunjungi websitenya di Kerjoo.com

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari