Bagaimana Cara Menggali Motivasi Kerja Karyawan?

motivasi kerja karyawan startup

Daftar Isi

Apa saja motivasi kerja karyawan? Apakah Anda seorang karyawan? Apabila Anda salah satu dari pada puluhan atau bahkan sampai ratusan ribu karyawan yang ada di negeri ini. Pastinya juga mereka yang seorang karyawan akan mempunyai semangat motivasi kerja yang berbeda-beda dalam menjalani pekerjaannya.

Seorang karyawan memerlukan sebuah atau beberapa motivasi. Motivasi kerja karyawan tersebut biasanya muncul dengan tidak terbayangkan oleh Anda. Tentunya dengan berbagai macam profesi yang dijalani oleh karyawan, semua profesi ini akan mempunyai motif yang berbeda-beda pula walaupun secara umumnya akan memiliki pola yang sama.

Lalu apa saja motivasi kerja karyawan di perusahaan ?

Di bawah ini penulis telah merangkum berbagai motivasi kerja karyawan yang biasanya dimiliki oleh karyawan. Pada umumnya memang latar belakang atau motivasi kerja karyawan dipengaruhi oleh dua latar belakang utama satu karena harta tahta dan kesenangan dan yang kedua adalah karena perasaan tanggung jawab. Motivasi kerja karyawan yang biasanya dikarenakan:

Motivasi kerja karyawan supaya lebih terjamin dari segi finansial dengan pendapatan gaji bulanan

Bisa dibilang jikalau ini merupakan motivasi kerja yang paling banyak dipergunakan. Perlu Anda ketahui jika mempunyai gaji tetap setiap bulan akan mempermudah mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu juga finansial merupakan salah satu dari pada prinsip kebahagiaan di dalam hidup.

Fasilitas yang dimiliki oleh seseorang tersebut mampu untuk memudahkan mereka dalam menjalani kehidupan hampir 80% pada saat mempunyai uang. Adanya gaji bulanan akan dapat menutupi segala macam kebutuhan hidup yang didambakan mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan tersier sampai dengan kebutuhan sekunder.

motivasi kerja karyawan

Sebagai permisalan saja jika dilihat dari kebutuhan primer Anda bisa memilih berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti layaknya minuman, makanan, papan dan sandang.

Adapun memang kebutuhan sekunder sebagai permisalahan saja untuk memenuhi kebutuhan pakaian yang layak dan bagus atau mempunyai rumah impian. Adapun memang kebutuhan tersier sebagai perpisahan saja untuk membeli mobil yang mewah dan juga kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk memanjakan diri atau jalan-jalan. Menjalani hobi dan lain sebagainya.

Bisa dibilang segala jenis motivasi kerja karyawan ini adalah supaya mereka lebih terjamin lagi secara finansial dengan gaji bulanan. Sehingga memang motivasi ini akan membuat semangat kerja Anda semakin meningkat lagi pada saat mendapatkan imbalan uang untuk memenuhi segala macam kebutuhan yang Anda miliki.

Adapun memang kekurangan dari motivasi kerja karyawan ini adalah Anda tidak lagi semangat dalam hal pekerjaan ketika tidak ada imbalan uang. Ini mengartikan bahwasannya motivasi bekerja Anda kemungkinan besar akan menurun. Sehingga berdampak pada kinerja yang Anda miliki dalam pekerjaan, dikarenakan alasan utama Anda tersebut merupakan imbalan gaji bulanan.

Anda ingin mempunyai jabatan yang didambakan dalam berkarir

Tentunya biasanya motivasi kerja karyawan tidak hanya sekadar bekerja saja memang, dan menyelesaikan tugas saja setiap harinya. Seorang karyawan juga memiliki motivasi ini, dan mereka akan mendedikasikan setiap pekerjaan yang ada di perusahaannya dengan segenap kemampuan mereka dan mengeksplor kemampuan-kemampuan yang mereka miliki.

Mengapa demikian?

Bisa dibilang karyawan itu akan melakukannya karena motivasi mereka untuk menjadi individu yang lebih baik di dalam komunitasnya. Adanya jabatan yang mereka inginkan akan membuat mereka senantiasa dapat meningkatkan skill dan kemampuan yang mereka miliki untuk mendukung karir. Sama saja adalah meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka. Berbagai cara dalam berkomunikasi, melakukan manajemen waktu dan juga pengelolaan emosional dan keuangan.

Tanpa Anda sadari jika seorang karyawan atau Anda mempunyai motivasi tersebut, maka akan dipaksa untuk dapat bersaing dengan rekan kerja dan menjadi yang paling baik di antara teman-teman sekantor serta mempunyai ide-ide yang paling baik dan pada akhirnya akan menjadi staf yang unggul dari segi apapun.

Sehingga dengan demikian Anda bisa meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan yang ada di dalam perusahaan tersebut. Sehingga dengan cara ini maka Anda akan menaikan produktivitas perusahaan di mana tempat Anda bekerja. Hal ini tentunya akan berguna apabila Anda sedang mencari pekerjaan lain. Ketika Anda sudah merasa cukup bosan dengan perusahaan sebelumnya dengan adanya pertimbangan-pertimbangan tertentu.

motivasi kerja karyawan

Motivasi kerja karyawan untuk dapat memberikan sebuah karya terbaik.

Jika bertanya apakah ada motivasi kerja karyawan hanya demi sebuah karya? Jawabannya adalah ada. Karyawan yang satu ini akan mempunyai motivasi yang paling utama yaitu dalam hal memberikan karya dan kemampuan terbaiknya. Hal ini bukan masalah karir ataupun gaji yang menjadi hal utama namun tipe karyawan yang satu ini lebih menghayati makna dari sebuah pekerjaan yang mereka jalani. Sehingga nantinya akan timbul perasaan tanggung jawab pada setiap pekerjaan yang karyawan kerjakan.

Ini merupakan salah satu dari pada tingkat motivasi karyawan yang sangat jarang sekali dimiliki oleh seorang pekerja. Mereka cenderung memposisikan diri bukan sebagai buruh atau pekerja yang dipekerjakan, namun mereka menghayati pekerjaan sehingga mereka akan dapat memberikan karya terbaik bagi perusahaan kelak.

Mencari dan belajar dari pengalaman

Salah satu dari seseorang ingin melamar pekerjaan adalah mendapatkan pengalaman motivasi belajar yang cukup tinggi. Perlu Anda ketahui jikalau tidak semua karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu ingin memperoleh karir atau gaji yang bagus aja. Ada juga karyawan yang ingin mencari pengalaman dan juga belajar saja.

Pada umumnya memang mereka akan mempunyai pemikiran jangka panjang yang dibilang begitu kompleks. Sebagai permisalan saja jikalau seorang karyawan tersebut hanya ingin belajar sebelum membangun perusahaan belajar, bagaimanakah SOP yang ada di sebuah perusahaan berjalan dan bagaimanakah sistem struktur dan pengaturan sebuah perusahaan atau mereka akan belajar tentang bagaimana sebuah perusahaan tersebut menjadi lebih sukses.

Adapun motivasi kerja karyawan yang disebutkan di atas pada umumnya juga akan dimiliki oleh semua karyawan akan mencari pengalaman. Sebagai salah satu motivasi mereka yang baru saja pekerjaan dan lurus dari perkuliahan atau yang biasa disebut dengan fresh graduate.

Sebagai permisalan saja jika mereka sedang mencari pengalaman sebagai staff administrasi atau keuangan. Adapun motivasi kerja karyawan ini memang pada umumnya dilakukan para karyawan. Karyawan jenis ini adalah karyawan termasuk dalam proses magang, training atau honorer. Tentunya dengan pengalaman yang mereka peroleh tersebut akan mempunyai kelebihan tersendiri pada saat mereka hendak mencari pekerjaan yang lebih baik nantinya.

Sebagian karyawan menjadikan pekerjaan sebagai hobi

motivasi kerja karyawan

Anda bisa membayangkan jika apa yang Anda kerjakan tersebut merupakan hobi. Hal ini bisa dikatakan jika hobi Anda tersebut di bayar. Tentunya hal ini bukanlah sekedar omong kosong belaka pada nyatanya motivasi yang dikarenakan hobi akan membuat karyawan tersebut menjadi semangat dalam bekerja hingga berkali-kali lipat. Pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan cinta. Sehingga sesuai ketika terjadi masalah pada pekerjaannya akan terasa begitu menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

Tentunya Anda jangan sesekali bekerja hanya karena ingin menyelesaikan kewajiban atau hanya mencari uang. Jikalau motivasi kerja karyawan seperti itu maka hal itu akan terasa berat dan tidak akan menyenangkan dalam pekerjaan. Setiap orang akan mempunyai motivasi kerja yang berbeda-beda tapi apabila Anda memiliki motivasi kerja karyawan terbesar dalam bekerja maka hal itu akan terus terpupuk dengan begitu baik.

coba gratis sekarang
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari