Contoh Company Profile: Template dan Tips Membuat Company Profile

Profil perusahaan yang dibuat dengan baik adalah cara untuk membuat bisnis yang dimiliki menonjol dari persaingan dan menawarkan keunikan perusahaan.

Contoh Company Profile

Daftar Isi

Company profile merupakan suatu pengenalan profesional merek bisnis kepada audiens atau pasar. Company profile dimaksudkan untuk memberi tahu pengunjung dan prospek tentang produk, layanan, dan posisi perusahaan kini di pasar.

Profil perusahaan yang dibuat dengan baik adalah cara untuk membuat bisnis yang dimiliki menonjol dari persaingan dan menawarkan keunikan perusahaan.

Template Company Profile

Contoh Company Profile

Detail Bisnis

Ini adalah fakta dasar perusahaan, seperti info kontak dan ikhtisar singkat bisnis.

  • Nama Perusahaan
  • Alamat lokasi
  • Nomor telepon
  • Surel

Detail Perusahaan

Informasi lebih detail tentang perusahaan dan penjelasannya.

  • Pernyataan misi/visi
  • Tanggal didirikan
  • Deskripsi tentang apa yang anda lakukan (produk dan/atau layanan)
  • Gambaran singkat tentang sejarah, pertumbuhan, dan perkembangan
  • Portofolio klien

Pengakuan Industri

Bagikan semua hal penting yang telah dicapai atau diterima perusahaan.

  • Sertifikasi
  • Penghargaan
  • Pengakuan media/berita
  • Testimonial
  • Kemitraan

Contoh Company Profile

Contoh Company Profile

1. PT. Pertamina

Pertamina senantiasa memegang teguh komitmen untuk menyediakan energi dan mengembangkan energi baru dan terbarukan dalam rangka mendukung terciptanya kemandirian energi nasional.

Memegang amanah sebagai holding company di sektor energi sejak ditetapkan oleh Kementerian BUMN Republik Indonesia pada tanggal 12 Juni 2020, Pertamina kini memiliki peran sangat strategis yang membawahi enam Subholding yang bergerak di bidang energi, yaitu;

  • Upstream Subholding yang secara operasional dijalankan oleh PT Pertamina Hulu Energi
  • Gas Subholding yang dijalankan oleh PT Pertamina Gas Negara
  • Refinery & Petrochemical Subholding yang dijalankan oleh PT Kilang Pertamina Internasional
  • Power & NRE Subholding yang dijalankan oleh PT Pertamina Power Indonesia
  • Commercial & Trading Subholding yang dijalankan oleh PT Pertamina Patra Niaga
  • Subholding Integrated Marine Logistics yang dijalankan oleh PT Pertamina International Shipping.

Peran penting yang diemban oleh Pertamina ini sekaligus menandai tonggak sejarah baru dalam perjalanan bisnis perusahaan setelah kontribusi nyata yang diberikan oleh Pertamina selama lebih dari enam dekade menyediakan energi yang telah menggerakkan sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia dan berbagai wilayah di luar negeri.

2. PT. Telekomunikasi Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.

Dalam upaya bertransformasi menjadi digital telecommunication company, TelkomGroup mengimplementasikan strategi bisnis dan operasional perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented).

Transformasi tersebut akan membuat organisasi TelkomGroup menjadi lebih lean (ramping) dan agile (lincah) dalam beradaptasi dengan perubahan industri telekomunikasi yang berlangsung sangat cepat. Organisasi yang baru juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menciptakan customer experience yang berkualitas.

Kegiatan usaha TelkomGroup bertumbuh dan berubah seiring dengan perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi, namun masih dalam koridor industri telekomunikasi dan informasi. Hal ini terlihat dari lini bisnis yang terus berkembang melengkapi legacy yang sudah ada sebelumnya.

Telkom mulai saat ini membagi bisnisnya menjadi 3 Digital Business Domain:

  • Digital Connectivity: Fiber to the x (FTTx), 5G, Software Defined Networking (SDN)/ Network Function Virtualization (NFV)/ Satellite
  • Digital Platform: Data Center, Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data/ Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity
  • Digital Services: Enterprise, Consumer

VISI: Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat

MISI:

  • Mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
  • Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa.
  • Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.

CORE VALUES : AKHLAK

Pentingnya Profil Perusahaan

Contoh Company Profile

Profil perusahaan penting karena membantu mengidentifikasi pasar untuk membangun angka penjualan dan menjangkau investor. Pentingnya memiliki profil perusahaan yang baik dijelaskan di bawah ini:

  • Profil perusahaan menawarkan kesempatan kepada pembeli potensial untuk mengetahui tentang perusahaan.
  • Profil perusahaan yang baik penting karena mendorong calon investor untuk berinteraksi langsung dengan tim penjualan dan pemasaran perusahaan tempat dia ingin berinvestasi.
  • Profil perusahaan yang terstruktur membantu calon pelanggan untuk mengetahui tentang perusahaan jika mereka mencari produk atau layanan tertentu.
  • Profil perusahaan menawarkan banyak peluang untuk pertumbuhan entitas bisnis.
  • Profil perusahaan dapat berfungsi sebagai peta jalan untuk pertumbuhan dan kemakmuran bisnis.

Pentingnya profil perusahaan yaitu mampu memberikan gambaran umum tentang semua informasi yang relevan seperti kelebihan, audiens target, produk dan layanan, dan rekam jejak bisnis yang dijalankan.

Tips Penting dalam Membuat Company Profile Efektif

1. Ringkas dan informatif

Gunakan bahasa dan cara yang tepat untuk membuat profil perusahaan yang baik. Pastikan informasi atau ikhtisar bisnis tetap ringkas dan informatif

2. Pilih platform yang tepat

Tip penting dalam membuat profil perusahaan yang efektif yaitu memilih platform yang tepat. Teliti dan temukan platform yang menurut Anda akan terbukti terbaik untuk perusahaan Anda.

3. Sasaran audiens

Tentukan tentang audiens target Anda dan preferensi yang mereka miliki. Profil perusahaan adalah untuk bagian masyarakat tertentu jadi pastikan informasinya relevan dan dapat terhubung dengan target Anda.

Begitu sebuah perusahaan mulai membidik target tertentu, menjadi lebih mudah untuk membuat profil perusahaan yang efektif

4. Buat daftar tujuan perusahaan

Ciptakan kesan yang baik dengan mencantumkan tujuan perusahaan sehingga pembaca dapat mengetahui makna dari perusahaan tersebut

5. Memilih bantuan desain web yang tepat

Jika Anda memilih memposting profil perusahaan secara online, sangat penting untuk mengambil bantuan desain web. Desain web yang kreatif, orisinil, inovatif, dan menarik akan membantu menciptakan kesan yang kuat pada perusahaan.

6. Jadilah kreatif

Gunakan kata kunci yang kreatif dan populer untuk mendapatkan momentum menarik audiens. Jadikan informasi yang relevan menarik dengan menambahkan grafik dan gambar karena ini akan berfungsi sebagai magnet dalam menarik pihak yang berkepentingan.

7. Sertakan informasi dasar

Jangan membuat company profile terlalu panjang dan panjang, tetapi tuliskan informasi dasar dan tawarkan detail yang akan memberikan kesan yang baik

8. Jujur dalam menyampaikan informasi

Sangat penting untuk jujur ​​dalam informasi yang disampaikan dalam company profile. Tentunya Anda mencari cara untuk membuat profil perusahaan yang baik. Maka, bersikaplah realistis dan tunjukkan informasi perusahaan Anda secara lugas dan jujur.

9. Perbarui informasi secara berkala

Tunjukkan komitmen perusahaan kepada audiens yang menjadi target dengan memposting dan memperbarui informasi pada website perusahaan yang memuat company profilesecara teratur. Pastikan untuk menonjolkan milestonedan pencapaian dari perusahaan agar company profile semakin menarik audiens.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari