Ingin Menjadi CPNS? Intip 10 Tips Lolos Tes CPNS di Sini!

Anda perlu menerapkan strategi atau taktik agar dapat lolos tes CPNS. Berikut 10 tips lolos tes CPNS yang dapat diterapkan.

tips lolos tes cpns
Apa saja tips lolos tes CPNS?

Tes CPNS adalah tahap yang harus dilalui sebelum seseorang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan akhirnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Momen tes CPNS menjadi salah satu momen besar yang dinantikan oleh para pencari kerja. Setiap peserta yang mendaftar tentunya ingin lolos dan mendapat hasil yang baik. Apakah Anda berniat untuk mendaftar sebagai CPNS? Jika ya, Anda perlu menerapkan strategi atau taktik agar dapat lolos tes CPNS. Kerjoo telah merangkum sepuluh tips lolos tes CPNS yang dapat Anda terapkan. Simak uraiannya di bawah ini.

Rajin Latihan Soal

Kunci dari keberhasilan tes CPNS adalah terbiasa. Jika ingin berhasil, Anda harus terbiasa mengerjakan latihan soal tes CPNS. Latihan soal tes CPNS ini dapat dengan mudah ditemui di buku kumpulan latihan soal CPNS yang banyak beredar di pasaran. Selain dari buku, Anda juga dapat mengikuti try out online dari beberapa lembaga. Setelah mengerjakan latihan, pastikan Anda memahami betul bahasan dari latihan soal yang diberikan. Anda dapat menonton pembahasan latihan soal yang kini mudah diakses di YouTube. Bila perlu, buatlah jadwal khusus untuk mengerjakan latihan soal tiap hari. Dengan demikian, Anda akan semakin terbiasa dengan tipe soal yang kemungkinan diujikan dalam tes CPNS.

rajin latihan soal CPNS
Perbanyak latihan soal tes CPNS agar lebih terbiasa.

Mempelajari Kisi-kisi Tes CPNS

Selain rajin berlatih latihan soal, pelajari kisi-kisi dan materi CPNS di tahun sebelumnya. Kisi-kisi ini dapat ditemukan di buku atau aplikasi latihan soal. Permenpan RB biasanya juga mencantumkan kisi-kisi tes CPNS. Yang penting, pastikan informasi kisi-kisi yang Anda dapat berasal dari sumber yang kredibel agar nantinya memudahkan Anda dalam belajar.

Update informasi seputar CPNS

Informasi tes menjadi salah satu hal penting saat Anda memutuskan untuk mengikuti seleksi CPNS. Perhatikan jadwal tes dan pantau perkembangan informasi secara rutin. Pastikan juga informasi yang Anda dapat berasal dari sumber yang resmi. Meskipun Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan rincian pendaftaran CPNS, Anda tetap perlu mengikuti perkembangannya, apalagi jika ada perubahan kebijakan atau tanggal seleksi. Anda dapat bergabung ke grup-grup seputar tes CPNS yang ada di social mediasupaya tetap update informasi tes.

Memahami Passing Grade

Passing grade atau ambang batas adalah nilai minimal yang harus dicapai dalam tes CPNS. Anda dapat mencari tahu passing grade tes CPNS di formasi yang Anda pilih. Informasi seputar passing grade dapat membantu Anda menentukan target minimal soal yang harus dijawab dengan benar. Passing grade biasanya tercantum dalam Permenpan RB.

Menyiapkan Dokumen Tes

Dokumen tes merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting dalam proses persiapan tes CPNS. Pastikan Anda sudah menyiapkan seluruh persyaratan dokumen dengan lengkap dan teliti. Jangan sampai ada yang terlewat. Sebaiknya persiapkan dokumen dari jauh-jauh hari agar tidak kerepotan saat hari H tes.

Memahami Jenis Tes

Pemahaman tentang jenis tes SKD CPNS yang diujikan juga penting Anda ketahui. Soal tes SKD CPNS terdiri dari 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal TIU (Tes Intelegensi Umum), dan 35 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Apabila diuraikan secara singkat, TWK adalah tes untuk menilai penguasaan peserta akan pengetahuan seputar nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. TIU adalah tes untuk menilai kemampuan verbal, numerik, dan figural peserta. Kemudian, TKP adalah tes yang berfokus untuk melihat perilaku peserta terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, dan profesionalisme. Sedangkan, tes SKB biasanya tergantung pada instansi di mana Anda melamar.

Istirahat Cukup

Mendekati hari H tes, usahakan untuk istirahat dengan cukup. Anda dapat mengistirahatkan pikiran dengan mengurangi intensitas belajar latihan soal. Bila perlu, jauhkan latihan soal dan materi yang berkaitan dengan tes CPNS untuk sementara. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi rasa cemas berlebih menjelang tes. Dengan beristirahat cukup, pikiran Anda akan menjadi lebih tenang sehingga Anda dapat berkonsentrasi penuh saat mengerjakan tes pada hari H. Apabila Anda dalam kondisi kelelahan saat mengerjakan tes, hasil tes nantinya tidak maksimal.

istirahat cukup
Mendekati hari H tes CPNS, usahakan untuk istirahat dengan cukup.

Datang Lebih Awal

Anda tentu tidak ingin terlambat saat mengikuti tes. Maka dari itu, perkirakan waktu perjalanan dari tempat tinggal ke lokasi tes supaya tidak terlambat. Sebaiknya, datanglah ke lokasi tes lebih awal untuk menghindari hal-hal tidak terduga. Datang lebih awal juga akan mengurangi rasa panik menjelang tes. Selain itu, proses sebelum memasuki ruangan tes biasanya cukup panjang dan Anda akan diminta untuk mengantre beberapa kali. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk seluruh proses itu. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk datang 90 menit sebelum tes dimulai.

Memperhatikan Waktu Pengerjaan

Saat mengerjakan tes CPNS, Anda perlu memperhatikan waktu yang diberikan untuk menjawab soal tes. Jangan sampai terlalu lama berkutat di satu soal karena itu dapat menghabiskan waktu Anda. Tentukan prioritas mengerjakan soal. Sebaiknya, kerjakan soal yang menurut Anda mudah terlebih dahulu supaya tidak memakan waktu. Supaya terbiasa mengerjakan dengan waktu yang cukup, Anda dapat mencoba try out online dengan timer. Dengan demikian, waktu pengerjaan secara keseluruhan dapat diketahui. Selain itu, Anda juga dapat mencoba membaca soal secepat mungkin dengan membaca inti pertanyaannya.

timer latihan soal
Cobalah berlatih mengerjakan latihan soal sambil menyalakan timer.

Menjawab Dengan Konsisten

Saat menemui soal yang dirasa sulit, terkadang Anda ragu untuk memilih jawaban. Tidak jarang pula Anda ingin mengganti jawaban karena merasa tidak yakin. Padahal, waktu terus berjalan. Sebaiknya, jawablah soal tes dengan konsisten sejak awal. Menjawab soal tes dengan konsisten akan menghindarkan Anda dari kekurangan waktu akibat terlalu lama menimbang-nimbang.

Kesimpulan

Sepuluh tips di atas dapat Anda terapkan jika Anda berniat untuk mendaftar sebagai CPNS. Tips-tips di atas meliputi hal administrasi hingga teknis. Pada intinya, berusahalah sebaik mungkin dan percayalah pada kemampuan Anda. Tetaplah berpikir positif dan optimis. Jika gagal, jangan berkecil hati. Masih banyak kesempatan di tahun-tahun berikutnya. Sebaliknya, jika Anda berhasil lolos seleksi, usahakan tetap update dengan informasi yang ada. Setelah itu, ikuti prosedur di instansi yang Anda lamar. Setiap instansi bisa saja memiliki prosedur yang berbeda-beda.

Ketika mulai bekerja, Anda akan menjalankan pekerjaan dan kewajiban yang diberikan pada Anda. Selayaknya pekerjaan pada umumnya, Anda akan berkontribusi bagi instansi di mana Anda bekerja. Aplikasi absensi online Kerjoo juga hadir sebagai kontribusi untuk kemajuan instansi pemerintahan. Fitur-fitur yang dikembangkan di aplikasi absensi online Kerjoo akan memudahkan pengguna mengelola absensipegawai. Dengan menggunakan absensi online, kinerja pegawai dapat dipantau dengan lebih mudah praktis, di mana saja dan kapan saja. Apakah Anda tertarik untuk mendaftar? Unduh Kerjoo di Google Play Store atau App Store dan dapatkan gratis trial 14 hari!

coba gratis sekarang