Aplikasi Penggajian Terbaik, Untuk Kelola Gaji Lebih Akurat

Saatnya gunakan aplikasi penggajian terbaik agar perhitungan gaji lebih cepat dan akurat

Aplikasi Penggajian Terbaik

Daftar Isi

Inovasi sistem penggajian memberikan solusi yang efisien bagi perusahaan yang ingin mudah mengelola data gaji karyawan. Dengan aplikasi penggajian yang akurat, perusahaan dapat dengan cepat dan tepat mengelola data gaji karyawan.

Perusahaan bisa memastikan bahwa semua karyawan menerima gaji sesuai dengan perjanjian kerja. Selain itu, aplikasi penggajian yang praktis juga mendukung payroll dalam mengelola laporan gaji dan menyusun laporan keuangan secara keseluruhan.

Fitur Penting dalam Aplikasi Penggajian Terbaik

Setiap aplikasi dibuat dengan fitur unggulan yang memberi kemudahan untuk penggunanya. Begitu juga dengan aplikasi penggajian yang bisa terintegrasi dengan aplikasi kehadiran.

Pada intinya, fitur yang paling penting dalam aplikasi penggajian adalah untuk mencatat dan mengelola data gaji karyawan. Fitur di dalamnya biasanya mencakup:

1. Input data karyawan

Bagian input data karyawan digunakan untuk menyimpan informasi tentang nama, jabatan, nomor identitas, alamat, dan informasi kontak dari setiap karyawan. Begitu juga dengan data izin, cuti, keterlambatan, potongan gaji, dll.

2. Input data gaji

Aplikasi penggajian seharusnya mampu mencatat jumlah gaji yang diterima oleh setiap karyawan, termasuk gaji pokok, tunjangan, dan bonus.

3. Perhitungan pajak

Berapa perhitungan pajak yang harus dibayarkan oleh setiap karyawan berdasarkan tarif pajak yang berlaku? Hal ini sudah ada aturan atau ketentuan yang berlaku.

Dibanding penghitungan manual, adanya aplikasi memungkinkan proses hitung pajak yang lebih cepat.

4. Integrasi dengan sistem pembayaran

Aplikasi penggajian terbaik bisa terintegrasi dengan sistem pembayaran, seperti transfer bank atau sistem pembayaran elektronik.

Dengan demikian, memudahkan pembayaran gaji kepada karyawan. Tapi, jika belum memungkinkan, setidaknya sudah ada fitur slip gaji yang bisa dicetak.

5. Cetak slip gaji

Slip gaji bisa mencantumkan informasi tentang gaji yang diterima oleh setiap karyawan, termasuk jumlah yang diterima setelah dikurangi pajak. Setiap bulan, slip gaji dikirim ke email dan bisa disimpan oleh karyawan yang bersangkutan.

6. Laporan gaji

Tidak perlu membuat secara manual, tapi aplikasi penggajian menjadi solusi laporan gaji yang praktis. Di dalamnya tercantum informasi tentang gaji yang diterima oleh setiap karyawan dalam periode waktu tertentu.

Selain melalui email, karyawan bisa juga mengecek melalui smartphone. Pengguna aplikasi Kerjoo kini sudah bisa menggunakannya agar penggajian lebih transparan.

Aplikasi Penggajian Terbaik

Aplikasi Penggajian yang Cocok untuk Perusahaan Anda?

Apakah perusahaan Anda saat ini sudah menggunakan aplikasi penggajian yang juga tergabung dengan aplikasi HR atau HRIS?

Jika belum, mungkin Anda akan mulai mempertimbangkan untuk menggunakannya. Jadi, apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih aplikasi penggajian karyawan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi penggajian yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan

1. Fitur yang Tersedia

Apa yang paling Anda butuhkan untuk sistem penggajian karyawan? Ketika Anda sudah menemukan kendala yang dihadapi dan kondisi yang diinginkan, maka akan lebih mudah menemukan kriteria fitur aplikasi penggajian/

Pastikan fitur aplikasi yang Anda pilih mendukung segala hal yang diperlukan perusahaan, seperti;

  • pengelolaan gaji harian, bulanan, atau bahkan gaji per jam
  • izin dan cuti
  • pajak penghasilan
  • asuransi / BPJS Ketenagakerjaan
  • slip gaji

2. Skalabilitas

Hitung gaji untuk karyawan 10 orang tentu tidak sama dengan 100 orang atau lebih. Pertimbangkan jumlah karyawan yang akan dikelola dan pastikan aplikasi yang dipilih dapat menangani jumlah tersebut.

Dengan fitur hitung gaji di aplikasi Kerjoo, Anda bisa terapkan perhitungan yang sama detailnya, berapapun jumlah karyawan yang ada.

3. Integrasi dengan Sistem HR

Pastikan aplikasi yang dipilih dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah digunakan oleh perusahaan seperti sistem HR atau ERP (Enterprise resource planning).

Hal ini akan mempermudah proses penggajian dan meningkatkan efisiensi kerja. Aplikasi penggajian yang terintegrasi dengan sistem HR dapat digunakan untuk membuat laporan yang diperlukan perusahaan, seperti laporan pembayaran gaji, dll.

4. Dukungan dan Keamanan

Idealnya, aplikasi yang Anda pilih memiliki standar keamanan yang cukup tinggi untuk melindungi data karyawan dan informasi perusahaan. Selain itu, pastikan aplikasi yang dipilih didukung oleh vendor yang akan memberikan dukungan yang cukup selama periode penggunaan.

5. Biaya Berlangganan

Bagaimanapun, harga atau biaya adalah unsur penting dalam keputusan bisnis. Termasuk di dalamnya adalah ketika Anda mencari aplikasi penggajian terbaik. Apakah fitur unggulannya cocok dengan model bisnis Anda? Lalu apakah harganya sesuai dengan budget Anda.

6. Fleksibilitas

Pastikan aplikasi yang dipilih dapat digunakan melalui perangkat mobile dan dapat diakses di mana saja. Jika ada, baca testimoni pelanggan yang sudah menggunakan aplikasi dan lihat ratingnya. Dengan demikian, keputusan untuk memilih aplikasi penggajian akan lebih meyakinkan.

Aplikasi penggajian terbaik

Saatnya Kelola Gaji Lebih Akurat dengan Teknologi yang Tepat

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan harus menggunakan teknologi aplikasi penghitung gaji yang lebih akurat.

- Efisiensi

Penggunaan aplikasi penghitung gaji bisa meningkatkan efisiensi dalam proses penggajian karyawan, mempercepat proses pembayaran gaji, dan mengantisipasi kesalahan karena tidak teliti.

- Akurasi

Aplikasi penghitung gaji dapat memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk menghitung gaji karyawan sudah diperhitungkan dengan benar dan akurat.

- Integrasi

Karena adanya integrasi dengan sistem lain yang digunakan perusahaan, khususnya sistem HR, proses penghitungan gaji pun semakin mudah. Perusahaan lebih cepat mendapatkan laporan yang diperlukan, misalnya laporan pembayaran gaji, laporan pajak, dll.

Untuk menghitung gaji karyawan dengan lebih akurat, ada beberapa hal yang dapat Anda optimalkan;

1. Menghitung jam kerja efektif

Pastikan untuk menghitung jumlah jam kerja yang sebenarnya dari karyawan, termasuk jam kerja lembur dan cuti yang diambil. Jika ada karyawan yang bekerja lembur, pastikan untuk menambahkan pembayaran lembur yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

2. Menghitung setiap rincian gaji

Pengelolaan gaji yang akurat pasti mencantumkan setiap poin rincian gaji karyawan. Nominalnya bisa saja tidak sama antar karyawan karena tergantung posisi atau jabatan.

Pastikan untuk memperhitungkan pembayaran tunjangan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti tunjangan kesehatan, transportasi, dll. Demikian halnya untuk menghitung potongan pajak, sesuaikan dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan jumlah gaji yang diterima karyawan.

3. Menggunakan sistem otomatis

Sistem aplikasi penggajian otomatis membantu semua proses perhitungan gaji, seperti mencatat absensi, cuti, dll.

Begitu juga untuk pembuatan laporan gaji yang transparan untuk karyawan sehingga dapat mengetahui gaji yang didapatkan, jumlah tunjangan, pajak, bonus, dan denda keterlambatan (jika ada).

Setiap sistem dan teknologi yang diterapkan, selalu dibutuhkan komunikasi yang baik dengan karyawan, sehingga karyawan dapat mengetahui jumlah gaji yang diterima.

Hal ini sudah menjadi salah satu layanan dari aplikasi Kerjoo dengan fitur hitung gaji dan bayar gaji yang lebih transparan untuk karyawan.

Kesimpulan

Aplikasi penggajian terbaik akan membantu perusahaan untuk memberikan hak karyawan dengan proses yang cepat dan sistem transparan. Setiap fiturnya akan menjadi solusi, khususnya untuk bagian payroll agar tidak lagi merasa berat karena sistem manual.

Adanya fitur hitung gaji di aplikasi Kerjoo sudah bisa Anda optimalkan untuk sistem penggajian karyawan. Melalui cara yang lebih praktis dan akurat, maka bagian payroll perusahaan Anda akan lebih efisien untuk mengerjakan hal terpenting.

Cetak slip gaji bisa dilakukan langsung dari aplikasi, dan karyawan bisa mengetahui laporan gaji setiap bulan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari