Internship: Pengertian, Manfaat, dan Ketentuannya

Internship adalah program untuk memberikan kesempatan kepada pelajar, mahasiswa, atau lulusan baru untuk memperoleh pengalaman baru

Internship adalah

Daftar Isi

Internship adalah program untuk memberikan kesempatan kepada pelajar, mahasiswa, atau lulusan baru untuk memperoleh pengalaman baru di bidang yang ingin mereka geluti.

Kegiatan internship juga disebut dengan magang. Tentunya kegiatan ini memiliki keuntungan, baik untuk peserta maupun untuk perusahaan.

Bahkan di beberapa perguruan tinggi, internship adalah salah satu program yang menjadi syarat kelulusan. Simak penjelasan berikut tentang aturan internship atau magang menurut Undang-undang dan Peraturan pemerintah di Indonesia.

Pengertian Internship

Pemahaman seputar internship adalah sama halnya dengan istilah magang. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa pengertian internship.

- Menurut Oxford Dictionary

Terjemahan pengertian internship adalah periode waktu di mana seorang mahasiswa atau lulusan baru mendapatkan pengalaman praktis dalam suatu pekerjaan, misalnya selama liburan musim panas.

- Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor 6 tahun 2020, internship merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di sebuah perusahaan, dalam rangka menguasai keterampian atau keahlian tertentu.

Pada intinya, internship atau magang adalah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja secara langsung di perusahaan dengan rentang waktu yang ditentukan.

Saat ini kegiatan internship juga didukung penuh oleh pemerintah melalui program kampus merdeka. Harapannya saat lulus, telah siap bekerja dan berkontribusi secara profesional.

Internship adalah

Ketentuan Internship atau Magang

Setelah mengetahui manfaat atau keuntungan dari kegiatan internship, berikutnya adalah tentang ketentuan internship.

- Perjanjian/Kontrak Magang

Ketentuan internship yang pertama adalah tentang perjanjian atau kontrak magang. Apakah peserta magang perlu tanda tangan kontrak?

Perusahaan wajib mengadakan perjanjian kerja untuk peserta magang. Menurut UU Ketenagakerjaan Pasal 22 Ayat 1, program magang harus dilaksanakan dengan perjanjian tertulis yang disepakati oleh peserta magang dan perusahaan. Perjanjian magang juga diketahui dan disahkan oleh pihak dinas kabupaten/kota setempat.

Selanjutnya, menurut Ayat 2 UU Ketenagakerjaan, di dalam perjanjian magang setidaknya memuat hak dan kewajiban peserta dan perusahaan, pembiayaan, jangka waktu, jenis program dan bidang kejuruan, dan jumlah peserta magang.

- Hak dan Kewajiban Internship atau Magang

Berikut adalah hak dan kewajiban peserta dan perusahaan tempat magang.

1. Hak Peserta Internship

  • bimbingan dari pembimbing atau instruktur pemagangan
  • fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti progrem pemagangan
  • uang saku atau uang transport
  • terdaftar dalam program jaminan sosial
  • sertifikat pemagangan, penilaian, atau surat keterangan telah mengikuti kegiatan magang atau internship

2. Kewajiban Peserta Internship

  • Menaati perjanjian magang
  • Menaati tata tertib perusahaan
  • Menjaga nama baik perusahaan
  • Wajib mengikuti program magang hingga selesai.

3. Kewajiban Pengusaha

  • memberikan uang saku dan/atau uang transpor
  • menyediakan fasilitas pelatihan, instruktur, dan perlengkapan K3

4. Hak Pengusaha

  • hasil kerja atau jasa peserta magang
  • merekrut peserta magang yang memenuhi persyaratan untuk menjadi karyawan

Keuntungan Internship atau Magang bagi Universitas

Selain untuk peserta dan perusahaan, kegiatan magang atau internship juga memberi keuntungan bagi universitas.

  • Dapat menjalin kerjasama antara universitas dan perusahaan tempat magang
  • Meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja magang
  • Universitas juga lebih dikenal di dunia industri

Kegiatan Internship atau Magang di Luar Negeri

Kegiatan internship atau magang dapat dilakukan bukan hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Tentang ketentuan magang di luar negeri lebih detail diatur oleh Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi KEP. 226 /MEN/2003 tentang tata cara perizinan penyelenggaraan program pemagangan di luar wilayah Indonesia.

Manfaat Internship Bagi Perusahaan

Selain dari ketentuan yang dimuat dalam undang-undang dan peraturan pemerintah, masing-masing perusahaan juga dapat memperoleh manfaat yang lebih. Inilah sederet manfaat yang didapat perusahaan yang menyediakan program internship;

1. Menghemat Dalam Gaji

Kegiatan internship sejatinya tidak mewajibkan perusahaan untuk memberikan gaji pokok kepada pemagang walaupun telah membantu beberapa pekerjaan.

Namun, walaupun pemagang tidak mendapat gaji, perusahaan tetap memberikan bonus, uang saku atau uang transport.

2. Bertambahnya Manpower

Kedatangan para peserta internship di perusahaan jelas sangat membantu, sehingga lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan juga lebih banyak menghasilkan barang atau jasa.

Perusahaan juga bisa mendapatkan jasa pemagang untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan seperti administrasi, dan beberapa praktikal ringan. Setidaknya dapat membantu meringankan pekerjaan di beberapa bagian.

3. Menemukan Karyawan Potensial

Selain belajar kerja nyata, perusahaan juga akan menilai para pemagang. Keuntungan bagi perusahaan dapat menilai secara langsung kualitas dan kinerja masing-masing pemagang.

Harapannya, perusahaan dapat menemukan sumber daya yang berpotensi kemudian merekrutnya sebagai karyawan setelah lulus. Selain dirasa sangat efektif dalam proses seleksi, tentunya juga efisien karena tidak perlu anggaran biaya rekrutmen.

4. Munculnya Banyak Perspektif Baru

Berdasarkan terminologinya, perspektif diartikan sebagai sebuah sudut pandang untuk memahami atau memaknai permasalahan tertentu. Adanya kegiatan internship dalam perusahaan bisa menyumbang pemikiran baru.

Tidak dipungkiri perubahan dan perkembangan tren industri juga menuntut perusahaan dapat terus berinovasi. Jika perusahaan beruntung, pemagang berpotensi, kreatif, dan berbakat bisa saja membawa perubahan besar.

5. Meningkatkan Employer Branding Perusahaan

Pengertian employer branding merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membangun citra positif bahwa perusahaan sebagai tempat ideal untuk bekerja.

Strategi ini juga dimanfaatkan perusahaan untuk mendapat kandidat terbaik, mempertahankan karyawan lama, dan meningkatkan produktivitas pekerja. Semakin baik perusahaan melakukan employer branding, semakin besar juga peluang memperoleh sumber daya potensial.

Kesimpulan

Demikian pembahasan seputar pengertian internship, manfaat, serta hak dan kewajiban internship. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Internship atau magang adalah program yang memberi banyak manfaat bagi peserta, perusahaan, dan universitas.

Satu hal yang perlu dikelola dengan baik adalah sistem kehadiran magang. Apakah Anda menghadapi tantangan absensi magang? Segera temukan solusinya dengan
aplikasi absensi online yang efektif!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari