Contoh Motivation Letter dan Template Motivation Letter

Faktor terpenting dari motivation letter yang baik adalah presisi, tujuan, struktur, dan keaslian. Berisi tentang pencapaian, pengalaman, tujuan hingga hasrat yang dimiliki untuk bidang tersebut terlihat jelas sejak awal.

Contoh Motivation Letter dan Template Motivation Letter

Motivation letter adalah dokumen yang merinci keterampilan profesional seseorang dan alasan yang dimiliki dalam melamar program studi, beasiswa, atau pekerjaan. Surat ini menyertai lamaran dan dokumen pendukung, seperti transkrip nilai dan daftar riwayat hidup.

Berbeda dari surat pengantar yang merupakan pengantar resume atau CV dan memberikan contoh bagaimana pengalaman kerja seseorang cocok dengan posisi yang dilamar, sementara motivation letter lebih berfokus pada kisah pribadi seseorang dan merinci minat, kepribadian, dan motif yang dimiliki untuk melamar suatu program.

Faktor terpenting dari motivation letter yang baik adalah presisi, tujuan, struktur, dan keaslian. Berisi tentang pencapaian, pengalaman, tujuan hingga hasrat yang dimiliki untuk bidang tersebut terlihat jelas sejak awal. Anda juga perlu berhati-hati dalam menyusun motivation letter Anda sehingga setiap bagian dapat dipahami dengan jelas, dan mudah untuk membaca. Gunakan bahasa yang lugas untuk mengekspresikan diri Anda tanpa menggunakan frasa klise karena dapat bertentangan dengan minat Anda.

Template Motivation Letter

Contoh Motivation Letter

Di bawah ini template surat motivasi. Anda dapat menyesuaikan template ini berdasarkan kebutuhan.

Bapak/Ibu yang terhormat. [nama penerima],

Nama saya [nama Anda] dan saya adalah [posisi/kualifikasi/bidang studi]. Saya menulis untuk melamar [peluang/tempat beasiswa/sukarelawan] di [nama organisasi].

Saya ingin [belajar/sukarelawan] dengan Anda karena [alasan ingin belajar kursus atau menjadi sukarelawan]. Saya sangat tertarik dengan [sekolah/nirlaba] Anda karena [alasan memilih organisasi tertentu].

Saya merasa saya akan menjadi aset bagi organisasi Anda karena saya [daftar kualitas positif]. Saya juga terampil dalam [daftar keterampilan positif] yang saya kembangkan melalui [pengalaman atau kursus yang mengajari Anda keterampilan].

Sebagai kesimpulan, saya berharap mendapatkan kesempatan untuk [belajar/menjadi sukarelawan] bersama Anda di [nama organisasi]. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau aplikasi saya. Silakan hubungi saya di [detail kontak] jika Anda memiliki pertanyaan untuk saya. Saya berharap untuk mendengar dari Anda segera.

Dengan hormat,

[Nama]

Templateini menyediakan ruang untuk informasi dasar yang diperlukan dalam motivation letter. Namun, surat motivasi yang baik memiliki sentuhan pribadi dan orisinal. Sesuaikan template ini dengan menambahkan detail tambahan yang dibutuhkan dan ambil beberapa kalimat untuk menjelaskan alasan Anda menulis motivation letter. Ciri khas diri dapat membantu surat motivasi Anda menonjol.

Menulis Motivation Letter yang Menarik, Ini Contohnya!
Menulis motivation letter Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ada aturannya, sehingga bisa meningkatkan peluang untuk diterima kerja magang, seleksi beasiswa, atau volunteer

Contoh Motivation Letter Aplikasi Beasiswa

Contoh Motivation Letter

Kepada Yth. Bapak Fadil Tandiono

Rektor Universitas Wijaya

Jl. Banyu Biru No.12

Kota Solo, Jawa Tengah

Nama saya Fafa Intan, dan saya menulis surat motivasi ini untuk menunjukkan minat saya pada beasiswa untuk program Sarjana Ilmu Keperawatan yang diselenggarakan oleh Universitas Wijaya. Saya memiliki hasrat untuk membantu orang, dan saya berharap keterbatasan keuangan saya tidak akan menghalangi saya untuk memanfaatkan hasrat ini dalam karier saya.

Saya tumbuh dalam keluarga sederhana dengan seorang ibu tunggal yang melakukan banyak pekerjaan untuk menafkahi saya dan saudara saya. Ibu saya mengajari saya nilai kerja keras dan pentingnya menjaga orang lain yang tidak bisa mengurus diri sendiri. Dia juga menekankan pentingnya pendidikan bagi kami, mengajari kami bahwa itu akan membantu kami mengakses kehidupan yang lebih mudah. Dorongannya bersama dengan tekad saya sendiri membantu saya mendapatkan beberapa nilai terbaik di kelas sekolah menengah saya.

Karena ibu saya bekerja berjam-jam, saya menghabiskan banyak waktu untuk merawat adik bungsu saya yang menderita kelumpuhan otak. Saya merasa waktu yang saya habiskan untuk merawatnya memicu minat dalam keperawatan. Saya belajar untuk berbelas kasih dan sabar dan dihargai oleh senyumnya. Saya berharap untuk membuat pasien saya sendiri tersenyum dalam menghadapi masalah kesehatan mereka sendiri di masa depan.

Saya merasa etos kerja dan dorongan untuk sukses akan menjadikan saya aset bagi Universitas Wijaya. Saya tahu Universitas Anda memiliki program keperawatan yang sangat baik, dan saya rasa itu akan memberi saya lingkungan yang sempurna untuk mendapatkan gelar yang saya butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian saya dan menerapkan ilmu yang saya dapat untuk masyarakat. Saya yakin dapat memanfaatkan kesempatan beasiswa sebaik-baiknya dan membuat Anda dan ibu saya bangga.

Saya sangat berterima kasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk mempertimbangkan lamaran saya dan berharap dapat segera mendengar kabar dari Anda. Harap jangan ragu untuk menghubungi saya di [email protected] jika Anda memiliki pertanyaan tentang aplikasi saya.

Hormat saya,

Fafa Intan

Ini UMR DKI Jakarta 2022, di 2023 Akan Mengalami Kenaikan
Menaker Ida Fauziyah mengumumkan bahwa kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023 yaitu tidak lebih dari 10%. Kenaikan UMP ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimun Provinsi 2023.

Contoh Motivation Letter Aplikasi Pekerjaan

Ralin Coco

Manajer HR

PT. Jadi Baru

Jalan Lingkar Utara No. 7

Sleman, DIY

Yth. Ibu Ralin Coco

Perkenalkan saya Putra Danianta yang merupakan mahasiswa semester 5 Universitas Jaya Baya, saya mencari posisi yang memungkinkan saya membayar uang sekolah sambil mengatur jadwal kuliah saya. Ketika saya melihat daftar pekerjaan yang perusahaan Ibu sebarkan melalui media sosial untuk posisi Customer Service akhir pekan di papan informasi kampus, saya merasa bahwa diri saya akan sangat cocok untuk kebutuhan tersebut.

Walaupun pengalaman kerja saya terbatas, saya memiliki banyak pengalaman dalam berurusan dengan pelanggan. Saat remaja saya telah membantu dalam bisnis keluarga, yaitu toko kecil dan toko suvenir di kawasan Wisata Kasongan.

Tugas saya di sana sering menghadap ke publik, mengatur barang untuk dijual dan membantu pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan. Saya selalu melakukan yang terbaik untuk membantu pelanggan pergi dengan senyum di wajah mereka, bahkan melampaui apa yang diharapkan. Hal tersebut menghasilkan banyak ulasan bintang 5 untuk properti di Google My Business.

Terima kasih atas pertimbangan Ibu. Saya akan dengan senang hati berbicara dengan Ibu secara langsung atau melalui telepon untuk mendiskusikan posisi dan kualifikasi saya lebih lanjut.

Dengan hormat,

Putra Danianta

Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contohnya
Setiap orang bisa saja membutuhkan waktu untuk izin tidak masuk kerja dari waktu ke waktu, hal itu bisa karena sakit, janji temu, atau alasan pribadi lainnya.
5 Contoh Motivation Letter, Beserta Format dan Cara Membuatnya
Motivation letter adalah dokumen yang menjelaskan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat. Berikut contoh, format dan cara membuatnya.

Contoh Motivation Letter Aplikasi Pekerjaan

Contoh Motivation Letter

Joko Waluyo

Manajer HR

PT. Makmur Abadi

Jalan Dahlia No. 100

Kota Purwokerto, Jawa Tengah

Yth. Ibu Ralin Coco

Kepada Bapak Joko Waluyo yang terhormat,

Saya menulis surat ini untuk mengungkapkan minat saya pada posisi content writer yang dibuka melalui sosial media perusahaan Bapak. Saya memiliki pengalaman menulis berbagai rubric artikel untuk website beberapa perusahaan. Meskipun sebagian besar pengalaman saya di dunia bisnis, saya memahami nilai sosial dari sektor ini dan saya yakin bahwa pengalaman bisnis saya akan menjadi aset bagi perusahaan Anda.

Tanggung jawab saya mencakup pembuatan konten berupa artikel dan pengelolaan termasuk editorial situs web, kalender editorial dan pemrograman konten harian dan produksi untuk berbagai situs.

Pengalaman telah mengajari saya bagaimana membangun hubungan yang kuat dengan semua departemen dalam sebuah organisasi. Saya memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim maupun lintas tim. Saya dapat bekerja dengan teknisi web untuk menyelesaikan masalah teknis dan menerapkan peningkatan teknis.

Terima kasih atas pertimbangan Bapak. Saya akan dengan senang hati berbicara dengan Bapak secara langsung atau melalui telepon untuk mendiskusikan posisi dan kualifikasi saya lebih lanjut.

Dengan hormat,

Dian Mayatri

Contoh Motivation Letter