Atur Presensi Lebih Akurat dengan Fitur Revisi Kehadiran

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara menggunakan fitur baru Kerjoo, yaitu Revisi Kehadiran

Fitur Revisi Kehadiran

Daftar Isi

Apakah tempat kerja Anda pernah mengalami masalah dengan urusan keterlambatan karyawan? Jika terlalu sering, masalah kehadiran karyawan dapat berdampak besar secara keseluruhan.

Anggota tim yang sering terlambat bisa sangat mempengaruhi produktivitas tim Anda. Akibatnya, anggota tim lainnya harus mendapat imbas tanggung jawab orang yang tidak tepat waktu.

Mungkin Anda adalah tipe pemimpin bisnis yang lebih suka menciptakan budaya kerja yang fleksibel, bebas dari aturan dan jadwal yang kaku.

Kecuali jika kantor Anda tidak memungkinkan untuk menerapkan fleksibilitas. Yang terpenting, Anda bisa mengetahui jam berapa seharusnya tim Anda masuk kerja.

Bagaimanapun, ketidakhadiran dan keterlambatan yang tanpa alasan yang kuat, dapat berdampak buruk pada banyak aspek. Dari waktu ke waktu, banyak tips yang mungkin sudah sering Anda dengar tentang cara menjadi tepat waktu.

Cara yang bisa Anda temukan misalnya menyetel alarm untuk bangun tepat waktu, merencanakan rute ke kantor yang lebih singkat.

Bahkan sampai mempersiapkan pakaian atau outfit ke kantor pada hari sebelumnya. Tidak masalah apa yang akan Anda lakukan, yang terpenting monitor kehadiran di kantor bisa akurat.

Pentingnya Kehadiran Tepat Waktu bagi Karyawan

Tepat waktu dalam bekerja bisa memberi banyak manfaat untuk saat ini dan untuk masa depan. Bukan hanya untuk perusahaan tempat bekerja, tapi juga untuk diri sendiri. Inilah alasan pentingnya hadir tepat waktu saat bekerja.

1. Menunjukkan Sikap Profesional

Tepat waktu membantu Anda menunjukkan sikap profesional, yang mencakup standar perilaku, nilai-nilai tempat kerja, dan karakteristik lainnya. Datang ke tempat kerja lebih awal atau tepat waktu dapat menonjolkan kepercayaan dan keandalan sebagai anggota tim.

Bersikap tepat waktu secara konsisten juga dapat membantu menunjukkan bahwa Anda memenuhi standar. Kemudian dapat meningkatkan nilai Anda, apapun profesinya, dan membantu Anda memajukan karier.

2. Lebih Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

Menjadi tepat waktu juga dapat membantu Anda lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Setidaknya Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan Anda selama jam kerja.

Tepat waktu dapat membantu Anda mengerjakan atau lebih cepat dari jadwal, dan menyisihkan waktu luang Anda untuk hal-hal lain. Ini juga memastikan Anda bisa pulang tepat waktu, yang membantu Anda menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

3. Mengurangi Risiko Stress

Selain dapat membantu Anda tampil profesional, menjadi orang yang tepat waktu juga menurunkan stres, dan memberi manfaat lainnya. Ketika seseorang sering terlambat, hal itu meningkatkan kadar kortisol atau hormon stres.

Saat seperti itu akan memicu kepanikan, lebih mungkin untuk cepat-cepat, dan tidak memperhatikan hal-hal penting di sekitarnya. Bahkan untuk kemungkinan terbutuk, beberapa hal mungkin akan terlewat yang akan menciptakan lebih banyak stres dan burnout.

4. Agar Bisa Menyelesaikan Tugas dengan Nyaman

Mengurangi stres adalah manfaat lain dari tepat waktu untuk bekerja. Seringkali, terlambat bekerja dapat menyebabkan stres, karena dapat membuat suatu proyek terasa terburu-buru.

Dengan datang lebih awal atau tepat waktu, Anda dapat memberi diri Anda cukup waktu untuk menyelesaikan tugas dengan kecepatan yang nyaman. Ini juga dapat memberi Anda lebih banyak waktu untuk menangani masalah tak terduga seperti lalu lintas yang dapat mengganggu pekerjaan.

Ada kalanya urusan karyawan terlambat bukan karena faktor kesengajaan atau tanda kemalasan. Tapi, ada juga hal-hal teknis di luar rencana yang bisa terjadi tanpa rencana.

Misalnya adalah ketika terjadi kerusakan pada kendaraan, error pada gadget yang sedang digunakan, koneksi internet yang bermasalah. Untuk mengatasinya mungkin saja akan butuh waktu lama, sehingga bisa telat masuk kerja.

Apalagi jika misalnya kantor Anda menerapkan denda keterlambatan setiap terlambat sekian menit. Tentunya hal seperti itu tidak perlu terjadi, jika memang ada cara untuk mengatasi.

Perusahaan juga harus bisa mengatasi dengan sistem yang transparan antara karyawan dan perusahaan. Menyikapi hal tersebut, aplikasi absensi Kerjoo kembali merilis fitur baru yaitu Revisi Kehadiran. Dengan fitur ini, waktu absensi bisa diatur lebih akurat.

Fitur Revisi Kehadiran

Fitur Revisi Kehadiran pada aplikasi Kerjoo adalah salah satu fasilitas untuk karyawan agar bisa mulai kerja dan juga pulang kerja dalam waktu yang sesuai kewajiban jam kerjanya.

Ini bisa berfungsi untuk mendukung pemberlakuan jam kerja yang sesuai kebutuhan industri atau perkantoran agar jam kerja dapat terlaksana dengan maksimal.

Bagaimana cara menggunakan fitur Revisi Kehadiran? Pertama-tama, pada aplikasi mobile karyawan bisa submit permintaan untuk revisi dengan alasan tertentu.

Tampilan mobile ketika karyawan ingin mengajukan Revisi Kehadiran adalah seperti di bawah ini.

Fitur Revisi Kehadiran

Pengajuan Revisi Kehadiran harus melalui validasi dari admin atau supervisor. Untuk melihat adanya pengajuan revisi, bisa lihat pada bagian login sebagai admin atau supervisor, yaitu pada menu Revisi Kehadiran.

Contohnya adalah seperti ini, ketika karyawan melakukan presensi masuk pukul 07.32 dan ingin mengubahnya menjadi 08.00 dengan alasan 'menyesuaikan dengan jam kerja baru'.

Untuk alasan dalam hal ini bisa disesuaikan menurut situasi dan kondisi masing-masing. Begitu juga jenis/tipe presensi yang ingin diajukan revisi, bukan hanya waktu masuk tapi juga istirahat, pulang, dan lembur.

Fitur Revisi Kehadiran

Data pengajuan revisi akan terlihat oleh admin atau supervisor. Admin atau supervisor bisa memilih 'Batalkan Presensi' atau 'Ubah Waktu Presensi'.

Fitur Revisi Kehadiran

Selanjutnya, saat permintaan ditanggapi admin atau supervisor, karyawan akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

Fitur Revisi Kehadiran

Untuk proses validasi dalam hal ini, admin atau supervisor juga perlu mempertimbangkan jam kerja yang berlaku. Dengan kata lain, tidak semua pengajuan revisi bisa disetujui.

Fitur Revisi Kehadiran

Jika waktu Revisi Kehadiran yang diajukan karyawan ternyata sudah sesuai dengan jam kerja yang berlaku, maka admin atau supervisor bisa menyetujui. Caranya bisa langsung klik 'Permintaan revisi disetujui dan telah diproses', kemudian kirim.

Kesimpulan

Menjadi tepat waktu dalam bekerja apapun memang bisa memberi manfaat. Begitu juga sebaliknya, masalah keterlambatan bisa memicu banyak hal yang tidak diinginkan. Imbasnya bisa berlaku buat diri sendiri dan juga tim.

Faktanya, masalah ketidaktepatan waktu presensi terkadang bukan faktor kesengajaan. Ada banyak hal yang bisa terjadi secara tidak terduga, tapi bisa mempengaruhi waktu presensi kehadiran.  

Fitur Revisi Kehadiran pada aplikasi absensi online Kerjoo adalah salah satu fasilitas untuk karyawan agar bisa mulai kerja dan juga pulang kerja dalam waktu yang sesuai kewajibannya.

Revisi bisa diajukan melalui smartphone masing-masing dan admin atau supervisor bisa melakukan validasi, untuk menyetujui atau menolak pengajuan revisi tersebut.

Setiap fitur baru dari aplikasi Kerjoo memang didesain untuk kemudahan para pengguna. Apakah perusahaan tempat Anda bekerja saat ini sudah menggunakan Kerjoo?

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari