Tanda Bahwa Anda Harus Istirahat dari Media Sosial

Istirahat dari Media Sosial memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan karir Anda. Karena hal itu bisa saja Anda menghabiskan banyak waktu.

Tanda Bahwa Anda Harus Istirahat dari Media Sosial

Daftar Isi

Istirahat dari Media Sosial memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan karir Anda. Karena hal itu bisa saja Anda menghabiskan banyak waktu. Bahkan bisa sangat membuat ketagihan ingin scroll layar gadget dan tidak ingin ketinggalan info baru.

Inilah yang terjadi jika Anda mencabut steker, bahkan untuk jeda singkat. Ini bisa menyenangkan tapi juga menyebalkan. Itu bisa membuat Anda merasa tidak terlalu sendirian, tetapi juga memicu perasaan terisolasi dan tidak mampu. Inilah beberapa tanda bahwa Anda harus istirahat sejenak dari media sosial.

1. Merasa Cemas saat Tidak Online

Ketika Anda tidak sedang online, apakah Anda bertanya-tanya apa yang Anda lewatkan? Lalu berharap orang-orang tidak melakukan sesuatu yang menyenangkan tanpa Anda. Atau hanya merasa cemas ketika Anda tidak bisa berada di media sosial untuk sementara waktu?

Kecemasan ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda perlu istirahat. Anda harus merasa lebih cemas tentang kehilangan kehidupan nyata Anda daripada yang Anda rasakan tentang kehidupan online Anda. Berpisah dari media sosial untuk jangka waktu tertentu dapat membantu Anda menyadari bahwa dunia tidak akan berakhir jika Anda tidak menyukai postingan orang lain.

2. Foto-foto Media Sosial Membuat Anda Kesal

Apakah Anda sering melihat foto kehidupan orang lain yang membuat Anda merasa sedih atau iri? Apakah Anda ingin memiliki akses seperti itu ke rumah mewah, kreativitas, atau gaya. Jika Anda terus-menerus membandingkan diri Anda dengan orang-orang secara online dan merasa Anda gagal, mungkin inilah saatnya untuk melepaskan diri. Luangkan waktu untuk mengingat betapa indahnya hidup Anda.

3. Tidak Pernah Meletakkan Gadget Anda

Apakah ponsel Anda selalu di tangan atau di dekat Anda? Bahkan saat Anda seharusnya sedang bekerja atau melakukan percakapan di kehidupan nyata. Jika Anda tidak dapat berhenti memeriksa media sosial, inilah waktunya untuk meletakkan telepon dan pergi saatnya Istirahat dari Media Sosial.

Kehidupan sosial online Anda tidak harus mengganggu kehidupan Anda yang sebenarnya. Hapus beberapa aplikasi dari telepon Anda sampai mereka kehilangan kendali atas Anda.

Media sosial

4. Memposting Tentang Kehidupan

Saat Anda menjalani hidup, apakah Anda memajang foto khusus untuk media sosial? Apakah Anda menghabiskan banyak waktu memikirkan pernyataan bernas untuk tweet. Anda memikirkan tentang apa yang akan diposting, atau kapan, atau bagaimana, bahkan saat Anda sedang melakukan sesuatu yang menyenangkan atau secara aktif terlibat dalam suatu aktivitas.

Jika Anda berpikir untuk mementaskan hidup Anda untuk Facebook atau Instagram sebelum Anda menjalaninya, inilah saatnya meletakkan ponsel di saku Anda dan menikmati apa yang ada di depan Anda.

5. Memeriksa Media Sosial Tanpa Memikirkannya

Apa yang Anda lakukan saat bosan? Apakah Anda otomatis online, hanya untuk memastikan tidak ada yang terlewat?.Jika garis pertahanan pertama Anda melawan kebosanan untuk memeriksa akun media sosial Anda, atau hal pertama yang Anda lakukan saat menunggu, mulai sekarang ubah kebiasaan itu.

Anda mungkin perlu istirahat dan mencari cara lain yang lebih bermakna untuk menghabiskan waktu Anda. Siapkan hal-hal lain untuk dilakukan ketika Anda biasanya akan memeriksa akun Anda tanpa berpikir, dan mengambil kembali waktu, dan hidup Anda.

6. Produktivitas Anda Mulai Terganggu

Apakah Anda sedang online ketika Anda seharusnya melakukan sesuatu yang penting? Apakah tugas pekerjaan ditunda atau tidak selesai sama sekali karena Anda menggulir dan men-tweet?

Jika media sosial mengganggu produktivitas Anda, saatnya Anda Istirahat dari Media Sosial, buat beberapa perubahan hari ini. Hapus aplikasi Anda yang paling membuat ketagihan dan unduh beberapa aplikasi manajemen tugas agar Anda tetap fokus.

7. Anda Membuat Alasan untuk Sering Check-in

Saat Anda keluar dengan teman atau keluarga, apakah Anda membuat alasan untuk memeriksa akun sosial Anda? Mungkin Anda memberi tahu mereka bahwa ini untuk bekerja, atau Anda pergi ke kamar mandi dengan ponsel hanya agar Anda dapat memeriksa pemberitahuan Anda. Jika media sosial memiliki daya tarik yang kuat dalam hidup Anda sehingga orang yang Anda cintai memanggil Anda keluar dan Anda membuat alasan untuk tetap terhubung, maka inilah saat yang tepat untuk memutuskan hubungan.

8. Melepaskan Diri dari Kehidupan Nyata Anda

Apakah Anda memilih untuk online daripada pergi dengan teman? Tentu, kita semua membutuhkan sesekali malam, tetapi jika Anda secara teratur memilih medsos daripada teman-teman Anda, atau memilih untuk tidak keluar karena Anda takut akan melewatkan sesuatu secara online, inilah saatnya untuk memikirkan istirahat. Media sosial dapat memiliki tempat dalam hidup Anda, tetapi tidak boleh sering menggantikan interaksi kehidupan nyata.

9. Mengakses Medsos ketika Seharusnya Berkonsentrasi pada Hal-hal Lain

Sebuah studi tentang keterlibatan medsos mengungkapkan bahwa 60% atau lebih waktu media sosial dihabiskan untuk smartphone dan tablet. Dan karena sangat mudah diakses dengan cara ini, orang cenderung memeriksa akun media sosial mereka saat mengemudi, memasak, dan selama banyak aktivitas lain yang membutuhkan perhatian penuh. Jika Anda mendapati diri Anda melakukan ini, segera hentikan. Itu tidak aman.

10. Menganggap Remeh Peluang Bisnis di Medsos

Anda mungkin tidak menyadari bahwa melakukan ini, tetapi Anda mungkin mengabaikan semua peluang bisnis yang disajikan oleh tren medsos baru. Jika Anda menghabiskan begitu banyak waktu untuk membeli barang secara online, mungkin Anda bisa terjun ke bisnis online Anda sendiri? Batasi penggunaan media sosial untuk hal-hal sepele dan pertimbangkan untuk menggunakan banyak alat pemasaran online untuk keuntungan ekonomi Anda.

11. Anda Merasa Terputus secara Sosial

Saat tidak memiliki akses internet, diri anda merasa terputus dari kehidupan. Anda sangat membutuhkan istirahat jika akun Facebook dan Twitter Anda adalah hal pertama yang Anda jalankan ketika Anda merasa sendirian. Jangan biarkan kehidupan media sosial menentukan Anda, malah mencoba mengalihkan dan menjinakkan diri Anda dari media sosial.

12. Ketergantungan ‘Likes’ atau ‘Retweet’ yang Didapatkan

Kita semua, pada titik tertentu, telah bersalah atas hal ini. Cobalah untuk tidak membiarkan popularitas media sosial Anda (atau ketiadaan) memengaruhi cara Anda memandang diri sendiri. Jangan terjebak dalam jebakan ini. Sebaliknya, poskan hal-hal yang penting bagi Anda dan jangan keberatan jika orang lain menganggapnya keren.

Kesimpulan

Memeriksa akun medsos memang wajar untuk sesekali. Tapi bukan terus menerus dari bangun di pagi hari, dan sebelum menutup mata di malam hari. Ya, sulit untuk tidak melakukan ini.

Bahkan untuk orang yang bekerjanya menggunakan medsos. Tetapi sesekali, cobalah melihat ke luar jendela terlebih dahulu saat bangun tidur. Anda mungkin takjub ketika apa yang Anda lihat di luar lebih baik daripada postingan sarapan sahabat Anda di Instagram.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di media sosial, atau di ponsel secara umum, mungkin sulit membayangkan hidup tanpanya. Namun, ada banyak alasan untuk mempertimbangkan berhenti sementara dari social media. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk kehidupan yang sebenarnya.

media sosial
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari