Tips yang Harus Dibaca Sebelum Memulai Pekerjaan Baru

Memulai Pekerjaan Baru

Daftar Isi

Memulai pekerjaan baru kadang bisa terlihat menakutkan. Baik yang baru lulus kuliah atau sudah bekerja selama bertahun-tahun, memasuki lingkungan kerja baru dapat membuat kita merasa asing.

Agar berhasil, baik secara sosial maupun profesional, karyawan baru diharapkan untuk mempelajari istilah-istilah, mengikuti kode berpakaian, dan memahami perilaku yang dapat diterima.

Untuk bisa merasa nyaman dalam pekerjaan baru, orientasi komprehensif sangat penting. Ini tidak mengherankan, tetapi perusahaan sering kali gagal membantu karyawan baru berasimilasi dengan lingkungan kantor baru mereka.

Program orientasi perekrutan baru seringkali terlalu singkat. Idealnya, mereka harus menyertakan lebih dari satu pertemuan biasa.

Namun, meskipun tugas perusahaan adalah membantu Anda mempelajari budaya kantor, sebagian besar kesuksesan Anda dalam pekerjaan baru bergantung pada Anda. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda sukses di pekerjaan baru Anda sejak hari pertama:

Pekerjaan Baru

Kesan Pertama

Dalam hal apapun, kesan pertama sangat menentukan. Anda telah mendengarnya berkali-kali selama proses wawancara, dari saat Anda melangkah masuk ke kantor, jadilah diri sendiri. Sekarang setelah Anda memulai hari pertama sebagai karyawan, jangan meremehkan pentingnya kesan pertama. 90 hari pertama Anda di tempat kerja sering kali dianggap sebagai perpanjangan dari wawancara.

Itu berarti Anda harus menggunakan setiap interaksi untuk membuktikan bahwa Anda adalah pekerja yang penuh hormat, profesional, dan rajin, tetapi juga bahwa Anda adalah seseorang yang akan dinikmati kolega Anda selama delapan jam sehari. Dari percakapan dengan manajer Anda hingga rapat departemen pertama hingga happy hour perusahaan pertama Anda, setiap tugas kantor adalah kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan mewakili diri Anda secara positif.

Tetapkan Batasan

Tips yang satu ini adalah salah satu yang membutuhkan waktu untuk dipahami, tetapi perlu disebutkan sehingga Anda sadar akan pentingnya menetapkan batasan yang sehat dalam hal pekerjaan.

Ketika Anda menetapkan batasan yang sehat, Anda mengklarifikasi apa yang dapat diterima dan tidak dapat diterima, seperti seberapa terlambat Anda bersedia bekerja, jumlah total jam Anda bersedia bekerja, bagaimana Anda akan menghadapi mengatakan ‘tidak’ bila diperlukan, dan seberapa personal Anda bersedia untuk mengizinkan hubungan kerja Anda.

Beberapa teknik manajemen waktu yang umum termasuk menetapkan prioritas, memelihara daftar item yang akan ditangani setiap hari, dan menjadwalkan blok waktu untuk menangani item tertentu. Tidak apa-apa juga untuk mengatakan ‘tidak’. Tujuannya di sini adalah mengatakan ‘tidak’ tanpa benar-benar mengatakan ‘tidak’.

Jika Anda diminta untuk menyelesaikan proyek atau melakukan tugas, Anda dapat berbagi kewajiban Anda saat ini dan kemudian menegosiasikan tanggal penyelesaian. Pada dasarnya Anda mengatakan’ya’, sekaligus mengelola ekspektasi. Selain itu, jangan takut untuk meminta manajer Anda membantu Anda menetapkan prioritas jika Anda menemukan permintaan yang menumpuk.

Jika Anda terus-menerus diminta untuk melakukan hal-hal yang tidak termasuk dalam lingkup pekerjaan Anda, Anda mungkin juga perlu menemukan cara untuk mengatakan ‘tidak’ dengan sopan. Membantu seseorang di tempat kerja adalah hal yang baik, tetapi jangan biarkan diri Anda menjadi kewalahan atau stres karena permintaan semacam itu.

Mind Your Own Business

Banyak karyawan yang membuat diri mereka terlihat buruk dengan mencoba melibatkan diri dalam urusan pekerjaan yang bukan urusan mereka. Lingkungan kerja bisa menjadi jaringan ‘frenemies’ dan gosip, yang semuanya akan dihindari oleh karyawan baru yang cerdas dan bijaksana. Kecuali Anda seorang supervisor, pekerjaan Anda adalah satu-satunya pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.

Pengecualian dari aturan ini adalah jika seseorang melakukan sesuatu yang tidak etis, menciptakan lingkungan kerja yang tidak aman karena pelecehan atau penindasan, melakukan sesuatu yang tidak aman, atau berdampak negatif pada kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan Anda. Skenario ini memerlukan tindakan lebih lanjut di pihak Anda dengan menyampaikan kekhawatiran tersebut kepada supervisor atau HR Anda.

Pekerjaan Baru

Buat List

Mulailah perencanaan Anda dengan membuat daftar ‘yang harus dilakukan’. Apa yang perlu Anda selesaikan sebelum mulai bekerja. Juga, buatlah daftar “yang harus dilakukan” untuk memulai pekerjaan baru Anda. Tidak melakukan banyak hal selain mendengarkan dan belajar. Meluangkan waktu untuk mempersiapkan, akan membantu hari pertama Anda bekerja dengan sukses.

Dengarkan dan Pelajari

Setiap karyawan menginginkan pemahaman yang menyeluruh tentang bagaimana perusahaan, pekerjaannya, dan timnya bekerja sebelum dia memberikan saran atau membagikan masukannya. Tentu saja, pekerjaan setiap orang berbeda, tetapi meluangkan waktu untuk belajar sebanyak mungkin dari setiap orang yang Anda temui di tempat kerja adalah nasihat yang sangat baik. Dan tentunya, akan ada hal lain yang juga dapat Anda lakukan untuk menjadikan hari dan minggu pertama Anda bekerja sebagai pengalaman yang positif, mengasyikkan, dan menyenangkan.

Jangan Menganggap Anda tahu Semuanya

Menjadi rendah hati sangat berharga saat Anda memulai pekerjaan baru. Tidak ada yang menyukai sikap sok tahu karyawan, terutama seseorang yang tidak benar-benar tahu apa-apa tentang pekerjaan atau organisasi. Seperti yang disebutkan, luangkan waktu untuk mendengarkan dan belajar sebelum Anda mulai memberi nasihat.

Bersikaplah Baik dan Sopan

Bersikap baik dan sopan juga memiliki peran yang sangat menentukan. Orang menyukai orang baik, dan jika Anda baik kepada semua orang, Anda akan lebih mudah untuk maju.  Itulah mengapa bersikap baik dan sopan kepada semua orang yang Anda temui itu penting, termasuk cara memperkenalkan diri Anda kepada rekan kerja baru Anda.

Datang Sedikit Lebih Awal

Salah satu cara mudah untuk membantu meminimalkan stres dalam memulai posisi baru adalah dengan melakukan uji coba sebelum Anda memulai pekerjaan. Cari tahu transportasi Anda dan tujuan Anda. Lakukan perjalanan beberapa hari sebelumnya untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan. Kemudian berikan diri Anda sedikit waktu untuk tiba di tempat kerja beberapa menit lebih awal.

Jangan Takut untuk Meminta Bantuan dan Nasihat

Tidak ada yang namanya pertanyaan bodoh saat Anda memulai pekerjaan. Atasan Anda lebih suka jika Anda bertanya. Anda tidak diharapkan untuk mengetahui segalanya, dan lebih baik meminta bantuan daripada menebak-nebak.

Pikirkan pekerjaan baru Anda sebagai langkah menarik berikutnya dalam jalur karier Anda. Jangan berharap mempelajari semuanya sekaligus. Semuanya baru bagi Anda, dan akan membutuhkan waktu. Jika Anda merasa stres, tarik napas dalam-dalam, tenangkan diri, dan ingatlah bahwa Anda tidak diharapkan untuk mendapatkan semuanya sekaligus. Meskipun Anda membawa banyak keterampilan dan pengalaman ke organisasi, masih perlu sedikit waktu agar semuanya dapat diterapkan.

pekerjaan baru
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari