Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Menunggu Iftar

Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Menunggu Iftar

Daftar Isi

Saat menjelang buka puasa, biasanya perut akan terasa sangat haus dan juga lapar. Jadi, sebisa mungkin kita harus mengalihkan rasa lapar dari pikiran kita agar puasa kita tidak batal di kemudian hari. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melakukan aktivitas yang seru dan menarik. Sehingga rasa lapar dan haus bisa kita nikmati dengan senang hati hingga tiba waktunya berbuka puasa. Menunggu buka puasa di malam hari memang menantang, tetapi bisa lebih mudah jika Anda menghabiskan waktu di sore hari dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Masih butuh ide tentang apa yang harus dilakukan? Inilah beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan saat menunggu iftar.

Membaca atau Menulis

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang pas di waktu luang. Termasuk menunggu waktu berbuka puasa. Selama ini bulan Ramadan, Anda bisa membaca kitab-kitab agama atau membaca ayat suci Alquran, selain membaca Anda juga bisa mengisi waktu dengan menulis. Jika Anda memiliki blog, Anda bisa menulis dengan tema Ramadan atau tema Islami. Berbagi ilmu adalah hal yang baik bukan, jadi tidak ada salahnya Anda membagikan tulisan Anda ke berbagai media sosial.

Jalan

Saat-saat menunggu istirahat di malam hari, apalagi dengan cuaca yang cerah, sangat cocok untuk menemani kita jalan-jalan. Bisa jalan-jalan santai di taman dekat rumah, atau berkeliling dengan sepeda motor menikmati pemandangan indah di sore hari. Sambil menikmati pemandangan, Anda juga bisa berburu makan untuk berbuka puasa atau biasa disebut takjil. Ya, selama Ramadan kita bisa bertemu dengan pedagang takjil dimana-mana. Biasanya mereka menjual es buah, cendol, kolak pisang, dan masih banyak lagi.

Memasak

Jika bosan membeli makanan di luar, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri sembari menunggu waktu iftar. Satu atau dua jam sebelum buka puasa, biasanya sudah waktunya Anda menyiapkan makanan untuk disantap, bukan? Agar lebih menarik, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba dan mengeksplorasi resep masakan.

Entah Anda suka yang manis atau gurih, menu tradisional atau internasional, Anda bisa menemukan banyak resep dengan mudah dari Internet. Seperti contohnya es buah, menu ini mudah dilakukan untuk semua orang. Anda tinggal membeli beberapa potong buah, memotongnya, lalu mencampurkannya dengan larutan gula atau sirup, selain itu anda juga bisa menyiapkan beberapa makanan ringan seperti kue. Namun perlu diingat, tidak terlalu banyak menu yang dibuat. Bahkan bisa jadi terlambat berbuka puasa, karena saat adzan maghrib masih mengurus masak di dapur.

Menunggu Iftar

Olahraga

Meski dalam keadaan berpuasa, kita harus tetap berolahraga agar tubuh tetap kuat saat menjalani puasa. Namun saat berpuasa, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Sehingga Anda tidak akan merasa haus setelah berolahraga nanti. Olahraga lari bisa jadi pilihan Anda. Tapi ingat, jangan lari dengan tempo yang terlalu cepat. Selain itu, jarak yang akan Anda tempuh juga tidak terlalu jauh. Jika biasanya Anda dapat berlari dalam jarak 100 meter, kurangi menjadi 50 meter.

Mendengarkan musik

Jika Anda malas beraktivitas di luar rumah, aktivitas berikut bisa menjadi referensi Anda ya. Ya, mendengarkan musik memang merupakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam suasana apapun. Tapi, di bulan suci ini, cobalah dengarkan lagu-lagu religi. Kali ini tim Boombastis punya beberapa lagu yang asyik didengar sembari menunggu buka puasa. Simak langsung playlistnya di bawah ini. Banyak sekali lagu religi yang asyik untuk didengarkan. Kalau dijalani, lirik lagunya begitu menentramkan.

Membaca dan menginternalisasi Alquran

Bagi banyak orang, membaca Alquran itu mudah. Tetapi sebagian besar waktu, kita sering mengabaikan internalisasi makna Alquran dan menanamkan ajarannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Ramadan juga dikenal sebagai bulan Alquran jadi cara apa yang lebih baik untuk merayakan bulan yang indah ini selain membacanya setiap hari? Anda juga diberi penghargaan untuk setiap huruf Arab yang Anda baca. Bagi yang belum paham huruf Arab dan tajwid, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat bagi Anda untuk memulai.

Lakukan shalat sunnah

Cara lain untuk merasa puas selama Ramadan adalah mengetahui bahwa Anda telah berusaha untuk melakukan sholat tidak wajib sebelum atau sesudah sholat Fardhu. Dalam sebulan penuh berkah, 2 sampai 20 rakaat sholat sunnah yang Anda lakukan bisa menjadi pintu gerbang untuk menerima dari Allah apa pun yang diinginkan hati Anda. Selain itu, selalu selama doa yang sunyi dan intim ini Anda akan merasa paling dekat dengan Allah.

Beramal

Selain zakat wajib, kami juga diimbau untuk memberikan zakat ekstra selama bulan Ramadan yang penuh berkah. Amal tidak selalu berarti meninggalkan uang, bahkan membantu orang tua Anda memasak atau menyumbangkan pakaian lama Anda kepada orang yang lebih membutuhkan juga merupakan bagian dari amal. Kepuasan dan kebahagiaan yang akan Anda rasakan setelah Anda membantu seseorang untuk bersantai pasti tak terlukiskan. Bahkan tersenyum pada orang asing juga merupakan amal

Tingkatkan mengingat Allah

Mulailah dan akhiri Ramadan dengan mengingat mengapa Anda memilih berpuasa terlebih dahulu, dan itu semua karena Allah S.W.T. Selama bulan suci Ramadan ini, penting untuk meningkatkan dzikir Anda kepada Allah dengan melakukan hal-hal sederhana seperti zikir atau mengatur niat Anda dengan benar. Hal ini juga dapat kita lakukan dengan menghadiri ceramah atau acara keagamaan yang mendekatkan komunitas.

Menjadi sukarelawan untuk acara amal

Waktu selalu menjadi hadiah terbaik yang bisa Anda tawarkan kepada seseorang. Karenanya, relawan tidak berhenti di bulan Ramadan. Nyatanya, hal itu akan mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik saat menawarkan bantuan kepada siapa pun. Jumlah kegiatan yang dapat Anda lakukan tidak terbatas karena ada banyak organisasi kesejahteraan yang selalu membutuhkan sukarelawan. Selain peningkatan reward, menjadi relawan juga memperluas perspektif Anda dalam kehidupan dan jejaring sosial Anda. Anda bisa berteman dan memberi. Tidak ada yang lebih baik dari itu.

Tonton film & serial tv favorit

Aktivitas menyenangkan pertama yang dapat Anda lakukan adalah menonton film dan serial TV yang Anda sukai dari rumah. Mana yang paling kamu suka sobat tiket? Sekarang ada banyak platform streaming online yang menyediakan ratusan film dan serial TV, jadi jangan khawatir Anda akan kehabisan pilihan!

Saatnya merapikan pakaian anda

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk membersihkan dan merapikan rumah. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek lemari pakaian kalian. Jika Anda menemukan terlalu banyak pakaian yang jarang digunakan, mungkin inilah saatnya Anda merapikan pakaian Anda. Anda dapat memisahkan pakaian menjadi beberapa kategori, seperti yang ingin Anda simpan, untuk donasi, atau untuk garage sale. Dengan lemari pakaian yang rapi, akan lebih mudah mencari pakaian yang ingin Anda kenakan setiap hari.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa aktivitas positif yang bisa dilakukan sembari menunggu iftar. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Ramadan 2021 lebih bermakna, jadi ayo kita coba manfaatkan bulan ini semaksimal mungkin. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bermanfaat loh. Kalau Anda sendiri, kegiatan apa saja yang sering dilakukan sambil menunggu iftar datang?

coba gratis kerjoo
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari