Penjelasan Lebih Lengkap tentang Peran Manager di Perusahaan

Keberadaan manager di perusahaan memang krusial untuk memastikan bahwa aspek strategis dan operasional berjalan optimal

Manager adalah

Daftar Isi

Manager adalah pihak yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola berbagai urusan manajerial di perusahaan atau organisasi.

Keberadaan manager di perusahaan memang krusial untuk memastikan bahwa aspek strategis dan operasional berjalan dengan optimal.

Tentunya seorang manager memiliki kemampuan manajerial seperti keterampilan teknis, keterampilan konseptual, dan keterampilan interpersonal.

Di dalam organisasi ada berbagai tingkatan manager berdasarkan alur kerja dan tanggung jawabnya.

Mungkin Anda sedang melakukan wawancara kerja untuk posisi manager atau sekadar ingin tahu apa saja yang dibutuhkan dalam posisi manajemen, memahami peran manager adalah hal yang sangat membantu.

Peran Manager Adalah Seperti Berikut

Sebelumnya, pahami juga tentang pengertian manager menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Manager adalah 1.) orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran atau 2.) orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.

Manager adalah

Tanggung jawab sehari-hari seorang manager mungkin berbeda-beda tergantung pada industri tempat mereka bekerja.

Namun, dilihat dari berbagai sektor, tangung jawab atau peran manajer di antaranya:

- Menetapkan Tujuan yang Selaras dengan Organisasi

Manajer bertanggung jawab untuk menetapkan tujuan yang selaras dengan tujuan organisasi. Para profesional ini juga harus mengembangkan dan menerapkan strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu tim mereka mencapai target tersebut.

Untuk memastikan tim mereka berhasil mencapai tujuan mereka, manajer harus melakukan hal berikut:

  • Mengomunikasikan tujuan yang jelas kepada karyawan.
  • Memilih orang yang tepat untuk setiap tugas.
  • Memotivasi karyawan untuk mencapai setiap tujuan.
  • Menetapkan tenggat waktu yang sesuai.
  • Menghubungi karyawan untuk memastikan mereka membuat kemajuan.
  • Menetapkan indikator kinerja utama untuk mengukur keberhasilan.
  • Meninjau metrik kinerja secara teratur.
  • Melakukan penyesuaian strategi jika diperlukan.

- Memimpin Tim Satu Divisi

Selanjutnya, tanggung jawab utama seorang manager adalah memimpin timnya, khususnya dalam satu divisi. Misalnya manager marketing mengelola dan mengarahkan kegiatan pemasaran suatu perusahaan.

Mereka memberikan arahan kepada karyawan, serta mendelegasikan tugas kepada karyawan tertentu dan memastikan proyek tetap berjalan sesuai rencana.

Manajer berkomitmen pada peran sebagai pemimpin yang adil untuk membantu meningkatkan produktivitas tim mereka.

- Pelatihan Karyawan

Manager sering kali bertanggung jawab untuk melatih timnya untuk melaksanakan tugas pekerjaannya dan mempelajari keterampilan baru. Mereka mungkin juga menawarkan peluang pengembangan profesional.

Seringkali, manajer juga bertindak sebagai mentor bagi karyawan agar dapat mereka gunakan untuk memajukan karier mereka.

- Mengurus Rekrutmen Karyawan Baru

Manajer juga sering bekerja dengan departemen HR perusahaannya untuk merekrut karyawan baru. Mereka mungkin mengidentifikasi kandidat pekerjaan, melakukan wawancara dan memberikan tawaran pekerjaan.

Umumnya, manajer yang hebat tahu cara mengetahui apakah seorang kandidat pekerjaan cocok untuk tim mereka. Mereka tahu keterampilan dan kualitas apa yang dibutuhkan orang-orang agar bisa unggul di departemennya.

- Memantau Tugas Administrasi

Manajer sering kali bertanggung jawab untuk menangani beberapa tugas administratif. Jenis tanggung jawab ini seringkali berbeda-beda tergantung pada pekerjaannya.

Misalnya, seorang manager restoran mungkin harus merencanakan menu, mengelola reservasi, dan melengkapi dokumentasi tentang persyaratan kebersihan dan kesehatan. Manager hotel sering kali menangani pemesanan kamar dan email pelanggan.

Beberapa tugas dan peran administratif manager adalah:

  • Pengisian jadwal
  • Mengurus dokumen untuk karyawan baru
  • Memproses penggajian
  • Perencanaan acara
  • Mempersiapkan materi pelatihan
  • Membuat atau mendistribusikan materi pemasaran
  • Melengkapi dokumen yang sesuai untuk perizinan atau persyaratan hukum
  • Menangani pengeluaran dan mengelola anggaran

Pada praktiknya, manager selalu terorganisir dan berorientasi pada tugas. Meskipun pimpinan sering kali mendelegasikan banyak tanggung jawab administratif kepada staf, manager juga harus memahami cara menyelesaikan tugas agar dapat mengembangkan prosedur yang efektif.

Manager adalah

Keterampilan yang Dibutuhkan Manager

Manager perlu memiliki keahlian dinamis untuk berkembang dalam peran mereka. Beberapa keterampilan tersebut antara lain:

1. Kemampuan Manajerial Secara Umum

Sebelumnya telah disebutkan bahwa manager harus memiliki kemampuan manajerial, yaitu keterampilan teknis, keterampilan konseptual, dan keterampilan interpersonal.

Keterampilan Teknis

  • Pemahaman tentang proses bisnis dan operasional.
  • Kemampuan analisis data dan pengambilan keputusan berbasis fakta.
  • Pengetahuan tentang teknologi yang relevan untuk industri atau sektor pekerjaan tertentu.
  • Kemampuan manajemen proyek dan perencanaan.

Keterampilan Konseptual

  • Kemampuan berpikir strategis untuk merencanakan jangka panjang.
  • Analisis situasi secara menyeluruh dan pemahaman terhadap dampak keputusan pada organisasi.
  • Pemahaman tentang tren industri dan perubahan lingkungan bisnis.
  • Kemampuan untuk mengembangkan dan menerapkan visi organisasi.

Keterampilan Interpersonal

  • Kemampuan komunikasi yang efektif dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal organisasi.
  • Keterampilan kepemimpinan untuk memotivasi dan mengarahkan tim.
  • Kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.
  • Keterampilan manajemen konflik untuk menangani situasi sulit atau ketegangan di tim.

Dalam konteks manajerial, keseimbangan antara keterampilan teknis, konseptual, dan interpersonal sangat penting.

Manajer yang efektif dapat mengintegrasikan pemahaman mendalam tentang operasi bisnis dengan kemampuan berpikir strategis dan keterampilan interpersonal untuk memimpin dan mengelola tim

2. Keterampilan Organisasi

Seorang manager harus menyelesaikan tugas dan memantau kinerja timnya. Terkadang hal ini bisa menjadi tidak mudah untuk bekerjasama dengan semua orang yang berbeda karakter.

Namun seorang manager tahu kapan harus bersikap suportif dan kapan harus meminta pertanggungjawaban tim.

Keterampilan organisasi mereka yang sempurna memberi mereka waktu untuk memilah-milah dan fokus pada kesejahteraan anggota tim mereka.

Mereka juga dapat membuat rencana proyek dan mendelegasikan tanggung jawab penting kepada karyawan tepercaya yang dapat memenuhi tenggat waktu untuk tugas tertentu.

3. Kemampuan Komunikasi Efektif

Cara seorang manager berkomunikasi dengan tim dapat menentukan hubungan mereka dengan seorang karyawan atau anggota tim eksekutif.

Seorang manager harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitarnya dan menyesuaikan gaya komunikasinya dengan situasi yang mereka hadapi.

Misalnya, seorang manager dapat memberikan kritik yang membangun kepada seorang karyawan selama peninjauan kinerja yang menghasilkan kinerja yang lebih baik di masa depan atau mereka dapat melakukannya.

Kemudian mendengarkan tim eksekutif dan membuat catatan efektif tentang bagaimana melaksanakan rencana strategis perusahaan.

4. Empati dan Pelayanan Pelanggan

Pelanggan dapat memperhatikan bagaimana pengalaman mereka berinteraksi dengan bisnis yang Anda tawarkan. Seorang manager juga harus siap mengungkapkan empati saat bekerja dengan pelanggan.

Hasil dari manager yang berempati adalah pelanggan dapat memiliki hubungan jangka panjang dengan perusahaan dan karyawan yang bekerja di dalamnya.

Empati membantu manager untuk merasakan dan memahami kebutuhan, harapan, serta tantangan yang dihadapi oleh pelanggan. Dengan pemahaman yang baik ini, manager dapat mengarahkan timnya untuk memberikan produk atau layanan yang lebih tepat.

Kesimpulan

Seperti halnya pemimpin, manajer adalah posisi yang menetukan banyak hal strategis. Khususnya tentang bagaimana mengelola karyawan yang efektif.

Manager terbaik selalu mengevaluasi kembali strategi penetapan tujuan mereka dan mencari cara untuk memastikan karyawan bekerja dengan cara terbaik dan seefisien mungkin.

Pengelolaan data karyawan dapat lebih mudah bersama aplikasi absensi online Kerjoo.

Aplikasi Kerjoo terintegrasi dengan fitur HRIS yang memudahkan manajer HR mengelola dan meningkatkan produktivitas karyawan di kantor, WFH, maupun tim lapangan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari