Tips untuk Memotivasi Diri Karyawan Setelah Pandemi

Dengan tips untuk memotivasi diri, Anda dan tim bisa lebih fokus dan bersemangat dalam segala situasi

Tips untuk Memotivasi Diri Karyawan Setelah Pandemi

Inilah tips memotivasi diri tim Anda untuk bekerja lebih keras – Semangat dan fokus saat Anda bekerja dapat berdampak besar pada produktivitas secara keseluruhan. Terlepas dari seberapa besar Anda mencintai pekerjaan, kita semua memiliki hari-hari ketika kita membutuhkan motivasi ekstra.

Memang motivasi tidak mudah dipahami. Beberapa hari Anda merasakannya, dan di hari lain Anda tidak dapat merasakannya sedikit pun tidak peduli seberapa keras Anda mencoba. Kurangnya motivasi dalam bekerja dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain; kelelahan, kurang tidur, kebosanan, tujuan yang tidak jelas, bahkan kegiatan yang berulang dan monoton.

Sangat wajar untuk memiliki hari yang kurang produktif dari waktu ke waktu, jadi jangan terlalu stres tentang hal itu. Ada kalanya Anda hanya membutuhkan dorongan ekstra untuk membuat diri Anda maju. Untuk sukses dalam apa yang Anda lakukan, Anda harus menjadi yang terbaik dan hanya dapat memberikannya 100% ketika Anda merasa termotivasi. Kali ini akan kita bagikan beberapa tips yang akan membantu Anda tetap termotivasi untuk bekerja lebih keras:

Tips Memotivasi Diri

Kelilingi Diri Anda dengan Orang-orang yang Termotivasi

Orang-orang di sekitar Anda akan memainkan peran penting dalam kesuksesan pribadi dan profesional Anda. Saat Anda dikelilingi rekan kerja yang melakukan hal-hal hebat di tempat kerja, mereka juga akan menginspirasi Anda untuk mendorong lebih keras dan melakukan pekerjaan Anda sendiri dengan lebih baik. Memiliki rekan kerja yang menginspirasi Anda dan mendorong Anda untuk sukses sangatlah penting. Pastikan orang yang menghabiskan waktu bersama Anda adalah orang yang menyeimbangkan kerja keras dan waktu luang.

Jangan Menganggapnya Sebagai Sebuah Beban

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan tidak menganggap apa yang Anda lakukan sebagai beban. Biarkan pekerjaan membantu Anda menjadi yang Anda inginkan dan selangkah lebih maju menuju kesuksesan. Ketika Anda telah memutuskan untuk melakukan sesuatu, jangan memikirkan betapa sulit, membuat frustrasi, atau tidak mungkinnya hal itu. Sebaliknya, pikirkan tentang seberapa baik atau bangga Anda akan perasaan setelah Anda mencapainya. Bayangkan proyek yang diberikan kepada Anda bukan sebagai beban tetapi sebagai teka-teki menarik yang akan membantu Anda maju dalam bidang pekerjaan Anda. Dengan cara ini, motivasi akan lebih mudah didapat.

Bagi tugas Menjadi Lebih Kecil

Sangatlah penting untuk memiliki tujuan yang sangat besar dan ambisius yang ingin Anda capai. Tetapi untuk sampai di sana, pastikan Anda memecah tujuan itu menjadi potongan-potongan kecil yang muda dicapai. Ini akan membantu Anda menemukan rintangan di sepanjang jalan, dan Anda dapat mempersiapkan diri untuk mengatasinya. Prestasi kecil ini dapat meningkatkan moral kerja batin Anda secara luar biasa. Ini juga akan memberikan Anda rasa pencapaian ketika Anda menyelesaikannya. Perasaan membuat kemajuan dan mencapai sesuatu adalah kombinasi yang indah.

Memotivasi Diri dengan Self Reward

Salah satu cara yang lebih efisien untuk membuat diri Anda terus maju adalah dengan menghargai diri sendiri. Buat keputusan untuk memanjakan diri sendiri jika Anda berhasil menyelesaikan serangkaian tugas. Saat Anda menyelesaikan tugas yang tidak Anda sukai atau saat Anda mencapai pencapaian besar dalam sebuah proyek, manjakanlah diri Anda. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda merasa dihargai karena telah melaksanakan tugas, Anda juga akan lebih termotivasi untuk maju ke pencapaian berikutnya — dan hadiah yang menyertainya.

Istirahat

Penelitian menunjukkan bahwa Anda sebenarnya lebih produktif jika Anda sering beristirahat — kira-kira setiap 45-50 menit sekali. Dengan tetap fokus selama 45 menit tanpa membiarkan gangguan mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan, Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat. Anda perlu membuat keputusan tegas untuk berhenti pada titik tertentu dan memberi diri Anda istirahat. Ini akan membantu Anda merasa lebih segar, dan Anda akan jauh lebih produktif saat kembali bekerja. Tidak realistis untuk berpikir Anda dapat diberi energi setiap saat. Anda perlu memberi diri Anda waktu untuk menenangkan diri dan melepaskan diri dari tuntutan pekerjaan Anda. Ini akan membantu Anda bekerja lebih keras dan lebih cerdas ke depannya.

Memotivasi Diri

Ingatkan Diri Anda

Tidak ada yang bisa lebih memotivasi Anda selain terus-menerus mengingatkan diri sendiri tentang mengapa anda melakukan ini. Baik Anda menulis artikel, merancang rencana, atau membangun produk yang Anda sukai, penting untuk tetap berhubungan dengan apa yang menginspirasi Anda. Setiap orang memiliki visi dan kapan pun Anda merasa tidak terinspirasi, mundurlah sejenak dan pikirkan mengapa bekerja keras akan membuat perbedaan dalam mencapai tujuan itu. Mengingat mengapa Anda melakukan pekerjaan ini dapat memberi Anda motivasi internal untuk mencapai tujuan Anda. Apakah Anda sedang mengerjakan sebuah proyek yang memiliki hasil yang membuat Anda bersemangat atau apakah Anda hanya ingin menyediakan makanan untuk keluarga Anda, penting untuk memikirkan apa yang memotivasi Anda untuk melakukan pekerjaan itu.

Mulailah Hari Anda dengan Pekerjaan Penting

Jika Anda memulai hari Anda dengan pekerjaan yang paling penting, meskipun itu yang paling menantang atau sesuatu yang tidak Anda nikmati, Anda akan merasa lebih produktif dan lebih termotivasi sepanjang hari. Untuk mencapai ini, adalah ide yang baik untuk membuat daftar tugas harian Anda pada malam sebelumnya. Dengan melakukannya, Anda akan jauh lebih mungkin menempatkan tugas-tugas tidak menyenangkan yang perlu diselesaikan di bagian atas daftar Anda dan dengan menyelesaikannya di awal hari, Anda akan merasa sukses sejak awal.

Jaga Energi Fisik

Memberi pekerjaan Anda sepanjang hari tidak hanya membutuhkan kemauan keras tetapi juga energi fisik. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam — tujuh hingga sembilan jam per malam — pertahankan pola makan yang sehat dan cobalah berolahraga setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Dalam beberapa kasus, masalahnya bukan pada mental, tetapi fisik. Meskipun Anda memiliki kemauan untuk bekerja keras tetapi tidak memiliki energi fisik untuk menyelesaikan tugas, sulit untuk menyelesaikannya sendiri. Penting bagi setiap individu yang bekerja untuk tidur setidaknya tujuh sampai sembilan jam, menjaga pola makan yang sehat, dan mencoba berolahraga. Jika tubuh Anda tidak siap untuk itu, akan sangat sulit untuk tetap termotivasi dan memberikan yang terbaik di tempat kerja.

Kesimpulan

Pada penghujung hari yang sibuk, semua orang ingin pulang dan merasa bangga dengan apa yang telah mereka lakukan. Perlakukan pekerjaan Anda, apa pun itu, dengan bangga dan hormat. Ada kalanya pekerjaan Anda tidak ideal, tetapi ada alasan Anda melakukannya. Fokus saja pada “mengapa” untuk memberi diri Anda pengalaman yang menyenangkan dan menyenangkan. Memiliki etos kerja dan memotivasi diri dapat membantu Anda merasa puas dalam bekerja.

coba gratis sekarang