Ini 6 Hal Yang Wajib Diketahui Untuk Memaksimalkan Fungsi GPS di HP

Ini 6 Hal Yang Wajib Diketahui Untuk Memaksimalkan Fungsi GPS di HP

Smartphone saat ini memiliki banyak fitur yang sangat membantu aktivitas sehari-hari, misalnya adalah GPS (Global Positioning System). Tujuan penggunaannya adalah untuk mencari posisi dari titik koordinat dengan bantuan satelit. Fungsi GPS di HP memang dikenal untuk membantu dalam sistem navigasi. 

Dulu, penggunaan GPS masih terbatas pada kendaraan saja. Tapi, kemudian GPS merambah ke berbagai alat elektronik hingga smartphone. Tidak hanya untuk membantu menemukan lokasi, ada berbagai fungsi GPS yang bisa dimaksimalkan. Manfaatnya memang bisa membantu menjadi solusi dari masalah sehari-hari. 

Beberapa Fungsi GPS di HP untuk Aktivitas Sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama GPS di smartphone yang bisa dimaksimalkan. Simak, yuk!

1. Akses untuk Sebuah Lokasi

Fungsi yang pertama ini memang merupakan fungsi utama GPS, yaitu melacak sebuah lokasi dan akses menuju lokasi yang ditargetkan. Lewat GPS di smartphone, akan lebih mudah untuk Anda melacak sebuah lokasi berikut situasi di lokasi yang dituju sekalipun Anda belum pernah mendatanginya. Walaupun belum tentu mudah, tetapi dengan bantuan GPS, Anda dapat membuat perencanaan navigasi lebih dahulu sebelum bepergian. 

2. Fungsi GPS di HP untuk Temukan Alternatif

Saat ini kehadiran GPS umumnya didukung dengan Assisted GPS di handphone, sehingga ketika Anda melacak suatu lokasi, pemetaan akan muncul dengan lebih akurat. Anda tidak hanya akan mendapatkan informasi lokasi tujuan. Tapi Anda bisa mendapatkan informasi pilihan rute berikut situasi pada waktu yang sebenarnya. Contohnya macet atau tidak, ada banjir dan sebagainya. Hal ini tentu membantu Anda menentukan rute utama dan alternatif sesuai kebutuhan. 

3. Catat Riwayat Lokasi untuk Mobilitas Terperinci

Tidak semua orang dapat mengingat dengan terperinci rute-rute yang ditempuh menuju suatu lokasi, terlebih jika lokasi tersebut adalah tempat baru. Bagaimana jika GPS di smartphone dinyalakan semenjak awal bepergian hingga tiba di lokasi tujuan? Secara otomatis aplikasi akan merekam data tersebut secara terperinci. Kemampuan ini dapat berguna untuk meninjau ulang rute mobilitas secara terperinci jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Tentunya akan memudahkan Anda ketika melakukan perjalanan ke lokasi yang pernah dituju. 

4. Antisipasi Durasi Perjalanan

Kecanggihan teknologi pada GPS dan Assisted GPS pada handphone sangat memungkinkan untuk mendapatkan informasi rinci terkait durasi perjalanan dari satu titik lokasi ke lokasi lainnya. Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya, kecanggihan ini akan membantu Anda mencari jalur atau rute dengan estimasi durasi tercepat, mengamati dan menemukan situasi yang lebih terkendali serta merencanakan perjalanan dengan lebih matang di tengah berbagai kesibukan.

5. Akses Informasi Cepat Informasi Umum dan Darurat

Ketika aplikasi GPS di handphone dinyalakan, dengan bantuan satelit, pengguna dapat menemukan banyak informasi. Informasi yang berguna itu seperti melacak lokasi layanan umum dan darurat terdekat. Fungsi GPS di HP tersebut tentu akan sangat membantu dalam menjelajahi daerah baru. Juga dalam menghadapi situasi darurat ketika membutuhkan layanan kesehatan, pemadam kebakaran atau mengisi bahan bakar kendaraan. 

6. Temukan Handphone yang Hilang

Fungsi ini mungkin belum terlalu banyak dieksplorasi pengguna handphone. Tapi fungsi GPS yang digabungkan dengan tracker ini dapat membantu pemilik menemukan lokasi terakhir keberadaan handphone yang digunakan jika hilang. Walaupun tidak menjamin handphone akan serta merta ditemukan kembali, setidaknya, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk memperkirakan dimana keberadaan terakhir handphone Anda. 

Nah, dari berbagai fungsi GPS di HP yang dirangkum kali ini, fungsi mana yang sudah Anda maksimalkan? 

Fungsi GPS di HP

Yang Perlu Diketahui Selain Fungsi GPS di HP

Setelah mengetahui fungsi GPS di HP, ada lagi yang tidak kalah penting yaitu fake GPS. Kecanggihan teknologi masa kini memang tidak dimungkiri sangat membantu mengarungi kehidupan yang semakin dinamis. Sayangnya, kecanggihan ini terkadang bisa menjadi bumerang. GPS sendiri sangat membantu dalam banyak hal. Untuk itu, perlu tindakan preventif terhadap hadirnya fake GPS.

Apa Itu Fake GPS?

Fake GPS atau yang dikenal juga dengan istilah mock location adalah sebuah sistem yang awalnya dibuat oleh pengembang teknologi sebagai alat untuk menguji fitur lokasi. Tetapi, alat ini kemudian disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai kecurangan.

Kecurangan yang sudah banyak dikenal kasusnya adalah order fiktif, dan kecurangan dalam permainan Pokemon Go beberapa tahun lalu. Hal ini juga bisa saja dilakukan oleh tenaga kerja culas untuk mengelabui sistem absensi online. Khususnya untuk mereka yang mendapat kesempatan WFH di masa pandemi atau yang bekerja secara remote

Adakah Cara Mengantisipasi

Ada beberapa solusi yang dapat dicoba untuk mengantisipasi fake GPS. Kali ini kita akan bahas untuk pada smartphone Android, dengan software tambahan atau fitur pada smartphone secara umum. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Optimasi GPS di Android

Cara paling mendasar adalah memastikan bahwa koneksi internet Anda optimal. Kemudian, periksa kembali pengaturan GPS di smartphone atau gawai Android Anda. Masuk ke bagian ‘Setting’ , kemudian pilih GPS/Location, lalu Anda akan melihat pilihan : High Accuracy GPS , Battery Saving , Device Only. Nah di sini, pilih High Accuracy GPSDengan sinyal internet yang optimal berikut pengaturan GPS yang maksimal, diharapkan fake GPS dapat diantisipasi dengan baik. 

2. Menggunakan Aplikasi GPS Optimizer

Aplikasi ini memang bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi GPS di HP Anda. Untuk mengaksesnya, pastikan Anda mengunduh aplikasi berbasis software ini ke gawai Android Anda dari Playstore. Aplikasi ini cukup mudah diaktifkan dan tidak membutuhkan proses root di gawai Android. 

3. Manfaatkan Hexnode UEM

Aplikasi terakhir ini dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengantisipasi penggunaan fake GPS oleh karyawan. Terutama ketika sedang menggunakan gawai milik perusahaan. Untuk melakukan tindakan preventif, perusahaan yang menggunakan aplikasi Hexnode UEM hanya perlu login ke portal. Lalu akses bagian Policy, New Policy klik nama kebijakan (policy) apa pun untuk mengedit yang sudah ada. Kemudian masukkan Policy Name dan Description di bidang yang disediakan. 

Pilih Android > Restrictions > klik tombol Configuration. Kemudian, di bawah Allow Developer Options, hapus centang pada opsi Mock Locations untuk membatasi pengguna mengaktifkan Mock Locations di perangkat. Navigasikan ke Policy Targets > klik +  Add Devices > Pilih perangkat yang diperlukan yang perlu dikaitkan dengan kebijakan > klik Oke.

Fungsi GPS di HP

4. Penerapan Kebijakan

Antisipasi lain yang dapat dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan teknologi terutama oleh para pekerja adalah dengan menerapkan sanksi yang bijaksana tentunya. Terlepas dari hal tersebut, ada cara lain yang dapat dimanfaatkan yaitu dengan log in menggunakan fitur face-recognition yang saat ini juga semakin berkembang. Keempat cara mengantisipasi fake GPS tersebut dapat dicoba baik perorangan maupun kelompok berupa komunitas atau organisasi tertentu.

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan fungsi GPS di HP, karyawan tidak dapat memanipulsai lokasi kerja yang sudah ditentukan perusahaan. Mereka hanya bisa melakukan peresnsi masuk dan keluar pada lokasi yang sudah terdaftar. Hal ini sangat membantu untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Hanya dengan ponsel masing-masing, maka karyawan tidak perlu susah payah datang ke kantor untuk melakukan presensi. Cukup download aplikasi di handphone sendiri, lakukan foto selfie pada saat ambil absen.

Aplikasi absensi online Kerjoo juga sudah bisa mendeteksi bila di HP karyawan juga menggunakan aplikasi pemalsuan lokasi seperti Lockito, Fake GPS, Fake GPS Location, GPS Emulator, Location Changer, Fake Live Location. Jadi kecurangan pemalsuan lokasi oleh karyawan bisa dihindari. Informasi detail lokasi absensi karyawan dapat diakses secara real time oleh perusahaan di dashboard admin.

Fungsi GPS di HP