Tutorial Penggunaan Fitur Sembunyikan Gaji Karyawan

Fitur Sembunyikan Gaji

Daftar Isi

Informasi gaji karyawan adalah sesuatu yang harus disampaikan dengan jelas oleh perusahaan kepada karyawan di setiap periode penggajian. Anda pasti sudah mengetahui pentingnya transparansi gaji karyawan.

Bukan hanya sebagai formalitas semata, tapi ini adalah dokumen yang berguna untuk berbagai keperluan. Manfaat slip gaji bisa berbeda untuk setiap orang, begitu juga dengan nominal gajinya.

Pada dasarnya transparansi gaji adalah tentang kesepakatan antara perusahaan dan karyawan. Dengan adanya informasi gaji yang telah dibayarkan itu, maka karyawan yang bersangkutan jadi lebih tenang karena sudah menerima sesuatu yang menjadi haknya.

Meskipun demikian, transparansi gaji antar karyawan masih ada pro dan kontra. Ada kalanya hal ini menjadi topik yang berpotensi tidak nyaman bagi sebagian orang.

Ada sejumlah alasan mengapa beberapa karyawan enggan membagi info gajinya dengan rekan kerja atau bahkan teman dan keluarga. Itulah mengapa, dari aplikasi Kerjoo sekarang memberi solusi yang memungkinkan karyawan menyembunyikan informasi gaji dari aplikasi mobile.

Cukup melalui email pribadi saja karyawan yang bersangkutan menerima slip gaji. Sebelumnya, cari tahu dulu alasan mengapa perlu menyembunyikan gaji.

Fitur Sembunyikan Gaji Karyawan

Alasan untuk Menyembunyikan Informasi Gaji

Berikut ini adalah alasan-alasan karyawan untuk menyembunyikan informasi gaji.

1. Alasan Privasi

Sebagian orang akan merasa tidak nyaman saat orang lain tahu berapa banyak uang yang mereka dapatkan. Masalah privasi seperti ini memang penting bagi seseorang.

Karyawan yang mengetahui gaji rekan kerja dapat merasa kurang dihargai jika gaji mereka lebih rendah. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan antar karyawan, konflik, atau kesan tidak adil.

2. Menghindari Kompetisi

Transparansi gaji karyawan, pada tingkatan tertentu dapat menimbulkan ketegangan antara karyawan. Hal ini juga dapat menyebabkan kekecewaan, motivasi kerja yang berkurang, dan keinginan untuk meninggalkan perusahaan.

Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika informasi gaji mereka tidak diketahui oleh rekan kerja atau keluarga, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih tenang.

3. Mengatasi Kecemasan

Penelitian dari Harvard Business School menunjukkan 69% pekerja menganggap bahwa menanyakan gaji rekan kerja bukan hal yang sopan. Bahkan, 89% pekerja tidak nyaman untuk membahas gaji dengan kolega.

Hal ini tidak terlepas dari risiko kecemasan tentang bagaimana reaksi orang lain terhadap gaji mereka. Mereka menghindari situasi di mana orang lain menganggap mereka tidak cukup berhasil dalam pekerjaannya.

4. Agar Tidak Terjadi Konflik

Alasan berikutnya mengapa seseorang memilih menyembunyikan gaji adalah karena tidak ingin terjadi diskriminasi atau perlakuan tidak adil. Khususnya jika informasi gaji diketahui oleh rekan kerja atau keluarga.

Bukan hanya itu, tapi juga mempengaruhi kesempatan kerja mereka di masa depan. Itu sebabnya, seseorang lebih tertarik menyembunyikan informasi gaji mereka dari orang lain.

5. Meminimalisir Informasi Atau Data

Alasan untuk menyembunyikan gaji karyawan sebenarnya tidak selalu terkait dengan risiko konflik. Tapi, memang karena tidak dibutuhkan. Karyawan sudah menyadari bahwa terlalu banyak informasi atau data justru tidak efisien.

Perusahaan yang menjalankan administrasi dengan baik dan benar tentunya sudah membangun kepercayaan pada karyawannya. Khususnya berkaitan dengan informasi gaji, cukup melalui email saja.

Fitur Sembunyikan Gaji Karyawan

Pro dan Kontra tentang Transparansi Gaji Karyawan

Kebijakan untuk memberitahukan atau sembunyikan gaji karyawan adalah keputusan perusahaan. Apabila tidak terlalu dibutuhkan, maka informasi gaji cukup lewat email saja karena lebih efisien.

Ada alasan secara spesifik mengapa terjadi pro dan kontra tentang transparansi gaji, bahkan sampai menjadi objek penelitian ilmiah.

Karyawan yang mengetahui gaji yang diterima oleh rekan kerja bisa merasa tidak puas dengan gaji mereka, kemudian menuntut kenaikan gaji. Hal itu dapat menyebabkan biaya tambahan bagi perusahaan.

Ketika karyawan merasa tidak mendapat apresiasi yang layan saat bekerja di perusahaan tersebut, maka mereka bisa segera meninggalkan perusahaan.

Itulah sebabnya, perusahaan perlu mempertimbangkan dampak dan risikonya sebelum memutuskan untuk menerapkan transparansi gaji karyawan. Khususnya tentang informasi gaji yang bisa dilihat melalui ponsel yang terinstall aplikasi Kerjoo.

Sebagai langkah yang realistis, perusahaan harus mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Solusinya bisa sederhana karena sudah menjadi satu di dalam aplikasi absensi Kerjoo. Berikutnya, Anda akan temukan cara untuk sembunyikan gaji karyawan.

Saatnya Gunakan Fitur Sembunyikan Gaji

Bagaimana penggunaan fitur sembunyikan gaji karyawan? Pada pembahasan singkat kali akan kami jelaskan tentang cara menyembunyikan tombol untuk melihat gaji pada aplikasi karyawan.

Fitur melihat gaji pada aplikasi akan tertera pada bagian bawah saat membuka aplikasi Kerjoo di handphone masing-masing. Tapi, supervisor atau admin bisa menyembunyikan fitur ini dari aplikasi karyawan.

Berikut adalah langkah-langkahnya secara berurutan.

  • Anda bisa membuka dashboard admin dengan cara login dulu ke akun perusahaan
  • Klik menu Pengaturan dan pilih Aplikasi Mobile
  • Pada kolom pilihan Sembunyikan Tombol Lihat Gaji, beri centang ‘Ya’
  • Klik Simpan.
Fitur Sembunyikan Gaji Karyawan

Jika sudah diatur seperti di atas, maka di aplikasi mobile karyawan otomatis berganti tampilan. Tidak ada lagi tombol untuk melihat gaji, dan karyawan tidak bisa melihat besaran gaji yang terbayar.

Meskipun tidak melihat melalui ponsel, tapi karyawan bisa mendapat informasi slip gaji melalui email yang dikirim setiap bulan di tanggal gajian.

Selanjutnya, perusahaan tinggal fokus saja untuk menerapkan sistem penggajian yang sesuai aturan yang berlaku. Slip gaji yang dikirim ke email pribadi karyawan juga hanya menjadi hak karyawan yang bersangkutan.

Di dalam slip gaji, beberapa poin yang harus ada di antaranya:

  • Identitas karyawan
  • Informasi kontak
  • Periode gaji
  • Detail gaji
  • Potongan (jika ada)
  • Total gaji yang diterima
  • Informasi perusahaan
  • Tanda tangan

Dengan format slip gaji yang mudah dibaca, maka karyawan tidak perlu lagi untuk melihat informasi gaji melalui aplikasi di ponsel.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang penggunaan fitur sembunyikan gaji karyawan. Perusahaan bisa mengatur tampilan di aplikasi mobile di handphone karyawan yang telah diinstal aplikasi Kerjoo. Agar lebih efisien dan tetap transparan, info gaji bisa dicek lewat email.

Khusus tentang transparansi gaji karyawan ini, yang terpenting adalah transparansi antara perusahaan dan karyawan. Sementara itu, antar sesama karyawan tidak perlu mengetahuinya.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah sistem penggajian di kantor Anda sudah tidak ada kendala?

Setiap periode penggajian bagian payroll perusahaan bertanggung jawab dalam urusan penggajian karyawan. Bidang ini memang krusial, jadi sebisa mungkin dikerjakan secara efisien menggunakan aplikasi penggajian terbaik.

Dengan aplikasi absensi Kerjoo, hitung gaji dan bayar gaji jauh lebih praktis dan aman dari risiko.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari