Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meningkatkan Produktivitas Kerja seringkali dikaitkan dengan menghasilkan uang, bekerja keras, bekerja efisien, atau hal-hal yang menghasilkan prestasi terbaik.

Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja

Daftar Isi

Meningkatkan produktivitas kerja seringkali dikaitkan dengan menghasilkan uang, bekerja keras, bekerja efisien, atau hal-hal yang menghasilkan prestasi terbaik.

Namun, tidak semua karyawan dan manajer memiliki kebiasaan terbaik dalam menjaga ritme pekerjaan yang optimal. Faktanya, banyak yang akan membuang jam per minggu untuk aktivitas non-kerja.

Jadi, bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja dalam suatu organisasi? Bagian tersulit tentang memotivasi tenaga kerja adalah menemukan sistem yang mencakup keseluruhan. Misalnya, tidak semua orang peduli dengan predikat 'karyawan Terbaik” yang tergantung di dinding.

Membantu staf menciptakan kebiasaan yang optimal mungkin membutuhkan sedikit waktu, tetapi hasil akhirnya akan lebih menguntungkan. Bahkan perubahan sekecil apa pun dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Inilah salah satu alasan mengapa aplikasi produktivitas bisnis kecil sangat populer. Kali ini akan kita bahas beberapa tips paling sederhana yang dapat membantu Anda untuk tetap produktif dalam bekerja.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

1. Hindari Multitasking

Studi menunjukkan bagaimana seseorang dapat kehilangan 40% waktu produktif hanya dengan mengubah dari satu tugas ke tugas lain saat melakukan banyak tugas.

Apa yang dulunya dianggap sebagai hal yang baik, mampu menangani lebih banyak pekerjaan secara bersamaan telah terbukti bermasalah bagi banyak orang.

Menjaga pikiran tetap fokus pada satu tugas pada satu waktu mengurangi risiko membuat kesalahan sementara menyelesaikan satu pekerjaan itu lebih cepat.

Anda tidak akan memotong rumput dengan satu tangan saat mencoba mengoperasikan pemakan rumput dengan tangan yang lain, bukan? Ini menunjukkan betapa sulit dan canggungnya multitasking bagi sebagian orang.

Ini tidak berarti bahwa semua aspek multitasking buruk. Sebenarnya, mungkin ada beberapa tugas yang mudah digabungkan.

Namun, Anda harus ingat bagaimana seorang karyawan bisa merasa kewalahan ketika semakin banyak yang ditambahkan ke piringnya. Hasil akhirnya adalah lingkungan dengan stres tinggi yang sering kali mendorong banyak orang untuk berhenti.

2. Coba Rutin Berolahraga

Olahraga bukan hanya cara untuk menurunkan berat badan. Pada kenyataannya, aktivitas ini juga dapat meningkatkan kekuatan otak.

Banyak penelitian menunjukkan bagaimana kesehatan dan kebugaran meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan pemikiran logis.

Ini berarti rutinitas olahraga membuat pikiran tetap fokus pada tugas sehari-hari. Olahraga teratur juga membantu memberikan stamina sepanjang hari.

Inilah sebabnya mengapa banyak orang melakukan latihan rutin di pagi hari. Itu mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk apa yang akan datang.

Manfaat besar lainnya dari olahraga adalah beradaptasi dengan stres, terutama jika Anda berkomitmen pada rutinitas yang berat. Selama latihan intensif, tubuh melepaskan hormon endorphin, yang bertindak sebagai penghambat rasa sakit sekaligus stimulan.

Intinya adalah meningkatkan detak jantung Anda melalui aktivitas fisik. Anda bisa melakukan ini di pagi hari, tetapi banyak profesional akan mengambil beberapa “istirahat olahraga” yang lebih kecil sepanjang hari kerja.

Produktivitas Kerja

3. Hindari Notifikasi

Menonaktifkan notifikasi bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja, karena notifikasi datang dalam berbagai bentuk. Seperti email, panggilan telepon, pesan teks, dan bahkan interaksi media sosial menyita waktu dari produktivitas.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bagaimana karyawan akan menghabiskan 56 menit per hari berkat penggunaan telepon yang tidak terkait dengan pekerjaan.

Biasakan memperlakukan hari kerja apa adanya: hari kerja. Semua interaksi lain yang tidak terkait dengan pekerjaan mudah ditangani setelah jam kerja.

Dengan pengecualian dalam keadaan darurat, Anda dan staf Anda harus fokus pada pekerjaan yang ada dan bukan pada apa yang terjadi dengan situs-situs seperti Twitter.

Jadwalkan waktu yang tersedia sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda perlu menanggapi email atau melakukan panggilan telepon sepanjang hari yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, pastikan itu tidak mengganggu pekerjaan Anda.

Ini memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi di tempat kerja tanpa mengorbankan produktivitas Anda. Banyak pemilik bisnis akan menyisihkan pagi hari mereka secara khusus untuk mengelola email. Setelah itu, pikiran mereka terfokus pada tugas hari itu.

4. Fokus Pada Tugas Penting

Banyak yang bilang bahwa daftar tugas apa pun yang diberikan memiliki beberapa tugas yang lebih penting daripada yang lain.

Jika Anda berfokus hanya pada mencentang hitam daftar tugas, Anda akan mendapatkan campuran tugas penting dan kurang penting yang diselesaikan. Hal ini juga membuat Anda berpotensi untuk menunda-nunda.

Sehingga sangat mudah menghabiskan sepanjang hari untuk memeriksa hal-hal yang kurang penting untuk dilakukan alih-alih bekerja keras pada hal-hal yang sulit.

Alih-alih, luangkan beberapa menit di awal hari Anda untuk memilih 1–3 hal yang harus Anda selesaikan di penghujung hari. Dengan fokus baru pada apa yang penting, lebih mudah untuk membuat daftar tugas yang bermakna, pastikan hal-hal penting selesai.

5. Gunakan Pagi Anda untuk Fokus Pada Diri Sendiri

Mengawali pagi Anda dengan memeriksa email dan kalender adalah cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan produktivitas. Ini memungkinkan orang lain untuk mendikte apa yang Anda capai.

Mulailah hari Anda dengan mengabaikan email Anda di pagi hari dan mendapatkan sarapan yang baik, membaca berita, bermeditasi, atau berolahraga. Ini akan memastikan Anda mendapatkan bahan bakar yang diperlukan untuk hari yang produktif.

6. Beri Diri Anda Tenggat Waktu Untuk Bekerja

Meskipun pekerjaan Anda tidak mencantumkan tenggat waktu sebenarnya, membuatnya bisa sangat bermanfaat. Ini memberi Anda pola pikir bahwa suatu pekerjaan ‘perlu’ dilakukan pada waktu yang tepat.

Jika Anda dapat membiasakannya, Anda dapat menciptakan aliran pekerjaan yang berkelanjutan.

Tenggat waktu haruslah sesuatu yang realistis yang tidak akan membuat Anda terlalu stres. Mencoba menjejalkan dua jam kerja aktual menjadi 30 menit dapat menyebabkan kesalahan dan tekanan.

Di sisi lain, Anda juga tidak menginginkan tenggat waktu yang terlalu sederhana. Jika tidak, itu akan menggagalkan tujuan pembuatannya.

Bagian tersulit dalam memberi diri Anda batas waktu adalah mematuhinya. Banyak orang mungkin berpikir bahwa ini bukanlah tujuan yang sebenarnya.

Ini akan menyebabkan kelambanan alih-alih meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Mungkin temukan cara untuk menghargai diri sendiri dengan memenuhi tujuan tenggat waktu Anda.

7. Waktu Istirahat

Studi menunjukkan bagaimana manusia bisa mengalami kelelahan fisiologis setiap 90 menit bekerja. Jadi, mencoba memaksakan diri ke batas waktu 2 jam tradisional sebenarnya merusak produktivitas Anda dalam jangka panjang.

Meskipun stimulan dapat memberikan dorongan untuk membuatnya melebihi total 90 menit, ini bukanlah cara yang sehat untuk bekerja.

Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Istirahat memungkinkan tubuh dan pikiran untuk sedikit rileks.

Seberapa sering Anda meninggalkan sebuah proyek hanya untuk kembali dengan perspektif baru dan menyelesaikan tugas dengan mudah? Memberikan pikiran Anda waktu sejenak untuk mengumpulkan dirinya sendiri membantunya memproses informasi.

Kesimpulan

Demikian cara terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda yang membantu mereka untuk lebih fresh.

Nah, dengan mengikuti beberapa tips di atas, semoga hari-hari Anda lebih produktif lagi ya. Karena dengan meningkatnya produktivitas kerja, dipercaya bahwa hari-hari Anda pasti akan lebih menyenangkan.

Agar produktivitas kerja dapat berjalan lancar dan efektif, pastikan Teman Kerjoo tidak mengalami kendala dalam pengelolaan karyawan.

Gunakan aplikasi absensi Kerjoo untuk membantu mengoptimalkan kinerja karyawan. Kerjoo dilengkapi berbagai fitur absensi yang mendukung kerja remote maupun Work From Home. Daftar Kerjoo sekarang!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari