Beberapa Tips untuk Mengatur Keuangan di Usia Muda

Tips untuk Mengatur Keuangan

Daftar Isi

Saat Anda masih muda, menabung bisa tampak seperti tugas yang mustahil. Mudah untuk melihat gaji Anda sebagai cara untuk melewati bulan ke bulan dan bukan cara untuk mempersiapkan masa depan dan menabung untuk kesulitan keuangan.

Tetapi, menyisihkan sedikit uang setiap bulan dapat membuat perbedaan besar. Kiat menghemat uang untuk anak muda ini dapat membantu Anda memulai jalan menuju kesuksesan finansial di masa depan.

Tips Mengatur Keuangan untuk Karyawan

Inilah beberapa tips untuk mengatur keuangan di usia muda.

Pelajari Pengendalian Diri

Jika Anda beruntung, orang tua Anda mengajari Anda keterampilan ini ketika Anda masih kecil. Jika tidak, perlu diingat bahwa semakin cepat Anda mempelajari seni menunda kepuasan, semakin cepat Anda akan merasa mudah untuk mengatur keuangan pribadi Anda.

Meskipun Anda dapat dengan mudah membeli item secara kredit pada saat Anda menginginkannya, lebih baik menunggu sampai Anda benar-benar menghemat uang untuk pembelian tersebut. Kartu debit sama mudahnya dan mengambil uang dari rekening koran Anda, daripada mengumpulkan biaya bunga.

Jika Anda terbiasa meletakkan semua pembelian Anda dengan kartu kredit meskipun tidak dapat membayar tagihan Anda secara penuh di akhir bulan, Anda mungkin masih membayar untuk barang-barang tersebut dalam 10 tahun.

Kartu kredit itu nyaman dan melunasinya tepat waktu, membantu Anda membangun peringkat kredit yang baik. Beberapa menawarkan hadiah yang menarik. Tetapi pastikan untuk selalu melunasi saldo Anda saat tagihan tiba.

Selain itu, jangan membawa lebih banyak kartu daripada yang bisa Anda lacak. Tip finansial ini sangat penting untuk menciptakan sejarah kredit yang sehat.

Tips Mengatur Keuangan

Kontrol Masa Depan Keuangan Anda

Jika Anda tidak belajar mengelola uang Anda sendiri, orang lain akan menemukan cara untuk mengelolanya untuk Anda.

Beberapa dari orang-orang ini mungkin bermaksud buruk, seperti perencana keuangan berbasis komisi yang tidak bermoral. Orang lain mungkin bermaksud baik, tetapi mereka mungkin tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Alih-alih mengandalkan nasihat orang lain, ambil alih dan bacalah beberapa buku dasar tentang keuangan pribadi.

Setelah Anda dipersenjatai dengan pengetahuan, jangan biarkan siapa pun membuat Anda lengah — apakah itu orang penting yang perlahan-lahan menyedot rekening bank Anda atau teman yang ingin Anda pergi keluar dan menghabiskan banyak uang bersama mereka setiap akhir pekan.

Ketahui Kemana Uang Anda Pergi

Setelah Anda membaca beberapa buku keuangan pribadi, Anda akan menyadari betapa pentingnya memastikan bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi penghasilan Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menganggarkan dana. Begitu Anda melihat bagaimana biaya kopi pagi Anda bertambah selama sebulan, Anda akan menyadari bahwa membuat perubahan kecil yang dapat dikelola dalam pengeluaran sehari-hari Anda dapat berdampak besar pada situasi keuangan Anda seperti halnya mendapatkan kenaikan gaji.

Selain itu, menjaga pengeluaran rutin bulanan Anda serendah mungkin dapat menghemat banyak uang dari waktu ke waktu.

Bahkan jika Anda dapat mengayunkan apartemen yang dipenuhi fasilitas sekarang, memilih sesuatu yang lebih sederhana dapat membuat Anda mampu memiliki kondominium atau rumah lebih cepat daripada yang seharusnya Anda lakukan.

Mulai Dana Darurat

Salah satu mantra keuangan pribadi yang paling sering diulang adalah “bayar dirimu sendiri dulu.”

Tidak peduli berapa banyak Anda berhutang dalam pinjaman mahasiswa atau hutang kartu kredit, dan tidak peduli seberapa rendah gaji Anda tampaknya, adalah bijaksana untuk menemukan sejumlah — berapa pun — uang dalam anggaran Anda untuk disimpan dalam dana darurat setiap bulan.

Memiliki uang dalam tabungan untuk digunakan dalam keadaan darurat dapat menjauhkan Anda dari masalah finansial dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Selain itu, jika Anda terbiasa menabung dan memperlakukannya sebagai pengeluaran bulanan yang tidak dapat dinegosiasikan, Anda akan segera memiliki lebih dari sekadar simpanan uang darurat: Anda akan memiliki uang pensiun, uang liburan, atau bahkan uang untuk turun. pembayaran rumah.

Sangat mudah untuk menempatkan dana Anda pada rekening tabungan standar, tetapi ini hampir tidak menghasilkan bunga. Masukkan dana Anda ke rekening tabungan online berbunga tinggi, sertifikat deposito jangka pendek, atau rekening pasar uang.

Jika tidak, inflasi akan mengikis nilai tabungan Anda. Pastikan saja aturan kendaraan tabungan Anda mengizinkan Anda untuk mendapatkan uang Anda dengan cepat dalam keadaan darurat.

Pembelanjaan Berdasarkan Penghasilan Anda

Kita semua tahu orang-orang yang membelanjakan uang jauh di atas kemampuan mereka. Salahkan pada kartu kredit, selera mahal atau apa pun yang Anda inginkan. Tetapi membelanjakan lebih dari yang Anda mampu adalah masalah besar yang mengarah pada hutang.

Pengeluaran berdasarkan pendapatan Anda tidak hanya berarti membeli lebih sedikit barang. Ini juga berkaitan dengan jenis produk yang Anda beli.

Misalnya, Anda mungkin ingin membeli semua makanan organik di toko bahan makanan, tetapi jika Anda tidak mampu membelinya, Anda harus mencari alternatif lain.

Mungkin itu berarti membeli beberapa produk organik dan beberapa yang biasa. Atau mungkin Anda harus mendapatkan mobil kelas bawah untuk saat ini karena Anda tidak mampu membeli Lexus yang benar-benar Anda inginkan. Belajar membelanjakan sesuai kemampuan Anda dan Anda akan terhindar dari banyak masalah uang.

Jangan Meminjamkan Uang yang Tidak Bisa Anda Relakan

Anda akan belajar tentang stres yang menyertai meminjamkan uang kepada orang lain. Berikut adalah aturan praktis yang bagus untuk meminjamkan uang kepada orang lain. Jika Anda tidak mampu kehilangannya, jangan pinjamkan.

Meski terdengar pesimistis, selalu dekati pinjaman dengan harapan Anda tidak akan dibayar kembali. Ini tidak hanya akan menyelamatkan Anda dari stres ketika orang tersebut belum melunasi Anda, tetapi juga dapat menghindari situasi canggung karena harus sering meminta seseorang untuk melunasi Anda karena Anda sangat membutuhkan uang.

Beli Asuransi yang Tepat

Mendapatkan asuransi adalah salah satu hal “dewasa” pertama yang dilakukan banyak orang berusia dua puluhan. Baik itu asuransi kesehatan, asuransi mobil, atau bahkan asuransi jiwa, ada baiknya untuk melindungi diri Anda sendiri.

Sayangnya, kebanyakan dari kita membuat kesalahan dengan tidak mencari-cari asuransi. Anda mungkin saja menggunakan apa pun yang digunakan orang tua Anda atau apa pun yang ditawarkan di pekerjaan Anda. Namun, meluangkan waktu untuk melakukan penelitian berpotensi menyelamatkan Anda ratusan atau bahkan ribuan setiap tahun.

Kesimpulan

Ada banyak informasi untuk mengatur keuangan, Anda hanya perlu melakukan riset untuk menemukannya. Bagian terbaiknya adalah informasinya mudah dicerna dan tidak kering dan membosankan seperti buku teks.

Mengambil kendali atas keuangan Anda sendiri berarti Anda dapat berdiri di atas kedua kaki Anda sendiri tanpa bergantung pada satu sumber pendapatan, keluarga Anda atau orang lain. Yuk, mulai mengatur keuangan dari usia muda!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari