Apa Arti Annual Salary dan Faktor yang Menentukan

Informasi tentang annual salary dapat memberi manfaat, khususnya untuk perencanaan keuangan karyawan

Annual Salary

Daftar Isi

Annual salary atau gaji tahunan adalah jumlah uang yang dibayarkan pemberi kerja kepada karyawan selama setahun sebagai imbalan atas pekerjaan yang telah dilakukan. Gaji yang dihitung ini hanya berupa uang tunai dan tidak termasuk kompensasi non tunai.

Informasi tentang annual salary dapat memberi manfaat, khususnya untuk perencanaan keuangan, karena karyawan dapat mengantisipasi pendapatan mereka sepanjang tahun.

Arti Annual Salary

Memahami arti annual salary dapat membantu Anda menjalankan peran dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Pada intinya, annual salary adalah jumlah total uang yang diperoleh karyawan dalam satu tahun ketika pemberi kerja membayar karyawan atas pekerjaan yang dilakukan.

Dalam hal ini, proses hitung gaji tahunan dilakukan dengan akumulasi gaji selama 12 bulan. Pemberi kerja dapat menentukan gaji berdasarkan upah per jam atau upah sebulan.

Pada dasarnya, perusahaan tidak wajib untuk menghitung dan menyajikan gaji karyawan dalam bentuk annual salary. Namun, kebanyakan perusahaan menyediakan informasi gaji tahunan sebagai bagian dari transparansi dan komunikasi kepada karyawan.

Annual Salary vs Annual Income

Selain annual salary, ada juga istilah annual income yang sering dipakai dalam konteks penggajian. Meski terdengar serupa, tapi keduanya mempunyai beberapa perbedaan dalam arti dan cakupannya.

- Annual Salary atau Gaji Tahunan

Gaji tahunan ini merujuk pada jumlah uang yang dibayarkan kepada karyawan oleh pemberi kerja dalam satu tahun.

Biasanya dinyatakan dalam bentuk jumlah tetap setiap tahun, terlepas dari jumlah jam kerja, tunjangan, bonus, dan benefit lainnya.

- Annual Income atau Pendapatan Tahunan

Ini adalah jumlah total uang yang diterima karyawan dalam satu tahun. Pendapatan tahunan tidak hanya mencakup gaji dari pekerjaan tetap, tetapi juga bisa melibatkan pendapatan dari berbagai sumber, misalnya investasi, usaha sampingan, atau bentuk pendapatan lainnya.

Intinya, pendapatan tahunan mencakup seluruh arus kas yang diterima oleh individu selama 1 tahun.

Jadi, perbedaan pokoknya adalah bahwa gaji tahunan merujuk khusus pada gaji yang diterima dari pekerjaan utama dalam satu tahun, sementara pendapatan tahunan mencakup seluruh pendapatan yang diterima individu dari semua sumber dalam 1 tahun.

Annual Salary

Faktor-faktor yang Menentukan Annual Salary

Dilihat dari jumlahnya, annual salary setiap bidang industri berbeda-beda. Bahkan, meskipun pekerjaannya memiliki judul atau deskripsi yang serupa, gaji yang dapat ditawarkan perusahaan belum tentu sama.

Hal ini bergantung pada keahlian, pengalaman, dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Faktor-faktor yang menentukan gaji tahunan adalah meliputi;

1. Pengalaman

Pemberi kerja dapat menghargai pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki karyawan. Pengalaman tersebut bisa jadi indikator pengetahuan dan skill tentang industri atau peran yang ditekuni.

Hal ini mungkin juga menunjukkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi sebagai kontributor individu dan sejauh mana kemampuan manajerial di dalam diri karyawan.

2. Kredensial

Gelar yang lebih tinggi atau sertifikasi profesional mungkin memberi gaji yang lebih tinggi, terutama ketika kredensial ini sangat diminati oleh industri.

Kredensial bisa berupa pendidikan formal, pelatihan, atau pengalaman kerja yang memberi gambaran tentang sejauh mana seseorang memenuhi persyaratan pekerjaan.

3. Tanggung jawab pekerjaan

Tugas individu mungkin berbeda untuk jabatan yang sama dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Tanggung jawab yang lebih luas atau lebih kompleks pada umumnya menghasilkan gaji tahunan yang lebih besar.

4. Kebutuhan Industri

Kebutuhan industri akan memengaruhi pengetahuan atau sertifikasi khusus yang diperlukan untuk suatu peran.

Industri dengan permintaan pekerjaan yang tinggi dalam spesialisasi tertentu cenderung menawarkan kompensasi yang lebih baik. Begitu juga dengan industri yang sedang berkembang pesat akan menawarkan gaji lebih tinggi.

5. Lokasi

Lokasi perusahaan dapat mempengaruhi besarnya annual salary. Permintaan akan kualifikasi karyawan mungkin tinggi di satu lokasi, sehingga perusahaan menawarkan gaji tahunan yang lebih tinggi untuk menarik talenta terbaik.

Annual Salary

Tips Menghitung Annual Salary

Untuk perusahaan yang akan menghitung annual salary, berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan.

1. Hitung Gaji Bulanan

Mulailah dengan mengumpulkan informasi tentang gaji bulanan. Apabila gaji tidak tetap, hitung rata-rata gaji bulanan selama setahun.

Begitu juga untuk perusahaan yang menerapkan gaji harian untuk pekerja harian lepas, perhitungan gaji tahunan tinggal diakumulasi.

Pastikan untuk menyertakan tunjangan dan bonus dalam perhitungan. Ini bisa termasuk tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan bonus tahunan.

Jika ada pembayaran tambahan, seperti komisi atau insentif, sertakan dalam perhitungan. Ini dapat signifikan memengaruhi total gaji tahunan.

2. Hitung Jam Kerja Ekstra

Jika ada karyawan yang bekerja lebih dari jam kerja standar, pastikan untuk memperhitungkan jam kerja ekstra tersebut dalam perhitungan gaji tahunan.

Yang dihitung ini juga termasuk perubahan jam kerja lembur yang diberlakukan di perusahaan Anda.

3. Perhitungan Cuti

Jika perusahaan memberikan jatah cuti yang dibayar, pastikan untuk memperhitungkan jumlah hari cuti yang diambil karyawan dalam setahun.

Beberapa perusahaan memiliki kebijakan di mana karyawan dapat mengonversi cuti yang tidak diambil menjadi kompensasi tambahan. Dalam hal ini, cuti yang tidak diambil dapat meningkatkan nilai annual salary.

4. Tentukan Jenis Gaji

Pastikan Anda memahami apakah gaji yang dihitung adalah gaji bruto (sebelum pemotongan) atau gaji bersih (setelah pemotongan).

Untuk melihat penjelasan lebih lengkap, Anda bisa pelajari sistem penggajian karyawan dan pembuatan slip gaji.

Kesimpulan

Annual salary adalah jumlah total uang yang diperoleh karyawan selama satu tahun ketika pemberi kerja membayar karyawan atas pekerjaan yang dilakukan.

Perhitungan gaji tahunan ini penting untuk dipahami oleh HR dan karyawan, meskipun hal ini bukan hal yang wajib dilakukan.

Tapi, informasi gaji tahunan bisa memberikan gambaran tentang manajemen keuangan perusahaan dan karyawan.

Untuk proses penggajian yang lebih praktis, saatnya Anda gunakan fitur hitung gaji dari Kerjoo. Anda dapat melihat informasi rincian gaji harian atau gaji bulanan yang lengkap untuk masing-masing karyawan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari