7 Beda Leader dan Bos, Mana Lebih Cocok di Tempat Anda?

7 Beda Leader dan Bos, Mana Lebih Cocok di Tempat Anda?

Pemimpin merupakan figur yang menjadi contoh bagi orang yang menjadi timnya, oleh karena itu setiap keputusan yang diambil bisa menjadi teladan. Seperti yang Anda tahu, istilah pemimpin sering juga disebut dengan leader atau bos. Kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Beda leader dan bos bisa dilihat dari beberapa aspek, di antaranya sikap hingga fokusnya.

Leader akan melekat pada diri seseorang ketika mereka memiliki pembawaan mengayomi dan memberi motivasi, seorang leader tidak selalu terikat pada jabatan atau posisi tertentu. Bos akan lebih mendominasi terhadap tim yang dipimpinnya sehingga seringkali ditakuti dari pada disegani. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut inilah beda leader dan bos.

Beda Leader dan Bos Sesuai Action yang Dilakukan

Seperti apa beda tipe kepemimpinan leader dan bos? Setiap tindakan dan keputusan memang didasari oleh banyak hal. Untuk membedakan keduanya, bisa coba dilihat dari beberapa situasi berikut ini.

1. Beda Leader dan Bos: Memerintah Atau Mengajak?

Tipe pemimpin bos akan lebih suka menyuruh bawahannya menyelesaikan pekerjaan daripada turut terlibat di dalamnya. Ia memosisikan diri sebagai pemberi perintah yang lebih suka bekerja di belakang para karyawan. Boss akan ‘terima jadi’ hasil yang sudah dikerjakan karyawannya. Sementara itu, seorang leader akan berjalan di samping karyawannya dan selalu terlibat dalam pekerjaan. Ia akan mengajak dan turut andil dalam setiap pekerjaan yang ada, leader memosisikan diri sebagai pemimpin dan karyawan.

2. Boss Langsung Fokus ke Hasil, Leader Juga Menghargai Proses

Boss akan lebih fokus ke hasil dan cenderung suka memberi perintah. Ia tidak selalu terlibat pada proses yang dilalui timnya dan ingin segera tahu hasil akhirnya. Bagi seorang boss kesuksesan karyawan diukur dari pencapaian mereka dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal itu tentu bukan penilaian yang baik karena proses yang dilalui juga perlu untuk dihargai.

Berbeda dengan boss, seorang leader akan selalu mengapresiasi setiap proses yang dilewati karyawannya. Penilaian leader terhadap karyawannya melalui proses yang dilalui dan bukan terpaku pada hasilnya saja. Hal itu tentu membantu karyawan untuk berkembang lebih baik lagi karena apresiasi yang diberikan pimpinannya.

beda leader dan bos3. Beda Leader dan Bos, Menyemangati Atau Menakuti?

Dengan sikap tegas, boss bisa memicu rasa takut karyawannya apabila sebuah pekerjaan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Misalnya akan adanya pemotongan gaji hingga berakhir dipecat. Sikap seperti ini sebenarnya tidak baik karena bisa membuat karyawan kehilangan rasa hormat mereka. Sementara itu, leader akan selalu memberi semangat pada setiap proses yang dilalui karyawannya. Ia sadar bahwa yang karyawannya butuhkan adalah dukungan dalam bentuk moral maupun materi dan bukan untuk ditakut-takuti.

4. Boss Peduli Pada Diri Sendiri, Leader Fokus Pada Timnya

Seorang pemimpin tipe boss cenderung fokus pada diri sendiri, dan mencari banyak alasan agar posisinya tetap aman. Jika karyawan melakukan kesalahan, boss tidak turut bertanggung jawab karena merasa mempertahankan posisinya lebih penting dari apapun.
Beda leader dan boss, umumnya leader akan turut bertanggung jawab jika hasil dari sebuah pekerjaan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Leader akan mengutamakan pemberdayaan tim dari pada dirinya sendiri karena ia tahu proses apa saja yang dilewati oleh karyawannya.

5. Boss Banyak Menyalahkan, Leader Memberi Masukan

Salah satu karakter pemimpin boss atau leader bisa dilihat pada saat terjadi suatu kesalahan. Karakter seperti ini datang dari sikap bossy yang suka memerintah dan tidak terlibat langsung dalam proyek yang sedang dikerjakan. Sehingga boss hanya peduli hasil akhirnya saja tanpa tahu proses yang dilewati karyawan.

Leader akan menggali kondisi atau akar masalah seperti saat sesi coaching karyawan, baru kemudian memberi masukan dan arahan saat karyawan melakukan kesalahan. Ia sadar bahwa proses yang dilalui bisa saja tidak sesuai dengan realita yang ada. Maka dari itu sebagai seorang leader penting menjadi bagian dari proses yang dikerjakan karyawannya.

6. Boss Cenderung Banyak Bicara, Leader Banyak Mendengar

Boss akan banyak bicara karena sikapnya yang lebih suka mendominasi dalam tim tersebut. Ia lebih banyak mengatur dan memerintah karyawannya dari pada ikut andil dalam pekerjaan. Sikap seperti ini tentu akan mempengaruhi kinerja karyawan karena memiliki boss banyak bicara membuat suasana jadi tidak nyaman.

Seorang leader memiliki pembawaan banyak mendengar dari pada bicara. Ia mendengar dan menampung banyak ide baru dari para karyawan, kemudian memberi kritik dan saran. Berbicara seperlunya dan banyak mendengar membuat seorang pemimpin jadi lebih berwibawa.

beda leader dan bos

7. Boss Mempertahankan Status Quo, Leader Terbuka pada Ide Baru

Seorang boss cenderung terpaku pada status quo atau kondisi normal yang biasanya selalu ada di situ. Ia tidak terbuka untuk hal-hal baru dan hanya mempertahankan situasi yang itu-itu saja. Perilaku seperti ini akan membuat sebuah tim sulit untuk berkembang. Sementara itu, leader akan terbuka untuk setiap ide baru dari para karyawan. Ia cenderung lebih suka berdiskusi untuk membicarakan proses apa yang akan dilalui tim tersebut ke depannya.

Sikap leader yang seperti ini tentu memberi dampak baik bagi keberhasilan tim dalam mencapai tujuan. Walaupun sama-sama sebagai pemimpin tapi beda leader dan boss memang cukup jelas. Keduanya memiliki tipe kepemimpinan masing-masing, seperti pembawaan dan cara mereka bekerja dalam tim.

Jadi Seperti Apa Beda Leader dan Bos di Tempat Anda?

Sikap antara leader dan bos memang tidak sama, dan sering kali dicitrakan secara hitam dan putih bahwa leader itu benar dan bos itu salah. Meskipun sebenarnya tidak ada yang bersifat mutlak, karena keadaan yang bersifat dinamis. Apalagi di dalam mengelola bisnis atau perusahaan yang banyak sekali tantangan. Sering kali terjadi masalah di luar rencana, sebut saja misalnya pada saat terjadi pandemi Covid-19.

Ketika segala sesuatunya yang berdampak strategis telah berubah, ada saatnya untuk mengambil keputusan segera. Tidak setiap situasi bisa disikapi dengan sudut pandang sama. Sikap seperti bos yang tegas dan banyak memberi arahan juga dibutuhkan pada saat yang tepat. Jadi, setelah tahu beda leader dan bos, apakah Anda sudah mengenali tipe pemimpin di tempat kerja Anda?

Kesimpulan

Sejauh sini, Anda sudah memahami beda leader dengan bos, bukan? Ulasan di atas bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk mewujudkan sosok pemimpin yang dapat merangkul timnya. Jadilah pemimpin yang baik dan bijaksana sehingga bisa menjadi panutan bagi para angotanya.

Temukan berbagai panduan, informasi, dan edukasi seputar HR dan perusahaan di Kerjoo.com. Cari tahu lebih banyak tentang fitur yang tersedia untuk kebutuhan absensi online perusahaan Anda.

beda leader dan bos