Mengalami Bad Mood di Tempat Kerja? Atasi dengan Cara Ini, ya!

Mengalami Bad Mood di Tempat Kerja

Daftar Isi

Pada umumnya orang tentu pernah mengalami bad mood di tempat kerja. Misalnya saat ada sesuatu yang menjengkelkan atau membuat frustrasi terjadi dan sisa hari itu berjalan dengan suasana hati yang buruk.

Hal lain yang membuat frustrasi adalah ketika seseorang sering kali tahu bahwa ia sedang dalam suasana hati yang buruk, tetapi tidak dapat keluar dari situ.

Bukan hanya itu, mengalami bad mood di tempat kerja juga bisa memberikan efek negatif bagi pekerjaan. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan mungkin jadi tidak akan maksimal.

Tetapi sebelum kita berbicara tentang bagaimana caranyan untuk menjadi lebih baik, mari kita beri jeda sejenak.

Saat Anda mendapati diri Anda sedang murung, langkah awal yang berguna adalah meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang menyebabkan Anda merasakan apa yang Anda rasakan.

Emosi sering kali merupakan tanda lahiriah dari apa yang terjadi pada diri sendiri secara internal. Terkadang, hal internal membenarkan suasana hati yang buruk.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bad mood di tempat kerja.

Bicarakan Tentang Apa yang Membuat Murung

Jika suasana hati Anda sedang buruk, pasti ada alasannya. Tunjukkan mengapa suasana hati Anda sedang buruk dan, jika bisa, bicarakan dengan teman tentang hal itu. Cukup membicarakan masalah Anda dengan seseorang akan membuat Anda merasa berkali-kali lebih baik. Bagaimanapun, apa yang mereka katakan tentang ‘masalah yang dibagikan adalah masalah yang dibelah dua’ terdengar sangat benar. Tetapi jika Anda tidak dapat berbicara dengan seorang teman, cobalah keluar dan berteriak keras atau menangislah. Ingatlah bahwa menyimpan semuanya hanya akan menggelapkan suasana hati Anda.

Kalahkan Suasana Hati Yang Buruk Dengan Olahraga

Olahraga adalah cara yang bagus untuk melepaskan Anda dari suasana hati yang buruk selepas mengalami bad mood. Jika Anda dapat membuat diri Anda sendiri melakukan beberapa latihan, Anda akan menuai manfaatnya. Olahraga melepaskan endorfin, yaitu zat kimia di otak yang membuat Anda merasa lebih baik, jadi dengan berolahraga secara otomatis Anda akan membuat diri Anda merasa lebih baik. Permainan squash bisa menjadi pilihan yang baik, karena Anda akan mampu mengatasi suasana hati yang buruk. Di sisi lain, jika Anda menganggap olahraga Anda terlalu serius, maka bentuk olahraga non-kompetitif mungkin merupakan cara terbaik untuk melakukannya.

Makan Cokelat Untuk Membuat Anda Merasa Lebih Baik

Sungguh menakjubkan betapa banyak orang yang langsung meraih cokelat favorit mereka untuk kenyamanan jika mereka merasa sedih. Ini mungkin bukan hal yang buruk untuk dilakukan, karena cokelat diketahui bertanggung jawab atas efek pengangkatan suasana hati yang positif karena pelepasan serotonin, peningkatan alami otak. Jika Anda menemukan bahwa coklat membuatmu merasa lebih baik, maka makan sedikit coklat bukanlah hal yang buruk.

Mengalami Bad Mood

Pikirkan Tentang Orang yang Kurang Beruntung

Jika Anda sedang dalam suasana hati yang sangat buruk, itu mungkin karena Anda merasa segalanya berjalan salah. Apa yang perlu Anda lakukan dalam kasus ini adalah mendapatkan kembali pengertian Anda tentang kehidupan. Jalan-jalan, mungkin saat makan siang, dan lihat orang-orang di sekitar Anda.

Kemungkinan Anda mungkin akan menemukan setidaknya satu orang yang mungkin akan menyelesaikan masalah Anda. Atau Anda mungkin melihat seseorang yang kurang beruntung sedang berjuang menjalani hidupnya. Jika Anda bisa, dapatkan pemahaman tentang perspektif – maka segala sesuatunya mungkin tidak tampak terlalu buruk.

Mendengarkan Musik

Setiap orang memiliki beberapa lagu favorit untuk didengarkan, dari komposisi musik klasik yang meriah hingga lagu pop yang memantul. Mendengarkan salah satu lagu favorit Anda – seperti yang Anda kaitkan dengan saat-saat bahagia dalam hidup – akan membantu Anda keluar dari suasana hati yang buruk.

Dan mengapa tidak melangkah lebih jauh dengan menyanyikan lagu favorit Anda dengan sekuat tenaga? Anda bahkan dapat melakukan ini jika Anda merasa suasana hati yang buruk saat terjebak macet – selama Anda tidak keberatan menjadi sumber hiburan bagi pengendara lain.

Dapatkan Lebih Banyak Cahaya

Pada waktu-waktu tertentu, kurangnya waktu siang hari dapat berdampak negatif pada suasana hati Anda. Terus berada didalam ruangan juga akan membuat suasana hati lebih murung. Anda dapat mencoba keluar lebih banyak pada siang hari, karena hal ini diketahui dapat meningkatkan suasana hati.

Luangkan Waktu Istirahat

Beri diri Anda kesempatan untuk mengosongkan semua pikiran negatif Anda dengan meluangkan waktu sejenak dan melakukan sesuatu yang berbeda. Misalnya, luangkan waktu setengah jam untuk berendam di bak mandi – ini dapat memberikan keajaiban dan membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Atau memasak makanan yang Anda sukai. Jika suasana hati Anda sedang buruk, terkadang ada baiknya untuk tidak berada di sekitar orang lain sampai perasaan bad mood itu hilang.

Hindari Orang yang Membuat Anda Dalam Suasana Hati Yang Buruk

Ini mungkin terlihat jelas, tetapi ada orang yang hanya memiliki kemampuan untuk membuat Anda dalam suasana hati yang buruk. Jadi beberapa situasi tidak dapat dihindari – misalnya rekan kerja atau atasan Anda. Tetapi akan ada orang lain dalam kehidupan sosial Anda yang dapat Anda hindari saat mengalami bad mood. Beberapa orang dapat menguras Anda dan membuat Anda dalam suasana hati yang buruk. Sebaiknya hindari orang-orang ini saat Anda bisa atau setidaknya jaga kontak Anda dengan mereka seminimal mungkin.

Buat Kontak Dengan Orang yang Positif

Sisi sebaliknya dari menghindari orang negatif adalah melakukan kontak dengan orang yang positif. Ada beberapa orang di luar sana yang memiliki pengaruh yang sangat positif bagi kita. Mereka adalah tipe orang yang mungkin tidak pernah Anda perdebatkan, atau tipe orang yang membuat Anda marah dengan selera humor mereka. Mungkin Anda baru saja kehilangan kontak dengan mereka, jadi mengapa tidak mencari tahu dan meningkatkan diri Anda. Jangan menunggu mereka melakukan langkah pertama – lakukan sendiri. Mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif akan berdampak positif pada suasana hati Anda.

Pikirkan Sesuatu yang Membahagiakan

Jika Anda bisa membawa diri Anda kembali ke saat Anda bahagia, ini akan langsung mengisi Anda dengan pikiran bahagia.

Jika Anda membutuhkan petunjuk, mengapa tidak menggali beberapa foto lama dari masa-masa indah yang pernah Anda miliki? Berada dalam suasana hati yang buruk dapat dihindari jika Anda menyingkirkan atau mengganggu pikiran buruk dan menggantinya dengan yang baik. Itu benar-benar tergantung pada pilihan – pilihlah untuk memikirkan pikiran-pikiran yang tidak bahagia dan Anda akan menjadi tidak bahagia, dan sebaliknya. Orang-orang hanya bahagia karena mereka membiarkan diri mereka sendiri bahagia.

Kesimpulan

Apa pun yang terjadi pada Anda, kenali apa yang mungkin menyebabkan suasana hati Anda dan terimalah bahwa emosi ini mungkin memiliki tujuan.

Rasa bersalah dapat memotivasi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki hubungan yang telah kita abaikan. Terima emosi tersebut dan lakukan tindakan yang perlu Anda lakukan.

Siapa pun bisa menjadi lebih bersemangat dan optimis hanya dengan menggunakan beberapa teknik yang disebutkan di atas.

Ketika Anda mencoba beberapa di antaranya, Anda pasti akan merasakan beban terangkat dari pundak Anda dan menjadi lebih positif.

Kunci dari itu semua adalah penerimaan, yaitu menerima bahwa suasana hati yang buruk adalah bagian hidup yang tak terhindarkan.

Teman Kerjoo harus bisa memberikan rasa nyaman bagi karyawan agar tetap bekerja secara optimal dan tidak mengalami bad mood di tempat kerja.

Gunakan aplikasi absensi Kerjoo untuk membantu mengoptimalkan kinerja karyawan. Kerjoo dilengkapi berbagai fitur absensi yang mendukung kerja remote maupun work from home. Daftar Kerjoo sekarang!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari