Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Tahun 2024, Berani Coba?

Bisnis rumahan

Daftar Isi

Bisnis rumahan memang menjadi salah satu hal yang menarik, apalagi ketika ada tren baru yang diminati masyarakat.

Tentu akan lebih menyenangkan jika bisa produktif dan berpenghasilan dari rumah. Selain work from home, penghasilan tambahan juga dapat diperoleh dengan melihat peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Sebagian orang mencari peluang bisnis rumahan karena kebutuhan untuk tetap mendapat pemasukan meskipun tidak bekerja seperti biasa.

Pada saat kondisi krisis, pemikiran manusia akan bekerja lebih keras. Saat itulah ide bisnis kreatif bermunculan.

peluang bisnis rumahan

Peluang Bisnis Rumahan Bisa Jadi Sumber Pemasukan yang Besar

Bahkan ketika masih memiliki pekerjaan rutin, bisnis rumahan juga masih bisa dijalani asalkan bisa membagi waktu sebaik mungkin.

Menekuni usaha sampingan dari rumah bisa menjadi langkah tepat agar bisa mendapat tambahan pemasukan dan juga memaksimalkan potensi diri yang dimiliki.

Meskipun hanya dikerjakan sebagai pekerjaan sambilan di waktu luang, tidak jarang justru menjadi sumber pemasukan yang besar.

Apabila sudah berjalan lancar nantinya bisa dijadikan pekerjaan full time ketika memang harus resign dari pekerjaan di kantor saat ini.

Faktanya, sudah banyak yang sukses setelah menemukan peluang bisnis rumahan dan menekuninya.

Apa saja bisnis rumahan yang berpotensi menghasilkan pada tahun ini?

1. Bisnis Pakaian

Ide bisnis pakaian memang tidak ada matinya karena tren selalu berubah. Untuk melakukan aktivitas, jenis pakaiannya pun bermacam-macam dan ada pakaian khusus untuk masing-masing kegiatan.

Misalnya untuk baju kerja, belanja, jalan-jalan, atau pergi ke rumah saudara, pakaiannya berbeda-beda.

Urusan tren berbelanja pakaian dari tahun ke tahun juga berubah-ubah. Saat ini banyak tren fashion lama yang muncul kembali dan dibuat dengan bahan yang lebih berkualitas.

Apapun modelnya, yang penting tetap nyaman dipakai untuk beraktivitas. Jika berminat, Anda juga bisa kembangkan bisnis yang menawarkan pakaian rumahan dan juga sambil tetap melihat tren mode yang diminati pasar.

2. Snack Box Kekinian

Tren bisnis snack box juga banyak menarik minat generasi millenial belakangan ini. Alasannya adalah karena pengaruh media sosial.

Bukan hanya kotak dengan isi makanan di acara hajatan, snack box tampil lebih elegan dan isinya bervariasi. Isi, ukuran, dan harganya bisa bervariasi karena bisa disesuaikan dengan keinginan customer.

Selain menjual snack box pada hari-hari biasa, pemilik bisnisnya juga bisa membuat edisi spesial pada momen tertentu misalnya pada saat menjelang hari raya dan membutuhkan hampers dan parcel untuk dikirim ke teman-temannya.

Agar lebih berkesan, bisa juga ditambah kartu ucapan yang personal seperti pada momen wisuda, ulang tahun, anniversary, dan sebagainya. Jangan lupa untuk perhatikan respons pelanggan agar pelayanan terus bisa ditingkatkan.

3. Bisnis Mainan Anak agar Tidak Banyak Main Gadget

Terkadang anak-anak mudah bosan dan memilih untuk main gadget milik orang tua. Tidak sedikit kemudian orang tua yang mencari-cari cara untuk menghibur anak-anak agar terhibur dan bisa lebih aktif bergerak.

Karena itulah, mainan anak-anak adalah salah satu peluang bisnis rumahan yang dapat dicoba untuk tawarjab. Khususnya untuk target anak-anak di bawah 5 tahun, mainan edukatif juga sangat penting untuk mendorong perkembangan otak anak.

4. Dekorasi dan Peralatan Rumah

Mood seseorang yang selalu berada di dalam rumah berubah-ubah. Ada saatnya suasana rumah perlu diubah agar bisa meningkatkan mood, sehingga untuk beraktivitas jadi lebih bersemangat.

Salah satu hal yang bisa dilakukan di rumah adalah beres-beres ruangan sambil menata ulang suasana rumah agar terlihat lebih fresh.

Selain memanfaatkan barang-barang di rumah, kadang dekorasi dan peralatan rumah juga diperlukan. Jika Anda mencari peluang bisnis rumahan, maka dekorasi dan peralatan rumah adalah salah satu produk yang berpotensi menguntungkan karena memang banyak yang membutuhkan.

5. Makanan dan Minuman Sehat

Kesehatan memang menjadi sesuatu yang berharga buat semua orang, apalagi beberapa tahun terakhir ini.

Mungkin sebelum-sebelumnya banyak orang yang belum begitu memperhatikan pola makan, tapi sekarang lebih teliti lagi dalam mengonsumsi sesuatu. Bukan hanya mengisi perut, tapi juga agar bisa tetap sehat.

Tingkat konsumsi makanan sehat, minuman sehat, suplemen, dan juga vitamin pun meningkat. Hal itu menjadi peluang buat Anda yang menjalankan usaha rumahan, khususnya makanan dan minuman sehat yang bisa delivery.

Untuk variasi menunya bisa dikembangkan sesuai selera, misalnya menawarkan menu yang khas dari luar negeri. Bisa juga menawarkan paket khusus untuk diet.

6. Alat-alat Olahraga

Bukan hanya makanan dan minuman sehat, kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat juga. Belakangan ini banyak orang yang lebih rajin untuk bersepeda. Di beberapa marketplace, tren penjualan sepeda juga meningkat.

Anda bisa kembangkan bisnis yang menjual alat-alat olahraga dengan harga yang terjangkau banyak kalangan. Jika ingin fokus olahraga jenis tertentu, pasarnya pun bisa disesuaikan. Misalnya menjual keperluan sepeda melalui komunitas.

Tapi bisa juga riset produk lain di mana pesaingnya belum terlalu banyak. Bukan hanya peralatan olahraga, tapi juga bisa menjual perlengkapan untuk olahraga, misalnya pakaian dan sepatu olahraga.

7. Kursus Online Juga Bisa Jadi Peluang Bisnis Rumahan

Kursus online juga banyak peminatnya seiring dengan perkembangan internet. Selama beberapa tahun terakhir ini juga menjadi momen perubahan gaya belajar anak sekolah, mahasiswa, atau masyarakat umum yang ingin menambah skill.

Buat yang punya skill dan bisa mengajar, bisnis membuka kursus online adalah salah satu yang prospeknya bagus pada tahun ini. Bukan hanya untuk mencari untung, tapi juga memberikan kesempatan belajar orang-orang yang terkendala belajar tatap muka.

Jenis kursus online yang ditawarkan ada beragam, misalnya; kursus bahasa Inggris, kelas menulis online, belajar design, digital marketing, dan sebagainya.

peluang bisnis rumahan

Perlu Riset untuk Mencari Peluang Bisnis Rumahan

Setiap orang tentunya memiliki potensi yang berbeda setiap bidangnya. Termasuk dalam hal bisnis rumahan, disarankan untuk memulainya dari hal yang disenangi.

Misalnya menjual sesuatu yang mendukung hobinya, tentu hal itu akan lebih mudah prosesnya daripada sekadar mengikuti tren. Apapun yang dijual dan berapapun harganya, pasti ada target konsumen khusus yang membutugkannya.

Seringkali, proses riset sangat dibutuhkan sebelum merilis produk atau jasa ke khalayak. Tujuannya adalah memastikan supaya produk atau jasa yang ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan target konsumen.

Kesimpulan

Bisnis rumahan semakin berkembang, termasuk yang bergerak secara online. Di antara contoh bisnis rumahan di atas, apakah Anda sudah mencobanya?

Entah itu menawarkan produk barang atau jasa, yang pasti penawarannya harus sesuai kebutuhan masyarakat. Melihat potensi yang terjadi di tahun ini, pada 2022 nanti bisnis rumahan bisa dijalankan secara full time ataupun menjadi sambilan karena masih menjadi karyawan perusahaan.

Ketika bisnis rumahan ditekuni dan sudah memiliki banyak pelanggan setia, tentu saja akan bagus dampaknya di masa depan. Ketika skalanya sudah besar, tim yang mengelola juga akan lebih banyak dan tidak lagi cukup untuk mengandalkan diri sendiri.

Tidak ada salahnya untuk memiliki cita-cita atau rencana besar bahwa nanti bisnis yang dijalani menjadi besar dan memiliki banyak karyawan. Agar pekerjaan karyawan terkelola dengan baik, pemilik bisnis juga perlu memikirkan cara paling efektif yang biayanya terjangkau.

Kabar baiknya sekarang aplikasi Kerjoo hadir untuk mendukung usaha Anda, berapapun skalanya, untuk mengelola karyawan melalui absensi online yang mudah dilakukan kapanpun dan di manapun hanya dengan modal smartphone.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari