Panduan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online BPJS adalah sistem yang membantu perusahaan agar lebih mudah mengelola data karyawan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

SIPP Online BPJS

Daftar Isi

SIPP Online BPJS adalah sistem yang membantu perusahaan agar lebih mudah mengelola data karyawan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini menjadi bagian dari kebijakan pemberi kerja untuk memberi jaminan kesejahteraan karyawan yang bekerja.

Agar proses laporan mutasi data kepesertaan lebih mudah, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan SIPP Online BPJS. Ini adalah inovasi dari versi offline yang sudah diterapkan sebelumnya.

Sistem ini memberi solusi perusahaan agar terhindar dari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan informasi yang terjaga kualitas, validitas dan integritasnya.

Apa Itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

SIPP Online atau Sistem Informasi Pelaporan Peserta adalah sebuah website Kanal Pelaporan Data Perusahaan yang berfungsi untuk membantu perusahaan memudahkan pengelolaan data kepesertaan yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut adalah berupa data tenaga kerja (baru dan keluar), upah, dan nilai premi iuran.

Sebelum ada SIPP Online, BPJS Ketenagakerjaan sudah menyediakan platform offline atau SIPP Desktop. SIPP Online merupakan bentuk inovasi dari SIPP Offline atau Desktop.

Akses SIPP Online BPJS bisa melalui sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id atau melalui smartphone via aplikasi BPJSTK Mobile. Dengan fitur upload yang tersedia, data dari SIPP offline bisa diunggah ke SIPP online.

 SIPP Online BPJS

Cara Menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan;

1. Pendaftaran

  • Cara pendaftaran SIPP Online, silakan Anda buka situs web New SIPP dengan link https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/
  • Masuk ke form pendaftaran dengan klik pada tombol Login
  • Form login terbuka, dan klik 'Daftar SIPP'
  • Silakan isi Data Perusahaan dan juga Identitas Pengguna.
  • Isi NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi Anda. Apabila NPP sudah terdaftar, secara otomatis Nama Perusahaan pun terisi. Setelah itu, klik 'Next'
  • Isi data Email, Password, dan konfirmasi Password. Setelah itu, klik 'Next'
  • Halaman selanjutnya adalah Data User KPJ yang terdiri dari Nomor Peserta (KPJ), Tanggal Lahir, Nama Lengkap, dan Nomor HP, lalu klik 'Daftar'
  • Selanjutnya, lakukan verifiksi nomor handphone. Masukkan kode OTP yang dikirim ke SMS
  • Buka email untuk aktivasi akun SIPP BPJS Online. Klik tautan atau link yang dikirim ke email.

2. Login

  • Setelah selesai pada proses pendaftaran, selanjutnya Anda bisa login
    Masukkan email dan password seperti yang sudah didaftarkan sebelumnya, lalu klik 'Sign In'
  • Ketika sudah login, Anda akan melihat tampilan halaman Mutasi Data.

Fitur dan Menu pada Aplikasi SIPP Online

Berikut ini adalah fitur dan menu yang ada pada SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

1. Mutasi Data

Dengan fitur ini, maka perusahaan bisa mengatur perubahan data seputar tenaga kerja dan upahnya. Fitur Mutasi Data terdiri dari;

  • Tambah tenaga kerja
  • Upload upah
  • Upload tenaga kerja non aktif
  • Menghitung iuran
  • Finalisasi

2. Monitoring Iuran

SIPP Online juga ada fitur yang berguna untuk mengawasi pembayaran iuran atau pembayaran premi BPJS Ketenagakerjaan untuk masing-masing karyawan. Jadi, tidak akan terjadi kesalahan pembayaran dan perusahaan pun dipastikan tetap melaksanakan kewajibannya.

Bagaimana cara monitoring iuran? Sebelumnya, Anda perlu login dulu ke SIPP Online seperti langkah di atas. Aplikasi menampilkan data iuran perusahaan, yaitu jumlah iuran dan status pembayaran.

3. Laporan

Dengan fitur Laporan di SIPP Online, maka perusahaan dapat mengurus laporan yang dibutuhkan secara lebih cepat dan mudah. Fitur laporan ini terdiri dari;

  • F1A untuk tenaga kerja baru
  • F1B untuk tenaga kerja keluar
  • F2a untuk rincian upah
  • F2 untuk rincian iuran
  • Perubahan umur 56 tahun

4. Pengaturan Sistem

Fitur pengaturan ini bisa digunakan perusahaan untuk mengatur informasi seputar perusahaan yang terdiri dari;

  • Profil perusahaan
  • Tambah perusahaan
  • Remove perusahaan binaan
  • Tambahkan user
  • Nonaktifkan user

5. Fitur Tambahan

Selain fitur-fitur di atas, masih ada lagi fitur tambahan yaitu Ubah Pasword. Dengan demikian, setiap aksi bisa dilakukan dengan lebih aman. Melaui fitur-fitur unggulan yang ada, SIPP BPJS Ketenagakerjaan memberi kemudahan dan efisiensi untuk mengelola administrasi BPJS pegawai.

Persyaratan Peserta yang Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelumnya telah Anda cermati langkah penggunaan SIPP Online BPJS. Tapi, sebenarnya apa saja persyaratan peserta yang didaftarkan program BPJS Ketenagakerjaan? Berikut adalah daftar syarat pendaftaran program BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan kategori peserta.

- Kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja

Jika peserta adalah karyawan di perusahaan, maka ada sejumlah dokumen persyaratan yang harus terlampir untuk kebutuhan pendaftaran program jaminan ketenagakerjaan ini, antara lain;

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) asli dan salinan
  • NPWP Perusahaan asli dan salinan
  • Akta Perdagangan Perusahaan asli dan salinan
  • Salinan KTP karyawan
  • Salinan KK karyawan
  • Pas foto karyawan berukuran 2×3 (berwarna, 1 lembar)

Proses pendaftarannya bisa dilakukan oleh HR masing-masing perusahaan. Staf HR juga perlu mempersiapkan dokumen perusahaan yang termasuk persyaratan pendaftaran. Prosesnya tinggal mengikuti panduan dari website www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Lalu, ikuti instruksi untuk mendaftar layanan jaminan ketenagakerjaan ini.

- Kategori Tenaga Kerja di Luar Hubungan Kerja

Untuk peserta yang berstatus mandiri atau pekerja lepas, seperti freelancer atau wirausaha (tanpa badan usaha), maka pekerja mandiri kategori ini perlu membentuk tim organisasi minimal 10 orang. Syarat mendaftar program jaminan dari pemerintah ini memang dibutuhkan bentuk badan usaha atau organisasi.

Adapun beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan adalah;

  • Surat izin usaha dari desa atau kelurahan
  • Salinan KK dan KTP setiap pekerja
  • Pas foto pekerja berukuran 2×3 (berwarna, 1 lembar)
  • Ketika dokumen sudah lengkap, maka peserta membuka website BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat email perusahaan atau email salah satu anggota untuk memulai prosedur pendaftaran.
 SIPP Online BPJS

Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP BPJS Ketenagakerjaan memberikan beberapa manfaat nyata bagi perusahaan. Mulai dari sistem input data hingga keamanannya.

Pendaftaran, mutasi, dan input data lebih mudah

SIPP BPJS Ketenagakerjaan memungkinkan perusahaan melakukan pendaftaran, mutasi, dan input data pegawai secara lebih mudah dan akurat.

Saat perusahaan melakukan input data, data tersebut akan disinkronkan secara otomatis dengan data milik BPJS. Hal ini akan meminimalisir kesalahan atau pemalsuan data. Data yang sinkron akan mencegah oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang ingin melakukan kecurangan.

Iuran menjadi lebih praktis

Pembayaran iuran menjadi lebih mudah lewat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Peserta BPJS dapat melakukan pembayaran dengan praktis.

Sistem akan membuat jadwal pembayaran secara otomatis supaya peserta tidak perlu repot membayar secara manual. Selain itu, sistem ini juga menghindarkan peserta dari pungutan liar (pungli).

Menghemat waktu

SIPP BPJS Ketenagakerjaan menerapkan sistem satu alur. Hal ini tentu membuat segala proses berjalan dengan lebih cepat dan lancar. Pengguna dapat menyelesaikan pendaftaran, mutasi, dan input data dalam waktu singkat. Pengguna juga tidak perlu repot-repot mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Keamanan data terjamin

SIPP BPJS Ketenagakerjaan memberikan pengamanan berlapis supaya data yang diinput tetap aman. Sistem ini akan mengirim one-time PIN melalui SMS dan email kepada pengguna.

Selain itu, sistem ini juga memberlakukan automatic log out jika tidak ada aktivitas yang dilakukan dalam jangka waktu lima menit.

SIPP BPJS Ketenagakerjaan juga dilengkapi dengan firewall yang menjamin bahwa hanya pengguna yang dapat mengaksesnya. Dengan beragam sistem keamanan ini, data pegawai perusahaan Anda dijamin aman.

Menjamin risiko pekerjaan karyawan

Dengan BPJS, karyawan jadi lebih terjamin apabila ada risiko yang terjadi saat bekerja. Itulah mengapa, perusahaan perlu memberikan fasilitas asuransi ketenagakerjaan agar karyawan lebih tenang dalam bekerja.

Di Indonesia saat ini, jaminan untuk tenaga kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan meliputi 4 (empat) program jaminan, yakni;

Melalui program-program jaminan tersebut, maka perusahaan mendapat kemudahan karena tinggal mengikuti panduan atau prosedur pencairan tanpa harus membangun sistem sendiri. Apalagi setelah adanya layanan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Sementara itu, manfaat bagi karyawan, BPJS Ketenagakerjaan bisa mengurangi risiko saat terjadi hal-hal yang tidak terduga, misalnya kecelakaan kerja atau bahkan terkena PHK. Bukan hanya dirasakan oleh karyawan secara individu, tapi juga untuk keluarga mereka.

Kesimpulan

Adanya layanan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, maka perusahaan bisa lebih mudah lagi dalam mengurus data karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut tentu mendukung pemberian jaminan kesejahteraan karyawan yang bekerja.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi daya tarik saat perusahaan membuka rekrutmen. Bahwa hal tersebut bisa menjadi salah satu fasilitas yang bisa diberikan oleh perusahaan.

Bergerak di manapun perusahaan Anda, kini Anda lebih mudah untuk memantau kinerja karyawan dengan proses yang efisien dengan aplikasi absensi online.

Dengan solusi absensi online, Kerjoo menghadirkan berbagai fitur yang mendukung kinerja karyawan. Yuk cek info lebih lanjut tentang fitur absensi online untuk karyawan di sini dan dapatkan manfaatnya untuk jangka panjang.


bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari