Apa Itu Face Recognition? Penjelasan Lengkap Arti dan Cara Kerja

Face recognition

Daftar Isi

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi di dunia sangat cepat. Salah satu bukti dari perkembangan teknologi yang cepat adalah face recognition. Saat ini, hampir semua sistem keamanan ponsel dan aplikasi menggunakan teknologi face recognition. Bahkan, sudah ada sistem absensi yang beralih ke teknologi ini. Tetapi, apa itu face recognition?

Singkatnya, face recognition adalah salah satu teknologi biometrik untuk melakukan identifikasi wajah. Face recognition atau facial recognition ini sangat sering Anda jumpai dalam berbagai merek smartphone. Teknologi ini dinilai memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding penggunaan password atau PIN karena sifat dari wajah yang personal.

Lalu, bagaimana cara kerja dan manfaat dari face recognition? Untuk memahami lebih jauh mengenai apa itu face recognition, simak hingga tuntas penjelasan lengkap mengenai apa itu face recognition dan cara kerja teknologi ini.

Apa Itu Face Recognition?

face recognition

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah apa itu face recognition. Teknologi pengenalan wajah atau face recognition adalah teknologi biometrik wajah yang menggunakan AI atau artificial intelligence untuk mengidentifikasi wajah. Teknologi biometrik wajah ini memiliki metode yang hampir sama seperti biometrik sidik jari atau fingerprint.

AI atau kecerdasan buatan dalam teknologi biometrik wajah ini membuat smartphone atau aplikasi untuk dapat mengenali wajah dari sensor secara real-time. Tetapi, darimana teknologi ini dapat mengenali wajah? Nah, semua wajah yang teridentifikasi oleh sensor tersebut, sebelumnya telah terekam dalam database komputer.

Teknologi pengenalan wajah ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 1964 dan ditemukan oleh seorang ahli komputer bernama Woodrow Wilson Bledsoe dalam tugasnya membantu badan intelijen. Ia bersama dua orang lainnya menciptakan teknologi ini dengan melakukan perhitungan komputer serta rotasi matematika. Dengan menggunakan dua metode tersebut, mereka berhasil memalsukan wajah seseorang dari beberapa sudut dalam pengambilan gambar.

Akhirnya, teknologi ini terus dikembangkan pada tahun 1970-an dengan menambahkan beberapa detail seperti ketebalan bibir dan warna rambut. Sejak saat itu, teknologi face recognition ini telah digunakan secara umum dan terus berkembang. Hingga akhirnya pada tahun 2017, perusahaan Apple mengeluarkan smartphone yang menggunakan teknologi face recognition.

Nah, bila teknologi biometrik wajah ini berfungsi untuk mengenali wajah, lalu apa perbedaan antara face recognition dan face detection itu? Keduanya sangatlah berbeda, baik dari pengertian dan metode teknologinya. Face detection tidak melakukan pengenalan wajah seperti face recognition. Face detection hanya merekam wajah saat ditangkap oleh sensor kamera.

Cara Kerja Face Recognition

cara kerja face recognition

Dalam penjelasan mengenai apa itu face recognition, Anda telah mengetahui bahwa teknologi ini dapat mengenali atau mengidentifikasi wajah berdasarkan data yang terekam dalam database. Sebetulnya, cara kerja face recognition sebagai teknologi biometrik wajah ini hampir mirip dengan cara kerja finger print. Nah, apa saja langkah dalam cara kerja face recognition itu?

1.      Face Recognition Mendeteksi Wajah

Langkah yang pertama adalah sistem dari teknologi biometrik wajah ini akan mendeteksi atau menangkap foto wajah Anda. Umumnya, beberapa device akan melakukannya dengan memindai gambar atau foto Anda. Tetapi, ada juga yang mendeteksi wajah dari video untuk menangkap gambar secara 3D. Dalam tahap ini, Anda harus mengarahkan wajah Anda luru ke depan menghadap kamera agar seluruh bagian dari wajah Anda terdeteksi.

2.      Analisis Struktur Wajah

Selanjutnya, setelah gambar atau foto dari wajah Anda ditangkap, sistem akan menganalisis semua bagian dan struktur dari wajah Anda. Analisis ini guna membedakan identitas Anda dari bentuk wajah dengan orang lain. Sehingga, tidak ada yang dapat mengakses data tersebut selain daripada Anda sebagai pemilik identitas asli.

3.      Mengubah Gambar Wajah menjadi Face print

Setelah gambar dari wajah Anda selesai ditangkap dan dianalisis, selanjutnya sistem akan mengubah hasil analisis tersebut menjadi data. Nah, data atas bentuk dan struktur wajah Anda ini disebut dengan face print. Data face print tersebut terdiri dari berbagai kode numerik yang membedakan wajah Anda dengan wajah lainnya yang terekam dalam sistem.

4.      Mengidentifikasi Face print

Terakhir, bila gambar wajah Anda telah diubah menjadi bentuk data face print, maka sistem akan melakukan identifikasi terhadap data face print tersebut. Di dalam setiap device, sistem ini telah memiliki ratusan, bahkan ribuan data face print yang terekam dalam database. Oleh karena itu, sistem perlu membandingkan data wajah Anda dengan face print lainnya yang ada. Jika semuanya sudah cocok, maka face print Anda akan disimpan dalam database.

Kegunaan Face Recognition

Seperti yang telah dijelaskan dalam penjelasan mengenai apa itu face recognition, teknologi ini telah hadir sejak tahun 1964 oleh para ahli matematika dan komputer. Nah, saat itu teknologi ini digunakan untuk membantu pihak kepolisian dan badan intelijen dalam menemukan seorang penjahat. Dan akhirnya, pada tahun 2017 teknologi ini diterapkan dalam sistem keamanan pada smartphone.

Hal ini membuktikan bahwa teknologi face recognition ini memberikan banyak sekali manfaat dalam berbagai bidang. Lalu, apa saja sih manfaat yang diberikan oleh teknologi face recognition itu?

· Sistem Keamanan Smartphone

sistem keamanan biometrik wajah

Apa kegunaan pertama dari face recognition itu? Kegunaan dari teknologi face recognition pertama yang paling sering Anda temukan adalah sistem keamanan smartphone. Saat ini, hampir semua smartphone telah mengganti sistem keamanannya menjadi face recognition.

Hal ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya serangan hack dari oknum tidak bertanggungjawab. Sehingga, pengguna tidak perlu memasukkan sandinya saat akan membuka smartphone. Cukup arahkan wajah Anda ke sensor kamera dan smartphonepun terbuka.

· Face Recognition Dalam Mobile Banking

Lalu, apa kegunaan lain dari face recognition itu? Bila Anda salah satu pengguna mobile banking, pasti Anda mengetahui bahwa hampir semua aplikasi mobile banking saat ini menggunakan teknologi biometrik. Bukan hanya biometrik sidik jari saja, tetapi saat ini mereka menggunakan teknologi face recognition.

Hal ini sebagai tindakan upgrade sistem keamanan dari aplikasi tersebut agar akun rekening nasabah tetap terjaga aman dari adanya pembobolan. Tentu kita mengetahui bahwa beberapa tahun ini muncul masalah mengenai hacking akibat salah satu aplikasi. Alhasil, tidak sedikit nasabah yang kehilangan uang akibat dibobol oleh para hacker.

· Sistem Absensi Face Recognition

Selanjutnya, teknologi canggih ini bukan hanya digunakan sebagai sistem keamanan saja, tetapi juga sebagai sistem absensi di perusahaan. Sebetulnya, belum banyak perusahaan yang menerapkan sistem absensi face recognition ini. Masih banyak perusahaan yang menggunakan teknologi biometrik sidik jari sebagai sistem absensi mereka.

Akan tetapi, di beberapa negara sendiri teknologi ini memang telah digunakan oleh banyak perusahaan sebagai sistem absensi teraman mereka yang sulit untuk dimanipulasi. Setiap karyawan nantinya akan dilakukan perekaman identitas wajah yang disimpan dalam database mereka.

· Kepolisian

Apa kegunaan selanjutnya dari face recognition itu? Nah, dalam penjelasan mengenai apa itu face recognition, dikatakan bahwa teknologi ini pertama kali diciptakan untuk membantu badan intelijen dalam menangkap penjahat. Begitu pula kegunaan teknologi biometrik wajah tersebut saat ini.

Di beberapa negara maju, setiap sudut pasti difasilitasi dengan CCTV. Nah, dari CCTV tersebut polisi dapat mendeteksi wajah dari para buron yang terekam dalam database mereka. Jadi, ketika salah satu kamera mendeteksi wajah buron tersebut, polisi dapat mengetahui keberadaan mereka dan segera menangkapnya kembali.

Kesimpulan

Apa itu face recognition? Face recognition adalah teknologi biometrik wajah yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi identitas wajah seseorang. Teknologi face recognition ini adalah teknologi yang sangat canggih yang dapat mendeteksi wajah dan membandingkan diantara ratusan data wajah secara real-time.

Banyak sekali kegunaan dari teknologi ini di berbagai bidang. Bahkan, saat ini teknologi ini digunakan sebagai sistem keamanan dan sistem absensi yang paling aman. Hal ini karena wajah merupakan identitas setiap orang yang unik dan tidak dapat ditiru. Dengan memahami lebih jauh mengenai apa itu face recognition, Anda jadi memahami bagaimana teknologi ini bekerja dan manfaatnya bagi berbagai bidang.

Nah, menariknya lagi aplikasi absensi online dari Kerjoo juga menggunakan teknologi ini sebagai sistem absensi untuk perusahaan Anda. Bahkan, karyawan tidak perlu repot antri untuk absensi karena karyawan dapat melakukan absensi secara mandiri di smartphone mereka masing-masing.

Jadi, perusahaan Anda akan semakin efektif dan juga efisien. Mau dimanapun keberadaan karyawan, Anda tetap bisa memantau dengan baik. Ada banyak sekali fitur-fitur canggih yang disediakan dalam aplikasi Kerjoo yang dapat Anda pelajari di sini!

coba gratis
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari