Fresh Graduate Harus Paham Hal Ini Tentang Dunia Kerja

fresh graduate

Dari tahun ke tahun, fresh graduate selalu menemui tantangan tersendiri saat memasuki dunia kerja. Memang tantangannya tidak sama untuk setiap orang. Ada beberapa hal yang harus diketahui fresh graduate tentang dunia kerja. Mulai dari proses melamar sampai meningkatkan jenjang karier, setiap orang akan melalui fase masing-masing.

Tentang skill dan pengetahuan sampai tentang lingkungan kerja, semuanya butuh dipersiapkan sejak awal. Sering kali hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri. Apakah Anda juga pernah mengalaminya? Tapi tentunya kekhawatiran itu tidak perlu terjadi jika sudah tahu rahasianya. Inilah hal-hal yang harus dipahami fresh graduate tentang dunia kerja.

Pekerjaan Pertama Fresh Graduate Belum Tentu Pekerjaan Impian

Pekerjaan pertama memang akan memiliki kesan tersendiri karena bisa menjadi bekal ke depannya. Tapi yang didapatkan saat baru lulus mungkin bukanlah pekerjaan yang diimpikan. Bahkan ada yang harus berulang kali mengirim lamaran kerja, baru bisa menemukan pekerjaan yang sesuai.

Sebenarnya tidak masalah ketika pekerjaan pertama tidak terlalu memuaskan, setidaknya ada ilmu dan pengalaman yang bisa jadi bekal selanjutnya. Sebisa mungkin bertahan jika memang masih ada hal positif yang bisa dilakukan, meskipun itu bukan hal yang diimpikan. Tapi jika memang lingkungannya sudah tidak mendukung dan benar-benar tidak cocok, ada baiknya untuk mencari tempat baru yang lebih sesuai.

Fresh Graduate Harus Kenali Sebaik Mungkin Potensi Diri

Adakah Anda pernah merasa bingung dengan kemampuan terbaik diri Anda? Lalu Anda melihat orang lain sepertinya jalan hidupnya sangat mudah. Hal tersebut wajar terjadi, termasuk ketika baru lulus kuliah. Sebenarnya bukan karena tidak punya kemampuan, tapi hanya karena belum sepenuhnya mengenal potensi diri sendiri.

Setiap orang pastinya memiliki kemampuan, hanya tianggal digali dan diasah. Hal ini sangat penting ketika masuk ke dunia kerja karena setiap akan memasuki dunia kerja, hampir semua HR akan menanyakan tentang kelebihan dan kekurangan calon karyawan.

Saat baru lulus, sebisa mungkin percaya diri saja dengan kelebihan yang dimiliki. Di dunia kerja, ada banyak hal yang dibutuhkan selain kemampuan teknis, tapi juga sikap atau attitude yang baik. Bahkan ketulusan dalam bekerja bisa menjadi sebuah bakat tersendiri. Setelah melewati beberapa tahun bekerja, akan terasa jika orang yang bekerja dengan tulus dan sepenuh hati akan lebih mudah untuk berkembang.

fresh graduate

Sebaiknya Tidak Terlalu Cepat Merasa Puas

Pada awalnya memang fresh graduate akan mendapat pekerjaan yang kurang sesuai dengan impiannya. Tidak sedikit yang kemudian beradaptasi dan akhirnya bisa menjalani dengan lebih baik. Mungkin Anda juga pernah mengalami hal yang seperti ini?

Mekipun sudah bisa menjalani pekerjaan yang sekarang dengan baik, jangan cepat puas begitu saja dengan yang sudah didapatkan. Bukan berarti tidak bersyukur, tapi sikap cepat puas akan membuat seseorang berhenti belajar. Apalagi yang masih muda, tentunya perlu mengasah kemampuan. Untuk meningkatkan performa kerja, seseorang bisa mencoba untuk menerima tugas yang lebih menantang dan menyelesaikannya.

Lebih Bijak Menggunakan Media Sosial Pribadi

Media sosial pribadi menjadi salah satu kebebasan setiap orang untuk menggunakannya. Karena memang media sosial dipakai untuk berekspresi. Tapi ada saatnya Anda perlu bersikap bijak, khususnya jika sedang proses mencari pekerjaan. Sering kali HR perusahaan melihat postingan media sosial calon karyawan.

Hanya dengan melihat media sosial, perekrut kerja bisa ‘membaca’ karakter secara umum seseorang yang melamar. Beberapa jenis perusahaan besar pasti juga akan melihat apakah pelamar orang yang suka mengumbar hal personal, melakukan provokasi, atau bahkan kebencian pada pihak tertentu.

Cara Berkomunikasi dengan Baik di Lingkungan Profesional

Manusia memang tidak bisa lepas dari komunikasi setiap harinya, termasuk saat bekerja. Tanpa komunikasi yang baik, maka pekerjaan apapun juga tidak mudah terselesaikan dengan baik. Dunia kerja di bidang apapun pasti membutuhkan kerjasama tim agar tidak terjadi salah paham.

Selain komunikasi dalam bekerja, ada hal yang perlu dipahami fresh graduate yaitu komunikasi yang sopan sejak baru melamar pekerjaan. Tidak sedikit yang tertolak lamaran kerjanya bukan karena kurang pintar dalam hal teknis tapi memang karena kurang baik attitude-nya.

Contoh kasus yang sering terjadi adalah fresh graduate yang belum tahu cara email yang profesional, tidak bisa membedakan komunikasi dengan atasan dan teman, tidak menyampaikan kesulitan kerjanya hanya karena takut disalahkan, dan masih banyak lagi.

Perlu Memikirkan Cara untuk Menambah Penghasilan

Ketika sudah bekerja, pastinya akan ada penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Dengan jam kerja yang sudah terjadwal dengan rapi, maka Anda pun bisa menikmati waktu luang selepas bekerja. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari membersihkan rumah, jalan-jalan, sampai menekuni hobi.

Pada era digital seperti sekarang, Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih dari sebelum-sebelumnya. Jika Anda punya hobi yang bisa menghasilkan, mengapa tidak ditekuni? Misalnya Anda punya hobi menggambar, mendesain, jualan online, atau menulis. Sekarang banyak sekali pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan dan tentu bisa menjadi jalan agar penghasilan Anda bertambah.

Sebisa Mungkin Cari Tahu Tren Baru di Dunia Kerja

Kenyataannya dunia cepat berubah, sehingga individu yang profesional juga harus beradaptasi dengan cepat. Misalnya zaman dahulu kerja adalah di kantor dan berseragam rapi. Tapi sekarang seiring dengan kemajuan teknologi, orang sudah bisa kerja tanpa harus ‘ngantor’. Meskipun bekerja dari jarak jauh (remote working), tapi segala bentuk pekerjaan atau tugas tetap dapat dipantau dengan maksimal.

Bukan pekerjaannya saja tapi juga urusan administrasi seperti keperluan presensi. Dengan teknologi yang makin canggih, karyawan pun bisa melakukan presensi secara online seperti yang ditawarkan oleh aplikasi Kerjoo. Tren baru dalam pekerjaan memang akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Teknologi juga harus dimanfaatkan sebijak mungkin agar membantu pekerjaan lebih efektif dan bukan malah merepotkan.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak sekali aspek yang penting untuk dipahami di dunia kerja. Selain hal-hal di atas, alangkah baiknya untuk tetap terhubung juga dengan orang-orang yang lebih berpengalaman di bidangnya agar bisa memahami lebih baik tentang seluk beluk dunia kerja. Untuk yang baru lulus, banyak hal yang bisa dieksplorasi mulai dari memahami cara memasuki pekerjaan pertama sampai tentang bagaimana tren baru di dunia kerja saat ini. Ekspektasi dan realitas mungkin akan berbeda.

Pekerjaan di bidang apapun pasti ada tantangan yang harus dihadapi yang kadang situasinya di luar perkiraan. Di tengah berbagai macam tantangan yang ada, setiap individu harus percaya dengan kemampuan terbaiknya. Tentunya selain mengandalkan kemampuan individu, perusahaan juga bisa berinovasi pada sistem kerja yang efektif dan efisien dengan menggunakan presensi online seperti Aplikasi Kerjoo. Ini akan menjadi langkah sederhana yang berdampak besar untuk karier Anda.

Leave a Reply