Fitur Izin Dalam Jam, Solusi Kerja yang Makin Fleksibel!

Ini adalah fitur izin dalam jam kerja yang bisa membuat Anda tetap bisa menyelesaikan urusan di dalam dan di luar kantor

Fitur izin dalam jam
Fitur izin dalam jam

Anda mungkin sudah mengetahui tentang salah satu fitur Kerjoo, yaitu Fitur Izin yang memudahkan karyawan yang akan mengajukan izin. Tanpa proses yang ribet, karyawan tinggal upload foto atau file bukti izin, untuk bisa diketahui HR. Masalah izin untuk tidak masuk kerja, khususnya karena sakit, telah tercantum dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 93.

Setiap karyawan yang mengajukan izin untuk suatu keperluan, maka otomatis mereka akan izin kerja sehari penuh. Tapi bagaimana kalau keperluan mereka hanya beberapa jam saja, apakah harus izin sehari penuh? Sementara itu, jam kerja di perusahaan mendukung fleksibilitas.

Itulah mengapa, Kerjoo menghadirkan solusi dalam bentuk fitur baru yaitu Fitur Izin Dalam Jam yang bisa digunakan untuk karyawan yang memiliki kepentingan urgent pada jam kerja.

Selain Sakit, Inilah Alasan Izin Kerja yang Mudah Disetujui

Untuk karyawan yang bekerja pada jam kantor, ada kalanya perlu izin kerja. Sebagian alasan izin bisa diterima dan disetujui atasan, tapi sebagian yang lain tidak bisa karena alasan tertentu.

Izin sakit dan dilengkapi surat dokter adalah alasan izin yang paling masuk akal. Tapi, urusan apa lagi yang memungkinkan untuk izin? Simak dulu yang berikut ini, untuk kemudian Anda simak cara baru untuk mengajukan izin.

Jadwal Check Up

Urusan untuk cek kesehatan (medical check up) umumnya sudah ditentukan sebelumnya oleh rumah sakit. Karena itu, kepentingan seperti ini bisa menjadi alasan yang normal ketikda tidak bisa masuk kerja.

Kondisi Darurat di Tempat Tinggal

Memang siapapun tidak ingin mengalami bencana, gangguan, atau segala macam kondisi darurat di tempat tinggal. Tapi, hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus segera mencari solusinya. Contohnya adalah masalah yang terkait kelistrikan di rumah.

Rapat di Sekolah Anak

Untuk karyawan yang sudah berkeluarga dan punya anak tentu sudah tak asing lagi dengan urusan di sekolah anak. Misalnya rapat wali murid yang dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Hal ini adalah prioritas tersendiri, walaupun waktunya tidak sepanjang hari. Jadi, pilihan fitur izin dalam jam kerja, menjadi pilihan terbaik.

Acara Keagamaan

Memang untuk tanggal-tanggal penting seperti hari raya dan hari libur lainnya sudah terdaftar pada kalender tahunan. Akan tetapi, beberapa acara tertentu yang terkait dengan keagamaan tidak ada di kalender, tapi wajib dilaksanakan penganutnya. Maka hal seperti ini juga diperbolehkan jadi alasan izin tidak masuk kerka.

Apapun alasan izin kerja karyawan, maka tetap harus menjalankan sesuai prosedur. Jika sudah mendapatkan izin, pastinya harus menggunakan waktu izin dengan sebaik mungkin.

Fitur izin dalam jam

Cara Penggunaan Fitur Izin dalam Jam

Siapa yang bisa menggunakan Fitur Izin dalam Jam Ini? Urusan izin kerja sebenarnya tidak sama antara satu orang dengan orang lain, karena situasi dan kondisi yang berbeda pula. Ada karyawan yang hanya membutuhkan izin sebentar, kemudian bisa kembali bekerja lagi.

Untuk karyawan baru dan belum memiliki jatah cuti juga bisa memanfaatkannya. Begitu juga yang menjalankan kontrak kerja fleksibel, atau yang terlambat untuk suatu urusan tertentu. Yang pasti, setiap izin jam kerja harus diganti agar jam kerja terpenuhi. Pada artikel ini kita akan menjelaskan cara penggunaan fitur izin dalam jam, untuk karyawan maupun admin/supervisor.

Berikut adalah langkah penggunaannya untuk karyawan yang akan mengajukan izin jam;

  • Buka aplikasi absensi Kerjoo yang sudah diinstal di smartphone masing-masing
  • Klik 'Izin', kemudian akan muncul dua tab 'Izin Jam' dan 'Izin Hari' seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini
  • Pilih 'Izin Jam', setelah itu tentukan tanggal dan jam mulai izin dan selesai izin
  • Ketik pada kotak di bawahnya, keperluan izin untuk apa
  • Selanjutnya klik 'Kirim'.

Defaultnya nanti adalah izin dalam jam pasti disetujui, namun demikian sebaiknya karyawan perlu menginformasikan perihal izin dalam jam tersebut kepada admin atau supervisor agar diketahui.

Fitur izin dalam jam
Fitur izin dalam jam
  • Sementara itu, untuk admin atau supervisor pada dashboard admin akan muncul notifikasi pada bagian 'Review Izin Jam'. Tampilannya akan seperti ini.
  • Admin bisa mengecek nama karyawan yang mengajukan izin, waktu/jam izin, jam pengganti, keperluan, serta aksi yang harus dipilih oleh admin atau supervisor.
  • Aksi berupa tanda silang (x) berarti menolak, sedangkan simbol tempat sampah berarti menghapus secara permanen. ¬†
Fitur Izin dalam Jam
Fitur Izin dalam Jam
  • Admin atau supervisor bisa menyetujui atau menolak pengajuan izin berdasarkan alasan yang diberikan. Apabila disetujui, berarti admin hanya perlu mereview. Tetapi apabila menolak, admin atau supervisor bisa memencet tanda silang.
  • Jika izin disetujui, maka tampilan di handphone karyawan akan seperti ini.
Fitur izin dalam jam
Fitur izin dalam jam
  • Jika pengajuan izin ditolak, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.
  • Alasan penolakan izin bisa jadi karena beberapa faktor, misalnya pemilihan jam yang tidak sesuai atau kepentingan yang kurang mendesak.
Fitur izin dalam jam
Fitur izin dalam jam

Apa Bedanya dengan Fitur Izin Sebelumnya?

Setelah melihat penjelasan di atas, maka kita juga memahami apa perbedaan antara fitur baru ini dengan Fitur Izin yang sudah ada sebelumnya. Perbedaannya adalah tentang durasi izinnya. Fitur izin harian pada aplikasi Kerjoo dibuat untuk karyawan yang belum memiliki jatah cuti atau ingin mengajukan izin sakit.

Waktu untuk izin dalam jam kerja ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan dan bisa diganti di lain waktu. Pada saat izin belum diganti, maka kayawan akan mendapat notifikasi ketika melakukan presensi masuk di hari berikutnya.

Akan ada pertanyaan: "Apakah Anda ingin mengganti jam? Jika ya, silakan pilih jam pengganti yang Anda inginkan dan tekan lanjut. Jika tidak, tekan lewati". Setelah itu karyawan bisa melakukan pekerjaan harian seperti biasanya. Admin bisa melihat mana yang belum diganti, belum terpenuhi, dan yang sudah selesai diganti.

Kesimpulan

Izin dari pekerjaan memang termasuk hak karyawan yang sedang  memiliki kepentingan mendesak di luar. Selain karena sakit, ada lagi hal lain yang juga bisa menjadi alasan izin.

Kerjoo sebaga aplikasi absensi online sejak awal dirancang sudah dilengkapi fitur izin yang akan membantu perusahaan untuk manajemen izin para karyawan. Jika karyawan izin untuk urusan mendesak bisa mengirim bukti izin yang sah berupa file seperti surat dokter, surat izin vaksin, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana jika karyawan hanya butuh izin beberapa jam dalam sehari dan bisa tetap bekerja pada hari tersebut? Kini aplikasi Kerjoo menghadirkan fitur baru yaitu Izin dalam jam. Admin ataupun supervisor melalui aplikasi Kerjoo bisa menentukan apakah izin diterima atau ditolak.

Semua proses perizinan pada perusahaan tidak ada kesulitan yang berarti. Jadi, Anda bisa memantau kedisiplinan karyawan secara menyeluruh karena aplikasi Kerjoo bisa memudahkannya sesuai kebutuhan. Daftar saja aplikasi absensi kerjoo untuk kemudahan perusahaan dalam meningkatkan dan mengelola kinerja karyawan. Ada juga paket GRATIS selamanya loh! Coba Kerjoo sekarang, klik pada button di bawah ini.

COBA GRATIS KERJOO
Coba Kerjoo sekarang