Menghadirkan Fitur Terbaru dari Kerjoo, Cuti Karyawan

Menghadirkan Fitur Terbaru dari Kerjoo, Cuti Karyawan

Daftar Isi

Sebelum kami menjelaskan fitur terbaru Kerjoo, CUTI, sebelumnya teman Kerjoo harus mengetahui bukan rahasia lagi bahwa memberikan cuti kepada karyawan Anda (serta mengambil cuti, untuk diri Anda sendiri) sangat penting untuk moral perusahaan secara keseluruhan. Untungnya, banyak perusahaan yang memberikan cuti berbayar, tetapi masih banyak karyawan yang memilih untuk tidak mengambil cuti tersebut. Dalam jangka panjang, tidak mengambil cuti dapat berdampak negatif pada produktivitas dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Meskipun penting untuk selalu mengambil cuti (meskipun hanya untuk sehari), mengambil cuti selama masa-masa yang tidak pasti ini sangatlah penting. Kita semua pernah terpengaruh oleh pandemi baru-baru ini dengan satu atau lain cara, dan menyesuaikan diri dengan kondisi new normal terkadang membuat stres. Inilah mengapa sangat penting untuk mengambil langkah dan meluangkan waktu untuk diri sendiri sehingga Anda dapat fokus pada penyembuhan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Meskipun sering kali mengambil cuti merupakan waktu istirahat yang sangat dibutuhkan dari kehidupan kerja yang sibuk, penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu penting untuk kesehatan Anda.

Dengan semua itu, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda dan karyawan Anda harus sesekali istirahat dari pekerjaan:

Kesehatan Mental Dan Fisik Yang Lebih Baik

Kondisi tempat kerja yang penuh tekanan ditambah dengan kurangnya kendali membuat Anda kewalahan dan terkuras secara emosional. Hal ini mengarah pada harga diri yang rendah, keputusasaan, dan kinerja yang berkurang. Kelelahan ringan bisa memakan waktu berminggu-minggu atau beberapa bulan untuk pulih.

Jika Anda tidak mengistirahatkan otak, otak akan mundur, dan ini akan berdampak pada kesehatan mental jangka panjang. Hindari peningkatan kelelahan dengan menawarkan waktu istirahat singkat kepada karyawan di antara hari itu dan waktu liburan wajib. Jika tidak, diperkirakan akan ada lebih banyak jam kerja yang hilang karena karyawan yang lelah terpaksa mengambil cuti sakit. Belum lagi biaya asuransinya.

Setiap orang perlu mengambil cuti untuk disegarkan dan berpikiran jernih untuk memberikan yang terbaik. Dorong karyawan untuk sepenuhnya beristirahat dari pekerjaan.

Meningkatkan Retensi

Mendorong cuti meningkatkan retensi karyawan. Ini adalah persamaan yang paling sederhana. Karyawan yang lebih bahagia, yang suka datang bekerja, kemungkinan besar akan bertahan. Kembali dengan perasaan bahagia dan istirahat yang cukup dari liburan akan membawa perasaan positif bagi pemberi kerja. Sementara itu berarti karyawan yang lebih produktif, itu juga berarti karyawan yang lebih setia.

Fitur Cuti Karyawan

Mengambil Cuti Dapat Meningkatkan Produktivitas

Melakukan aktivitas di tempat kerja setiap hari bisa menjadi monoton, dan ketika segala sesuatunya mulai menjadi monoton, mudah bagi karyawan Anda untuk menjadi tidak tertarik dan tidak termotivasi sehubungan dengan pekerjaan mereka. Untungnya, mengambil cuti dapat membantu mencegah karyawan Anda merasa seperti ini. Ketika Anda mengambil cuti, Anda mendapat kesempatan untuk mundur selangkah, dan fokus pada hal-hal dalam hidup Anda selain pekerjaan. Ini akan membuat karyawan Anda kembali bekerja dengan rasa energi yang diperbarui, yang mengarah pada peningkatan produktivitas.

Jika Anda menghabiskan waktu larut di kantor, bekerja di akhir pekan, dan tidak pernah libur, Anda akan kehilangan rasa percaya diri. Karyawan yang terlalu banyak bekerja juga membutuhkan waktu untuk memperbaiki hubungan mereka.

Investasikan waktu istirahat dan fokuslah pada hobi dan minat yang hilang saat karier Anda menguras energi. Meluangkan waktu untuk tidak sibuk tanpa henti memberi Anda kesempatan untuk mengingat apa arti hidup yang sebenarnya.

Meningkatkan Keseimbangan Kerja atau Hidup yang Sehat

Memiliki keseimbangan kerja / hidup yang sehat bisa menjadi perjuangan bagi banyak orang. Beberapa orang begitu sibuk dengan pekerjaan sehingga terkadang mereka lupa tentang apa yang benar-benar penting – menjaga pikiran, tubuh, dan jiwa Anda, sehingga Anda bisa menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri. Saat Anda mengambil cuti, ini memberi Anda kesempatan untuk bersantai, menciptakan kenangan dengan orang yang Anda cintai, dan akan mengingatkan Anda bahwa hidup tidak semua tentang pekerjaan Anda.

Mengambil Cuti Dapat Membantu Mencegah Kelelahan

Menurut HelpGuide, kelelahan adalah kondisi kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan. Setelah membaca definisi kelelahan, Anda mungkin berpikir, “Saya pernah merasa seperti itu di tempat kerja sebelumnya.” Sayangnya, banyak karyawan tidak menjaga kesehatan mental dan fisik mereka dengan baik, yang pada akhirnya membuat mereka merasa lelah.

Inilah sebabnya mengapa mengambil cuti kerja sangat penting. Ini memberi karyawan Anda kesempatan untuk fokus pada kesehatan dan kebahagiaan mereka. Selain itu, saat mereka kembali bekerja, mereka akan merasa segar dan stresnya berkurang.

Fitur Baru Kerjo: CUTI

Nah, maka itu, perusahaan tentu membutuhkan cara yang tepat untuk bisa melakukan tracking terhadap cuti karyawannya. Baru saja Kerjoo telah meluncurkan fitur terbarunya lagi, yaitu CUTI.

Kerjoo baru saja meluncurkan fitur cuti karyawan yang dapat membantu hal tersebut. Karyawan bisa mengisi sendiri pengajuan cuti melalui aplikasi tersebut. Selain itu, karyawan juga akan mendapatkan notifikasi di ponsel mereka apabila pengajuan cuti disetujui atau ditolak.

Untuk perusahaan yang telah menggunakan aplikasi absensi Kerjoo.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mulai menggunakannya.

Fitur Cuti Karyawan

Menambahkan cuti karyawan:

  1. Login ke https://app.kerjoo.com menggunakan akun yang sudah terdaftar
  2. Masuk ke menu Kelola Karyawan dan pilih Data Karyawan
  3. Pilih karyawan dan klik ubah (tanda pensil)
  4. Tambahkan cuti karyawan di form sisa cuti
  5. Tambahkan tanggal cuti berakhir (masa berlaku cuti)
  6. Klik tombol Simpan

Mengelola pengajuan cuti karyawan:

  1. Pilih menu cuti
  2. Pilih karyawan yang mengajukan cuti, disetujui atau ditolak. Apabila ditolak sampaikan penjelasannya
  3. Aksi cuti karyawan yang dilakukan akan terkirim melalui notifikasi di aplikasi kerjoo karyawan bersangkutan

Nah, setelah itu, dibawah ini ada cara-cara untuk karyawan yang ingin mengajukan cuti.

Pengajuan cuti karyawan:

  1. Masuk ke aplikasi absensi kerjoo menggunakan akun karyawan
  2. Pilih menu Cuti pada bagian bawah
  3. Klik tombok Ajukan Cuti
  4. Isikan tanggal cuti dan juga keperluan cuti
  5. Klik tombol Kirim
  6. Pilih Ya apabila ingin meneruskan pengajuan cuti, atau pilih Tidak untuk membatalkan
  7. Klik tombol Detail Pengajuan untuk melihat pengajuan cuti yang Anda lakukan
  8. Selanjutnya menunggu jawaban dari HRD yang bisa dilihat kembali pada menu Cuti
  9. Jawaban dari HRD (disetujui ataupun ditolak) akan muncul melalui notifikasi bertanda lonceng di handphone karyawan
  10. Riwayat pengajuan cuti akan berubah sesuai dengan jawaban HRD (disetujui ataupun ditolak). Apabila disetujui maka jumlah cuti akan berkurang sesuai jumlah cuti yang diajukan.

Kesimpulan

Jadi, apabila perusahaan Anda memiliki karyawan yang Work From Home (WFH) tidak perlu cemas dalam mengelola karena aplikasi absensi Kerjoo selain bisa mengidentifikasi cuti karyawan tanpa harus bertatap muka. Nah, dengan adanya fitur cuti ini juga akan membantu mempercepat proses cuti dari karyawan itu sendiri. Yuk, daftar Kerjoo sekarang ya!

cuti karyawan
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari