Mengenal Aplikasi Absensi Online Kerjoo Untuk Perusahaan Anda

Aplikasi Absensi Online Kerjoo

Daftar Isi

Perkembangan teknologi telah terjadi di semua aspek alat yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari mobil hingga ponsel, perkembangan teknologi tidak akan pernah berakhir untuk menyempurnakan perlengkapan ini untuk aktivitas kita.

Salah satu perkembangan teknologi yang paling bermanfaat bagi perusahaan adalah pengembangan aplikasi absensi online. Bagi perusahaan yang mengandalkan proyek di lapangan yang mungkin tidak menggunakan sistem absensi konvensional, perubahan ini dianggap sebagai hal yang disambut baik.

Biasanya, formulir absensi online ini akan berbentuk aplikasi atau situs web absensi online khusus untuk memudahkan seluruh proses. Perusahaan yang ingin memanfaatkan sistem absensi online dapat menggunakan situs web absensi yang sudah ada atau merancang aplikasi khusus untuk tujuan spesifik tersebut.

Ada beberapa hal yang mendasari pengembangan sistem absensi online. Belakangan ini, banyak perusahaan yang bergantung pada kegiatan dan proyek di lapangan sehingga tidak ada karyawan yang datang ke kantor.

Sebagian besar kertas kehadiran hanya ada di kantor pusat perusahaan mereka dan membawa semuanya ke proyek luar ruangan akan merepotkan.

Belum lagi, karyawan yang sudah mengerjakan proyek outdoor mereka rentan terhadap situasi “tidak bisa bekerja / meninggalkan pekerjaan tanpa izin” hanya karena mereka tidak mengisi kertas absensi di kantor.

Dengan demikian, sistem absensi konvensional dipandang tidak menguntungkan seperti sebelumnya karena kekurangannya.

Salah satu aplikasi absensi berbasis online yang bisa memudahkan perusahaan adalah Kerjoo.com. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas apa sih Kerjoo itu? Disimak, ya!

Apa itu KERJOO?

Kerjoo.com atau yang disebut dengan KERJOO adalah aplikasi untuk sistem HR yang berbasis cloud dan SaaS (Software as a Service). Salah satu fitur yang kami sediakan adalah absensi karyawan yang bisa dilakukan melalui handphone dari mana saja dan kapan saja.

Apa itu Cloud?

KERJOO berbasis Cloud yang artinya aplikasi ini berada dalam satu server, dalam hal ini adalah Amazon Web Services. Kerjoo.com dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama pengguna terkoneksi dengan jaringan internet.

Apa itu SaaS?

SaaS memiliki kepanjangan Software as a Service yang artinya KERJOO memberikan layanan software atau aplikasi yang dapat langsung digunakan oleh pengguna tanpa perlu memikirkan dan memahami bagaimana data tersimpan maupun cara merawat aplikasi.

Apa keuntungan menggunakan aplikasi absensi KERJOO?

Pengguna dapat langsung memanfaatkan aplikasi absensi online dengan fitur-fitur terbaik untuk meningkatkan efisiensi kinerja karyawan. Pengguna hanya perlu membayar biaya sewa per bulan sesuai dengan jumlah karyawan.

Hal itu jelas lebih mudah karena tidak perlu mengeluarkan investasi untuk membuat sendiri (in-house development), melakukan maintenance, ataupun membeli lisensi yang relatif mahal.

Fitur Apa Saja yang Ada di Kerjoo?

Absensi

Karyawan bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan absensi dari mana saja. Tinggal buka aplikasi di handphone, absensi menggunakan face recognition / QRIS, dan karyawan sudah siap bekerja! HR bisa menentukan, memantau, dan approval absensi setiap karyawan.

Timesheet

Walaupun lokasi kerja karyawan dilakukan di luar kantor (Work From Home), perusahaan tetap bisa mengoptimalkan kinerja karyawan dengan memantau timesheet harian karyawan di manapun dan kapanpun.

Lembur

Pengajuan, pencatatan, dan perhitungan lembur karyawan akan lebih mudah dilakukan. Karyawan bisa mengisi sendiri waktu lemburnya. Fleksibel tapi tetap terkontrol karena HR bisa memberikan approval atas lembur yang dilakukan.

Cuti

Pengajuan, pencatatan, dan perhitungan cuti karyawan bisa dikelola dengan mudah tanpa mengacaukan jadwal kerja ataupun shifting. HR bisa mengatur batasan waktu cuti dengan mengaktifkan pengaturan waktu pengajuan cuti.

Izin

HR akan lebih mudah mengelola pengajuan izin sakit maupun izin di luar cuti karyawan. Bukti surat keterangan sakit dari dokter bisa langsung diunggah oleh karyawan melalui aplikasi mobile karyawan.

Statistik

Performa, kedisiplinan, dan efektifitas kinerja karyawan bisa dengan mudah dilihat oleh HR melalui fitur statistik performa karyawan yang melingkupi jam kerja, izin, cuti, dan juga lembur.

Buat ID Card

Kerjoo dilengkapi fasilitas template ID Card. Perusahaan bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat ID Card bagi setiap karyawan dengan desain yang disediakan. HR bisa memilih komponen yang ingin ditampilkan di ID Card.

Data Karyawan

Administrasi perusahaan akan lebih rapi karena adanya fasilitas untuk menyimpan data karyawan yang lengkap sehingga memudahkan dan menghemat waktu HR dalam mengelola data karyawan.

aplikasi absensi

Bagaimana Cara Menggunakan Kerjoo?

Kerjoo sekarang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Nah, sebelum Anda mengunduhnya, Anda bisa mendaftarkan perusahaan terlebih dahulu. Bagaimana cara mendaftarkannya? Simak caranya di bawah ini:

  1. Buka website kerjoo.com dari browser Anda.
  2. Silakan klik tombol “Coba Gratis 14 Hari”. Anda akan terhubung langsung dengan tim keren Kerjoo melalui WhatsApp untuk dibantu melakukan pengisian data perusahaan.
  3. Setelah melakukan pengisian data perusahaan selanjutnya informasi mengenai akun Kerjoo perusahaan Anda akan dikirimkan melalui email yang sudah Anda daftarkan.
  4. Anda sudah memiliki akun perusahaan di kerjoo.com.

Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan pendaftaran perusahaan Anda.

  1. Buka halaman https://app.kerjoo.com
  2. Masukkan email dan kata sandi sesuai dengan informasi login yang dikirimkan melalui email Anda.
  3. Silakan klik tombol MASUK agar Anda menuju ke dasbor admin perusahaan.

Jadi, Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Online?

Dengan menggunakan sistem absensi online, perusahaan dapat mengelola data absensi secara real-time dibandingkan dengan cara konvensional.

Perusahaan bisa mendeteksi setiap proses login absensi, manajemen perusahaan dapat menilai absensi dan absensi karyawan tanpa harus menunggu dokumen yang panjang.

Nah, dengan cara ini, manajemen akan mampu mengurangi tindakan curang dalam proses absensi karyawan secara signifikan. Oleh karena itu, manajemen dapat mendeteksi karyawan yang melakukan pelanggaran disiplin selama proses absensi sehingga mendapatkan manfaat yang besar dari fitur ini.

Sistem absensi online juga dapat menguntungkan perusahaan dalam masalah keuangan. Dengan dapat menilai kehadiran karyawan secara real-time, perusahaan dapat meminimalkan kesalahan perhitungan jam kerja dan gaji karyawan.

Karena lebih mudah memperhatikan karyawan yang hadir di kantor pada hari tersebut, perusahaan akan dapat menilai kinerjanya dengan adil.

Karyawan yang tidak datang ke kantor atau memiliki jam kerja yang lebih pendek akan menerima pembayaran yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan karyawan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di kantor.

Selain itu, karyawan yang bekerja lembur akan mendapatkan bonus tambahan berdasarkan kinerja ekstra mereka dalam menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja jika dibandingkan dengan jam kerja normal. Ini menyoroti keuntungan finansial menggunakan sistem absensi online.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari