Contoh Pekerjaan Swasta yang Menjanjikan Bergaji Tinggi

Contoh Pekerjaan Swasta yang Menjanjikan Bergaji Tinggi

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga ragam jenis pekerjaan. Sekarang bukan hanya pekerjaan sebagai PNS saja yang menjanjikan. Pekerjaan sebagai pegawai swasta juga sama menjanjikannya. Bahkan, kini sudah semakin banyak contoh pekerjaan swasta yang dengan gaji serta tunjangan yang cukup tinggi.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan perusahaan akan SDM juga kian bertambah. Begitu pula dengan jenis pekerjaan swasta. Jika Anda mengira pekerjaan swasta hanya pegawai bank atau HRD, maka Anda salah. Profesi swasta bukan hanya terdiri dari pegawai bank, HRD, atau sekertaris saja, tetapi lebih dari itu.

Apa Itu Profesi Swasta?

Jika kita melihat ke dalam KBBI, maka pengertian dari profesi ini tidak dapat kita temukan. Tetapi, kita dapat menemukannya dalam pengertian karyawan. KBBI mengartikan karyawan sebagai mereka yang bekerja di lembaga atau perusahaan dan digaji. Artinya, pekerjaan swasta merupakan semua macam pekerjaan di lembaga atau perusahaan yang mendapatkan gaji.

Lalu, apa bedanya dengan pekerjaan lain seperti PNS? Tentu saja berbeda, karena pekerjaan swasta tidak bekerja untuk pemerintah. Artinya, Anda tidak digaji oleh negara, melainkan oleh lembaga atau perusahaan swasta.

Contoh Pekerjaan Swasta Menjanjikan

Banyak sekali yang sangat ingin menjadi seorang PNS karena Anda akan terjamin di masa tua. Sementara, tidak semua perusahaan swasta memberikan jaminan hari tua. Tetapi, sebetulnya baik PNS maupun profesi swasta sama-sama memiliki masa depan yang baik. Semakin banyak jenis pekerjaan yang juga sama menjanjikannya di Indonesia.

  1. Sales

sales executive

Jangan remehkan pekerjaan seorang sales. Meskipun hanya menjual, tetapi seorang sales membutuhkan kemampuan komunikasi yang sangat baik. Anda harus mampu menjelaskan produk perusahaan kepada pembeli dengan sangat baik. Oleh karena itu, kemampuan soal product knowledge seorang sales harus sangat diperhatikan.

Selain itu, seorang sales juga harus memiliki kemampuan persuasif yang baik. Jika Anda bertanya soal gaji, maka dapat dikatakan gaji sales tidak ada batasnya. Besaran gaji tergantung dengan seberapa banyak penjualan Anda. Bahkan, seorang sales bisa saja mendapatkan gaji dua kali lipat dari gaji pokoknya sebagai pegawai.

  1. Pilot

Profesi sebagai seorang pilot juga termasuk ke dalam jenis pekerjaan swasta. Seorang pilot tidak berdiri sendiri atau wiraswasta. Pilot bekerja dibawah perusahaan maskapai penerbangan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa profesi ini sangat menjanjikan dengan gaji yang tinggi. Bukan hanya gaji yang tinggi, tetapi resiko pekerjaan dari profesi ini juga cukup tinggi.

Di Indonesia sendiri, seorang pilot bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 30 hingga 60 juta per bulan. Tetapi gaji ini tentu saja berbeda-beda di setiap maskapai penerbangan. Selain itu juga, besaran gaji profesi pilot berbeda tergantung pada tingkatan pilot tersebut.

  1. Digital Marketing Strategist

Contoh pekerjaan swasta selanjutnya yaitu digital marketing strategist. Profesi ini sangat perusahaan butuhkan di era digital industry. Di era serba digital ini, perusahaan tidak dapat mengandalkan metode lama lagi. Butuh perubahan mengikuti zaman agar perusahaan tidak tenggelam di tengah munculnya perusahaan startup berbasis digital.

Secara umum, pekerjaan digital marketing strategist hampir sama seperti seorang marketing biasa. Hanya saja, mereka bertugas membuat konten yang tepat sasaran dan pastinya menguntungkan. Gaji yang mereka peroleh juga cukup besar, yaitu sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 10.000.000.

  1. Chartered Accountant

karyawan swasta

Apakah Anda lulusan akuntansi? Sebetulnya, banyak sekali contoh pekerjaan swasta untuk jurusan akuntansi. Salah satunya yaitu chartered accountant. Profesi ini memiliki tanggung jawab terhadap keuangan serta audit internal sebuah perusahaan. Mulai dari pajak, merger atau akuisisi hingga kepailitan akan menjadi tanggung jawab Anda.

Profesi ini tidak dapat Anda lakukan dengan hanya berbekal ijazah S1 Akuntansi saja. Untuk menjalankan profesi ini, Anda membutuhkan sertifikasi sebagai seorang chartered accountant. Gaji yang dapat Anda peroleh juga cukup besar yaitu sekitar Rp 6 hingga 8 juta untuk pemula. Jika Anda sudah senior, maka gaji yang dapat Anda peroleh bisa mencapai angka Rp 10 juta.

  1. Legal

Bagi Anda yang ingin berkarir di bidang hukum sebagai seorang pegawai swasta, maka Anda bisa memilih pekerjaan sebagai seorang konsultan legal perusahaan. Sebagai seorang konsultan legal, tanggung jawab yang Anda emban tidaklah kecil. Konsultan legal perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mengurus segala permasalahan hukum dalam perusahaan.

Mulai dari segala perizinan seperti sertifikat, izin, hingga merger atau akuisisi juga akan menjadi tanggung jawab konsultan legal. Memang gaji sebagai seorang pemula di Indonesia rata-rata mulai dari Rp 4 juta. Tetapi, dengan jenjang karir yang baik di perusahaan swasta, maka Anda bisa saja mendapatkan gaji hingga Rp 100 juta per bulan.

  1. Web Developer 

Contoh lainnya dari pekerjaan swasta di Indonesia yang cukup menjanjikan yaitu web developer. Sesuai namanya, seorang web developer bertanggung jawab atas sebuah website. Anda yang memiliki latar pendidikan Teknik Informatika pasti memahami hal ini. Perancangan, desain, serta pengembangan situs perusahaan menjadi tanggung jawab Anda.

Jangan mengira pekerjaan ini remeh. Terbukti bahwa profesi ini merupakan pekerjaan yang banyak perusahaan cari. Butuh pengetahuan tentang coding dan sebagainya mengenai website. Dengan pekerjaan yang berat ini, seorang web developer bisa memperoleh hingga Rp 6 juta per bulannya.

  1. Talent Acquisition

Bagi seorang sarjana psikologi, tentu banyak pilihan pekerjaan yang dapat Anda pilih. Salah satu contoh pekerjaan di perusahaan swasta yaitu sebagai seorang talent acquisition. Profesi ini sebetulnya sama seperti HRD, hanya saja berfokus pada pencarian kandidat. Biasanya, profesi ini atau recruiter memang dipilih dari jurusan psikologi.

Tentu saja posisi ini sangat penting dalam suatu perusahaan. Untuk mendapatkan SDM berkualitas, perusahaan harus memiliki seorang talent acquisition yang baik pula. Sama seperti seorang legal, profesi ini juga memiliki gaji awal sekitar Rp 4 hingga 5 juta per bulan. Tetapi, dengan jenjang karir sebagai pegawai swasta, Anda bisa memperoleh hingga Rp 25 juta per bulan.

  1. Ahli Konstruksi Swasta

Tidak dapat kita pungkiri bahwa jurusan teknik sipil merupakan jurusan yang paling banyak peminat di Indonesia. Alasan jurusan ini banyak peminatnya karena profesi yang membutuhkan jurusan ini merupakan ahli konstruksi. Indonesia merupakan negara berkembang, tentu saja pembangunan infrastruktur akan selalu ada.

Oleh karena itu profesi ini sangat penting. Tanggung jawab yang profesi ini emban juga cukup sulit karena memperhitungkan konstruksi sebuah bangunan. Bila salah hitung, sudah pasti bangunan tidak akan kuat. Tentu saja dengan beban kerja yang sulit, gaji yang Anda peroleh cukup besar untuk pemula yaitu mulai dari Rp 7 juta.

  1. Pegawai Bank Swasta

Salah satu profesi yang menerima segala jurusan adalah pegawai bank. Banyak sekali bagian yang dapat Anda isi sebagai pegawai bank. Mulai dari frontliner hingga bagian lainnya menerima banyak jurusan. Bahkan, setiap tahun bank di Indonesia baik pemerintah maupun swasta pasti membuka lapangan pekerjaan untuk banyak posisi.

Gaji sebagai pegawai bank juga cukup besar, apalagi dengan jenjang karir yang bagus Anda bisa mencapai angka Rp 100 juta per bulan. Bagi pegawai bank tingkat pemula, gaji rata-rata yang Anda dapatkan mulai dari Rp 5 juta per bulan.

Kesimpulan

Banyak sekali contoh pekerjaan swasta yang dapat Anda pilih sebagai karir ke depan. Profesi apapun itu selama di perusahaan swasta, maka jenjang karir akan baik. Seiring dengan karir yang meningkat, maka gaji Anda sebagai pegawai juga pasti meningkat.

Sekarang, perusahaan tidak hanya melihat Anda sebagai seorang lulusan S1 saja tetapi kemampuan yang Anda miliki di bidang itu. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mendapatkan sertifikasi keahlian sesuai dengan bidang Anda. Jika Anda tidak berusaha menggali potensi diri, maka jangan kecewa jika Anda kalah dengan tenaga kerja lain.