Inilah Hal Kecil yang Berdampak Besar pada Karier di Masa Depan

Inilah Hal Kecil yang Berdampak Besar pada Karier di Masa Depan

Untuk Anda yang sedang menjalani profesi saat ini, apakah sudah cukup puas dengan karier yang Anda capai? Jika Anda seorang pemimpin yang mengelola tim, apakah tim Anda sudah menunjukkan performa terbaik? Jawabannya mungkin bisa beragam. Apapun itu, setiap orang memang perlu untuk meningkatkan potensi diri. Meningkatkan kemampuan atau potensi diri memang banyak caranya. Potensi yang perlu diasah setiap individu pun berbeda-beda. Meskipun idealnya setiap orang maksimalkan potensi, khususnya dalam hal karier, tapi hal itu tidak selalu identik dengan hal-hal besar. Tidak sedikit hal kecil yang bisa berdampak besar pada karier di masa depan.

Orientasi Karier di Masa Depan Mungkin Berbeda untuk Setiap Orang

Sebelum mengetahui apa saja hal kecil berdampak besar pada karier, kita perlu menyadari tentang posisi masing-masing saat ini. Seperti apa kondisi saat ini dan seperti apa yang diinginkan pada masa depan? Orientasi karier seorang fresh graduate mungkin berbeda dengan yang sudah lama bekerja di perusahaan. Orang yang bekerja di perusahaan startup juga tentunya memiliki pola pikir yang berbeda dari yang bekerja di korporat. Perbedaan itu kemudian berpengaruh pada cara memandang masa depan kariernya.

Ada yang bercita-cita mengabdi di perusahaan dengan posisi manajerial yang bisa punya kesempatan untuk memimpin. Ada pula yang karier masa depannya adalah menjadi entrepreneur, jadi sekarang fokusnya adalah bekerjasama dengan orang sekaligus belajar cara mengelola usaha. Apapun itu, pastinya selalu ada hal penting yang sebaiknya disiapkan sejak awal. Ada beberapa hal kecil yang ternyata sangat berpengaruh untuk karier di masa depan.

karier di masa depan

Mengikuti tentang Update Tren Karier di Masa Depan

Tren karier di masa depan pastinya tidak sama lagi dengan 10 tahun yang lalu. Bahkan mungkin apa-apa yang biasa dilakukan hari ini akan menjadi tidak berlaku lagi di masa depan. Anda mungkin sudah mengetahui tentang beberapa profesi yang mungkin akan hilang di masa depan karena tergantikan oleh robot. Sementara itu, untuk profesi yang terkait dengan kreativitas dan psikologi manusia masih tetap bertahan. Bagaimanapun, manusia masih membutuhkan manusia lainnya untuk bekerjasama.

Berdasarkan publikasi World Economic Forum, ada beberapa profesi yang semakin bagus prospeknya untuk beberapa tahun mendatang. Misalnya pekerjaan di bidang digital marketing diprediksi tumbuh pesat seiring dengan meningkatnya tren bekerja yang tidak terikat kantor atau remote working. Dengan memahami tren sejak sekarang, maka di masa depan akan lebih mudah.

Punya Kebiasaan Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis mungkin terkesan sebagai aktivitas yang hanya dibutuhkan di sekolah. Apalagi membaca buku-buku tebal dengen deretan kata yang butuh konsentrasi ekstra. Menulis pun dianggap tidak mudah dan tidak urgen untuk dilakukan. Benarkah demikian? Menurut penelitian Yale School of Public Health, membaca setiap hari penting untuk meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir.

Begitu juga menulis yang bisa melatih pikiran untuk terstruktur dan lebih logis. Tentu saja kita tidak perlu menjadi penulis yang profesional, karena memang bukan itu poinnya. Ternyata membaca dan menulis adalah aktivitas yang bisa berdampak pada karier di masa depan.

Menggunakan Media Sosial untuk Hal Positif

Media sosial di zaman sekarang adalah wadah bagi siapa saja untuk mengekspresikan diri. Ada orang yang memang menggunakan media sosialnya untuk berbagi hal yang bermanfaat, misalnya memberi info atau inspirasi. Tapi, ada juga pengguna media sosial yang mencari sensasi agar viral dan populer. Hal ini memang kebebasan setiap orang untuk menampilkan ekspresi apa saja, meskipun kebebasan tidak selalu membawa keberuntungan.

Praktisi HRD saat ini juga sering menilai calon kandidat melalui media sosialnya. Meskipun tidak sepenuhnya objektif, tapi kandidat yang gemar mem-posting hal negatif atau kontroversial di media sosialnya akan cenderung dihindari untuk menjadi bagian dari tim.

Bisa Berkomunikasi dengan Orang Asing

Di era digital seperti ini, sepertinya dunia seperti tidak ada batasnya. Komunikasi dengan orang-orang di luar negeri sudah sangat biasa untuk dilakukan. Begitu juga dengan kemampuan untuk berbahasa asing, khususnya dengan penutur aslinya. Mungkin awalnya hanya berbicara hal-hal ringan, tapi kemampuan berbahasa asing sangatlah membantu karier di masa depan. Meskipun pekerjaan saat ini belum membutuhkan banyak kemampuan bahasa asing, tapi setidaknya dengan kemampuan itu akan lebih banyak pilihan atau peluang yang bisa diambil ke depannya.

Bersikap Ramah dan Terbuka

Sikap ramah dan terbuka tentunya menjadi sesuatu yang disukai dalam pergaulan manapun. Orang yang memiliki pembawaan ramah akan lebih disukai dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Begitu juga dengan sikap terbuka, yang bisa membuat orang memahami situasi di sekitarnya. Sikap yang seperti ini bisa menjadi modal dasar agar cepat menyesuaikan diri dengan kehidupan profesional yang dijalani. Karena memang seiring waktu akan ada hal baru ataupun karakter orang baru yang ditemui di profesi apapun.

karier di masa depan

Mengejar Passion dengan Seperlunya

Untuk sebagian orang, passion adalah segalanya dalam memilih pekerjaan. Passion sendiri dipahami sebagai sesuatu yang dilakukan dengan tanpa paksaan, sebagai bentuk panggilan jiwa seseorang. Bekerja dengan passion dianggap lebih menarik daripada yang bekerja karena ingin mendapatkan bayarannya saja. Tidak ada yang salah dengan pendapat itu, tapi juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Urusan mengejar passion memang tidak selalu relevan dengan semua orang, karena kenyataannya tidak semua orang menyadari passion-nya yang spesifik. Sebagian orang menjalani hidup dan pekerjaannya mengalir saja. Tidak masalah ketika memang mereka tidak memiliki ambisi yang besar. Sebagian orang yang mengejar passion juga tidak selalu baik efeknya, karena ketika cenderung sulit berkembang. Ada kalanya, mengejar passion seperlunya saja agar lebih bisa keluar zona nyaman dan lebih bisa berkembang dalam karier.

Kesimpulan

Ada banyak ragam profesi di dunia ini, dan sebagian di antaranya mengalami perubahan di masa depan. Semua orang pastinya ingin agar kariernya berkembang dan bisa mencapai hal-hal yang berkontribusi besar untuk tempat kerjanya. Tapi, kenyataannya tidak semua orang memahami caranya. Untuk bisa mengembangkan karier tidak selalu identik dengan hal besar, sangat cepat, dan terlalu ambisius. Bahkan ada hal kecil yang ternyata berdampak besar pada karier. Memang hal kecil yang menjadi kebiasaan akan berpengaruh pada jangka panjang. Sejauh ini, kira-kira apa saja yang sudah Anda lakukan, sebagai individu dan bagian dari perusahaan? Langkah yang dilakukan pastinya akan tergantung pada jenis pekerjaan Anda.

Yang jelas, perusahaan pun bisa mengalami perubahan besar dengan memutuskan beberapa hal yang sudah saatnya diubah. Contohnya adalah pergantian antara absensi konvensional ke absensi online. Saat ini sudah banyak perusahaan inovatif yang memilih aplikasi absensi online yang bisa memudahkan pengelolaan para karyawan. Lebih dari sekadar aplikasi, tapi bisa juga menjadi tools yang efektif untuk menilai secara objektif kedisiplinan karyawan.

coba gratis sekarang