Simak Cara Penggunaan Fitur Bayar Gaji Pakai Aplikasi Kerjoo

Saatnya Anda pakai fitur bayar gaji untuk proses penggajian yang lebih transparan

Fitur Bayar Gaji

Daftar Isi

Teman Kerjoo, ini adalah fitur baru dari aplikasi Kerjoo yang akan membantu Anda dalam proses penggajian karyawan.

Pada artikel kali ini kami akan jelaskan tentang fitur baru Kerjoo yaitu fitur bayar gaji. Secara sederhana, konsepnya adalah membayarkan gaji yang sudah dihitung

Bayar gaji adalah sebuah fitur tambahan dari fitur yang sudah ada sebelumnya, yaitu fitur hitung gaji.

Fungsi utamanya yaitu sebagai tempat untuk menyimpan hasil perhitungan gaji. Anda juga bisa melihat penjelasan lebih rinci melalui tautan video di bawah ini:

Dari penjelasan tersebut, bisa kita ketahui perbedaannya antara fitur bayar gaji dan hitung gaji. Karyawan juga bisa melihat nominal gaji yang dibayarkan melalui aplikasi mobile dan juga bisa meminta slip gaji berupa file PDF.

Agar lebih memahami cara penggunaannya, kami akan menjelaskan di bawah ini.

Cara Penggunaan Fitur Bayar Gaji Karyawan

Simak selengkapnya di bawah ini panduan lengkap tentang cara penggunaan Fitur Bayar Gaji karyawan.

1. Login ke Akun Perusahaan

  • Pastikan Anda sudah login ke halaman https://app.kerjoo.com dengan email dan password sesuai dengan informasi login yang dikirim ke email Anda
  • Klik tombol MASUK agar Anda bisa diarahkan ke dashboard admin perusahaan

2. Hitung dan Bayar Gaji

Fitur Bayar Gaji
  • Klik menu 'Hitung Gaji', kemudian akan muncul daftar nama karyawan Anda beserta informasi gaji berdasarkan periode tertentu.
  • Misalnya pada gambar di atas, kita coba seleksi periode tanggal 1-31 Oktober 2022. Sebelumnya telah dilakukan perhitungan gaji sedemikian rupa, yang terdiri dari gaji pokok dan tunjangan dan didapat total gaji sekian.

3. Konfirmasi Bayar Gaji

Fitur Bayar Gaji
  • Selanjutnya kita akan bayar gaji yang nanti akan masuk ke menu 'terbayar'. Di bagian ini ada kotak konfirmasi 'Anda yakin akan melakukan aksi ini?'
  • Gaji yang telah dibayar akan dapat dilihat oleh karyawan yang bersangkutan melalui aplikasi Kerjoo.
  • Silakan pilih opsi 'Kosongkan potongan setelah pembayaran ini' dan/atau 'Kosongkan bonus setelah pembayaran ini'
  • Jika opsi tersebut dicentang, maka potongan dan bonus yang sudah diinput akan dikosongkan. Mengingat bulan selanjutnya mungkin akan ada potongan atau bonus baru lagi
  • Setelah itu, klik tombol 'Bayar'

4. Cek Informasi Gaji Terbayar

Fitur Bayar Gaji
  • Setelah diklik tombol 'Bayar', maka pada kolom Total Gaji, tombol bayar sudah tidak ada
  • Kemudian Anda bisa cek pada menu Gaji Terbayar, dengan periode Oktober. Maka di bagian ini akan terlihat gaji terbayar untuk karyawan yang bersangkutan

5. Cetak Slip Gaji

Fitur Bayar Gaji
  • Selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa aksi, misalnya cetak slip gaji dengan cara yang sama seperti sebelumnya pada fitur hitung gaji
  • Selain itu, juga ada opsi ubah. Anda bisa memperbarui komponen gaji jika ada hal yang belum tepat. Dengan catatan, jika Anda melakukan perubahan, itu tidak berpengaruh di hitung gaji

6. Terapkan Aksi Massal

Fitur Bayar Gaji
  • Kita kembali ke menu hitung gaji. Di sini terdapat tambahan yaitu aksi massal yang dapat Anda gunakan untuk membayar gaji ke semua karyawan sekaligus, karena akan sangat tidak efisien jika karyawan Anda ada banyak dan harus klik bayar-bayar satu per satu
  • Pada aksi massal tersebut, Anda bisa tentukan targetnya, apakah semua karyawan, divisi tertentu, atau karyawan tertentu.
  • Contohnya jika Anda memilih karyawan tertentu dengan aksi tambah potongan. Sebutkan nama potongannya dan berapa nominalnya.

Informasi Gaji di Aplikasi Mobile Kerjoo

Lalu seperti apa tampilan pada aplikasi mobile Kerjoo? Seperti di gambar berikut, maka bisa terlihat informasi gaji terbayar.

Fitur Bayar Gaji
  • Secara default, nominal gaji ini tidak terlihat. Tapi, jika karyawan ingin melihatnya harus memasukkan password login ke aplikasi. Tapi, karyawan tidak perlu membuat password baru.
  • Di aplikasi mobile bisa terlihat juga, misal gaji belum terbayar. Pada tombol Lihat Semua, karyawan bisa digunakan untuk mengecek informasi gaji berdasarkan bulan. Untuk gaji yang sudah dibayar, jika diklik akan muncul detailnya. Karyawan bisa melihat rincian gaji
Fitur Bayar Gaji
  • Karyawan juga bisa request file slip gaji PDF, yang nantinya akan dikirim melalui email

Demikianlah penjelasan tentang Fitur Bayar Gaji yang melengkapi fitur hitung gaji yang telah ada sebelumnya. Adanya Fitur Bayar Gaji sangat mendukung transparansi soal penggajian antara perusahaan dan karyawan.

Bagaimana dengan Sistem Penggajian di Perusahaan Anda?

Dari waktu ke waktu, sistem penggajian bisa dibuat lebih efisien dari berbagai aspek. Bagaimana dengan sistem bayar gaji di kantor Anda?

Sebelum Anda menerapkan fitur bayar gaji, ada baiknya untuk mengevaluasi kembali beberapa poin mendasar yang bisa diperbaiki.

- Integrasi HR dan Payroll

Meskipun penggajian dan manajemen SDM adalah dua disiplin ilmu yang berbeda, keduanya bisa terhubung. Ada banyak manfaat yang terkait dengan integrasi aplikasi HR dan penggajian.

Sistem terintegrasi akan memungkinkan manajer atau anggota staf untuk mengakses semua informasi penting dari satu dasbor.

Menggabungkan proses penggajian dengan fungsionalitas SDM terbaik dapat meningkatkan efisiensi dalam mengelola data karyawan.

- Maksimalkan Transparansi Gaji

Banyak bisnis kini bergerak lebih inovatif untuk membuat informasi gaji dan upah lebih mudah diakses. Ini termasuk gaji karyawan dari jajaran eksekutif, staf, hingga pekerja freelance.

Membantu karyawan memahami rumus perhitungan gaji dan kompensasi adalah upaya kesetaraan dalam organisasi.

Selain itu, transparansi gaji memotivasi karyawan untuk bekerja keras karena mereka tahu bahwa kenaikan gaji mereka akan sangat dipengaruhi oleh kinerja mereka. Ini menghilangkan kemungkinan perlakuan yang tidak bias di antara karyawan.

- Pengelolaan Data Penggajian dengan Jumlah Besar

Sebelumnya, layanan penggajian hanya sebatas menghitung upah karyawan, membayarnya, dan membuat laporan sederhana. Tapi sekarang, banyak hal berubah, dan masa depan akan menuntut lebih banyak.

Singkatnya, berbagai teknologi merevolusi cara orang bekerja secara profesional. Misalnya, ini dapat membantu mengklasifikasikan karyawan secara otomatis dan memastikan bahwa mereka berada dalam golongan pajak yang benar.

Selain itu, di dunia yang digerakkan oleh data (data driven world), menganalisis sejumlah besar data penggajian yang dikumpulkan menjadi sangat penting.

Analisis ini dapat memberikan insight yang dapat ditindaklanjuti, membantu menyusun anggaran perusahaan, mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu, dan berkontribusi pada kesuksesan dan pertumbuhan organisasi secara keseluruhan.

Kesimpulan

Sebelumnya mungkin Anda sudah pernah menggunakan fitur hitung gaji, khususnya jika Anda di bagian payroll. Di zaman sekarang memang segala sesuatunya harus dibuat lebih efisien dengan teknologi.

Proses bayar gaji menjadi lebih mudah, aman, dan terpercaya. Tentunya tidak akan ada lagi kejadian salah transfer gaji yang merugikan perusahaan, baik dalam hal keuangan maupun sistem.

Software HR memudahkan Anda dengan fungsi seperti pelacakan waktu dan penjadwalan. Jika sistem penggajian terintegrasi dengan software HR, Anda dapat dengan mudah membagikan data ini ke seluruh sistem yang terkait.

Dengan demikian, bisa dipastikan tidak ada risiko kecurangan penggajian yang terjadi karena sistem bisa melacak jam kerja karyawan secara akurat. Jadi, tidak ada yang dibayar kurang atau lebih untuk jam kerja mereka.

Selain Fitur Bayar Gaji, Anda ingin mengetahui fitur baru apa lagi yang ada di aplikasi Kerjoo? Jangan ragu untuk hubungi tim Kerjoo. Anda bisa coba daftar Kerjoo untuk mendapat layanan yang Anda butuhkan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari