9 Tips Efektif Agar Presentasi Lancar Tanpa Gugup

Tips Efektif Agar Presentasi Lancar Tanpa Gugup

Daftar Isi

Apakah Anda pernah merasa gugup saat presentasi? Saat menempuh pendidikan dan bekerja profesional, Anda kemungkinan besar akan diminta untuk berbicara di depan orang banyak. Merancang presentasi lancar, jelas, dan menarik adalah keterampilan yang akan terus Anda kembangkan.

Memang ada banyak pendapat yang berbeda tentang cara memberikan presentasi. Ada beberapa keterampilan sederhana yang dapat Anda pelajari untuk memberikan presentasi yang baik, terlepas dari gaya yang Anda sukai.

Akan sangat membantu jika Anda menetapkan tujuan spesifik untuk diri Anda sendiri agar meningkat seiring waktu.

Yang Perlu Dilakukan Agar Presentasi Lancar

Banyak orang menghabiskan seluruh hidup mereka untuk bekerja menjadi pembicara yang hebat. Jadi bersabarlah dan tidak masalah jika Anda masih membuat kesalahan. Berikut beberapa tips untuk lancar dalam presentasi.

1. Presentasi Lancar Dimulai dari Kesederhanaan

Saat menyusun presentasi, ingatlah bahwa lebih sederhana lebih baik. Gunakan 10 slide atau kurang, pertahankan di bawah 20 menit dan buat ukuran font Anda setidaknya 30 poin.

Kerangka kerja ini memastikan presentasi Anda jelas, tajam, dan langsung ke intinya. Sebagian besar kunci keberhasilan presentasi Anda terletak pada suara, penjelasan, dan bahasa tubuh, bukan materi presentasi itu sendiri.

Anda juga harus mencoba dan mempertahankan ide utama Anda pada tiga poin kunci atau kurang. Sebutkan mereka di awal dan akhir presentasi Anda untuk memastikan audiens mengingat pesan yang paling penting.

2. Persiapkan dan Praktikkan

Setelah Anda menyusun presentasi, Anda harus mendedikasikan waktu untuk mempersiapkan poin-poin pembicaraan Anda.

Untuk melakukan ini, akan sangat membantu jika meminta beberapa teman atau kolega tepercaya untuk mendengarkan uji coba. Mintalah tanggapan jujur mereka tentang visual, suara bicara, bahasa tubuh, dan aspek lain dari presentasi Anda.

Pastikan untuk berlatih tetapi tidak menghafal presentasi Anda. Jika Anda menghafal setiap baris presentasi Anda, akan mudah keluar jalurnya saat Anda gugup atau lupa satu atau dua kata.

Sebaliknya, persiapkan poin-poin pembicaraan sederhana yang dapat mengarahkan presentasi Anda. Bicaralah secara terbuka dan yakinlah dengan pengetahuan Anda tentang subjek tersebut.

3. Mulailah dengan Bercerita

Untuk menarik perhatian audiens Anda selama presentasi, akan sangat membantu untuk membuat awal yang menarik. Bagaimanapun Anda memutuskan untuk memulai presentasi Anda, pastikan itu relevan dengan isi presentasi Anda agar diingat oleh audiens Anda di akhir.

Berikut beberapa cara untuk melakukannya agar presentasi lancar:

  • Adakan pertanyaan, masalah, atau cerita pendek yang menarik.
  • Kutipan orang-orang yang berpengaruh atau menarik.
  • Bagikan cerita yang mengarah ke topik utama presentasi Anda.
  • Tunjukkan statistik, bagan atau gambar yang menarik.
  • Putar video singkat yang menyiapkan presentasi Anda.
  • Buat pernyataan yang menimbulkan rasa ingin tahu atau mengejutkan penonton.

Bercerita adalah cara yang baik untuk membuat konsep, ide, atau informasi yang Anda sampaikan menjadi relevan. Ini menambahkan konteks dan membantu audiens lebih memahami dan terhubung dengan presentasi Anda. Sekali lagi, hanya ceritakan cerita yang akan meningkatkan dan mendukung ide utama Anda.

Tips Efektif Agar Presentasi Lancar Tanpa Gugup

4. Tunjukkan Antusiasme

Menampilkan minat dan kepedulian Anda terhadap topik atau informasi yang Anda sajikan akan menarik perhatian audiens. Orang senang mendengarkan orang yang benar-benar senang berbagi pengetahuan dengan orang lain.

5. Cari Mentor atau Tiru Tokoh Inspiratif Lainnya

Meskipun Anda tentu harus mengembangkan dan menampilkan kepribadian berbicara Anda sendiri, belajar dari pembicara hebat lainnya dapat membantu.

Carilah seseorang di perusahaan Anda yang menurut Anda adalah presenter yang hebat dan bisa menyajikan presentasi lancar, segera minta mereka menjadi mentor Anda.

Selain itu, ada banyak sekali video online dan sumber daya lain yang didedikasikan untuk meningkatkan keterampilan presentasi. Luangkan waktu untuk mempelajari presentasi lain dan meniru kualitas yang menurut Anda efektif.

6. Manfaatkan Bahasa Tubuh

Meskipun konten tertulis dan verbal dari presentasi Anda tentu saja penting, komunikasi nonverbal Anda harus membantu mendukung informasi yang Anda bagikan:

  • Bergeraklah dengan tenang di sekitar panggung atau lantai tempat Anda melakukan presentasi, alih-alih tetap di satu tempat. Buat gerakan Anda mengalir dengan presentasi alih-alih mengganggu.
  • Hindari menempatkan diri Anda di belakang podium atau meja jika memungkinkan.
  • Lakukan kontak mata dengan audiens untuk membuat presentasi Anda lancar, terasa dekat, dan komunikatif.
  • Gunakan gerak tubuh dan ekspresi wajah untuk mendukung momen ketika Anda menjelaskan konsep atau menunjukkan kegembiraan tentang suatu topik.
  • Berdiri tegak dengan bahu ke belakang dan lengan terbuka untuk menunjukkan kepercayaan diri dan untuk membuat audiens merasa disambut dengan presentasi Anda.

7. Gunakan Bantuan Visual

Jika sebuah konsep dapat didukung atau lebih mudah dijelaskan dengan bantuan visual, gunakan konsep tersebut dalam presentasi yang lancar.

Meskipun Anda mungkin memiliki slide yang akan mendukung presentasi Anda secara visual, memiliki infografis, bagan, foto, video, gambar atau rendering juga dapat membantu.

Jika itu membuat segala sesuatunya menjadi sulit atau lebih kompleks dengan cara apa pun, tetapi tetap jaga presentasi Anda tetap sederhana dan mudah diakses.

8. Gunakan Suara Anda Agar Presentasi Lancar

Salah satu cara untuk mendukung audiens Anda adalah dengan menggunakan suara bicara yang kuat. Penting agar Anda tidak membuat audiens Anda tegang untuk mendengar Anda atau berjuang untuk memperhatikan pembicara yang terlalu keras.

Cara yang baik untuk menguji volume Anda adalah dengan mempraktikkan presentasi Anda di tempat sebelumnya dengan teman atau kolega tepercaya yang dapat memberikan umpan balik atas suara bicara Anda.

Jika Anda kesulitan mempertahankan nada percaya diri dan tenang pada volume yang bagus, pertimbangkan untuk menggunakan mikrofon. Pastikan untuk menguji mikrofon dan teknologi terkait sebelumnya.

9. Presentasi Lancar Perlu Dinikmati

Membuat dan menyajikan informasi kepada satu, beberapa, atau sekelompok besar orang adalah pencapaian besar. Nikmati diri Anda sendiri selama prosesnya, ini akan membuat presentasi Anda lebih baik.

Melakukannya akan meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa gugup. Tarik napas dalam beberapa kali. Setelah presentasi Anda selesai, hadiahi diri Anda dengan cara yang berarti.

Banggalah dengan pencapaian Anda dan, ketika Anda siap, mintalah umpan balik yang jujur ​​untuk membuat presentasi Anda berikutnya menjadi lebih baik.

Jika Anda bisa membuat diri Anda rileks, Anda hampir pasti akan tampil lebih baik. Jika Anda benar-benar dapat mulai menikmati diri sendiri, audiens Anda akan menanggapinya, dan terlibat dengan lebih baik. Presentasi Anda akan meningkat secara eksponensial, begitu pula kepercayaan diri Anda.

Kesimpulan

Saat presentasi selesai dan Anda merasa seperti Anda baru saja menaklukkan dunia, tetapi itu belum berakhir. Rayakan momen presentasi lancar. Tapi ingat, akan ada lebih banyak presentasi di masa depan.

Jika presentasi Anda direkam, tonton rekamannya. Jika ada orang di antara audiens yang dapat Anda percayai untuk jujur dengan feedback mereka, tanyakan kepada mereka.

Presentasi sudah menjadi semacam rutinitas di dunia kerja untuk mengkomunikasikan berbagai macam dokumen.

Presentasi yang bagus bukan hanya menarik, tapi juga memudahkan bagi yang melihat. Bicara tentang kemudahan, itulah yang ditawarkan oleh aplikasi absensi Kerjoo yang dibutuhkan oleh karyawan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari