Cara Mengurus SKCK di Mabes, Polda, Polres, dan Polsek

Cara mengurus SKCK bisa dilakukan di Polda, Polres, Polsek, atau Mabes Polri. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini!

Cara Mengurus SKCK

Daftar Isi

SKCK adalah salah satu dokumen penting yang sering dibutuhkan, misalnya saat akan melamar pekerjaan. Saat rekrutmen BUMN juga ada persyaratan dokumen SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Itulah mengapa, penting sekali untuk memahami cara mengurus SKCK online.

SKCK membuktikan bahwa seorang individu memiliki kelakuan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran hukum.  Sebelumnya SKCK dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik atau SKKB. SKCK diterbitkan oleh Polri atau Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Cara mengurus SKCK bisa dilakukan di Polda, Polres, Polsek, atau Mabes Polri. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini!

Begini Cara Mengurus SKCK untuk WNI dan WNA

Berikut adalah syarat dan ketentuan cara mengurus SKCK yang bisa dilakukan di Mabes Polri, Polda, Polres, dan Polsek. Ketentuan berikut ini berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

Syarat dan Ketentuan Cara Mengurus SKCK di Mabes Polri

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Fotokopi KTP beserta KTP asli untuk ditunjukkan
  • Fotokopi KK, akta lahir atau surat nikah, dan paspor
  • Dokumen sidik jari
  • Fotokopi identitas (untuk yang belum memenuhi syarat membuat KTP)
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 6 lembar dengan background merah
  • Ketentuan foto: pakaian berkerah, sopan, tidak memakai aksesoris wajah, terlihat wajahnya, dan untuk yang berhijab harus terlihat muka secara utuh

2. Warga Negara Asing (WNA)

  • Surat permohonan sponsor, perusahaan yang mempekerjakan, atau lembaga yang bertanggung jawab pada WNA
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kartu Izin Tinggal Tetap.
  • Fotokopi KTP suami/istri dan  Surat nikah (jika sponsor dari suami/istri WNI)
  • Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari kepolisian
  • Fotokopi IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dari Kemnaker RI
  • Fotokopi Surat Tanda Melapor dari kepolisian
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 6 lembar dengan background kuning
  • Ketentuan foto: pakaian berkerah, sopan, tidak memakai aksesoris wajah, terlihat wajahnya, dan untuk yang berhijab harus terlihat muka secara utuh

Syarat dan Ketentuan Cara Mengurus SKCK di Polda

Untuk syarat dan ketentuan cara Mengurus SKCK di Polda adalah sama seperti di Mabes Polri. Hal ini berlaku untuk WNI dan WNA.

Syarat dan Ketentuan Cara Mengurus SKCK di Polres dan Polsek

Yang bisa mengurus SKCK di Polres dan Polsek adalah WNI saja. Adapun syaratnya adalah sama seperti syarat dan ketentuan SKCK untuk WNI di Mabes Polri maupun Polda.

Cara Mengurus SKCK

Mengurus SKCK untuk Apa?

Tentunya proses membuat SKCK di Mabes Polri, Polda, Polres, atau Polsek bukan hanya sekedar formalitas. Ada manfaat tertentu dari kepemilikan dokumen tersebut. Apa saja manfaat SKCK?

1. Membuktikan Secara Resmi Bahwa Seseorang Tidak Punya Catatan Kriminal

Dokumen SKCK berguna untuk membuktikan secara resmi bahwa tidak ada catatan kriminal yang dilakukan seseorang. Sumber data kepolisian inilah yang dinilai valid bahwa seseorang tidak pernah berbuat kejahatan.

2. Untuk Keperluan Melamar Pekerjaan

Salah satu manfaat SKCK adalah untuk keperluan rekrutmen atau melamar pekerjaan. Khususnya untuk syarat masuk ke institusi pemerintah ataupun di perusahaan BUMN. Jadi, untuk yang ingin bekerja sebagai PNS atau ASN, SKCK adalah salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi agar bisa lolos CPNS.

3. Saat Akan Menikah dengan Anggota TNI/Polri

Manfaat dokumen SKCK selanjutnya adalah untuk keperluan administrasi bagi masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan dengan anggota TNI/Polri.

Manfaat SKCK Sesuai Tempat Pembuatannya

Secara lebih rinci, manfaat SKCK adalah berbeda-beda karena hal ini dilihat dari pihak yang menerbitkan

Manfaat SKCK dari Mabes Polri;

  • Untuk kebutuhan administrasi pejabat negara di tingkat pusat, yaitu eksekutif, legislatif, yudikatif, dan juga lembaga pemerintah
  • WNI dan WNA yang akan melakukan kegiatan nasional dan/atau internasional
  • Syarat izin tinggal tetap (permanent resident) di luar negeri
  • Untuk syarat naturalisasi kewarganegaraan
  • Mengadopsi anak untuk WNA.

Manfaat SKCK dari Polda

  • Sebagai syarat calon pegawai atau anggota di lembaga/instansi pemerintahan dan perusahaan BUMN
  • Untuk mendapatkan paspor dan visa
  • Keperluan administrasi WNI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri
  • Syarat untuk menjadi notaris
  • Untuk pencalonan sebagai pejabat publik
  • Untuk syarat administrasi melanjutkan studi ke luar negeri.

Manfaat SKCK dari Polres

  • Sebagai syarat calon pegawai atau anggota di lembaga/instansi pemerintahan dan perusahaan BUMN
  • Mendaftar program pendidikan kedinasan untuk menjadi PNS, TNI, atau Polri
  • Melaksanakan kegiatan di lingkup wilayah Polres, misalnya: untuk mencalonkan diri sebagai pejabat publik, syarat izin kepemilikan senjata api non organik, atau melanjutkan studi di dalam negeri.

Manfaat SKCK dari Polsek

  • Sebagai syarat calon pegawai atau anggota di lembaga/instansi pemerintahan dan perusahaan BUMN
  • Melaksanakan kegiatan di lingkup wilayah Polsek, misalnya: untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa, mencalonkan diri sebagai sekretaris desa, untuk proses pindah alamat, atau untuk melanjutkan studi.
Cara Mengurus SKCK

Beberapa Informasi Tambahan Seputar SKCK

- Jika Sudah Mengisi Data Online, Apakah Harus Datang ke Kantor?

Cara mengurus SKCK online kini bisa dilakukan melalui aplikasi Super App PRESISI POLRI yang dapat didownload di PlayStore dan AppStore. Tapi, apakah jika sudah mengurus SKCK online berarti masih harus datang ke kantor kepolisian dan membawa berkas atau dokumen persyaratan?

Proses permohonan secara online memang sudah mengisi data, sedangkan di kepolisian adalah proses verifikasi data tersebut. Dokumen yang dipersiapkan hanya untuk memastikan datanya sesuai, tapi tidak perlu mengisi lagi.

Dengan kata lain, berkas fisik dibutuhkan untuk menyelaraskan data pemohon SKCK. Pengajuan SKCK online bisa mendukung sinkronisasi data catatan kriminal di kepolisian daerah dan pusat atau Mabes Polri

- Berapa Biaya untuk Mengurus SKCK 2023?

Biaya pembuatan SKCK terbaru pada tahun 2023 adalah Rp 30.000 yang berlaku di Mabes Polri, Polda, Polsek, dan Polres. Ketentuan tersebut berlaku berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Polri.

- Apakah pembuatan SKCK bisa diwakilkan?

Proses pembuatan SKCK bisa diwakilkan oleh kerabat atau rekan yang dipercaya dengan tetap menyertakan persyaratan SKCK yang lengkap.

- Bisakah membuat SKCK di luar daerah asal?

Pembuatan SKCK hanya di daerah asal masing-masing. Tapi, jika ada pemohon yang berasal dari luar daerah, maka disarankan untuk mendaftar secara online untuk mendapatkan kode registrasi.

Setelah itu proses penerbitan dapat diwakilkan ke pihak kerabat yang dipercaya dan berada di wilayah sesuai KTP agar bisa cetak SKCK di wilayah tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang cara mengurus SKCK di Mabes Polri, Polda, Polres, dan Polsek. Setelah memiliki dokumen SKCK tersebut, maka Anda bisa menggunakan sesuai kebutuhan. Khususnya untuk Anda yang sedang membutuhkan SKCK untuk persyaratan rekrutmen.

Seperti yang Anda lihat di atas, bahwa prosedur untuk membuat SKCK cukup banyak. Tapi, hal itu akan sebanding dengan manfaat atau kegunaannya.

Membahas soal prosedur, Anda pun dapat merasakan yang lebih mudah ketika akan mengelola karyawan di dalam organisasi, perusahaan, atau bisnis yang Anda jalankan. Pakai Kerjoo, berbagai keperluan administrasi karyawan semakin mudah dan praktis. Ada kesempatan free trial 14 hari, klik di bawah ini!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari