Cara Berpikir Positif saat Menghadapi Tekanan di Kantor

Ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi tekanan di kantor

Menghadapi Tekanan di Kantor

Daftar Isi

Mampu menghadapi tekanan di kantor adalah keterampilan yang sangat penting di bidang pekerjaan apapun. Bahkan tekanan di pekerjaan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi tekanan? Untuk menangani tekanan secara efektif, berikut adalah beberapa ide untuk diterapkan di tempat kerja.

Cara Menghadapi Tekanan di Tempat Kerja

Di antara tips-tips berikut, mana saja yang sudah biasa Anda lakukan untuk menghadapi tekanan di kantor?

- Selalu bersikap tenang

Pertahankan sikap tenang, apa pun yang terjadi. Ini membutuhkan beberapa latihan, tetapi semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan mendapatkannya.

Tetap tenang menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengambil langkah dengan tenang dan menyelesaikan tugas Anda bahkan dalam menghadapi keadaan yang sulit.

- Tetap fokus pada apa yang perlu dicapai

Meskipun ada hari yang mungkin membuat stres, pertahankan agar pikiran Anda tetap fokus untuk menyelesaikan tanggung jawab rutin Anda.

- Bantu rekan Anda

Mungkin Anda melihat rekan kerja Anda sedang sibuk dengan tugas mereka. Jika memungkinkan, tawarkan bantuan. Atau minimal berikan dukungan dan motivasi sebagai rekan kerja.

- Hindari drama dan tetap positif

Menolak untuk terlibat dalam argumen atau ketidaksepakatan lain dengan kolega Anda. Tetap sibuk agar pikiran Anda tetap positif dan fokus. Kita semua tersedot ke dalam drama secara berkala.

Tapi, jika Anda benar-benar merasa putus asa, berhentilah dan pikirkan apa yang menurut Anda merupakan resolusi akhir yang seharusnya. Berhenti, bernapas, mundur selangkah, dan lanjutkan dengan pikiran jernih.

Menghadapi Tekanan di Kantor

- Dapatkan bantuan jika Anda membutuhkan

Bagian dari pekerjaan Anda sebagai karyawan adalah bersikap komunikatif dengan atasan. Perhatikan jika ada sesuatu yang tidak sesuai dan segera dapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Menilai situasi dan menangani masalah dengan segera menunjukkan bahwa Anda dapat berpikir jernih di bawah tekanan.

- Hindari terlalu banyak kafein

Kopi adalah stimulan yang baik, dan meskipun dalam jumlah kecil dapat bermanfaat bagi Anda, tetapi terlalu banyak kopi sebenarnya dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya.

Batasi asupan kopi Anda dan beri jarak selama waktu kerja Anda. Cokelat juga merupakan stimulan, jadi hindari camilan cokelat.

- Istirahatlah yang cukup

Beristirahat sejenak membantu Anda melepaskan stres yang terpendam, menyegarkan Anda, dan benar-benar memungkinkan Anda menjadi lebih produktif. Berjalan-jalan ke kamar kecil atau hanya bangun dan bergerak di sekitar ruang kantor Anda.

- Manfaatkan waktu liburan dengan bijak

Sesibuk apapun, cuti atau libur tetap penting. Rencanakan liburan Anda selama masa-masa sulit di pekerjaan Anda. Tinggal selama waktu sibuk menunjukkan kepada atasan Anda dedikasi Anda.

- Bergabunglah dengan proyek-proyek besar

Dari waktu ke waktu, perusahaan Anda mungkin memerlukan bantuan untuk proyek besar atau kompleks. Ambil tanggung jawab dengan sikap antusias.

Menunjukkan kemampuan Anda untuk menjadi fleksibel menunjukkan kesediaan Anda untuk keluar dari zona nyaman, keterbukaan untuk mempelajari sesuatu yang baru, serta kemampuan Anda untuk menangani tekanan tambahan.

Menghadapi Tekanan di Kantor

Jika Anda merasa stres, hindari menunjukkan terlalu banyak

Lanjutkan tanggung jawab Anda, apa pun yang terjadi. Secara sadar mengembalikan pikiran Anda ke tindakan Anda saat ini dalam menyelesaikan tugas-tugas penting Anda akan membantu Anda melepaskan kekhawatiran dan stres lainnya.

Memiliki sikap positif membutuhkan latihan. Berikut sepuluh cara untuk mulai mengadopsi dan mempertahankan sikap yang lebih positif di tempat kerja (dan dalam kehidupan):

1. Hindari Gosip

Gosip dapat merusak kerja tim dan memengaruhi moral secara negatif. Agar tetap positif dan produktif, hindari gosip dan penggosip.

2. Mengurangi Keluhan

Mengeluh bisa menjadi hal yang kontraproduktif. Plus, itu sering kali membuat Anda merasa lebih buruk tentang situasinya, bukan lebih baik. Cobalah untuk lebih sadar kapan dan mengapa Anda mengeluh.

Melakukannya akan membantu Anda mengurangi perilaku negatif serta menemukan cara yang lebih positif dan produktif untuk membicarakan masalah ini di tempat kerja.

3. Gunakan Kosakata Positif

Kosakata positif dapat meningkatkan sikap Anda secara keseluruhan. Cobalah untuk mengganti kata-kata negatif dengan kata-kata positif ketika muncul dalam percakapan.

4. Tersenyum

Tersenyum akan memiliki efek meningkatkan suasana hati. Orang lain juga lebih cenderung tersenyum di sekitar Anda dan mengubah sikap mereka berdasarkan ekspresi wajah Anda.

5. Mengutamakan orang lain

Cobalah melakukan hal-hal baik untuk orang lain di kantor Anda tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Kebaikan tanpa pamrih paling sering menghasilkan penghargaan dari kolega Anda, yang, pada gilirannya, membuat Anda berdua merasa baik dan lebih positif.

6. Tidur yang cukup

Setelah sibuk di siang hari, usahakan mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Anda akan cenderung memiliki suasana hati yang baik dan pikiran yang jernih jika Anda cukup tidur.

7. Istirahat

Beristirahat sebentar di siang hari akan membantu Anda mengurangi potensi stres dan negativitas sekaligus menyegarkan pola pikir Anda. Jalan-jalan sebentar atau lakukan peregangan ringan. Kalau tidak, Anda bisa melakukan hobi atau kegiatan yang membuat Anda senang, seperti halnya menonton film.

8. Berlatihlah bersyukur

Perhatikan semua hal yang Anda jalani dan coba syukuri. Berfokus pada kebaikan baik dalam pekerjaan dan lingkungan pribadi akan membuat Anda bereaksi lebih sabar dan positif terhadap situasi stres.

Akan sangat membantu jika Anda menuliskan daftar hal-hal yang paling Anda syukuri setiap hari atau setiap minggu.

9. Simpan pengingat visual

Pengingat visual untuk tetap positif dapat membantu Anda mempertahankan pandangan yang baik bahkan selama acara yang membuat stres di tempat kerja.

Rekatkan catatan kecil ke komputer Anda atau di sekitar ruang kerja Anda dengan penegasan positif untuk menjaga perspektif sepanjang hari.

10. Berinteraksi dengan orang-orang yang positif

Hal positif itu menular. Berada di sekitar orang-orang yang positif akan membantu Anda mempertahankan pola pikir yang positif. Pemikiran positif sering kali dimulai dengan self-talk, yaitu aliran pikiran tak terucapkan tanpa akhir yang mengalir di kepala Anda.

Pikiran otomatis ini bisa positif atau negatif. Beberapa dari self-talk Anda berasal dari logika dan nalar. Self-talk lainnya mungkin timbul dari kesalahpahaman yang Anda buat karena kurangnya informasi.

Jika sebagian besar pikiran yang muncul di kepala Anda negatif, pandangan hidup Anda kemungkinan besar pesimis. Jika sebagian besar pikiran Anda positif, kemungkinan besar Anda adalah orang yang optimis, yaitu seseorang yang mempraktikkan pemikiran positif.

Kesimpulan

Jadi, seberapa penting kemampuan menangani tekanan di tempat kerja? Pengusaha pun mencari sifat ini ketika merekrut karyawan baru dan ketika mereka mempertimbangkan karyawan mana yang akan dipromosikan.

Tetaplah bersikap positif dan fokus pada pekerjaan Anda, apa pun situasinya. Ini menunjukkan kemampuan yang baik untuk bertahan dan berkembang di tempat kerja.

Mampu menghadapi tekanan adalah keterampilan praktis yang dapat membantu memajukan karier Anda.

Berlatihlah menggunakan tips ini dan Anda akan menemukan bahwa Anda menjadi lebih baik dan lebih baik dalam menangani tekanan yang Anda hadapi di tempat kerja secara efektif. Nah, selamat mencoba, ya!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari