Cara Menggunakan Aplikasi Kerjoo, Lengkap dengan Video Tutorial

aplikasi absensi kerjoo

Daftar Isi

Bicara tentang teknologi baru yang bisa diterapkan di perusahaan, dari tahun ke tahun selalu ada yang berkembang. Setiap teknologi dibuat untuk memudahkan pekerjaan.

Salah satu teknologi yang manfaatnya sangat terasa untuk perusahaan yaitu aplikasi absensi online, seperti yang ditawarkan oleh aplikasi Kerjoo. Cara menggunakan aplikasi Kerjoo sangat mudah. Aplikasi seperti ini juga praktis untuk mengelola karyawan.

Untuk perusahaan yang banyak proyek lapangan dan tidak memungkinkan untuk memakai sistem absensi konvensional, maka perubahan seperti ini sangat besar manfaatnya.

Apalagi saat ini ketika seistem kerja banyak yang beralih menjadi remote working atau kerja jarak jauh, maka absensi online sangat membantu agar lebih efektif dan efisien. Karena kemudahannya, aplikasi absensi online disambut baik oleh berbagai perusahaan.

Begini Cara Menggunakan Aplikasi Kerjoo

Kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan aplikasi kerjoo, lengkap dengan tutorialnya. Kerjoo memang didesain untuk memudahkan untuk mengelola karyawan.

Karyawan bisa absen di mana saja tanpa kendala, hanya dengan selfie di handphone sendiri. Bagian HR tinggal memantau dan approval, maka urusan absensi pagi dan sore pun beres.

Atau jika memang perusahaannya memiliki jam kerja khusus, aplikasi Kerjoo juga bisa memfasilitasi.

a. Sebelum Menggunakan Aplikasi, Siapkan Email untuk Login

Dalam artikel kali ini, kita akan jelaskan cara menggunakan aplikasi Kerjoo. Anda juga bisa melihat videonya agar lebih jelas. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum menggunakan aplikasi Kerjoo, yang akan kita bahas satu per satu berikut ini:

Sebelum mulai menggunakan aplikasi Kerjoo, sebelumnya download dulu di Google Play Store atau App Store. Ketika aplikasi Kerjoo sudah berhasil didownload dan di-install di handphone Anda, akan ditampilkan dua kolom yaitu alamat email dan password.

Sebelum menggunakan aplikasi Kerjoo, pastikan Anda udah punya alamat email yang aktif. Kita bisa login dengan alamat email masing-masing. Email di sini adalah email yang sebelumnya sudah terdaftar di sistem Kerjoo

menggunakan aplikasi

b. Mulai Masuk ke Halaman Aplikasi

Setelah masuk ke halaman aplikasi, akan ada kalimat “Selamat Datang (sesuai nama Anda) di Sistem Absensi Kerjoo” dan Anda sudah bisa melanjutkan.

Kemudian allow permission sesuai yang diminta oleh aplikasi, maka Anda bisa memulai untuk menggunakan aplikasi Kerjoo untuk presensi.

Di layar utama sekarang terlihat list menu yaitu;

  • Presensi Masuk
  • Mulai Istirahat
  • Selesai Istirahat
  • Presensi Keluar
  • Mulai Lembur
  • Selesai Lembur
  • Cuti

Mari kita bahas satu persatu.

1. Presensi Masuk

Yang pertama adalah menu ‘Presensi Masuk’. Di sini Anda bisa lakukan beberapa saat sebelum bekerja. Kalau perusahaan mewajibkan Anda mengisi catatan pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Maka lengkapi dulu catatannya baru Anda bisa lakukan presensi. Anda bisa mengambil foto selfie yang mendeteksi wajah Anda. Saat melakukan presensi pastikan Anda berada di tempat yang disepakati dengan HRD/Admin.

2. Mulai Istirahat dan Selesai Istirahat

Menu selanjutnya adalah menu ‘Mulai Istirahat’. Untuk presensi istirahat, bisa Anda lakukan sesuai dengan jam kerja di tempat Anda. Jika sudah selesai istirahat, klik menu ‘Selesai Istirahat’.

3. Presensi Keluar

Ketika sudah selesai bekerja Anda bisa klik ‘Presensi Keluar’. Caranya sama seperti pada ‘Presensi Masuk’ yaitu foto selfie yang mendeteksi wajah Anda.

4. Mulai Lembur dan Selesai Lembur

Setelah itu, mari kita lanjutkan ke menu selanjutnya yaitu lembur. Untuk ‘Mulai Lembur’ dan ‘Selesai Lembur’, caranya sama seperti ‘Presensi Masuk’ dan ‘Presensi Keluar’, yaitu dengan foto selfie.

5. Menggunakan Aplikasi untuk Cuti

Selanjutnya adalah menu ‘Cuti’. Sebelum kami menjelaskan cara menggunakan aplikasi pada fitur cuti, sebelumnya teman Kerjoo perlu mengetahui kalau cuti adalah hak setiap karyawan.

Saat klik menu ‘Cuti’, di sini akan terlihat berapa hari jatah cuti yang diberikan oleh HRD dan kapan kadaluarsanya.

Bila ingin mengajukan cuti, Anda bisa klik ajukan cuti dan isikan tanggal berapa Anda akan cuti beserta keperluannya. Jika sudah, klik ‘kirim’. Pilih ‘ya’ jika Anda ingin meneruskan proses pengajuan cuti dan pilih ‘tidak’ jika Anda ingin membatalkan.

Klik tombol pengajuan jika Anda ingin melihat detail pengajuan cuti Anda. Selanjutnya Anda bisa menunggu persetujuan dari HRD yang bisa Anda lihat kembali di menu ‘Cuti’.

Jawaban HRD ‘disetujui’ atau ‘ditolak’ akan muncul melalui notifikasi tanda lonceng di pojok kanan atas layar handphone Anda dan juga akan dikirm ke email.

Riwayat pengajuan cuti bisa berubah sesuai dengan jawaban HRD. Bila pengajuan disetujui maka jatah cuti akan berkurang sesuai dengan jumlah cuti yang diajukan.

menggunakan aplikasi

Untuk Menggunakan Aplikasi, Apa Lagi Setelah Itu?

Kali ini, data presensi Anda masuk ke sistem admin HRD. Di bawah layar handphone ada beberapa ikon lagi dengan fungsi masing-masing.

  • Untuk melihat jadwal kerja, silahkan klik ikon jam yang ada di bagian bawah layar handphone Anda.
  • Ketika ingin melihat riwayat kehadiran, silahkan klik ikon notes yang ada samping kanan ikon jam.
  • Agar bisa melihat profil Anda, silahkan klik ikon foto di samping kanan ikon notes.
  • Kalau Anda ingin log out dari aplikasi Kerjoo, silahkan klik tombol keluar.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara menggunakan aplikasi Kerjoo. Jadi mengapa aplikasi ini sangat direkomendasikan di setiap perusahaan?

Perusahaan bisa mengelola karyawan, khususnya data absensi yang lebih efisien dibanding dengan absensi konvensional. Perusahaan dapat mendeteksi proses log in absensi, sehingga data kehadiran karyawan tanpa menunggu prosedur yang terlalu panjang.

Dengan cara ini, maka manajemen mampu mengurangi tindak kecurangan pada proses absensi karyawan.

Itulah mengapa, manajemen perusahaan bisa mendeteksi jika ada karyawan yang melakukan suatu pelanggaran kedisiplinan dalam proses absensi. Jadi,  sehingga manfaat terpenting dari fiturnya lebih terasa.

Ketika perusahaan Anda menggunakan aplikasi absensi online seperti Kerjoo, maka perusahaan juga lebih untung dalam hal keuangan.

Karena bisa menilai kehadiran karyawan secara real time, perusahaan bisa meminimalisir kesalahan dalam memperhitungkan jam kerja ataupun gaji karyawan.

Di sini akan lebih mudah untuk memperhatikan para karyawan yang datang ke kantor pada hari itu. Jadi, perusahaan bisa lebih adil dalam menilai kinerja karyawan.

Karyawan yang kurang produktif, tidak hadir ke kantor atau jam kerjanya lebih pendek daripada yang lain, maka bisa dipertimbangkan ulang terkait pembayarannya.

Sebaliknya, karyawan yang sudah kerja lembur berhak mendapat bonus tambahan sesuai dengan kinerja ekstra yang telah dilakukan.

Ketika, melihat potensi keuntungan finansial setelah menggunakan aplikasi absensi online, maka perusahaan bisa untung sampai lebih dari 20 juta. Anda bisa berkonsultasi dengan tim Kerjoo untuk informasi lebih lanjut.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari